Saturday, June 30, 2018

Doa dan Ikhtiar: Sepasang sepatu kembali bertemu

Dua bulan sudah terlewati sejak tragedi yang sungguh akan selalu saya kenang sampai tua nanti. Banyak pelajaran berharga yang saya dapatkan, pun semoga bisa menjadi pengugur dosa-dosa yang saya miliki dan meningkatkan kesabaran serta lebih legowo atas semua yang terjadi. 


Kekuatan doa bagi saya selalu istimewa. Kesembuhan, ketenangan, keikhlasan dan kesabaran yang saya dapatkan sekarang berasal dari kekuatan doa banyak pihak. Teruntuk ayah dan ibu saya yang setia mendoakan, pun keluarga dan sahabat yang tidak hentinya memberikan doa dan support. Sungguh Allah begitu baik, memberikan saya keluarga dan sahabat yang selalu mengingatkan bahwa tak perlu khawatir dengan setiap masalah yang ada, karena saya selalu punya Allah yang Maha Kuasa atas segala yang terjadi.

Ikhtiar yang tanpa henti juga menyertai doa yang setia dirapalkan. Terima kasih atas semua pihak yang sudah saya repotkan, ayah ibuk yang sampai kirim obat dari Indo dan teman satu tim di lab yang sudah sangat saya repotkan untuk bolak-balik kontrol ke rumah sakit. Sejak pertama kali jatuh, terhitung sudah 4 kali kontol ke dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut mengenai retak yang ada di pergelangan kaki.

For the first time di negara orang merasakan bagaimana harus tetap kuat, selalu yakin bahwa semuanya akan baik-baik saja, dan dealing dengan berbagai kesulitan yang harus dihadapi tanpa keluarga. Pertama kali minum obat dari dokter, sejenis pain killer karena kaki yang harus digips saat itu masih terasa sangat sakit. Beberapa jam setelah minum obat, tubuh terasa ringan, kepala pening seperti terus berputar, dan alhasil muntah berkali-kali hingga minum air putihpun juga muntah.

Keesokan harinya, saya kembali kontrol ke rumah sakit untuk bertemu dengan dokter dan mendapatkan obat dengan dosis yang lebih rendah. Saya punya riwayat penyakit gastritis yang sangat sensitif dengan obat-obatan kimia, khususnya dengan dosis yang tinggi. Setelah dapat obat yang baru, which is only pain killer, dan dokter berpesan untuk tidak banyak gerak.

Resep dari Dokter - Fyi, akhirnya dosisnya dikurangi jadi setengah dari resep sebelumnya 
Ikhtiar saya agar cepat sembuh mulai dari banyak istirahat, dan tentunya konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung kalsium. Mulai dari rutin minum susu dan juga makan pisang. Tidak hanya itu, saya pun juga rutin mengkonsumsi suplemen dan vitamin yang dikirim ayah ibuk dari rumah.

Singkat cerita, saya sudah mengkonsumsi suplemen makanan dari CNI ini sejak duduk di bangku sekolah dasar, kelas 3 SD kalau tidak salah. Jadi sekitar tahun 2003 hingga tahun 2018 ini. Sudah sekitar 15 tahun, keluarga saya rutin mengkonsumsi suplemen makanan dari CNI untuk vitamin dan menjaga stamina tubuh. Tidak hanya itu, ayah bahkan sudah sampai dapat komisi berupa motor. Yap, motor yang sekarang masih awet dari jaman saya SD dan setia mengantarkan ayah ke kantor.

Awal bulan Juni lalu ayah dan ibuk mengirimkan tambahan suplemen kalsium untuk menunjang proses penyembuhan  kaki. Tidak hanya itu, suplemen vitamin C dan Sun-chlorella juga sekalian dipaketkan. Maklum harga beli bagasi supaya sekalian gitu. Oiya kalau saya biasanya dapat kiriman dari ayah dan ibu di Indonesia melalui jasa jual beli bagasi di perkumpulan pelajar Indonesia di korea (Perpika). Harga perkilonya mulai dari 10 ribu hingga 12 ribu won per kilogram di luar ongkir lokal korea ataupun Indonesia. Lebih enak sih kalau menurut saya daripada kirim lewat EMS, yah meskipun EMS juga lebih murah jatuhnya. Kemarin kirim pesanan teman ke Indonesia dengan berat 7.7 kg habis sekitar 55 ribu won.

Suplemen yang membantu proses penyembuhan kaki saya :)
Oiya back to topik mengenai suplemen yang support banget proses penyembuhan saya detailnya sebagai berikut:

1. Ester C-Plus
Suplemen vitamin C ini membantu banget apalagi saya jarang makan buah dan sayur. Agar kebutuhan akan vitamin C tetap terpenuhi, saya konsumsi ester-C ini 1 tablet sebelum makan siang dan makan malam. Kira-kira 20-30 menit diminum sebelum makan.

Apabila kondisi badan sedang drop, saya minum 2 tablet sekaligus untuk meningkatkan system kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, Ester-C juga bekerja sebagai antioksidan alami plus bisa menjaga elastisitas kulit.

2. Sun-Chlorella – Si hijau yang baik hati
Terbuat dari ganggang hijau air tawar Chlorella pyrenoidosa, sun chlorella menjadi suplemen makanan dengan kandungan gizi lengkap antara lain protein, beta karoten, klorofil, vitamin serta mineral. Sun chlorella ini adalah pasangan dari ester c, setiap harinya saya konsumsi 3-5 tablet diminum bersamaan saat konsumsi ester c. Kalau sedang drop dan tahap penyembuhan kaki seperti sekarang saya konsumsi sebanyak 10 tablet per hari.

Lumayan yah, sekali minum sekaligus gitu. Oiya keponakan saya juga sudah rutin mengonsumsi sun chlorella ini sejak bayi bahkan. Cara minum doi justru sangat unik, langsung dikunyah seperti permen. Hebat, saya tidak sanggup kalau harus mengunyah sun chlorella.

3. Marine Organic Calcium (MOC)
Yap, ini suplemen kalsium tambahan yang dikirimkan ke saya. Jauh-jauh terbang dari Caruban, sungguh membantu banget dalam proses penyembuhan kaki saya. Allah begitu baik. Alhamdulillah.

Oiya, MOC ini mengandung sekitar 74 unsur mineral alami seperti magnesium dan kalsium yang sangat diperlukan oleh tubuh. MOC ini terbuat dengan bahan dasar karang laut (sango coral) dari perairan di kepulau Okinawa Jepang. Terbukti kualitasnya yang saya rasakan sendiri sebagau manfaat dari coral calcium yang efektif dalam membantu metabolism tulang, perbaikan kekuatan tulang, meningkatkan densitas tulang serta mencegah osteoporosis. Penelitian mengenai coral calcium ini dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Ryuku pada tahun 2004.

4. Nutrimoist
Kalau sebelum-sebelumnya mengobati dari dalam, kali ini nutrimoist berupa krim untuk perawatan kulit. Kalau kata saya ini krim super ampuh, bisa efektif menyembuhkan luka bakar, iritasi kulit, luka memar atau terkena irisan benda tajam. Bisa juga untuk menyembuhkan jerawat super bandel.

Nutrimoist, krim andalan super ampuh :)
Nutrimoist dapat mempertahankan kelembaban kulit serta memenuhi zat-zat gizi yang diperlukan oleh kulit. So, kalau ada sel kulit yang rusak, proses pertumbuhan sel barunya bisa berlangsung cepat. Setelah gips dilepas, kulit pada kaki kanan saya begitu kering mirip seperti pergantian kulit ular. Syedih lihatnya, akhirnya saya oleskan nutrimoist di bagian yang memar, khusunya di pergelangan kaki dan Alhamdulillah sekarang kulit kaki saya sudah kembali baik seperti sedia kala.

Kondisi kaki sekarang menggunakan penyangga untuk pergelangan kaki.
Insya Allah minggu depan sudah dilepas. Aamiin. 

Dua bulan sudah akhirnyaa bisa pakai sepatu lagi. Sederhananya bahagia, sepatu kanan ketemu sepatu kiri lagi. Sepasang sepatu kembali bertemu. Yei ~

Yei ~ Sepasang sepatu kembali bertemu. 
Terima kasih untuk semua yang telah mendoakan dan membantu proses ikhtiar ini. Kesabaran serta ketangguhan yang senantiasa Allah berikan, hingga bisa kembali merasakan nikmatnya berjalan dengan dua kaki, tanpa tongkat plus dengan sepatu yang lengkap. Sungguh Allah Maha Baik. 

6 comments:

  1. Kalau produk cni saya jg sudah membuktikan kalau sangat bagus untuk kesehatan, sesuai dengan harganya :)

    ReplyDelete
  2. Semoga selalu diberi kesehatan sama Allah mbak :)

    ReplyDelete
  3. Doa dan ikhtiar memang tidak akan pernah berkhianat. Semoga sehat-sehat terus ya, Mbak..

    ReplyDelete
  4. CNI memang jaminan mutu. Semoga semakin sehat wal 'afiat ya, Mbak.

    ReplyDelete
  5. Mbak Lucky, sepatunya bagus juga ya.

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah sudah sehat lagi seperti sedia kala kakinya mba. BTW, ada sedikit koreksi di PARAGRAF KE-3, menjelang kalimat akhir, ada yang kurang 1 huruf. Thanks....

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES