Tuesday, February 28, 2023

Inilah 5 Musuh Cat Mobil yang Membuat Warna Mobil Pudar

Cat mobil adalah tampilan luar pertama dari sebuah mobil sehingga keberadaannya sangat penting untuk dijaga dan dirawat supaya bersih dan enak dilihat. Mobil semahal apapun jika cat mobilnya rusak tentu akan membuat penampilan mobil menjadi buruk dan kurang menarik.

Photo credit: lifepal.co.id

Agar mobil tampil kinclong dan enak dilihat maka perlu dirawat dan dilindungi dari serangan musuh-musuh. Berikut ini 5 musuh yang menjadi penyebab cat mobil kehilangan kecantikannya.

1. Air

Air selain bisa menjadi bahan pembersih ternyata juga bisa menjadi musuh cat mobil lho. Hal ini bisa terjadi karena membiarkan air kering dengan sendirinya menjadi pemicu tumbuhnya jamur. Pencegahan bisa dilakukan dengan mengelap atau mengeringkan body mobil menggunakan kain setelah mobil terkena air atau setelah dicuci.

 2. Debu

Butiran debu tentu akan selalu dijumpai dimana-mana, bahkan tidak mungkin jika cat mobil terhindar dari butiran debu. Butiran debu bisa menjadi faktor utama timbulnya baret di permukaan cat. Hal ini terjadi jika cara membersihkannya salah. Apabila terdapat debu, maka segera bersihkan dengan cara mencuci menggunakan air. Hal ini disebabkan karena hanya airlah yang dapat mengangkat butiran debu tanpa terjadi gesekan dengan permukaan cat.

3. Sarung Penutup Mobil

Sarung atau penutup mobil memang bertujuan untuk melindungi mobil dari sengatan matahari dan debu. Namun ada bahaya yang mengintai jika bahan yang digunakan salah. Bila bahan yang digunakan tembus air, justru pelindung ini akan membuat mobil menjadi lembab. Mobil yang kehujanan dan membuat air terperangkap di bawahnya akan menyebakan jamur melekat pada permukaan cat.

4. Sabun

Cat mobil sama seperti kulit manusia saat menggunakan shampo atau sabun yang salah justru akan menimbulkan masalah. Gunakan shampoo atau sabun dengan pH seimbang untuk mencuci mobil. Jika sembarangan menggunakan bahan sabun untuk mencuci mobil malah akan membuat cat mobil kusam. Bahkan beberapa jenis sabun bisa menimbulkan bekas jika digunakan untuk mencuci mobil. Gunakan shampo khusus mobil yang sudah diformulasikan untuk cat mobil.

5. Minyak Rem

Minyak rem memiliki fungsi vital untuk kendaraan, tetapi juga berbahaya bagi cat. Untuk itu berhati-hatilah saat menuang minyak rem. Jangan sampai tumpah atau mengenai body mobil. Jika terkena body mobil segeralah siram dengan air hangat. 

Itulah tadi 5 musuh besar yang bisa membuat cat mobil menjadi mudah pudar. Jika cat mobil pudar sehingg mobil tampak tidak menarik lagi, selain melakukan body repainting kamu bisa juga menjadikan membeli mobil bekas sebagai alternatif yang menguntungkan. Bagi kamu yang ingin membeli mobil bekas, kamu bisa kredit mobil bekas lewat mobbi karena aman dan terpercaya. Semua mobil diperiksa kelayakannya sebelum dipasarkan. Foto dan kondisi asli mobil dapat dipastikan sama. Mobbi adalah platform jual beli mobil bekas yang terpercaya, dahulu dikenal dengan nama mo88i. Kamu bisa menjual maupun membeli mobil dengan nyaman dan aman melalui platform ini.

No comments:

Post a Comment

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES