Monday, July 27, 2020

Solusi Cerdas Layanan Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19 dengan #TemanHidupSehat Halodoc

Time flies so fast, tidak terasa sudah hampir 5 bulan sejak covid-19 ditetapkan sebagai pandemi global. Sejak itu juga sudah pulang ke tanah air namun terjebak tidak bisa ke mana-mana. 2020 memang menjadi tahun penuh ketidakpastian dan harus merelakan banyak rencana dalam life plan mundur jauh dari jadwal. Mampu bertahan sampai titik sejauh ini dan ikut menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran sudah cukup dari kata baik  untuk mendukung pemutusan rantai penyebaran covid-19. Apalagi case positif covid-19 yang belum menunjukkan trend penurunan sampai saat ini.

Tentu setiap dari kita berharap pandemi ini bisa segera berkahir, meskipun nantinya kehidupan tidak sepenuhnya kembali normal seperti sebelum covid-19 tersebar. Sebelum vaksin yang tepat ditemukan, kita akan menghadapi kehidupan “new normal”. Mulai dari kebiasaan hidup sehat, pakai masker ketika berpergian, menerapkan physical distancing dengan jarak tertentu di tempat-tempat umum, ataupun perlunya melakukan tes bebas covid-19 dengan rapid test ataupun swab test sebelum berpergian. 

Awal Juni lalu, saya akhirnya bisa pulang ke kampung halaman di Madiun setelah sebelumnya selama 2 bulan di Jakarta membantu kakak saya yang baru saja melahirkan. Pertama kali juga saya mengikuti rapid test sebagai persyaratan mendapatkan SIKM untuk bisa keluar Jakarta karena saat itu masih diterapkan PSBB. Awal mau ikut rapid test jujur cukup takut karena khawatir kalau hasilnya reaktif. Namun saya optimis hasilnya akan non reaktif karena selama pulang dari Korea atau saat di Jakarta pun saya lebih banyak di rumah saja. Meskipun keluar untuk belanja saya selalu mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan. 

Hasil karya adek saya untuk tugas kampus berkenaan dengan jurus jitu cegah penyebaran covid-19

Well semenjak pandemi covid-19, saya begitu takut dan menghindari rumah sakit. Apalagi setelah membaca kemungkinan covid-19 bisa menjadi airborne disease ketika berada di ruang tertutup dan minim sirkulasi udara, i.e rumah sakit. Alhasil, saya mencari alternative rapid test yang tidak dilakukan di rumah sakit. Beruntungnya ada aplikasi Halodoc yang sudah lama terinstal di gadget dan beberapa kali sering saya gunakan untuk baca-baca mengenai artikel kesehatan. Oiya, artikel kesehatannya super komplit, apalagi untuk kesehatan jiwa bahkan ada layanan khusus untuk bisa terapi online ataupun mendapatkan diagnosa dan perawatan medis dari psikiater. 

Apa sih Halodoc itu? 

Halodoc adalah aplikasi yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya dan dilengkapi dengan beragam layanan kesehatan. Halodoc memiliki tagline sehat lebih tenang saat semua ada di genggaman #temanhidupsehat. Halodoc memiliki banyak layanan yang sangat menarik dan bermanfaat mulai dari tanya dokter untuk chat dengan dokter umum dan spesialis dimana saja dan kapan saja. 

Beberapa layanan di Halodoc serta beberapa pilihan artikel kesehatan yang uptodate dan bermanfaat

Hasil yang saya temukan di halodoc super lengkap. Mulai dari RS di bagian barat Indonesia, salah satunya adalah RS Columbia Asia Medan yang dilengkapi dengan informasi umum rumah sakit dan fasilitas-fasilitas yang terdapat di RS, dokter umum serta beragam pilihan dokter spesialis mulai dari spesialis bedah anak sampai dengan spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru). Dokter-dokternya pun sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. RS Columbia Asia Medan juga masuk dalam daftar rumah sakit yang melakukan perawatan pasien covid-19 di Sumatera Utara bersama 23 RS lainnya. 

Selain itu, saya juga coba mencari RS di kota kelahiran saya, yaitu Madiun. Dari hasil penelusuran di Halodoc terdapat 8 RS yang dilengkapi dengan informasi umum rumah sakit, dokter umum dan juga dokter spesialis di berbagai bidang. Selanjutnya, Halodoc juga memberikan layanan beli obat tanpa antre dan langsung diantar dalam 60 menit. Tidak hanya itu ada layanan untuk bisa booking rumah sakit ataupun layanan cari dokter dengan semua pilihan dokter spesialis mulai dari penyakit dalam sampai dengan bedah anak. 

Hasil pencarian RS di Halodoc 

Semenjak pandemi covid-19, Halodoc juga memiliki layanan untuk cek gejala covid-19 dan disertai saran penanganan apabila gejala menunjukkan ke arah terinfeksi covid-19. Halodocpun memiliki layanan rapid test dan test PCR. Tanpa pikir panjang, langsung saya klik layanan rapid test. Nah pada bagian rapid test ini, banyak sekali pilihan tempat untuk melakukan rapid test.  Mulai dari rumah sakit, klinik laboratorium dan ada juga rapid test drive-thru. 

Senang sekali rasanya tahu ada pilihan rapid test-drive thru. Hal pertama yang saya lakukan adalah mencari lokasi yang paling dekat dengan rumah kakak saya, yaitu di Ciracas, Jakarta Timur. Akhirnya setelah mempertimbangkan beberapa hal, pilihan saya jatuh pada Rapid Test Cilandak by Mitra Keluarga yang berlokasi di daerah CIBIS Park, Jl. TB Simatupang No.2, Cilandak. Sayangnya saat rapid test saya tidak mendokumentasikan prosesnya karena kondisi yang cukup panas dan juga terlalu mager untuk ambil foto.

Layanan rapid test di Halodoc dan hasil pencarian untuk rapid test drive-thru

Proses booking rapid test dengan Halodoc juga sangat cepat, setelah memilih lokasi rapid test selanjutnya menentukan tanggal dan waktu. Isikan identitas diri, upload kartu ID, lalu pilih metode pembayaran, langsung bayar deh. Booking selesai, praktis dan cepat. 

Sewaktu hari H rapid test pastikan untuk mematuhi protokol kesehatan. Sesampainya di lokasi, petugas minta untuk menunjukkan bukti pembayaran. Setelah itu, akan diberikan 2 label yang telah berisi nama dan nomor booking. Lalu lanjut antri untuk diambil sample darah. 

Hasil rapid test covid-19 di aplikasi Halodoc 

Kebetulan saat hari test, antrian cukup panjang tidak hanya untuk mobil namun juga motor. Setelah tiba giliran, langsung diambil darah dan ditest dengan rapid test kit. Cepat sekali tidak lebih dari 10 menit. Setelah selesai, lalu pulang ke rumah dan tinggal menunggu hasil. Hasil keluar tidak lama setelah itu, sekitar satu jam kemudian saya cek di aplikasi Halodoc hasil rapid test sudah keluar. 

Alhamdulillah hasilnya non reaktif. Lega sekali. Terima banyak Halodoc sudah membantu proses booking rapid test yang super praktis dan cepat. Tidak hanya itu, terima kasih juga atas suguhan artikel-artikel kesehatan yang bermanfaat dengan beragam layanan kesehatan yang sangat lengkap dan tentunya bermanfaat.

Yuk, kita semua tetap jaga kesehatan dan selalui patuhi protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19. Jangan lupa juga install aplikasi Halodoc untuk bisa terus update beragam layanan kesehatan dari #temanhidupsehat Halodoc yang super praktis! 

5 comments:

  1. informasi yang super lengkap, jadi bener-bener mau download aplikasi halodoc :D
    terima kasih sudah sharing yaa

    ReplyDelete
  2. Halodoc ini sangat membantu di era pandemi spt ini ya mbak..
    Bisa tetap jaga kesehatan tubuh meski ada di rumah saja

    ReplyDelete
  3. Aplikasi langganan sejak COVID-19. Aku banyak pakai untuk konsultasi kesehatan. Keluhan yang masih bisa disampaikan di sana, online ajalah wis. Riskan juga kalau mesti datang ke fasilitas kesehatan. Alhamdulillah, keluhannya masih ringan aja. Doanya sih selalu sehat. Selain dapat arahan dari dokter, obat yang diperlukan juga ikut diresepkan. Puas jadinya. Terima kasih, Halodoc!

    ReplyDelete
  4. Disaat kita dalam keadaan tidak ada kepastian karena corona, Halodoc sangat membantu sekali ya. jadi ga perlu datang ke RS, tinggal gunakan layanan dari Aplikasi Halodoc, kita akan berjumpa dengan dokter kesayangan.

    bukankah begitu ya?

    ReplyDelete
  5. Saya juga sudah memanfaatkan halodoc buat konsultasi masalah kesehatan, dokternya sabar sabar ya nungguin emak-emak curhat masalah kesehatan

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES