Wednesday, May 22, 2019

Tips Belajar Efektif Saat Anak Sakit

Salam semangat untuk para ibu dan calon ibu super hebat yang ada di seluruh penjuru dunia ~ Cuaca yang tak menentu belakangan ini, kadang hujan, dan kadang justru panas banget pasti bikin kita khususnya anak-anak jadi gampang buat sakit nih. Tetiba langsung ingat keponakan yang sedang aktif-aktifnya belajar. Nah, kalau anak-anak sudah sakit, apalagi yang udah sekolah pasti bakal ketinggalan banyak pelajaran. Padahal sebentar lagi mereka juga udah mau ujian kan.


Harus lebih ekstra pengertian kan ya kalau anak-anak lagi sakit :| (credits: consumerreports.org)
Belum lagi kalau penyakit yang diderita cukup parah sehingga mengharuskan untuk dirawat di rumah sakit dan tidak bisa pergi sekolah selama seminggu. Pasti para ibu-ibu dan tante-tante (ini saya) khawatir banget dong ya, kalau si adek ketinggalan banyak materi pelajaran. Apalagi materi pelajaran eksakta, contohnya matematika yang notabene jadi mata pelajaran menakutkan dan paling susah ketika harus belajar sendiri tanpa ditemani guru. 

Terbesit langsung dipikiran ide mendatangkan guru privat. Yap guru privat ini bisa diundang khusus ke rumah guna membantu si adek mengejar ketertinggalan pelajaran di sekolah. Bagaimana sih cara mendapatkan guru privat yang berkualitas dan terpercaya? Beruntunglah saya, jawaban dari teman-teman, media sosial dan mbah "google" menyarankan menggunakan aplikasi Ruangguru.

Sebelumnya, saya sudah pernah mendengar mengenai aplikasi Ruangguru, namun belum tau sepenuhnya secara mendalam kegunaan aplikasi tersebut. Nah, setelah cerita sama teman-teman, akhirnya saya lebih paham kalau aplikasi Ruangguru adalah aplikasi bimbingan belajar online yang menyediakan berbagai jenis produk yang dapat membantu anak-anak belajar secara efektif dan menyenangkan.

Produk ruangbelajar di aplikasi ruangguru

Nah untuk anak-anak yang mengalami kendala tidak bisa belajar ke sekolah karena harus bedrest di rumah, aplikasi Ruangguru membantu banget nih. Mereka jadi tetap bisa belajar hanya dengan menggunakan HP mereka dan tidak perlu khawatir akan ketinggalan materi pelajaran.
Menurut saya pribadi, semua produk Ruangguru sangat bermanfaat untuk anak-anak, terutama produk Ruangbelajar mereka. Dalam produk ini, terdapat materi pelajaran yang disediakan dalam bentuk video. Video belajar ini sangat efektif membantu anak-anak untuk memahami banyak materi, terutama materi pelajaran matematika. Melalui video itu, anak-anak juga bisa langsung melihat tutor ruang guru yang mengajarkan tahapan-tahapan dalam menyelesaikan soal matematika. 

Baiknya lagi, membuat anak-anak merasa seolah tutor tersebut ada di depan dia, dan bisa mempraktekkan cara pengerjaan soal sambil memperhatikan apa yang dijelaskan di dalam video. Ketika ada soal yang tidak mengerti pun, bisa memutar ulang video yang ada sampai jelas. Bagi yang penasaran banget sama produk Ruangbelajar dari Ruangguru bisa noton video berikut ya ~


(credits: youtube Ruangguru)

Selain produk Ruangbelajar, terdapat pula produk Ruanglesonline. Produk ini juga jadi salah satu produk favorite karena sangat membantu dalam mengerjakan tugas sekolah. Dalam menggunakan aplikasi Ruanglesonline bisa langsung berkomunikasi dengan tutor Ruangguru melalui chat online. Di sini si anak juga bisa bertanya kepada tutor Ruangguru tentang soal-soal dari tugas sekolahnya yang tidak bisa dia kerjakan. Simplenya, dia cukup memfoto soal tersebut dan tutor Ruagguru akan menjelaskan cara pengerjaannya secara rinci dan mudah untuk dimengerti. 

Nah buat ibu-ibu yang anaknya sakit dan nggak bisa masuk sekolah, menurut saya sebaiknya bisa mencoba aplikasi Ruangguru, karena ini bisa jadi salah satu tips belajar paling efektif ketika mereka ketinggalan banyak materi pelajaran di sekolah. Biaya yang harus kita keluarkan untuk mengakses aplikasi ini juga tidak mahal, terutama dibandingkan dengan biaya mendatangkan guru privat ke rumah. 

Mulai sekarang yuk-yuk download aplikasi Ruangguru di Play Store dan langsung cuss berlangganan agar bisa secara bebas mengakses semua produk mereka. Masalah teratasi, pun anak-anak bisa belajar dengan guru-guru pilihan dan banyak keuntungan yang didapatkan. Sik-asik ~ 

5 comments:

  1. Replies
    1. untuk produk paketnyaa berbayar kakk, terjangkau jugaa harganya kak. Aplikasinya bisa gratis didownload di playstore :)

      Delete
  2. Istri saya pernah mendownload aplikasi ini mbak, fiturnya sih bagus namun untuk paket belajarnya masih berbayar, seandainya gratis mungkin banyak anak yang terbantu dengan aplikasi ruangguru ini

    ReplyDelete
  3. ya meski nggak ke Sekolah anak kita juga bisa belajar secara efektif saat sakit

    ReplyDelete
  4. Iya betul bgt mba apk ruang guru tu kita bs belajr online gt katanya yaa Emg sih sy blom pernah dwn ld apk nya tp iklannya di tv sering banget.. Apalgi buat yg ketinggalan pelajaran bisa banget tuh . Dan kyknya lymayan lengkap dr sd ampe sma jg ada yaa swpertinya... Sekali lg msih liat di tv ajaa sih soalnya anak sy kebetulan les privat dirumah.

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES