Friday, December 13, 2019

Lima Cara Sederhana Menjaga Lemari Es Agar Tetap Sehat

Dingin-dingin, segaaar! Itulah kenapa alasannya saya suka sekali memasukkan makanan ataupun minuman ke dalam lemari es. Supaya kualitas tetap terjaga dan memang dasarnya saya lebih suka yang dingin-dingin, lebih segar gitu rasanya. Nah, lemari es sebagai tempat untuk menyimpan makanan ataupun minuman maka haruslah terjaga kebersihannya. Agar semua makanan dan minuman yang disimpan dalam lemari es tidak terkontaminasi kuman dan bakteri. Meskipun lemari es yang kita miliki sudah dilengkapi dengan teknologi anti bau dan bakteri, menjaga kebersihan lemari es adalah hal wajib yang tetap harus dilakukan.

What a well-organized! (photo credits: moms-treehouse.com)
Pertama, harus mengetahui kapasitas lemari es yang dimiliki. Jangan sampai bahan makanan/minuman yang dibeli tidak bisa tersimpan karena lemari es terlalu penuh. Perlu diperhatikan juga untuk menyimpan bahan makanan/minuman sesuai jenisnya pada tempat yang benar, seperti menyimpan ikan, daging dan makan beku lainnya di dalam freezer. Oiya, jangan sampai karena sudah lemari es sudah penuh, bahan makanan/minuman diletakkan di tempat yang tidak semestinya sehingga menjadi mudah rusak. Penyimpanan pada lemari es 2 pintu Panasonic terbaru terpisah antara freezer dan ruangan lainnya.

Kedua, perlunya mengatur jadwal memasak harian dan beli bahan makanan sesuai dengan jadwal. Jangan membeli bahan makanan lalu menyimpannya di lemari es tanpa kejelasan kapan akan diolah karena hanya akan menghabiskan tempat di dalam lemari es. Buatlah jadwal memasak secara rinci sehingga bahan yang dibeli sesuai dengan yang dibutuhkan.

Ketiga, simpan makanan matang dalam wadah tertutup kedap udara. Selain itu, simpan juga sayur dan buah-buahan pada tempat tertutup agar tidak cepat rusak. Jika menggunakan lemari es anti bau dan bakteri maka makanan akan lebih terjaga kualitasnya.

Keempat, pisahkan tempat penyimpanan bahan makanan seperti makanan matang tidak boleh diletakkan berdekatan dengan sayur dan buah-buahan. Alangkag baiknya memisahkan rak penyimpanan berdasarkan jenis makanan.

Kelima, lakukan pemeriksaan lemari es secara berkala. Jika ada bahan makanana atau minuman yang sudah kadaluarsa, segera buang ya. Jangan terus menerus disimpan di dalam lemari es  karena mikroorganisme pada makanan yang telah membusuk bisa mengkontaminasi makanan lainnya. Harus rajin bersih-bersih lemari es biar tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya. 

Lemari es penuh sesak dan tidak tertata rapi (photo credits: imgur.com)
Lemari es 2 pintu Panasonic terbaru bisa menjadi pilihan tempat penyimpanan makan yang sangat tepat. Selain kapasitasnya yang besar, modelnya pun cantik. Jadi tidak perlu khawatir bisa menyimpan bahan makanan/minuman dalam kapasitas yang lebih banyak. Oiya, tapi tetap ingat untuk secara rutin menjaga kesehatan lemari es dengan langkah-langkah yang telah diuraikan sebelumnya ya agar makanan yang disajikan tetap dengan kualitas yang baik. Memastikan keluarga mendapatkan makanan yang sehat dan cukup menjadi tugas ratu rumah tangga. Semangat jaga kesehatan lemari es dan makin rajin memasak untuk para ibu dan (calon) ibu ratu rumah tangga ~  Fighting!

1 comment:

  1. Aku kepengen beli kulkas yang ukuran kecil tapi 2 pintu tuh susah ya. Karena aku sesuaikan dg kitchen set yang tempat kulkasnya pas segitu. Yang sekarang punya cepet banget ada kembang esnya. Iya ya kudu dikelola dg baik isi kulkasnya biar ga berantakan bejubel gitu 😂

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES