Wednesday, November 30, 2011

kadang-kadang :D




Ketawa cekikian membaca postingan mas kerenku. Judulnya '#kadang from @Tegas IR'. Kalau mau liat aslinya disini guys. . http://tegasramadhan.wordpress.com/. Gak nyesel deh bacanya. . Yakin :D

Cukup unik postingan ini. Diksinya lucu :) Sesuai banget deh sama kenyataan. Kayaknya curcol ini masnya. . Hhhaa.. :p

Kata kadang-kadang bisa diartikan sebagai melakukan sesuatu yang hanya dalam keadaan tertentu. Kadang-kadang bisa disebut tidak sering atau tidak selalu. Ternyata kata itu unik ya kalau digabungkan dengan kata lain. Aneh sih awalnya, tapi lucu didengernya. :)

Dasar mas keren. Pasti ada aja idenya bikin tulisan. Jadi tambah kagum ni.. Hhhaa.. opo seh -,-
Ijin pakai kata kadang-kadang mas. Hhhe... :)

Kadang-kadang orang yang suka pakai kata kadang-kadang bikin aku senyum-senyum sendiri.Kadang-kadang aku jadi tambah kagum. Kadang-kadang kagum sama seseorang itu jadi kadang-kadang suka, kadang-kadang malah jadi jatuh cinta. Tapi itu kadang-kadang lo ya. . Gakpapa juga sih, kadang yang kadang-kadang itu memberikan feel yang berbeda. :D hhha.. :)

Today's quote : Kadang-kadang kok aku jadi tambah suka ya sama yang kadang-kadang itu. . Hhhaaa... :D

Monday, November 28, 2011

Menunggu sesuatu !


Pulang dari sekolah rasanya capek banget. Bau tanah basah menemani perjalananku menuju dorm tercinta. Well, masih banyak yang harus dilakukan setelah ini. :D

Bergegas menuju kamar A III 6. Mengganti seragamku dengan baju yang lebih santai. Menyambar tas laptop dan langsung meluncur ke gedung B untuk menemui Husnul, si pakar IT :) Akhir-akhir ini laptopku memang sedang bermasalah. Gak bisa connect ke internet. Kemungkinan driver wirelessnya rusak. -,-

Lima menit menunggu, tapi yang ditunggu gak muncul-muncul. Fuhh, aku paling gak suka yang namanya menunggu. 10 menit berlalu, si Husnul gak nonggol-nonggol juga. Rasanya tanduk di kepalaku uda mulai tumbuh.. Waaa.. yang ditunggu ternyata tidur.- -“

Yasudahlah, aku cabut saja. Sebelum aku tambah marah n’ jengkel, lebih baik aku menemui sesuatu.  Hhhaaa… (tertawa licik) B-) Sesuatu yang sebelumnya menemuiku, mengawasiku dari pohon nangka besar yang tepat berapa di belakang kamarku. Well, let’s we creat some nice talks :D


Menunggu di depan pohon ini :)

Memilih tempat duduk yang strategis. Tepat berada di bawah pohon itu. Hem. . suasana mulai sepi. Hawa dingin mulai merasuk. Bulu kuduku berdiri. Padahal baru jam segini (15:30) tapi suasana sudah mulai gelap. Mungkin karena habis hujan ya. . Pikirku mencoba mengalihkan. 

5 menit berlalu dengan suara-suara aneh. Beberapa sesuatu menarik perhatianku. Tapi bukan ‘dia’ sesuatu yang aku tunggu. 1 menit terakhir penantianku. Dia terlihat mulai mendekat. Aku terus mengedipkan mata. Mencoba menghapus itu semua. Mungkin itu hanya imajinasku. Ya.ya. . Dari pada takut sendiri, mending pertemuan ini ditunda. Semoga lain kali, bisa bertemu dan aku kuat untuk berbincang denganmu. Semoga bisa . Amin. . ;D

Gay or lesbian, That’s our business.



Selepas membahas tentang Gay dan lesbian di kelas ESL tadi membuatku ingin mengupas lebih lanjut tentang Gay dan Lesbian. Jujur membayangkan gay dan lesbi sudah membuatku bergidik dan risih. Aku ingin tahu bagaimana mereka bisa merasakan cinta antara sesame jenis. Bagaimana cinta itu bisa tercipta. Fiuhh, complicated.,. -,-

Gay berarti penyuka sesama laki-laki alias homo. Sedangkan lesbi berarti penyuka sesama perempuan. Oh god, bagaimana bisa mencintai atau menyukai sesama jenis. Aku ingin sekali mendengar fakta langsung dari mereka tentang bagaimana kehidupan mereka menjalani cinta terlarang itu. Bagaimana mereka merasakan cinta itu. Tapi sayangnya aku belum punya sumber untuk itu semua. Oh men. . semoga keingintahuan ini bisa segera terjawab. . Amin. . 

Satu hal lagi yang aku pertanyakan. Apakah orang gay atau lesbi sudah ditakdirkan seperti itu ya ? Apakah Allah memang sudah menggariskan kehidupan mereka seperti itu. Memberikan jodoh sesama jenis atau bagaimana ? Rasanya saat ini, otakku dipenuhi dengan pertanyaan-pertanyaan itu.- -“ 

Ketika masalah ini dihubungkan dengan agama, maka menjadi sangatlah kompleks. Islam mengharamkan hubungan sesama jenis itu. Barang siapa melanggar, neraka bisa jadi jaminan dari setiap yang dilakukannya. Well, kalau jelas tidak baik dan dilarang agama kenapa masih ada saja yang melakukan hubungan terlarang itu. Oh god, hidup memang semakin kacau. Semakin berantakan. Tanda-tanda hari akhir sepertinya semakin jelas. Banyak orang tidak takut berbuat dosa. . -,-

Sebagai manusia yang masih diberi akal sehat. Sudah seharusnya kita menegakkan kembali tiang agama yang mulai bengkok ini. Mengencangkan tali keimanan yang mulai kendur untuk menjaga agar bendera kesejahteraan itu bisa berkibar tegak. Tetap berkibar dengan merdeka meski diterjang angin masalah dan bencana-bencana yang membuat moral manusia dalam degradasi. Semoga Allah selalu menuntun kita di jalan kebaikan dan kebenaran. . Amin. . :)

Today’s quote : Jangan menunda-nunda melakukan kebaikan. . :D

I hate A-R-T !


Awalnya senang dengan semuanya tentang ini. Ya, Aku senang sekali dengan Seni. Seni adalah nadi hidupku. Bermain dengan warna-warna, titik, dan bermacam-macam garis selalu membuatku senang ketika menggabungkan mereka jadi satu. Melukis menjadi hobby yang sangat menyenangkan untukku. Mengisi waktuku dengan semua coretan itu membuatku lebih lega dalam mengungkapkan moodku. Membuatku lebih imajinatif dalam merancang kehidupan masa depan. 

Tapi itu dulu, sebelum aku mendapat IGCSE art and desain itu. Aku kini benci dengan lukisan. Aku benci coretan-coretan itu. Aku trauma untuk membuat lukisan (lagi). Membuang waktu untuk hal tak penting itu. Aku tak mampu. Aku bukan pelukis hebat. Aku hanya amatiran bodoh yang berkhayal menjadi pelukis hebat. 

Kebencianku ditambah lagi dengan komentar pedas yang selalu dilontarkan seseorang mengenai lukisanku. Aku tak sehebat mereka. Aku terima itu. Tapi semua kiritikan itu tak membuatku bangkit untuk membenahi lukisanku karena aku terlanjur muak dengan apa yang disebut lukisan. Aku ingin melupakan bakatku tentang melukis. Memendamnya dalam-dalam. 

Tak semua orang bisa melihat setiap keadaan dengan baik. Tak semua orangpun mampu mengkondisikan dirinya dengan tepat dalam setiap keadaan. Aku ada pada dua hal itu. Fiuhh. . Aku memang bodoh. Tak bisa apa-apa. Aku kecil, mereka terlalu tinggi untuk disamakan dengan diriku. Aku memang tak tau diri. Buruk rupa ingin bersanding dengan mereka, para bidadari. 

Dan kali ini, aku mendapat tugas ART untuk melukis. Well, aku ingin melakukan sebaik-baiknya. Dan satu hal, aku harus menghindari konsultasi dan bertanya tentang bagaimana seharusnya lukisan itu agar tampak lebih indah. Aku punya ide kratif sendiri, ketika orang lain ingin memberikan komentar mereka bukankah mereka harus menunjukkan apakah yang mereka buat akan lebih indah dari apa yang aku buat ? Hendaknya sebelum berkata memang harus dipikir dahulu. Agar tak ada yang sakit hati atau dirugikan atas setiap kata yang kita lontarkan :)

Today’s quote : Ketika hendak berbicara jangan hanya menggunakan lidah, tapi gunakan otak dan hatimu terlebih dahulu. . :D

Hidup itu susah ?

Banyak tugas. Banyak pikiran. Banyak test. Fiuuhhh… --“ Belum lagi lingkungan disekitar yang sering tak mendukung moodku. Sering bikin aku bad mood,males-malesan, atau hanya melakukan kegiatan yang wasting time banget ! 

Hah ! Aku home sick. Pengen pulang. Pengen jalan-jalan sama keluarga. Nge-date berdua bareng ayah. Ngremponk sama ibu. Maen playstation sama adek. Curhat-curhatan sama mbak. Penat sama semuanyaaa.. Arghh.. -,-

Hem, sekolah jauh dari orang tua memang tak semudah yang aku bayangkan. Awalnya aku emang pengen banget bisa sekolah di luar kota Madiun. Pengen nyoba bagaimana sih hidup jauh dari orang tua. Bagaimana kehidupan di luar sana. Dan ternyata Allah menjawab doa-doaku. Aku mendapat beasiswa untuk sekolah disini. SMAN 10 Malang Sampoerna Academy. Boarding school. Oh my god. . -,- Detik-detik keberangkatan ke Malang, aku ngotot banget gak mau berangkat. Bener, takut dan rasanya sedih banget berpisah dengan mereka. 

Awal studiku di Malang penuh dengan air mata. Ayah sampai bikin janji untuk selalu meneleponku setiap malam. Mulai tenang deh aku, bisa dengerin suara mereka setiap malam. Untuk mengobati rasa rinduku pada mereka.

6 bulan, 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, 28 bulan sudah aku disini. Dan seharusnya sekarang aku jadi lebih terbiasa dengan homesick atau apapun itu. Aku sudah di tahun ketiga. Aku sudah cukup dewasa untuk hidup jauh dari orang tua. 

Berkali-kali ayah bilang. ‘Memang tidak ada yang mudah di dunia ini. Tapi kamu bisa membuatnya mudah’ . Kalimat yang cerdas. Benar memang, kalau kita melihat semuanya dengan mudah dan positif maka hasilnya akan memuaskan pula. Berpikir mudah, tidak ribet, bijaksana dan selalu berpikir tentang profit masa depan membuat kita lebih optimis menjalani kehidupan. Sebaliknya, ketika semua hal dipandang sebagai hal yang ribet dan susah maka hasilnya berantakan. So, intinya kita harus memandang segala hal dengan mudah namun tetap disertai tanggung jawab untuk melakukannya dengan segala kemampuan kita. Percaya deh, hasilnya insya Allah baik dan memuaskan. Kalau hasilnya belum sesuai, berarti Allah punya rencana yang lebih indah untuk kita. . :D



Today’s quote : Hidup itu susah untuk orang yang selalu mengeluh dan pesimis terhadap segala hal. . :)

Sunday, November 27, 2011

Being a great person is a must :)


Waktu begitu pandai menipu. Berlalu begitu cepat meninggalkan banyak memori yang tercipta. Kadang aku lupa, salah dan dosa mengikuti jejakku bersama detik kehidupan. Membuat banyak kesalahan dan melakukan hal yang tak sesuai prosedur. Kebaikan juga tak ingin ketinggalan untuk menuntunku. Tak jarang dia bertengkar dengan salah dan dosa. Diapun sering mengingatkanku bahwa hidup ini seperti permainan. Ketika kita cerdas menjalankan permainan, kita dapatkan kemenangan namun ketika kita ceroboh celakalah kita.


Mempunyai seorang teman yang baik, setia dan bisa dipercaya adalah keinginan setiap orang termasuk aku. Aku selalu berbuat baik pada siapapun, untuk melihat dimana mereka berada. Banyak pengalaman yang aku dapat tentang bagaimana seorang teman ‘sejati’. Berdasarkan pengalaman, hidup menjadi lebih baik dari masa lampau. Aku yakin itu. Banyak teman yang aku miliki. Namun tak semuanya sesuai dengan yang kuimpikan di atas. Yup, ‘baik, setia dan bisa dipercaya’. Tapi tak apalah, manusia tak luput dari salah dan dosa. Teman tetaplah teman. Mereka tetap jadi orang yang baik untukku. :) Thanks for being my friends. . 

Ada suka, pasti ada duka. Bagian dari duka ini adalah pengalaman burukku. Mereka orang yang sungguh jahat. Tak pernah tahu alasan kenapa mereka berbuat seperti itu. Tak merasa menjahatiku, atau aku yang terlalu sensitive dengan apapun yang mereka lakukan. Namun Tuhan baik memberikanku pengertian seperti itu. Aku tak ingin menjadi jahat. Karena aku tak mau seperti mereka. Orang-orang jahat itu. Mereka datang hanya saat membutuhkanku. Mereka datang ketika mereka kesepian dan tak punya teman. Mereka datang hanya dengan ada sebab mereka mendatangiku. Namun, ketika aku butuh mereka tak ada. Mereka tak peduli. Bahkan mereka menjauh. Tapi tak apalah, dan aku biasa dengan hal seperti itu. Sudah menjadi kebiasaan untuk disakiti dan diperlakukan seperti itu.  Semoga Allah menyadarkan mereka dari ketidaksadaran mereka atas hal ‘tak baik’ itu. . Amin. . :D

Ayah bilang ‘Take it easy’. Well, I am a nice daughter and I will do that. Selalu berpikir positif terhadap semua orang. Pengertian itu membuatku lebih bijaksana dalam menjadi manusia yang beradab. Aku percaya, Tuhan tahu semuanya. Ada satu hal yang sampai saat ini menghargai kebaikan dari setiap orang. Pembunuh tak selamanya jahat, mereka masih punya apa yang kita sebut ‘hati nurani’. Saat itu, salah seorang dari mereka yang menjahatiku, terkena masalah. Dia tak dapat kepercayaan dari siapapun. Tak ada satupun yang peduli bahkan ingin membantunya. Dia terpuruk dan semakin terpuruk. Disini, Tuhan membuatku untuk membuat pilihan. Membantu atau menjauh. Devil dan angle berputar-putar di kepalaku. Namun beruntung, angle lebih kuat. Aku berusaha untuk jadi baik dan semoga dia sadar atas apa yang dia lakukan selama ini padaku bukanlah hal terpuji.

Harapan bukan sekedar harapan. Namun dibalut dengan doa agar kebaikan selalu bersama mereka. Namun aku salah, dia tak pernah berubah. Ya,ya,ya. . terkadang kesalahan malah membuatku makin bijaksana dalam menjalani kehidupan ini. 

Semoga Tuhan memaafkan semua kesalahanku, kesalahan mereka dan kesalahan kita semua. Amin. . :D God bless us always. . :)

Today’s quote : Being a good person is not enough, Being a great person is a must :)

Kekuatan dalam kesulitan :D


Hidup di dunia ini memang tak semudah yang kita bayangkan. Banyak cobaan, rintangan dan godaan yang sudah menanti kita. Well, jadilah orang yang kuat dalam menghadapi hidup ini. Selalu semangat dan percaya bahwa kuasaNya akan selalu membantu kita keluar dari setiap cobaan yang ada.

Dalam konteks kekuatan inilah kita bisa melihat kehidupan sebenarnya. Jadilah orang yang kuat hatinya, kuat imannya, kuat budi pekertinya, kuat akalnya, dan mungkin satu hal penting kuat kebaikannya. . Kuat kebaikannya berarti akan mengantarkan kita kedalam kehidupan yang penuh dengan kebaikan, amalan mahmudah dan pahala yang berlimpah. Dan orang yang dekat dengan kebaikan akan menjadi orang penuh kebahagiaan dalam hidupnya . .:D

Melihat sebuah kesulitan dengan pandangan kekuatan semangat akan mampu mengatasinya menjadikan kita manusia yang lebih optimis :) Semuanya bergantung pada diri kita melihat sebuah kesulitan itu sendiri. Kita memilih meratapinya sebagai sesuatu yang sangat menyiksa atau justru mengubahnya menjadi kebahagiaan yang tak terkira. Hal ini sama dengan orang cerdik akan mengubah kerugian menjadi keuntungan. Dan orang bodoh akan membuat satu musibah menjadi bertumpuk dan berlipat ganda. :D

Today’s quote : Orang bijak itu orang luar biasa. Jika ingin menjadi luar biasa , jadilah orang bijak. . :D Keep trying :) 

 Semangaatt guys :) 


Dara and Me

Saturday, November 26, 2011

Jejak kaki keliling Asrama :D



Sabtu pagi yang cukup menyenangkan. Seneng deh habis keliling asrama, melihat proyek pembangunan asrama yang sudah mencapai sekitar 48%. Sempat pula mengambil foto-foto untuk dokumentasi sekaligus kenang-kenangan nantinya. Proyek pembangunan asrama ini menghabiskan biaya yang cuku besar. Mungkin bisa lebih dari 1 milyar.


Maket Asrama dari samping

Asrama Sampoerna Academy ini dibangun atas kerjasama PT HM Sampoerna dan juga Pemerintah Kota Malang. Bangunan yang sekarang ditempati aku dan kawan-kawanku berada di sebelah timur menara mercusuar yang sekarang dalam proses pembangunan. 

Di sebelah utara menara , terlihat bangunan sekolah SMAN 10 Malang berdiri kokoh dan megah. Bangunan dua lantai itu sekarang digunakan untuk tempat pembelajaran bagi siswa-siswi kelas XII . Di samping kiri bangunan sekolah sudah ada beberapa bangunan yang berdiri. Sebagiannya lagi masih dalam proses pembangunan. 
 
Samping kiri bangunan sekolah

Well, berlanjut ke sebelah barat menara mercusuar, terdapat kebun buah naga.Di kebun dengan luas sekitar 3x5 m ini sudah terlihat tanaman buah naga yang tumbuh dengan suburnya. Di sekitar kebun buah naga, masih banyak ditumbuhi tanaman-tanaman liar dan juga banyak putri malu tumbuh disana.

Kebun Buah Naga

Menuju ke sebelah timur (lagi), aku berjalan pasti menuju ke samping asrama B. Di sana terlihat beberapa pekerja yang sedang melakukan tugasnya. Aku sempat menyapa dan bertanya-tanya pada mereka  tentang proyek pengeboran sumur. Saat ini, penggeboran sumur sudah mencapai kedalaman 50 m. Fuuh, cukup dalam yak. . 

Kembali memutar jalan, menuju ke asrama A. Di sana terlihat banyak angkutan kota biru berjejer rapi di tempat parkir asrama. Memang sabtu pagi adalah jadwal community service untuk kelas X dan XI. Tak heran kalau asrama menjadi terminal angkot dadakan. Hhee.. :D

Beberapa sopir angkot tampak berbincang-bincang



Barisan angkutan kota

Selesei deh jalan-jalan sabtu pagi ini. .Udah dulu ya. .  Tunggu cerita selanjutnya. . :D

Today's quote : Ketika mentari pagi menyambut kehidupan, sudah sewajibnya kita menyongsongnya dengan senyuman. . :D

Thursday, November 24, 2011

Paradigma Pengorbanan dan Cinta (Part II)





Setelah pemikiran panjang yang melibatkan kombinasi otak dan hati akhirnya timbul paradigma baru tentang pengorbanan dan cinta antara kekasih (pacar). Meskipun pengertian yang saya dapatkan bukan dari pengalaman sendiri. . Hhhe.. ya maklum, saya memang belum ingin punya kekasih (pacar) untuk saat ini. . :)

Kembali lagi pada arti pengorbanan. Pengorbanan bisa memiliki banyak arti. Pengorbanan mempunyai kata dasar korban. Sedangkan korban berarti seseorang yang mengalami kerugian karena perbuatan yang dilakukan orang lain. Korban juga bisa berarti orang yang terkena dampak atas suatu hal yang terjadi. Well, kalau pengorbanan dalam mendapatkan cinta seorang kekasih berarti bisa dikatakan ada kesalahan dalam cinta itu. 

Cinta sejati tidak memerlukan pengorbanan alias tidak memerlukan korban. Cinta tidak memerlukan korban atau apapun untuk dikorbankan. Kalau dalam sebuah hubungan percintaan sudah melibatkan pengorbanan maka sudah bisa ditebak tidak ada keikhlasan dalam menjalani hubungan itu. Pengorbanan dengan alasan keseriusan dan bukti cinta bukan suatu dasar untuk menjalin hubungan yang benar-benar terjadi atas kehendakNya. Melainkan hubungan atas dasar nafsu. Yakin deh, pasti hubungan itu tidak berlangsung lama. Hhee.. menurut saya sih begitu, , :) Tergantung individu masing-masing juga sih. . :)

Today's quote : Pengorbanan tidak berlaku untuk cinta pada kekasih. . Hhhe.. :D

Manusia = Makhluk sosial :)

Manusia adalah makhluk sosial. Itu artinya manusia bukanlah makhluk tunggal. Manusia diciptakan tidak untuk hidup sendiri melainkan untuk hidup bersama orang lain. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena manusia saling memerlukan dan membutuhkan orang lain untuk dapat hidup. Oleh karena itu sebagai makhluk sosial yang berakhlak dan berbudi pekerti baik, sudah seharusnya kita saling tolong-menolong dalam hal kebaikan. Wujud tolong menolong itu bisa dalam hal kerjasama yang baik antar umat manusia. 

Kali ini saya akan berbagi tentang satu poster yang berhasil menggugah semangat saya yang sempat tertidur. Saya yakin anda juga akan mendapat feel berbeda saat melihat poster ini. :) Inilah foto posternya :)



'Help OTHERS to reach higher GOALS". Kata-kata yang berhasil memotivasi saya untuk selalu membantu orang lain dan selalu berbagi pada orang lain. Dengan membantu orang lain, berarti menambah ilmu kita dalam mengatasi masalah, menambah kebijaksanaan kita dalam mengambil keputusan, dan menambah tingkat jiwa sosial kita. Cukup banyak manfaat yang kita dapatkan setelah membantu orang lain. Manfaat ini tak sekedar kita rasakan saat ini namun akan kita rasakan di masa mendatang. :)

Berbagi pada orang lain adalah salah satu jalan yang tepat untuk mensyukuri atas apa yang kita dapatkan saat ini. Dengan berbagi kita bisa lebih menghargai setiap butir kerja keras kita selama ini. Setiap pengorbanan dalam pencapaian tujuan-tujuan yang sudah kita rancang. :) 


Today's quote : Ketika kamu selalu berbuat baik pada orang lain, maka orang lain akan berbuat baik padamu. :)

Dia, peri cantik yang menyenangkan

Bahagianya diriku terlahir memiliki seorang kakak yang lembut hatinya, baik budi pekertinya, dan satu yang pasti selalu menyayangiku dengan tulus. Peri cantik yang menyenangkan itu kakakku, Ferry Ikhfa Megarini. Mbak Ferry, panggilan sayangku untuknya. Kakakku sekarang berstatus sebagai mahasiswi Fakultas Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Dia jago banget matematika. 

Kakak yang menyenangkan dan asyik diajak sharing. Dulu kalau di rumah, aku sering curhat-curhatan dengan mbakku yang cantik ini. Bahas hal-hal yang gak penting, ketawa-ketiwi bareng dan tak jarang kita ngebolang berdua. Jadi kangen masa-masa itu :"

Aku dan kakakku hanya selisih 2,5 tahun, beruntungnya aku hanya memiliki selisih tahun yang gak cukup jauh. Kenapa beruntung ? Karena kita masih sempat satu sekolah dan senangnya aku punya kakak kelas , kakakku sendiri. Begitulah pikiranku saat SD dulu.Aku masih ingat betul saat dijahili teman-temanku cowok di SD dulu, pasti teman-temanku yang cewek langsung lapor ke kakakku. Jadi deh, mereka (baca:teman-teman yang gangguin) jadi takut. lol. Thanks mbak ya, uda jadi superheraku (kalau superhero kan cowok :p) #apasihluc

Banyak sekali yang aku kagumi dari sosok peri cantik ini. Rajin, penurut sama orang tua, lembut tutur katanya, dan baik banget ya sama aku. 180 derajat berbeda sama aku. Aku malesan banget orangnya. Nurut sama ortu ? Kadang sih. Tapi lebih sering bandelnya. Lembut ? Gak blass... Ceplas-ceplos, jutek abiss. beda ya --" Dan satu lagi, sering malah aku jahatin kakakku. Bikin dia marah, kalau disuruh jarang nurut, dan mesti menang sendiri. . Maaf mbak, aku jahat banget ya :"

Tapi, Allah membuka semuanya. Apa yang dulu gak aku rasakan sedalam ini menjadi terbuka. Semua terlihat begitu nyata. Hidup jauh dari keluarga  berhasil menumbuhkan pengertian sejati betapa berharganya keluarga untukku. Betapa beruntungnya memiliki  ayah luar biasa,  ibu serba bisa,  kakak penuh kesabaran menghadapiku, dan adik yang sangat menyenangkan :') Sungguh Allah Maha Baik ~

Satu hal yang kadang membuatku menangis (cengeng ah ) Peri cantik ini selalu mengalah padaku. Betapa baiknya dia. Selalu membuatku dapat yang baru. Selalu ingin memberikanku yang terbaik. Hatinya begitu baik. Tak ada sekalipun niat jahat dia pada orang lain.Aku ingat betul saat handphoneku rusak, dia yang mengusulkan untuk membeli yang baru. Saat aku bilang " Mbak aja wes yang dibeliin baru, biar aku pake hp mbak aja" dan dia menjawab dengan nada bicara yang menyenangkan " Enggak wes dek, sampean aja yang dibeliin. Sampean butuh lebih bagus kan kameranya. Nah, beli aja yang baru". .Dia selalu mengerti aku, sosok kakak yang begitu baik. Semoga aku juga bisa jadi kakak yg baik untuk adik-adikku. 

Tak hanya itu, dulu saat asramaku masih di Universitas Brawijaya. Peri cantik ini sering maen ke asramaku dan aku pasti nitip macem-macem plus bikin repot. Betapa baiknya dia.Betapa tulusnya dia.Satu lagi, surprise ulang tahunku yang ke-17 darinya akan menjadi moment yang akan selalu kuingat. Sebagai bukti betapa dia peduli akan diriku, akan kebahagiaanku, akan kehidupanku. Betapa sayangnya dia pada adek perempuannya satu ini.Aku jugaa sayang mbakk. Sayang banget :')

Semoga Allah selalu memberikan kekuatan dan kebahagiaan untuk kakakku. Semoga Allah selalu menuntunnya dalam mendaki puncak keberhasilan, menapaki jalan kebaikan, dan mengarungi samudra kehidupan. . Semoga kasihMu selalu bersamanya.  Aamiin ~


Cium jauh untuk peri cantik disana ~ Sehat-sehat selalu mbak ya :*

Sunday, November 20, 2011

Pemimpin itu Pemimpi

Melewati ruang tengah lantai 3 Gedung A kini terlihat berbeda. Di sana terpasang 3 poster yang sangat menginspirasi. Salah satunya adalah seperti yang terpampang di bawah ini :



'Untuk menjadi PEMIMPIN harus dimulai dari PEMIMPI'. . Memang benar seorang pemimpin dasarnya adalah seorang pemimpi yang mempunyai keinginan untuk memimpin kehidupan.Memimpin kehidupan itu dimulai dari memimpin dirinya sendiri, memimpin komunitas kecil di sekitarnya dan kemudian berkembang menjadi pemimpin yang besar, memimpin dunia.

Menjadi pemimpin bagi diri sendiri adalah langkah awal yang cukup sulit untuk di laksanakan. Karena kita tahu setiap insan memiliki keinginan yang tak ada batasnya, dan di antara mereka belum bisa menempatkan diri bagaimana bertindak seharusnya dan setepatnya.Well, menjadi seorang pemimpi baik menjadi cermin awal untuk menjadi pemimpin yang baik. Pemimpi yang baik adalah pemimpi yang tahu kapan dia harus bangun untuk menggapai mimpi-mimpinya. Sama halnya dengan pemimpin yang baik yaitu pemimpin yang tahu kapan dia bertindak untuk merealisasikan visi dan misinya sehingga bisa membantu insan-insan yang dipimpinnya. 

Seorang pemimpin pasti dan wajib memiliki visi dan misi. Dari situlah, mulai sekarang kita bisa belajar menyusun visi dan misi yang ingin kita capai dalam kehidupan ini. Mulai dari sekarang lebih baik. karena pencapaian dengan proses panjang hasilnya bisa lebih maksimal dari pencapaian dengan proses singkat.


                   Today's quote : Jadi pemimpi yang baik sama halnya mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin yang baik . . :D

Ayah, Lelaki Hebat ke-2 Sepanjang Masa :')

Bangga melihat sosok luar biasa itu. Seorang lelaki yang sangat penyabar menghadapi setiap tingkahku, keluhanku, cerita-ceritaku dan semuanya. . Beliau lelaki hebat ke-2 sepanjang masa setelah Rasulullah SAW. Beliau lelaki luar biasa yang selalu menginspirasiku untuk menjadi yang terbaik. Lelaki hebat itu bernama Drs.Bagus Riyanto. Seorang guru fisika di salah satu SMK Negeri yang juga ayah sempurna untukku. Bagiku beliau adalah ayah serba bisa, guruku di rumah, suami yang sholeh, ayah yang bijaksana dan tentunya orang humoris yang selalu berhasil membuatku tertawa saat aku sedih. :')

Ayah selalu mengajarkanku bersikap yang baik. Tenang dalam menghadapi setiap masalah. Berpikir positif terhadap apapun yang terjadi. Bijaksana mengambil keputusan dan satu lagi Ayah selalu mengajarkanku bagaimana mensyukuri setiap nikmat dariNya untuk kehidupan yang penuh berkah ini. :')

Teringat masa-masa saat aku di rumah dulu, Ayah selalu jadi orang pertama tempatku bertanya apa yang harus aku lakukan. Terkadang ayah masuk ke kamarku saat aku belajar. Bertanya bagaimana sekolahku, bagaimana teman-temanku. Senyum dan tawanya yang khas terlihat jelas di memoriku. Beliau selalu mengajarkanku menjadi yang terbaik dengan tetap menjaga kerendahan hati. . :')

Oh Tuhan, aku merindukannya. Ayah yang selalu jadi pahlawan dalam setiap detik hidupku. Ayah yang tak pernah lelah sebagai penompang dalam hidupku. Ayah yang selalu bijaksana menyikapi semua tingkahku yang sangat kekanak-kanakan. Ayah yang selalu memberiku semangat atas semua usahaku. Ayah yang selalu membangkitkan semangatku saat aku jatuh. Proud to be your daughter, , , :')

Tak pernah sekalipun aku melihat ayah mengeluh atas apa yang dialaminya. Ayah akan selalu tersenyum setiap pulang dari kantor. Ayah sungguh lelaki terkuat yang pernah aku kenal.  :')

Setiap tahun usia ayah bertambah semakin tua. Kini umurnya hampir mencapai 48 tahun. Beberapa kerutan di wajahnya sering membuatku khawatir atas kesehatannya. Ya Allah, selalu jagalah beliau disana. . Aku sungguh menyayanginya. . . :')

Untuk setiap peluh yang kau teteskan untuk memenuhi setiap kebutuhanku, untuk setiap kerutan di wajahmu yang tak sempat kuhitung, untuk setiap nasihat yang selalu membuatku merasa lebih baik, untuk setiap semangat yang membuatku lebih berani menjalani hidup, untuk setiap kepercayaan yang telah kau berikan padaku meskipun sering aku khianati, sungguh tak akan bisa aku membalas semua kebaikanmu Ayah. . . :')
Semoga Allah membalasmu dengan syurga yah. . Semoga Allah membalas setiap kebaikaanmu dengan tempat terbaik di syurga, , Amin. . :')

Jaga Ayahku di sana Ya Allah. Semoga Ayah selalu disayang Allah. . Amin. . :')


Ayah-Adek-Me

Today's quote : 
Kata Ayah orang yang menanam kebaikan akan memanen kebaikan :) Selalu berbuat baik pada orang lain itu menyenangkan lo. . :D

Triplek di 20112011 ? --"

Well, hari ini cantik banget kayaknya. 20.11.2011. Semoga hari yang menyenangkan untuk mengerjakan soal-soal try out GO nanti. Ehm biasanya kalau tanggal cantik gini aku pasti berharap ada seorang pangeran yang nyatain cinta ke aku. Fiuuu, , Ngarep banget nih. . . . Hhhhaaa. . -lol-

Tapi nyatanya, melewati tangal-tanggal cantik itu belum ada yang nyatain cinta ke aku. Nasib.nasib. . -,- But, it's okaylah. . Calm down lucy. . :D

Terlentang di kasur sembari menatap langit-langit. Kasur diasrama memang model tingkat. Aku kebagian di kasur bawah so, ada batas triplek untuk kasur atas. Triplek, T-R-I-P-L-E-K. . --" Heran, kok bisa panjang dan selebar itu ya. Disitu juga ada garis-garis tahunnya. Hem, klutikkk sekian lama hidup baru kepikiran hal ini. . Oke guys, check this out ! 

Pembuatan triplek sebagaian besar memakai mesin. Pertama yang dilakukan adalah kayu sengon glondongan sebagai bahan baku pokok yang sudah di potong-potong 1 meter dimasukkan ke mesin pembelah kecil-kecil sesuai yang diinginkan. Selanjutnya dimasukkan ke mesin press-1, press-2 (dipress) sesuai ketebalannya. Kemudian berlanjut ke mesin perekat dan dimasukkan ke mesin press (lagi). Next, di keringin pakai oven deh. . . :D

Lain kali, pengen main ke pabrik triplek deh. Mau ikut ? ? :D


Triplek penyangga kasur atas :)


Today's quote : Be knowledgeble person is so cool :D


Saturday, November 19, 2011

Paradigma Pengorbanan dan Cinta (Part I)

Kemarin malam (18/11), saya sempat bertukar pikiran mengenai pengorbanan dan cinta dengan kakak saya. Memang benar setiap orang mempunyai paradigma berbeda mengenai dua hal tersebut. Ada yang berpendapat bahwa cinta yang sebenarnya timbul bukan karena pengorbanan namun cinta itu timbul dari dalam hati. So sweet deh, , :D

Nah sekarang kita lihat pengorbanan dan cinta itu dalam hubungan orang tua dan anaknya. Banyak orang tua bersedia melakukan apapun untuk memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Mereka rela bekerja siang dan malam untuk memberikan penghidupan yang layak, mencukupi semua kebutuhan anak-anak mereka. Hal ini membuat jumlah orang tua yang tinggal dirumah bersama anak-anak semakin sedikit. Beberapa orang tua mengganggap hal ini sebagai pengorbanan, beberapa di antaranya mengganggap tindakan itu sebagai perwujudan rasa cinta. Garis batas antara cinta dan pengorbanan memang seringkali tidak jelas, satu yang harus orang tua perhatikan bahwa anak tak selamanya membutuhkan materi namun juga perhatian dan kasih sayang. 

Berkorban sendiri memiliki arti meninggalkan sesuatu yang bernilai tinggi demi hal-hal laing yang seseorang anggap lebih berharga. Nah, jika pengertian ini kita hubungkan dengan cinta akan menjadi sebuah pengertian baru tergantung dari konteks cinta yang dibicarakan cinta pada kekasih, cinta pada sahabat, atau cinta pada ayah dan ibu.

Well, menurut saya rasa cinta anak pada orang tua dan rasa cinta orang tua pada anak-anaknya merupakan bentuk cinta yang paling murni. Kenapa demikian ? Karena rasa cinta itu sudah tumbuh sebelum si anak anak di dunia ini. Cinta yang diikat dengan hubungan darah. Cinta yang penuh dengan rasa kasih ingin membahagiakan satu sama lain. :D

Lain halnya dengan cinta seorang sahabat. Cinta ini timbul karena kebaikan, kecocokan yang dialami selama proses kehidupan berjalan. Sahabat menurut saya, orang terbaik kedua setelah orang tua. Sahabat mengingatkan jika sahabatnya lupa. Sahabat menegur jika sahabatnya salah. Sahabat akan memberi semangat jika sahabatnya lemah. Sahabat sejati selalu ingin yang terbaik untuk sahabatnya.  :D 
Itu pengertian yang saya dapatkan dari sahabat-sahabat saya. Teringat sebuah statement luar biasa yang dilontarkan oleh sahabat saya (Atika). Friendship is not an opportunity, but friendship is a responsibility. . :D

Selanjutnya, bagaimana pengertian cinta-pengorbanan pada kekasih ? Sepertinya anda harus membantu saya menemukan pengertian sebenarnya tentang ini karena saya belum pernah mengalaminya . . Hhhe. . :D

Nantikan di Part II untuk jawabannya ya, , , B-)


Bersama keluarga ( Ibu-Me-Adek-Kakak)

Bersama sahabat (Atika-Dara-Me)

Bersama sahabat (mb Nephi-Dek Phi-Mbak Ngkik-Me)


Today's quote : Lebih bijaksana menjalani setiap detik kehidupan :D

Wanita luar biasa itu Ibu :')



Bangga memiliki ibu yang luar biasa. Ibu yang selalu mendukung setiap usahaku dalam pencapaian masa depan yang cerah. Ya, Beliaulah yang menjadi salah satu alasanku untuk selalu melakukan yang terbaik. Wanita hebat itu bernama Lilik Windarini. Beliau adalah seorang TU di salah satu SMK swasta  yang juga seorang ibu sempurna untukku. Beliau adalah wanita yang cerdas, pintar masak bahkan di keluarga ayahku masakan ibuku terkenal paling enak. Beliau juga wanita yang sensitif, ketika melihat suatu pemandangan yang menyedihkan terkadang beliau tidak bisa membendung air matanya.

Ibuku adalah wanita serba bisa. Apapun bisa beliau lakukan untukku. Alasan utama yang membuatku kagum pada beliau adalah beliau bisa berperan sebagai ibu rumah tangga, istri yang sholeh, guruku di rumah, sekaligus bekerja di kantor. Beliau bisa memberikan contoh bagaimana bisa bekerja tanpa mengganggu profesinya sebagai ibu rumah tangga yang baik. Proud of you mom. . :D

Aku ingat sekali masa-masa aku masih berada di rumah. Setiap ibu pulang dari kantor, pasti beliau bawa oleh-oleh untukku. Ibu memang selalu mengutamakan anak-anaknya, beliau selalu menyimpan jatah snack dari kantornya untuk aku, kakak dan adikku di rumah. :’)

Malam hari selepas belajar aku menghabiskan waktuku bersama ibu. Sekedar untur bercerita tentang apa yang terjadi hari ini. Ibu pasti mengelus rambutku sambil tiduran. Memberikan nasihat dan harapannya padaku. Aku bisa merasakan kasih sayang itu, meski ibu tak pernah mengucapkannya padaku.

Aku ingat sewaktu aku jatuh sakit, pasti ibu adalah orang pertama yang paling repot mengurusiku. Bahkan beliau rela menjagaku sampai tak tidur karena khawatir dengan kondisiku. Ibupun rela tidak masuk kerja demi aku. Memasakkan makanan kesukaanku agar aku cepat sembuh. Ibu, wanita hebat yang selalu menjadi semangat untukku :’)

Aku jadi menyesal ketika mengingat kebaikan-kebaikannya untukku. Beliau ibu yang sangat baik.Rela berkorban untukku. Tapi aku ? Saat beliau menyuruhku, aku sering menolak atau terkadang malah marah-marah karena aku merasa terganggu, Oh Tuhan, betapa jahatnya aku. . :(

Hal terpenting yang kunikmati selama 17 tahun usiaku yaitu pengorbanannya. Yah beliau juga yang memperlihatkan padaku arti pengorbanan. Beliau telah mengorbankan hidupnya selalu untuk anak dan suaminya. Pengalaman beliau selalu menginspirasiku. Mulai dari masa kecil, sampai masa masa-masa beliau harus berpisah dengan orang tua sejak SMA. Perjuangannya begitu besar. Bagiku, beliau adalah wanita terkuat yang aku kenal. Kemandirian beliau dalam hidupnya membuatnya begitu sempurna di mataku.

Dari tahun ke tahun, ibuku terlihat semakin tua. Umurnya hampir mencapai 45 tahun. Sering aku khawatir dengan kondisi kesehatannya. Semoga Allah selalu menjaga ibu disana. . amin. . :’)

Aku kangen banget sama ibu. Ingin rasanya memeluk ibu. Berbagi cerita-ceritaku sekolah di Malang. Makan masakan ibu. Menemani ibu saat begadang menyelesaikan tugas kantor.Oh Tuhan, Aku rindu Ibu, , T.T

Ya Allah, jadikan aku anak yang shalehah. Anak yang bisa membanggakan kedua orang tuaku. Anak yang bisa bermanfaat untuk orang lain. Karena hanya dengan itu, aku bisa membahagiakan ibuku.

Jaga Ibuku disana Ya Allah. Semoga Ibu selalu disayang Allah. Amin. . :’)





Peluk rindu untuk wanita hebat disana. Aku selalu bangga padamu, Ibu. . :')

Burung Tersambar Petir ? -,-


Lagi-lagi musim hujan pasti diwarnai dengan suara petir yang menggelegar. Ngeri kadang dengernya. Kadang sayapun takut kalau ada orang yang tersambar petir. Konon, petir ini terjadi karena adanya perbedaan potensial antara awan satu dengan awan lainnya. Saat inilah terjadi loncatan elektron yang mengakibatkan petir terjadi. Timbul dalam benak saya, apakah petir hanya bisa mengenai manusia sebagai sasarannya atau bisa makhluk hidup lainnya ? Bagaimana dengan burung ? Apa bisa ya burung tersambar petir ? -,- 

Dan ternyataaa,,, Burung yang tersambar petir bukan tidak ada. Kemungkinan burung terjilat lidah petir tetap ada, meskipun sangat kecil. Ini bisa diperkuat dengan Fenomena burung mati di Arkansas dan Louisana yang masih menjadi misteri. Lebih dari 1.000 burung berwarna hitam jatuh dari langit sehari sebelum perayaan Tahun Baru di Arkansas, Amerika Serikat.Ada anggapan bahwa kematian burung ini karena badai dan petir. 





Menurut Prof Yohanes Surya PH.D,  Seperti dikutip dari situs ahli ini, tiap hari Bumi dihantam sekitar 40 ribu petir. 

Nah, Satu sambaran petir dapat menghasilkan energi lebih besar dari seluruh pusat tenaga listrik di Amerika Serikat (AS). Selain itu, kilat bergerak dengan kecepatan 150.000 km/detik. Sambaran petir ini bisa sampai ke permukaan bumi dalam waktu 20 milidetik.Sekecil apapun petir akan tetap sangat berbahaya karena muatan listriknya sangat tinggi. Suhu rata-rata petir kecil mencapai 10.000 derajat atau 10 kali suhu untuk melelehkan besi.

Kemungkinan burung tersambar petir memang sangat kecil. Karena burung jarang terbang waktu hujan atau saat petir menyambar-nyambar.

Today's quote : Awas tersambar petir. . Hhha.. . :D
  

Thursday, November 17, 2011

Antara Rayap dan Laron ?

Musim penghujan seperti sekarang ini membuat suasana menjadi lebih segar dan menyenangkan. Aroma tanah basah yang khas selalu mewarnai malamku akhir-akhir ini. Tidak hanya itu, koloni laron dari ladang sebelah kamar tak jarang menerobos masuk celah jendela yang hanya terbuka sekitar 1 inchi. Sempurna, cerdik sekali mereka. Namun jarang semuanya bisa masuk, mungkin hanya 2 sampai 5 laron yang bisa masuk ke kamar. Mereka terbang mengitari lampu untuk mencari kehangatan. Tak jarang antara mereka bertabrakan, dan kemudian jatuh ke lantai.


Laron bersayap


Geli banget ya. . Lihat Laron tanpa sayap. . -,-

Iseng saya mendekati laron yang jatuh tersebut. Memeganggnya. Oops.. Tak sengaja lar itu terlepas. Oh maaf, sungguh tak ada maksud. On ( Lar-On , kata teman saya kalau Laron yang Lar (sayapnya) sudah lepas tinggal On saja deh. . hhhe... ) tersebut jatuh ke lantai lagi. dan merayap menjauh dari saya. ( Doa dalam hati : semoga On tidak membalas dendam pada saya. . amin ) 

Melihat dari kejauhan On yang berjalan menjauh, saya menjadi teringat tentang rayap. Laron merupakan salah satu tahap perkembangan rayap, serangga yang hidup berkoloni seperti semut. Rayap memiliki tiga kasta (level perkembangan) yang terdiri dari kasta reproduktif, kasta prajurit, dan kasta pekerja. 

Laron merupakan salah satu fase dewasa dari kasta reproduktif. Ia akan menjadi raja dan ratu pada koloni rayap.  Laron tumbuh dari telur. Sayap laron berkembang agar laron bisa terbang mencari pasangan kawinnya. Setelah kawin, sayap laron tanggal karena tidak diperlukan lagi ( Semoga Laron tadi sudah kawin ya. . Hhhe ). Laron yang sudah kawin itu mulai membangun sarang dan menetaskan telur-telur sehingga membentuk koloni baru.  

Dan ternyata, laron tidak akan mati setelah sayapnya tanggal, kecuali ada predator yang memangsa atau membunuhnya. :D

Well, satu hal lagi yang saya lihat mengenai Laron. 2 Laron yang sayapnya tanggal akan merayap beriringan. Kata guru saya, Laron tanpa sayap (baca : Laron mbrunduli [dalam bahasa Jawa]) yang merayap bersama-sama itu diibaratkan sebagai sepasang kekasih yang selalu bersama kemana, dimana dan kapan saja. Hem so sweet siih.. Hhee.. :D


Today's quote : Mengamati sesuatu secara detail ternyata mengasyikkan . . :D

Fenomena Kaki Cicak

Melihat cicak di tembok (jemuran lantai III gedung A bagian selatan) kemarin malam (16-11-2011) membuat saya penasaran tentang bagaimana cicak bisa menempel di tembok. Saat cicak itu merayap ke atap, saya tambah heran. Kok bisa gak jatuh ya ?

Ternyata ada sesuatu pada kaki cicak yang menyebabkan tubuhnya bisa menempel di tembok. Berdasarkan berbagai sumber yang saya dapatkan, Cicak dapat melekat di dinding karena pada telapak kakinya terdapat jutaan bulu-bulu halus berukuran mikro yang disebut dengan seta. Panjang bulu halus ini hanya dua kali dari diameter rambut manusia. Bulu-bulu halus ini dapat melekat dengan erat pada berbagai permukaan, bahkan permukaan kaca yang sangat halus. Penemuan oleh kelompok peneliti dari Universitas California Barkeley menemukan sekitar 500 ribu bulu halus pada telapak kaki cicak. Bulu halus ini panjangnya bervariasi antara 30-130 mikrometer. Tebalnya pun hanya sepersepuluh tebal rambut manusia. 


Nah, Satu seta dapat menahan beban sebesar 20 mg. Artinya, jutaan seta dapat menahan beban hingga puluhan kilogram. Bandingkan dengan berat cicak yang hanya 50 g hingga 150 g. Sumber dari gaya lekat ini diperkirakan karena gaya tarik listrik antara molekul permukaan dengan molekul seta (gaya Van der Waals). Cicak dapat melepaskan kakinya dari dinding dengan membuat sudut antara seta dengan dinding. Ketika sudut antara seta dan dinding membesar, gaya lekat antara seta dengan dinding juga ikut mengecil.

Bulu pada kaki cicak



Nah , ketika cicak jatuh dari dinding itu karena dia salah mengatur posisi kaki saja (kesalahan teknis peletakan telapak kaki cicak oleh cicak sendiri). Karenanya ketika cicak ditangkap ia sulit dilepas dari dinding, tetapi mungkin jatuh karena kesalahan sendiri. Makanya hati-hati, yaah cicak ~ hehe

Kreatif dalam desain eksterior rumah :D


Tugas ART ! Cukup menyenangkan juga (: Kelompokku mendapat bagian desain eksterior rumah. Bersama mbak putri, andin, dani, dan papi daus kami mendesain rumah impian. Alhasil, rumah bertingkat 3, dengan kolam renang di lantai 1, ayunan di lantai 2 dan tempat melihat bintang di lantai 3. Lengkap sudah, sesuai keinginan :D

Kami menyelesaikan maket ini dalam 3 hari. Seneng banget bisa menyelesaikan maket ini. Mulai dari ngecat tembok, membuat ayunan, membuat taman, membuat kolam renang,. .:) Seneng deh pokoknya :D
Rumah yang dominan dengan warna coklat muda kombinasi coklat tua ini terlihat elegan dan mewah. Kesan klasik juga menambah plus maket rumah ini. Taman yang disusun sedemikian indah dengan warnai-warni bunga membuat maket rumah terlihat lebih asri dan indah. :) Benar-benar rumah impian :)
Eittss,,, tapi lebih seru lagi kalau rumah ini dibangun di atar air terjun Niagara. Pasti lebih bagus pemandangan waktu liat bintangnya :D hhaaa… -ngayal ON nih- hhee.. :p


Dari atas


Lantai II depan


Tampak Depan

Dani-Papi-Me-Andien-Mbak Putri_ Good Job !


Today’s quote : Membangun rumah impian = membangun masa depan :D

Well done Labirin Perjuangan ! :D


11-11-2011, cukup membuatku tersenyum. Hari ini pengumuman Lomba Melukis Tembok Perjuangan. Alhamdulilah, Allah memeluk doaku dan doa teman-temanku. Tim ku mendapatkan juara 3. Good job guys :D Gak nyangka banget bisa dapet piala juara itu. Mengingat persiapan lomba hanya semalam saja. Ya.ya.. Kalau sudah rezeki pasti gak kemana kok.. :D 

Mural painting kami mengambil tema ‘Ini Pahlawanku, Siapa Pahlawanmu?’. Dalam 4 sisi tembok yang dilukis, kami melukis labirin bertuliskan HERO di sisi depan. Di sisi ini menggambarkan seorang perempuan (anak SMA) yang ingin mengetahui siapa pahlawan dalam hidupnya. Labirin ini sebagai refleksi keras, susah dan lika-likunya rintangan yang harus ditempuh agar bisa disebut sebagai seorang pahlawan.

Sisi belakang menggambarkan pecapaian usaha dari seorang perempuan itu tadi. Ternyata seorang pahlawan bukan hanya orang-orang yang bertempur di medan perang, melainkan orang-orang yang bisa bermanfaat orang lain. Kitapun bisa menjadi seorang pahlawan , setelah kita bisa memberikan manfaat pada kehidupan dan orang lain. :D

Sisi Depan

Sisi Belakang



Proses Mural Painting


Well, jadilah orang yang bisa bermanfaat bagi orang lain ya guys…. :D

Today’s quote : Hidup adalah perjuangan… Keep spirit ! :D



Wednesday, November 2, 2011

Istilah 'buyutan' = Tremor senilis

Tepatnya kemarin (1-11-2011), aku bersama mbak Putri ijin keluar asrama untuk foto copy lembaran biologi  sekalian membeli keperluan Art. Ditemani rintik-rintik hujan, kami berdua menerobos genangan air yang berwarna kecoklatatan. Tak jarang mobil atau motor sekedar lewat memberi cipratan air yang cukup membuat rok kami basah. Jarak asrama dengan tempat foto copy sekitar 300 m. Cukup jauhlah. Nah, disekitar asrama kami kebetulan cuma ada 2 tempat foto copy.. Fiuuh, pelosok banget ya.. hhe.. :) Tapi gak papalah, yang penting ada meski cuma dua.

Dengan semangat 45 menerobos hujan. Akhirnya sampai juga kita didepan foto copy. Engg.ingg.engg..tokonya tutup.Kata orang disitu sih, si empunya toko sedang berbelanja. Akhirnya kami memutuskan untuk menunggu disamping toko sekitar 30 menit plus wajah memelas memegang payung. Lama menunggu namun yang ditunggu tak kunjung datang.Kami beranjak dari duduk deh, menuju lokasi tempat foto copy yang ke-2.

Ya.ya.. Tempat foto copy yang ke-2 ini memang lebih kecil dan pelayanannya tidak secepat di tempat yang pertama. Tapi gak papa deh, demi teman-teman tercinta (baca : MaXiiA4) :D hhee...
Sampai di toko yang dituju, aku segera menyerahkan dan mengatakan kemauanku pada bapak penjaga foto copy. :) Beliau seumuran kakekku, namun sepertinya memiliki semangat kerja tinggi. 

Menunggu sekitar 60 menitan sambil makan mi ayam di warung sebelah membuat kami tidak merasa menunggu, Ya jelaslah, mi ayamnya mantap gituuu, murah lagi (hhe, kok jadi promosi.. :p) kami kembali ke tempat foto copy untuk mengambil hasilnya. 

Saat beliau menyerahkan hasil foto copyan, kedua bola mataku menatap getaran itu. Hem, beliau sudah 'buyutan'. Buyutan itu istilah di daerahku untuk gemetaran pada tubuh dan terjadi pada orang usia lanjut. Nah, rasa ingin tahulah yang membuatku ingin tahu apa sebenarnya istilah 'buyutan' itu. 

Setelah mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, didapat bahwa 'buyutan' adalah istilah untuk orang yang mengidap tremor senilis. Tremor adalah suatu gerakan gemetar yang berirama dan tak terkendali, yang terjadi karena otot berkontraksi dan berelaksasi secara berulang-ulang.



Tremor dikelompokkan berdasarkan kecepatan dan irama gerakannya, dimana dan seberapa sering terjadi serta beratnya. 

  1. Tremor aksi, terjadi ketika otot dalam keadaan aktif.
  2. Tremor istirahat, terjadi ketika otot sedang beristirahat. 
    Meskipun penderita sedang beristirahat total, lengan atau tungkainya bisa terus gemetaran. Tremor ini bisa merupakan pertanda dari penyakit Parkinson.
  3. Tremor yang disengaja, terjadi jika seseorang membuat gerakan yang disengaja. 
    Tremor ini bisa terjadi pada seseorang yang memiliki kelainan pada serebelum (otak kecil) atau penghubungnya. 
    Yang sering menyebabkan terjadinya tremor ini adalah sklerosis multipel. Tremor yang disengaja juga bisa terjadi pada penyakit neurologis lainnya, stroke atau alkoholik menahun. 
    Tremor yang disengaja lebih lambat daripada tremor esensial serta menyebabkan gerakan yang lebih luas dan serabutan.
  4. Tremor esensial merupakan tremor yang biasanya mulai timbul pada masa dewasa, yang secara perlahan menjadi semakin nyata dan tidak memiliki penyebab yang pasti. 
    Tremor esensial biasanya bersifat ringan dan tidak menunjukkan adanya penyakit yang serius, tetapi bisa mengganggu, yaitu mempengaruhi tulisan tangan, menyebabkan kesulitan dalam menggunakan perkakas dan mempermalukan penderitanya. 
    Keadaan ini bisa diperberat oleh stres emosional, kecemasan, kelelahan, kafein atau obat perangsang yang diresepkan oleh dokter. Obat-obatan (terutama untuk asma dan emfisema) juga bisa memperburuk tremor esensial.
  5. Tremor senilis adalah tremor esensial yang timbul pada usia lanjut.
  6. Tremor familial merupakan tremor esensial yang terjadi di dalam satu keluarga

Penyakit tremor mendatangkan banyak kesulitan bagi orang lanjut usia. Mereka sulit dan perlu memakan banyak waktu untuk melepaskan atau mengenakan pakaian dan mengancingkannya. Walau mempengaruhi penghidupan dan mendatangkan kesulitan tertentu, tapi penderita tetap dapat mengerjakan sesuatu dengan mandiri.

Pada kenyataannya, penyakit tremor mendatangkan tekanan psikologis yang besar bagi orang lanjut usia, karena ketika menghadapi banyak orang atau sedang emosial gejala gemetaran itu menjadi sangat nyata, ini dapat mempengaruhi pergaulan. Orang lansia selalu dihantui perasaan takut, dan semakin takut semakin parahlah gejala gemetarannya.

Misalnya, ketika menjamu tamu di rumah, ucapan penderita tremor mungkin akan kurang jelas dan terlihat tegang, mengangkat seloki arak pun akan gemeter sehingga merasa serba salah dan tidak senang, gangguan psikologis ini sangat mempengaruhinya. Gejala semacam itu sudah umum, kebanyakan digolongkan penyakit gangguan gerak, dulu sering disebut tremor jinak, tremor bersifat keturunan atau tremor lansia, tapi kini disebut essential tremor.

Sejumlah orang lansia yang mengalami gejala tremor sering menyangsikan dirinya mengidap penyakit Parkinson, pada kenyataannya kedua penyakit itu berbeda. Memang kedua penyakit terdapat menunjukkan gejala yang sama ialah gemeter, tapi gemeter merupakan satu-satunya gejala essential tremor, sedangkan Parkinson selain gemeter, juga terdapat gejala lainnya. Bagian yang gemeter juga berlainan, gejala gemetar penyakit Parkinson mudah terjadi pada bagian-bagian tangan, kaki, tubuh, tapi essential tremor terutama di bagian tangan, kepala , dagu dan lidah.

Langkah pengobatan essential tremor dilakukan pada dua segi. Yaitu pengobatan psikologis dan pengobatan dengan obat-obatan. Pengobatan psikologis ialah pertama-tama meyakinkan penderita menerima kenyataan tersebut, jangan takut diketahui orang lain, harus menghadapinya dengan sikap positif, hidup teratur, menjaga ketenangan hati dan jangan bekerja terlalu letih, kesemuanya itu menguntungkan bagi pengobatan penyakit tersebut.

Well, sekarang uda jelas deh apa itu 'buyutan'. Jadi kalau seumpama ketemu gemetaran seperti itu lagi pada lansia nyebutnya 'tremor senilis' aja yak.. biar lebih keren dan tidak menyinggung orangnya. Hhhe.. (peace ^^) 

Today's quote : Kesehatan itu mahal harganya.. :D Keep ur health ya guys... :)
COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES