Sunday, January 27, 2019

#EdisiMain Busan Culture and Tourism Souvenir Exhibition 2019

Musim dingin tahun ini rasanya lebih dingin dari tahun kemarin. Suhu mencapai -4 derajat celcius pagi tadi. Real feelnya sih lebih dari itu. Akhir pekan kali ini tidak sepadat minggu kemarin. Gedung departement sedang dalam proses konstruksi, termasuk lab dan student office yang aksesnya dibatasi. So, sejenak rehat dari rutinitas mengasuh anammox. Pun digantikan dengan literature untuk penelitian reaktor baru yang sungguh rumit, jauh dari kata sederhana. 
Dynamic Busan (credits: luckycaesar.com)
Tidak ingin sambat di postingan kali ini, saya ingin berbagi cerita hasil jalan-jalan ke pameran Busan Culture and Tourism Souvenir. Dasarnya suka beli pernak-pernik yang lucu dan memorable, pameran ini masuk daftar yang harus dikunjungi. Apalagi untuk souvenir label Busan ini susah sekali didapatkan di toko oleh-oleh. Informasi mengenai pameran ini saya dapatkan dari official account Busan City di Instagram.
Brosur Pameran Busan Culture and Tourism Souvenir 2019 (credits: luckycaesar.com
Pameran digelar di Busan City Hall mulai dari tanggal 23-25 Januari 2019, mulai pukul 10.00-18.00 KST (23-24 Jan) dan 10.00-17.00 (25 Jan). Begitu tahu informasi pameran, saya cukup excited hingga lupa kalau 25 Januari adalah hari Jumat bukan hari Sabtu. Beruntungnya Lab sedang dalam under construction jadi free untuk keluar. Sungguh Allah Maha Baik, alhamdulillah. Edisi main kali ini saya bersama Soyeon eonni, teman satu lab yang belum pernah juga main ke pameran semacam ini meskipun beliaunya adalah orang Busan. 

How to go there? 

Sarana transportasi umum di Korea termasuk nyaman dan sangat mudah. Untuk mencapai tempat pameran, kami menggunakan Subway arah Dadaepo beach hanya sekitar 25 menit. Setelah turun di Busan City hall, ambil exit 3. Pameran diadakan di lobby 1F. Sekitar kurang lebih 23 unit usaha mengikuti pameran kali ini. Busan dengan tagline "Dynamic Busan" menggelar pameran ini dengan menjual sekitar 600 items termasuk makanan lokal Busan dan berbagai souvenir untuk promosi tempat-tempat wisata di Busam yang diproduksi oleh komunitas pengrajin, UKM, dan perusahaan lokal.

Miniatur Busan (credits: luckycaesar.com)


Healing time bagi saya bisa melihat banyak kerajinan unik yang begitu kreatif. Tujuan utama saya ke pameran kali ini adalah beli postcard edisi Busan. Bisa dibilang kalau saya pengumpul Postcard setiap berkunjung ke tempat wisata. Sampai ibu marah-marah karena selalu dan selalu postcard. Entahlah, apalagi kalau postcardnya jenis watercolor dan kartun lucu gtu, ah jangan ditanya pasti beli.



Pameran kali ini beragam souvenir lucu ada mulai dari tas, pouch, lilin aromatheraphy, tumblr, kaos, pembuka kaleng, magnet kulkas dari yang kaca sampai kayu. Selain itu ada juga pameran lokal foods namun untuk kucing. Beragam aksesoris untuk mainan kucing pun juga ada. Oiya, orang-orang Korea disini kebanyakan suka sekali dengan kucing. Kalau di jalan-jalan gitu banyak sekali wadah makan untuk kucing bahkan ada pula box untuk rumah kucing beserta boneka mainan kucing. Ada juga kafe kucing :"


#EdisiMain kali ini tidak hanya postcard yang jadi oleh-oleh. Saya juga suka banget mengoleksi magnet kulkas. Wajib kalau berkunjung ke negara lain, magnet kulkas selalu jadi pilihan oleh-oleh. Udah dapet pesen juga dari kakak sih, jadi yah emang asik juga ngumpulin magnet kulkas. Semacem moment to remember tiap buka kulkas #apasihlucy

Apa saja oleh-oleh #EdisiMain ke Pameran ? 



Selalu susah rasanya kontrol diri kalau udah dihadapkan barang-barang yang disuka. Well, i am doing good. Undercontrolled, agak susah sih tapi cukup berhasil. Baiklah mari dilihat apa yang didapat. Cuman dua jenis, tapi semuanyaa kesukaan. Lucu-lucu soalnya :"

Postcard Kartun (1 Paket isi 6 | 2500 Won) 
Postcard Busan Edisi Kartun Pelaut (credits: luckycaesar.com)
Postcard edisi kartun ini edisi paket, jadi satu paket isi 5 lembar postcard lucu edisi pelaut. Mulai dari Haeundae beach, Dadaepo beach, Gwangalli beach, Songdo beach, Songjeong beach dan pelaut penyuka es krim. Fyi, busan ini merupakan kota yang dekat dengan laut. Cocok sih sebenernya buat saya yang suka healing di laut #apalagidehlucy Plan minggu depan pengen banget buat menikmati sunset di Songjeong beach. So far, sunset di Dadaepo beach paling istimewa.

Magnet Kulkas Edisi Water Color (1 Paket isi 3 | 5000 Won) 

Entah kenapa jenis jenis water color gitu selalu terlihat lebih unik dan klasik. Gak ada alasan yang lain sih, sesuai selera saja. Satu set berisi kombinasi berbeda-beda namun saya memilih Gwangan Bridge yang begitu iconic. Gwangan bridge ini dihiasi dengan warna-warni lampu, jadi cocok banget kalau dilihat di malam hari. Setiap tahun sekali juga ada Busan Fireworks festival yang bisa digelar di Gwangan Brigde.

Selain itu ada Taejongdae dan Dadaepo beach. Keduanya berlokasi cukup jauh sekitar kurang lebih 1.5 jam dari PNU. Recommended banget buat menikmati senja.

Pop-up Postcard (4500 Won)
Postcard tampak depan (credits: luckycaesar.com)
Pop-up postcard Gamcheon culture village (credits: luckycaesar.com)


Jenis postcard yang susah didapatkan di Busan. Lumayan satu lembarnya 4500 won sesuai dengan kerumitan kan ya. Saya memilih Gamcheon culture village, cantiknya kampung warna-warni dengan seorang gadis desa yang sedang menunggu seseorang. Seperti menunggu kamu #apalagilucy

Magnet fragrance ( 1 Paket isi 3 | 12000 Won) 

Magnet fragrance edisi Mini Busan dengan hiasan bawah laut begitu unik. Satu buah seharga 5000 won namun kalau beli satu paket isi 3 seharga 12000 Won. Saya pilih yang warna biru, pink dan putih. Kalau dibuka tutupnya wangi banget, bisa untuk pengharum ruangan. Tahan sampai 8 bulan.

Busan Postcard (15000 Won) 

This is my fav. Satu paket postcard isi 30 lembar yang berisi tempat-tempat menarik di Busan dengan bahasa Busan Saturi. Busan Saturi ini semacam bahasa khas busan, sama halnya dengan bahasa Suroboyoan. Cukup murah hitungannya karena per-lembar postcard hanya 500 won.

Total belanjaan #EdisiMain ke Pameran Busan Culture and Tourism Souvenir sebanyak 39000 Won. Kind of my guilty pleasure tapi yah kan gak sering-sering so it's fine. Not fine also fine, right? Sekian, mau ngelab dulu nih. Selamat menyiapkan diri untuk menyambut Senin ~

5 comments:

  1. Senengnya bisa beli benda kesukaan semacam itu,walaupun abis banyak duit kalau yang didapat sesuai pasti nggak nyesel ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mbaak, alhamdulillaah seneng ☺️ tp ndak boleh sering" nih bokek juga soalnya wkwkw

      Delete
  2. Disana postcard masih ada peminatnya. Kalau disini, tampat saya boro-boro ada yang beli. 600 item, banyak juga ya?

    ReplyDelete
  3. Pop-up postcard-nya lucuuuu! mau dong dikirimin satu :))
    eh budaya berkirim surat lewat pos masih hits gak sih di sana?

    ReplyDelete
  4. Ya ampun, barang hasil buruan Lucky koq kece-kece banget siiih. Apakah ada niat buat dijadiin hadiah GA? :))))

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES