Tuesday, August 20, 2019

Harapan #IbuKotaBaru: Menuju Indonesia Lebih Cerdas dan Berdaya Saing Global

Jakarta berasal dari bahasa Sansekerta dengan “karta” yang berarti pekerjaan yang telah dicapai. Jakarta pernah berganti nama hingga tiga kali, mulai dari “Jayakarta” yang berarti kemenangan atau kejayaan yang diraih, menjadi Batavia dan kembali menjadi Jakarta lagi sampai sekarang. Nama adalah doa, begitu harapan yang disematkan pada Jakarta sejak awal hingga sampai saat ini. Genap berusia 492 tahun sebagai ibu kota Indonesia di tahun 2019, Jakarta tetap dengan keistimewaan dan beragam pesona bagi masyarakat Indonesia pada umumnya dan warga Jakarta sendiri pada khususnya.

Beragam pecapaian pembangunan dan prestasi sebagai pusat pertumbuhan ekonomi nasional sudah diraih oleh Jakarta selama menjadi ibu kota Indonesia. Pun banyak persoalan dan masalah yang tidak pernah lepas dan muncul tiap harinya terkait kependudukan, lingkungan dan masalah sosial lainnya. Laju pertumbuhan penduduk Jakarta yang meningkat pesat tiap tahunnya juga membuat Jakarta makin penuh sesak. Berdasarkan data (BPS, 2017), kepadatan penduduk Jakarta sekitar 15.663 jiwa per km2 dengan luas wilayah Jakarta 662,3 km2 dihuni penduduk dengan total mencapai 10,37 juta.

Tak perlu dibayangkan lagi, betapa macetnya lalu lintas Jakarta dengan penduduk yang kian padat dan kebutuhan akan hidup yang terus mendesak untuk dipenuhi. Sementara kondisi lingkungan Jakarta yang kian kritis dan memprihatinkan. Kualitas air sungai di Jakarta sebesar 96% masuk dalam kategori tercemar berat sehingga menjadi ancaman yang cukup serius untuk keperluan sanitasi. Tidak hanya itu, kondisi kualitas udara Jakarta perlu mendapatkan perhatian serius.


Pertimbangan mengenai pemerintahan dan penduduk yang terkonsentrasi di Pulau Jawa serta faktor lainnya, utamanya kondisi lingkungan, membuat Pemerintah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memberikan wacana untuk memindahkan ibu kota Indonesia di luar Pulau Jawa. Pemerataan pembangunan menjadi faktor penting yang perlu dikedepankan dalam rencana pemindahan ibu kota Indonesia.

Wacana pemindahan ibu kota baru jelas bukan tanpa dasar dan perhitungan yang jelas. Beberapa persyaratan mengenai kandidat ibu kota baru juga telah ditetapkan. Mulai dari lokasi, luas lahan, segi sosial, segi lingkungan dan ketersediaan air bersih, pertahanan dan keamanan, minim potensi bencana alam, serta keterjangkauan untuk investasi infrastruktur. Studi kelayakan juga sudah dilakukan di beberapa calon daerah ibu kota.


Apakah harapan #IbuKotaBaru untuk Indonesia?
Konsep ibu kota yang cerdas, sehat, dan asri jelas menjadi idaman setiap orang. Smart city menjadi konsep ideal perwujudan ibu kota baru Indonesia yang lebih berdaya dari segi lingkungan (smart environment), ekonomi (smart economy), dan juga sosial (smart social) dengan integrasi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Tiga komponen utama dalam perwujudan smart city menjadi harapan besar yang bisa diwujudkan untuk ibu kota baru Indonesia.

1. Smart Environment untuk pengelolaan lingkungan berkelanjutan
Smart environment tersusun dari beberapa komponen, yaitu energi, air, ruang terbuka hijau, transportasi umum, pengolahan limbah serta pengelolaan sampah. Penggunaan sumber energi terbarukan bisa dimasukkan dalam rencana pembangunan ibu kota jangka panjang. Water sensitive city menjadi harapan besar untuk bisa  diwujudkan supaya ibu kota baru memiliki ketahanan terhadap air. Ketahanan air diwujudkan mulai dari pemenuhan air bersih dengan sistem penyaluran air bersih dan air buangan yang terkontrol dengan baik. Integrasi pemanfaatan air hujan serta pengurangan limpasan (run off) dengan konsep zonasi juga mendukung ketahanan air sehingga ketika musim hujan tidak banjir dan ketika musim kemarau tidak kekeringan.

Ketersediaan ruang terbuka hijau sangat mendukung potensi resapan air. Luasnya trotoar untuk pejalan kaki dan jalur khusus sepeda sangat mendukung konsep smart environment. Perlu diperhatikan pula pengembangan pengelolaan limbah hemat energi serta pengelolaan sampah yang terintegrasi. Memaksimalan sistem transportasi umum juga jadi solusi mengurangi kemacetan lalu lintas yang secara tidak langsung mengurangi polusi udara.

2. Smart economy untuk mendukung pembangunan ekonomi
Beberapa faktor pendukung terwujudnya smart economy adalah pelatihan sistematis untuk peningkatan keahlian dan keterampilan masyarakat, media berinovasi dan berkreasi untuk menghasilkan produk barang dan jasa yang berkualitas, dan perwujudan green industry untuk mendukung konsep smart environment. Selain itu, gerakan mendukung produk buatan lokal juga perlu digalakan untuk membangun masyarakat ekonomi  mandiri.

3. Smart society meningkatkan kesejahteraan sosial di era Revolusi Industri 4.0
Terwujudnya smart city tentu memerlukan kontribusi dari semua pihak, utamanya masyarakat yang cerdas juga dalam memanfaatkan dan mendukung terciptanya layanan yang bermanfaat. Perwujudan smart society ini didukung dengan pemerintah yang transparan, infrastruktur yang memadai, serta kemudahan akses masyarakat ke berbagai layanan misalnya dengan media online. Smart society pun juga dapat diwujudkan dengan layanan kesehatan terintegrasi yang memadai, layanan umum yang mudah dijangkau masyarakat, serta layanan untuk keamanan dan keselamatan. 

Apakah bisa terwujud harapan-harapan untuk #IbuKotaBaru?   
99.99% jelas bisa terwujud dengan syarat dan ketentuan berlaku. Pertama, komitmen dari semua pihak mulai dari pemerintah, instansi pendidikan, industri dan masyarakat untuk mewujudkan target yang ditetapkan. Kedua, kepercayaan semua pihak pada pemerintah selaku pelaksana dengan terus memantau progress pemindahan ibu kota baru. 
Pemerintah melalui Bappenas juga harus transparan pada pihak-pihak pendukung pembangunan dalam pemindahan ibu kota baru. Integritas dan sinergitas menjadi akar pokok yang perlu diterapkan dalam perwujudan target besar dan harapan-harapan untuk ibu kota baru Indonesia yang lebih cerdas dan berdaya saing global. Jadi, sudah siapkah mewujudkan harapan-harapan untuk #IbuKotaBaru Indonesia? Salam pembangunan!


Total kata: 
799 kata

Referensi:
  • Supangkat, S.S. (2016). Tantangan dan Peluang pembangunan Smart City, Smart City and Community Innovation Centre ITB, jababekaexpo_2016.pdt.12/05/2017
  • Hattum. Tim Van, Maaike Blauw, Marina Bergen Jensen, and Karianne de Bruin. (2016). Towards Water Smart Cities, Climate Adaptation is a huge Opportunity to Improve the Quality of Life in Cities.University of Research, Wageningen
  • Badan Pusat Statistik (BPS), 2017
  • KementerianPPN/Bappenas
  • databoks.katadata.co.id
  • nationalgeographic.grid.id
  • kompas.com
  • BBC.com
  • tirto.id

17 comments:

  1. aih mb Lucy aku salfok sama infografisnya makin kece badai euy :) semoga keputusannya bisa menjadi keputusan baik ya mba mindahin ibu kota negara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe sederhana dan penuh maknaa mbaak hehehe iyaa mbaak, semogaa semua pihak bisa ikut terlibat dan saling mendukung dalam pewujudan harapan ibu kota baru Indonesiaa ya mbaak aamiin 😊

      Delete
  2. Tulisan mbak lucky selalu berbobot hehe ... tapi kira2 kota mana yang sesuai dengan harapan menurut mbak lucky ya? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semogaa bermanfaat ya mbaaak, aamiin 😊 saya pribadi menilik kalimantan pas banget dan sesuai kriteria dan persyaratan pemindahan ibu kota baru ya mbak hehehe kalau kotanya, kepikiran balikpapan hehehe tp tentunya butuh pengkajian lebih lanjut untuk penentuan kotanya mbak. Pantau dan dukung terus ya mbak 😁😁

      Delete
  3. Aihhhh mantab, smg harapan2 kita semua thd ibukota baru bisa terwujud ya kak, amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah ada tamu kehormatan dikunjungi blogger mastah hehehe aamiin, mkasih mass. . semoga para blogger juga bsa pendukung aktif pewujudan Indonesia yang lebih cerdas dan berdaya saing global yakk. Aamiin hehehe

      Delete
  4. Wah, jujur saya kangen banget lho baca tulisannya Mbak Lucy untuk lomba blog. Hehehe.

    Btw, semoga berpindah atau tidaknya ibukota negara ke tempat yang baru, harapan saya tetap sama, semoga Indonesia tetap bersatu, sejahtera, rukun, serta saling menghormati satu sama lain. Apa pun keputusannya, semoga yang terbaik. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga rindu nulis begini mas. . Hehehe semoga bsa lebih sering setelah ini ya. . Aamiin. .iyaa mas, tentunya harapan setiap org begitu Indonesia yg lebih baik terus kedepannya. Wacana pemindahan ibu kota uda lama sebenernya, kalau saya pribadi berharap semoga bsa terealisasi. Perwujudan ibu kota baru ini memang tidak mudah, jd butuh dukungan dr semua pihak. Termasuk kita, para generasi muda yg jd garda terdepan pembangunan. Terus semangat membangun negeri mas! 😁

      Delete
  5. Rasanya pas sih mindahin ibukota ke Kalimantan, soalnya Jakarta udah terlalu padat.

    Tapi sayang biaya buat mindahin ibukota tuh nggak sedikit. Jadi sedikit dilema saya.

    ReplyDelete
  6. Selamat ya mbak sudah juara

    ReplyDelete
  7. aku sih masih 50 : 50 ya antara setuju atau tidak. ada beberapa point yang membuatku setuju tapi ada beberapa poin lagi yang membuatku berpikir jika keputusan ini terlalu terburu buru.

    ReplyDelete
  8. makin dekat ke kampung halaman saya nih

    ReplyDelete
  9. Semoga harapan seluruh masyarakat Indonesia akan Ibu Kota baru memberi semangat baru untuk pemerintah RI ya Mba. Pembangunan juga semakin merata di mana-mana, gak cuma di Pulau Jawa ajah. BTW infografisnya makin kece badai nih, keren euy

    ReplyDelete
  10. Akhirnya ibu kota baru sudah diumumkan bakal pindah ke Kalimantan. Tapi ada satu hal yang aku pikirkan, Kalimantan salah satu wilayah Indonesia yang hutan lindungnya masih terjaga. Ada rasa khawatir dengan tempat-tempat semacam ini nantinya akan terambah demi modernisasi. Termasuk habitat alaminya. Semoga mereka mempertimbangkan hal ini pula.

    ReplyDelete
  11. Sebagai warga Jakarta saya setuju saja.. 🤣🤣🤣.. Meski transportasi umum diperbaiki, kemacetan tetap meninggi. Belum lagi banjir udah mulai menggenangi.. 🤭🤭🤭. Dan yang paling parah belakangan ini adalah udaranya..😭😭😭😭 ..

    ReplyDelete
  12. Ulasan lengkap plus infografis ketjeeee. Selamat ya jadi juara. Keren!
    Jadi masukan berharga buat pemerintah.

    ReplyDelete
  13. Semoga dengan ibukota yang baru, Indonesia akan lebih cepat mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Pendidikan maju dan perekonomian pun mengikuti

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES