Monday, September 9, 2019

Tesla Model 3 Indonesia Resmi Meluncur di Tanah Air, Ini Spesifikasi dan Cara Perawatannya

Mobil ramah lingkungan dengan menggunakan daya listrik di Indonesia mungkin masih belum setenar di luar negeri. Namun kabarnya mobil ramah lingkungan, bernama mobil Tesla model 3 Indonesia ini telah resmi akan meluncur di Tanah Air dan rencananya akan dijual umum. 

Tidak hanya itu, mobil Tesla model 3 Indonesia ini disebut-sebut menjadi mobil kendaraan ramah lingkungan paling terjangkau atau paling murah dari Tesla. Mobil dengan tenaga listrik ini didatangkan oleh importir umum, Prestige Motorcars.  
Tesla, so elegant ~ (credit photo: https://otomotif.tempo.co)
Mobil Tesla model 3 Indonesia juga hadir dengan tiga varian, yakni standard range plus, long range, dan performance. Canggihnya, mobil listrik ini mempunyai layanan servis yang modern dan berteknologi tinggi.  

Mobil Tesla model 3 Indonesia ini pun sebesar 90% mampu melakukan perbaikan menggunakan sistem komputer. Sehingga jika ada kerusakan pada mobil ini bisa diinvestigasi lewat komputer dan internet. Berbeda dengan mobil non listrik, yang jika ada kerusakan harus mengganti oli, ganti busi dan lain-lain.

Bahkan ketika ingin mengecek kondisinya, mobil Tesla model 3 Indonesia ini hampir sama dengan meng-update software pada sebuah ponsel. Sehingga pemilik bisa melakukannya kapan saja. Sama seperti ingin meng-update ponsel, yang setiap bulan akan keluar perintah seperti new update, install now ataupun later.

Seperti Ponsel, Mobil Tesla Model 3 Indonesia Terpasang SIM Card Indonesia
Mobil Tesla model 3 Indonesia ini juga menggunakan hardware sehingga pihak presiden direktur Prestige Motorcars menegaskan bahwa hardware yang terpasang jarang mengalami kerusakan. Misalnya ada kerusakan pun, mobil bisa langsung dibawa ke bengkel resmi prestige Motorcars. Selain itu, mobil listrik ini juga telah terpasang sim card Indonesia sehingga terdapat sinyal yang terhubung ketika ingin melakukan pengecekan.

Spesifikasi 
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mobil Tesla model 3 Indonesia memiliki 3 varian. Masing-masing varian tersedia dalam lima warna yakni pearl white multi coat, solid black, midnight silver metallic, dan red multi coat. Mobil listrik ramah lingkungan ini juga memiliki desain yang futuristik, user interface, di mana fitur tersebut tersedia di dalam mobil ini, yang mampu mengatur hal-hal penting dalam kendaraan.

Terdapat kamera belakang, yang berguna untuk melihan kondisi jalan ketika mundur. Namun, kamera yang digunakan di mobil Tesla model 3 Indonesia ini diklaim sangat detail karena mampu menampilkan jarak kendaraan dengan objek dalam satuan sentimeter, wow!

Mobil Tesla di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 (credit photo: https://otomotif.okezone.com)
Mobil Tesla model 3 Indonesia juga menggunakan penggerak roda belakang, di mana dalam Varian Standard Range Plus mampu berakselerasi 0-100 km/jam, hanya dalam waktu 5,3 detik dengan kecepatan maksimum 225 km/jam.

Sedangkan dalam varian Long Range, menggunakan sistem penggerak semua roda dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam 4,4 detik. Kecepatan maksimumnya 233 km/jam. Untuk varian Performance, akselerasi 0-100 km/jam dan dapat dicapai dalam 3,2 detik dengan kecepatan maksimum 261 km/jam.

Bagaimana untuk biaya operasional dalam pengisian daya?
Untuk pengisian daya atau baterai dari nol hingga benar-benar penuh, pemilik setidaknya harus mengeluarkan uang sebesar Rp 70 ribu selama kurang lebih 4 jam. Hal tersebut dinilai dapat menekan biaya operasional. Sehingga mobil Tesla model 3 Indonesia ini bisa dibilang lebih hemat seperlimanya dari biaya bahan bakar kendaraan konvensional yang menggunakan mekanisme motor bakar. Berikut gambaran umum serta informasi detail dari mobil Tesla mode 3 Indonesia:

Gambaran Umum
·         Jenis                         : Mesin Listrik
·         Transmisi                 : Penggerak langsung 1- kecepatan
·         Sistem Penggerak    : Mid Range (Penggerak Roda Belakang), Performance & Long Range
                                      (Penggerak Empat Roda)
·         MPG Gabungan        : Mid Range (123), Performance & Long Range (116)
·         Total Tempat Duduk : 5
·         Garansi Dasar            : 1 tahun/20.000 km

Engine
·         SAE Net Tenaga Kuda @ RPM 258
·         SAE Net Torsi @ RPM 317

Dimensi
·         Panjang        : 4.694 mm
·         Lebar             : 1.849 mm
·         Tinggi            : 1.443 mm
·         Jarak Sumbu Roda                   : 2.875 mm
·         Berat Bersih Mid Range         : 1.672 kg
·         Performance & Long Range   : 1.847 kg
·         Berat Kotor Mid Range          : 2.126 kg
·         Performance                            : 2.301 kg
·         Long Range                             : 2.265 kg

Ban & Roda
·         Ukuran Ban Belakang : P235/45WR18
·         Ukuran Ban Depan : P235/45WR18
·         Bahan Roda Belakang : Aluminium
·         Ukuran Roda Depan : (mm) 457 x 216
·         Bahan Roda Depan : Aluminium
·         Ukuran Roda Belakang : (mm) 457 x 216

Suspensi
·         Tipe Suspensi : Depan Double Wishbone
·         Tipe Suspensi : Belakang Multi-Link


Tesla, Superb! (Credit photo: https://otomotif.kompas.com)
Bagaimana dengan harga dan kelebihan lainnya? Untuk mengetahui informasi selengkapnya terkait harga mobil Tesla mode 3 Indonesia, yuk bisa membaca artikel selengkapnya di link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/tesla-mode-3-siap-mengaspal-di-indonesia-ini-harganya/Tesla mode 3 Indonesia memang mantaap banget yaaak ~ Semoga ulasannya bermanfaat  ~

3 comments:

  1. Di tempatku ada nama tesla kak. Tapinya cat lukis 🤭🤭🤭. Mungkin terinspirasi dari nama Mobil ini.

    ReplyDelete
  2. desain eksteriornya sih keren, tapi yang harus lebih keren mobilnya wajib ramah lingkungan, kalau semua mobil ramah lingkungan kan bisa menjaga bumi kita ini biar panjang umur. iya kan.... mudah mudahan kemajuan teknologi lebih banyak digunakan untuk melestarikan bumi ini bukannya menghancurkannya. kalau bumi rusak kita mau tinggal dimana lagi.

    ReplyDelete
  3. mobil yang bagus modelnya sayang belum sampai di provinsi saya

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES