Monday, May 11, 2020

Mencari Asuransi Kesehatan Terbaik? Yuk, Simak Ciri-cirinya

Asuransi kesehatan di zaman sekarang menjadi salah satu kebutuhan wajib yang harus dimiliki. Apalagi dalam kondisi pandemic covid 19 seperti sekarang ini, kesehatan harus menjadi prioritas utama yang diperhatikan. Asuransi kesehatan ini berguna sebagai proteksi dini jika di kemudian hari jatuh sakit dan memerlukan biaya untuk berobat atau perawatan.

Bagaimana cara memilih asuransi kesehatan terbaik?

Tenang, mudah banget kok caranya. Apalagi sekarang ini banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan produknya dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal, tentunya kita harus jeli dalam memilih produk asuransi kesehatan terbaik.  Untuk mendapatkan asuransi kesehatan terbaik, ketelitian menjadi salah satu kunci yang perlu diperhatikan. Kita tidak boleh gegabah dan asal pilih dalam membeli asuransi kesehatan karena beberapa produk ada yang ditawarkan dengan manfaat yang berbeda-beda.

Berikut beberapa ciri-ciri asuransi kesehatan dikatakan baik dan layak untuk dibeli, yuk-yuk simak penjelasan di bawah ini ~

1. Menerapkan sistem pembayaran cashless

Hal yang perlu diperhatikan pertama kali ketika membeli asuransi kesehatan adalah mengenai manfaat sistem pembayarannya. Secara umum, manfaat dari asuransi kesehatan dibagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi kesehatan reimburse dan asuransi kesehatan cashless. Sebaiknya kita memilih asuransi kesehatan cashless. Alasannya untuk jenis ini kita akan lebih dimudahkan dalam urusan pembayaran, Dalam asuransi kesehatan cashless, kita tidak perlu membayar seluruh biaya kesehatan terlebih dahulu agar bisa berobat atau mendpatkan perawatan kesehatan. Biaya berobat atau perawatan rumah sakit akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi dengan nasabah cukup menunjukkan kartu asuransi tanpa harus membayar uang muka lagi.

2. Memiliki jaringan rumah sakit yang luas

Masih menyambung poin sebelumnya, sistem pembayaran tunai hanya berlaku jika digunakan untuk berobat atau perawatan di rumah sakit yang sudah menjadi rekanan perusahaan asuransi pilihan. Oleh karena itu, agar lebih mudah dan nyaman berobat dimanapun lewat sistem pembayaran cashless, sebaiknya kita memilih produk asuransi kesehatan dengan jaringan rumah sakit yang luas. Sebaliknya, jika produk asuransi yang dibeli tidak bekerjasama dengan rumah sakit yang telah kita pilih sebaiknya membeli asuransi kesehatan dengan sistem pembayaran reimbursement, yang mana mewajibkan kita untuk membayar terlebih dahulu seluruh biaya perawatan.


3. Tidak memiliki limit untuk setiap perawatan.

Terdapat batas limit atau batas jumlah maksimum klaim biaya perawatan pada asuransi kesehatan. Perusahaan asuransi biasanya menerapkan dua jenis limit, yaitu limit gabungan semua perawatan dan limit per perawatan. Salah satu ciri asuransi kesehatan yang baik adalah menerapkan limit gabungan semua perawatan, dimana biaya setiap perawatan tidak ada limit. Hal ini tentu akan memudahkan nasabah dalam berobat selama limit total masih tersedia.

4. Menyesuaikan dengan plafond dan premi

Dalam mendapatkan asuransi kesehatan yang terbaik, penting untuk menyesuaikan kondisi keuangan dengan plafond dan premi asuransi. Hal penting yang perlu diketahui, semakin mahal harga kamar rumah sakit, maka semakin mahal juga harga plafond dan premi asuransi yang harus dibayarkan oleh nasabah.

5. Memprioritaskan rawat inap

Sebaiknya kita fokus memilih asuransi kesehatan yang bisa menanggung biaya rawat inap karena biasanya pengeluaran jenis ini cenderung lebih besar ketika dirawat di rumah sakit. Perusahaan asuransi yang baik biasanya memiliki dua manfaat pada produk asuransi kesehatannya, yaitu manfaat rawat inap dan rawat jalan. Nah hal ini bisa kita temukan pada asuransi Astra lewat Astra Life yang menawarkan manfaat dasar, seperti rawat inap, rawat jalan, dan pembedahan. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan manfaat tambahan, seperti maternity, perawatan gigi, dan perawatan mata. Sehingga produk dari asuransi Astra bisa menjadi pertimbangan bagi kita yang sedang mencari produk asuransi kesehatan terbaik dari ilovelife.co.id bagi diri sendiri maupun keluarga.

Nah, sekarang sudah tahu kan ciri-ciri asuransi kesehatan terbaik. Mengingat pentingnya asuransi kesehatan untuk diri sendiri dan orang-orang tersayang tentunya harus pilih yang terbaik ya. Masa iya buat yang tersayang mau asal pilih? 


Sehat- sehat semuanya, stay away from covid19 yes, this too shall pass soon ~ 

8 comments:

  1. Aku sudah sering sih dengar info tentang asuransi kesehatan. Hanya saja masih belum loading bagaimana cara kerjanya. Terimakasih infonya..

    ReplyDelete
  2. Di masa pandemi begini, punya asuransi kesehatan rasanya memang penting banget deh. Biaya berobat itu kan enggak murah. Saya alhamdulillah dapat fasilitas asuransi juga dari kantor suami. Urusan berobat jadi lebih mudah dan praktis, apalagi saat kondisi darurat.

    ReplyDelete
  3. Nah, poin2 yang mbak sebut di atas itu penting semua ya. Apalagi ga pake limit untuk setiap perawatan. Iya dong tentu jaringan rumah sakit yang bisa kita datengin harus ada di mana2 :) Terutama ketika kita jalan2 ke luar kota kan? ALhamdulillaah terintegrasi semua cakeplah midel asuransi seperti ini :D

    ReplyDelete
  4. Perlu juga kita paham secara detail tentang asuransi kesehatan. Apa saja poin2 yg termaktub dalam asuransi yg kita pilih dan juga harus paham betul serta bijak dalam memutuskan kebutuhan kita.

    ReplyDelete
  5. Dulu aku pernah tuh punya asuransi kesehatan yang menggunakan limit per perawatan. Agak susah juga lho ngaturnya. Makanya, memang lebih nyaman pakai limit gabungan ya.

    Asuransi kesehatan tuh benefit nggak dalam uang tunai sih, makanya jarang menjadi perhatian orang. Padahal saat jatuh sakit, akan sangat terbantu untuk pembiayannya.

    ReplyDelete
  6. Benar mbak, saya terbantu banget adanya asuransi, waktu itu kondisi urgent banget, pakai kartu asuransi di RS langsung cuss cepet hehe..

    ReplyDelete
  7. Wah baru tahu ngga ada limit biaya perawatan di Astra Life
    Keren nih
    Sementara kita bisa mengambil premi murah sesuai kemampuan ya?

    ReplyDelete
  8. Penting nih untuk pilih-pilih asuransi.. dan memang harus teliti ya.. biar gak ribet ntar ke depannya..

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES