Selasa, 10 Januari 2017

Butuh Suplemen Asam Lambung? Colidan Selalu Jadi Andalan

Mengenang masa lalu selalu memberikan pelajaran tersendiri. Entah sedih, senang, kecewa atau bahkan bahagia. Tak jarang bisa senyum-senyum sendiri ataupun menangis haru saat mengenang masa lalu. Bagi saya, tentunya pengalaman endoskopi 3 tahun lalu masih melekat kuat di memori.

Endoskopi, cukup sekali seumur hidup. Sakitnya bahkan masih saya ingat sampai sekarang. Hasil diagnosis dokter dari endoskopi bahwa saya menderita gastritis kronis jenis atropi. Begitu penjelasan dokter spesialis organ dalam waktu itu. Syukurlah beliau menyampaikan bahwa atropi bukan jenis bakteri yang berbahaya. Namun tentunya harus segera diobati agar tidak menjadi lebih parah lagi.  

Sejak masa putih abu-abu, saya sering banget sakit yang berhubungan dengan lambung. Asam lambung meningkat alhasil muntah terus menerus,  lemah lesu,  dan kadang suhu badan meningkat alias demam.  Peningkatan asam lambung ini dikarenakan oleh banyak hal mulai dari gaya hidup yang tidak sehat khususnya pola makan kacau dan makanan yang dimakan tidak sehat.  Lebih jelasnya, yuk simak penjelasan detail berikut 😁
Endoskopi dilakukan dengan memasukkan sebuah selang panjang melalui mulut. Selang panjang ini dilengkapi dengan lampu dan kamera kecil pada bagian ujungnya. Endoskopi dilakukan untuk melihat penyebab naiknya asam lambung dan mengetahui jika ada luka di dinding esofagus ataupun dinding lambung.

Pada endoskopi yang pernah saya lakukan sebelumnya juga dilakukan pengambilan sampel jaringan pada bagian dinding lambung yang luka. Hal ini untuk menguji jenis bakteri yang ada. Syukurlah hasil endoskopi yang saya lakukan tidak terdeteksi bakteri yang berbahaya.

Biaya untuk endoskopi saat itu (tahun 2014) sekitar kurang lebih 1,8-2 juta rupiah. Memang yaa, sehat itu mahaal sekali harganya. Jadi harus bisa pandai menjaga kesehatan dan lebih sayang serta perhatian ke jiwa dan raga.

Kenali dengan baik penyebab gangguan pada Lambung
Gangguan pada lambung dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satu diantaranya adalah tukak lambung. Kenali penyebab gangguan pada lambung dengan bijaksana agar tidak menyebabkan komplikasi ke bagian organ yang lain. 

Tukak lambung adalah luka yang muncul pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung. Dinding lambung dilapisi oleh selaput yang melindungi dari asam lambung. Penipisan selaput pelindung lambung dan peningkatan kadar asam lambung berpotensi menyebabkan penyakit tukak lambung terjadi. Penyebab umum penyakit tukak lambung ini adalah kenaikan asam lambung, infeksi bakteri Helicobacter pylori dan penggunaan obat anti inflamasi non steroid (OAINS).
Apasih yang menyebabkan kenaikan asam lambung?
Pasti pada penasaran kan penyebab kenaikan asam lambung. Apalagi sekarang ini penyakit kenaikan asam lambung tidak boleh dianggap remeh. Banyak berita kematian beberapa waktu lalu yang disebabkan  oleh kenaikan asam lambung. Wihh tambah ngeri 😰

Penyakit asam lambung dalam bidang medis atau kedokteran dikenal dengan istilah GERD Gastroesopaghel Reflux Disease, yaitu kondisi naiknya asam lambung menuju esofagus dan menimbulkan sensasi terbakar pada bagian dada dan nyeri pada ulu hati. GERD atau penyakit kenaikan asam lambung disebabkan karena tidak berfungsinya LES (Lower Esophageal Sphincter), lingkaran otot pada bagian bawah esofagus atau kerongkongan.

Nah, LES yang tidak berfungsi dengan baik ini membuat asam dan makanan yang ada di perut kembali ke kerongkongan. LES yang menjadi longgar dam tidak menutup dengan baik menyebab kan asam lambung keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung.

Sebenarnya asam lambung sendiri memberikan banyak manfaat dalam organ pencernaan dan sistem tubuh jika berada dalam jumlah cukup. Jika tidak ada asam lambung maka sistem metabolisme tubuh tidak akan berjalan dengan baik. Namun, jika asam lambung berlebih juga dapat menyebabkan peradangan lambung (tukak lambung). Penyebab gangguan pada lambung secara komplit bisa dilihat pada gambar berikut 😬
Waspada terhadap gejala gangguan pada lambung
Gangguaan pada lambung atau lebih familiar dengan penyakit maag/gastritis/tukak lambung memiliki beberapa gejala. Gejala yang terjadi pada setiap orang tentunya akan berbeda-beda, namun gejala yang umum saat terjadi gangguan pada lambung sebagai berikut:
Perut kembung dan terasa penuh
Gejala perut kembung ini merupakan gejala awal yang sering diderita saat terjadi gangguan lambung. Perut tersama kembung ataupun merasa sebah (seperti penuh terus padahal baru makan sedikit). Hal ini disebabkan karena didalam lambung terdapat banyak gas. Perut terasa penuh disebabkan karena pergerakan usus dan lambung melambat sehingga mengakibatkan makanan cenderung tertahan di saluran cerna. Nah, kalau uda begini harus tetap dipaksa makan sedikit demi sedikit agar tetap mendapat tenaga dan tidak semakin parah sakitnya

Sering bersendawa
Asam lambung yang berlebih menghasilkan banyak gas, alhasil selain perut kembung maka akan sering bersendawa meskipun tidak habis makan atau minum apapaun.

Mual dan muntah
Gejala ini yang sangat dan sering terjadi. Pada saya khususnya. Rasa ingin mual dan juga muntah bisa terjadi karena lambung mengalami kontraksi yang kuat disertai dengan rasa sakit yang lar biasa. Terkadang setelah muntah rasa asam mendera di mulut. Produksi asam lambung bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Rasa tidak nyaman dan sesak pada ulu hati
Sesak pada bagian ulu hati saat terjadi ganguan pada lambung biasanya dirasakan saat menarik nafas. Rasa tidak nyaman dan sesak ini terjadi karena saat menarik nafas paru-paru mengembang dan diafragma menekan ke arah bawah, yaitu tempat dimana lambung sedang mengalami peradangan. Alhasil timbul rasa sesak atau nyeri pada ulu hati.

Tips Cerdas Mencegah dan Mengobati Gangguan pada Lambung  
Mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati. Tentunya statement yang sangat tidak terbantahkan, karena mengobati tentu akan lebih membutuhkan waktu, biaya dan perjuangan yang lebih dari pada mencegahnya terjadi. Berikut ini beberapa tips cerdas untuk mencegah ganguan pada lambung.
Konsumsi Makanan Gizi Seimbang
Tanpa disadari, banyak dari kita yang tidak terlalui peduli dengan nutrisi dan gizi makanan yang dimakan setiap hari. Akhirnya makan jadi super ngelantur, asal enak dan kenyang maka sudah cukup. Padahal di era seperti sekarang ini, perkembangan makanan cepat saji yang serba ada dan banyak makanan yang tidak memperhitungkan gizi dan kandungan nutrizi di dalamnya. Kalau sudah memiliki riwayat penyakit gangguan lambung seperti maag ataupun gastritis, sangat penting untuk menghindari makan makanan yang pedas ataupun asam.

Tidak hanya itu,  penting sekali untuk memperbanyak konsumsi makanan seimbang dengan asupan vitamin, mineral dan protein yang cukup. Konsumsi ikan yang penuh nutrisi baik untuk pencernaan seperti sarden, ikan tuna dan salmon serta konsumsi buah dan sayur.

Perlu diperhatikan juga mengenai porsi makanan dan pola makan. Saya cenderung tidak pernah sarapan, padahal sarapan justru adalah bagian penting karena untuk beraktifitas di pagi hari membutuhkan energi serta nutrisi yanh cukup. Mengatur porsi makan sesuai dengan kebutuhan, istilahnya makan secukupnya jangan berlebihan. Makan berlebihan khususnya pada malam hari memberikan dampak yang buruk pada kesehatamn seperti mengalami produksi asam lambung yang berlebihan.

Produksi asam lambung banyak dipengaruhi oleh jenis makanan, pola makan serta porsi makan sehingga sangat penting untuk memperhatikan asupan makan serta mengatur pola makan dengan baik.

Aktifitas Fisik Secara Teratur
Nah ini, yang harus sangat dipaksa karena saya cenderung malas bergerak ataupun olahraga sehingga mengalami kelebihan berat badan yang tenar dengan sebutan obestias. Orang yang mengalami obesitas cenderung rentan terhadap berbagai penyakit salah satunya gangguan pada lambung karena porsi makan dan jenis makanan yang dimakan sangat ngawur terutama makanan yang berlemak dan kolesterol tinggi. Sangat penting melakukan olahraga secara teratur untuk mencegah ataupun mengobati penderita gangguan lambung.

Setiap hari usahakan untuk melakukan olahraga ringan minimal selama 30 menit dan konsumsi air putih minimal 10 gelas per hari. Awalnya memang harus dipaksa dan terasa berat, namun kalau sudah dibiasakan makan akan terbiasa dan menjadi ringan.

Terapkan Diet Sehat Kalori seimbang
Perlu digaris bawahi bahwa penting sekali memperhatikan kalori ataupun nutrisi saat diet. Banyak sekali korban berjatuhan akibat melakukan diet ketat. Diet yang sehat harus tetap memperhatikan keseimbangan nutrisi untuk tubuh. Kebanyakan korban diet ketat terkena penyakit maag ataupun tukak lambung karena tidak ada makanan yang masuk sama sekali dan asam lambung terus diproduksi tanpa ada makanan yang diolah. Alhasil dinding lambung mengalami penipisan dan terjadilah peradangan. Meskipun diet, harus tetap bijak pada raga ya

Atur Waktu Istirahat dengan Baik
Setiap hari tubuh minimal istirahat selama 6-8 jam. Pentingnya pola tidur dan lama tidur sangat mempengaruhi kesehatan organ tubuh. Oleh karena itu, sangat penting mengatur waktu istirahat secara teratur sehingga tubuh tetap sehat dan produksi asam lambung pun bisa stabil.

Kelola Stress dengan Baik
Manajemen stress dengan baik sangat mempengarui kesehatan baik jiwa maupun raga. Stress memberikan banyak pengaruh baik dari tekanan darah maupun kondisi tubuh lainnya. Kelola hati dengan baik, perbanyak syukur dan bahagia. Meningkatkan rasa syukur dan menjadi bahagia menjadi salah satu tips ampuh dalam mengelola pikiran sehingga mencegah datangnya stress dan mengurangi resiko timbulnya berbagai macam penyakit termasuk salah satunya gangguan lambung.

Satu hal penting sebagai tips cerdas untuk mencegah ataupun mengobati gangguan pada lambung adalah dengan mengonsumsi suplemen asam lambung. Sampai sekarang ini suplemen asam lambung yang terpercaya khasiatnya dan aman untuk dikonsumsi serta jadi andalan untuk mengobati saat gangguan lambung mendera adalah Colidan.

Colidan merupakan suplemen herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami, yaitu sari ganggang laut yang berasal dari perairan laut lepas Okinawa, Jepang, yaitu Mozuku atau bisa disebut Fucoidan.  Colidan memiliki khasiat mampu memelihara kesehatan lambung. Jadi tidak hanya mengobati namun bisa dikonsumsi untuk pencegahan agar tidak terjadi gangguan pada lambung.

Bagaimana Colidan Bekerja?
Colidan bekerja dengan membentuk selaput tipis pada sel epitelium lambung. Colidan mengandung polisakarida dengan viskositas tinggi yang membentuk selaput pelindung pada sel pehitelial lambung. Selaput inilah yang berfungsi melindungi dinding lambung sehingga terhindar dari iritasi yang ada akibat kenaikan asam lambung, infeksi bakteri Helicobacter pylori ataupun penggunaan obat anti inflamasi non steroid (OAINS).

Colidan berasal dari ganggang laut yang mengandung polisakarida dari fucose yang memiliki gugus sulfonil. Gugus sulfonil pada polisakarida fucose inilah yang dapat menghambat penempelan Helicobacter pylori pada sel epitelial lambung sehingga mencegah infeksi bakteri Helicobacter pylori untuk membentuk luka pada dinding lambung.

Apasih Kelebihan Colidan?
Colidan - Suplemen Asam Lambung Andalan dengan Fungsi Ganda
Fungsi ganda dari Colidan yaitu mencegah ataupun mengobati, sehingga membuat Colidan aman dikonsumsi untuk orang yang belum pernah mengalami gangguan lambung maupun yang sudah atau sedang mengalami gangguan lambung.

Pada orang yang sedang mengalami gangguan lambung, Colidan dapat membantu dalam memaksimalkan proses penyembuhannya ketika dikombinasikan dengan obat penyakit maag atau gastritis. Namun bila dikonsumsi secara teratur, Colidan dapat membantu memelihara kesehatan lambung secara optimal.

Colidan - Berani Makan Apapun
Konsumsi Colidan secara teratur terbukti mampu memelihara kesehatan lambung secara optimal sehingga tidak perlu khawatir lagi setelah mengonsumsi makanan ataupun minuman yang memicu tingginya asam lambung. Hal ini dikarenakan Colidan memberikan perlindungan terhadap dinding lambung dari infeksi bakteri Helicobacter pylori ataupun penipisan dinding lambung dengan pembentukan selaput tipis pada sel epitelium lambung. Wihhh asikk dong dengan Colidan, berani makan apapun 😁

Colidan – Aman Dikonsumsi dan Khasiat Terbukti
Colidan aman dikonsumsi siapa saja termasuk anak-anak dengan usia 6-12 tahun (dosis 50 mg 2 kali sehari). Selain itu, Colidan juga aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit kronis (jantung, ginjal, diabetes dll) dan wanita hamil. Namun untuk kondisi tertentu, sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Khasiat dari Colidan sebagai suplemen asam lambung sudah terbukti untuk mencegah ataupun mengobati gangguan lambung yang telah terjadi bahkan penderita gastritis kronis pun sembuh dengan mengonsumsi Colidan secara teratur sesuai aturan yang ada. Colidan memberikan perlindungan jangka panjang pada dinding lambung serta mencegah sekaligus mengobati dari peradangan ataupun luka yang sebelumnya ada.

Aturan Konsumsi Colidan
Colidan memiliki dua jenis kapsul yaitu Colidan 100 mg dan Colidan 50 mg. Untuk Colidan 100 mg dikonsumsi 1 kapsul per hari dan Colidan 50 mg dapat dikonsumsi 1-2 Kapsul per hari.

Colidan 100 mg berisi 2 blister atau 20 kapsul sedangkan Colidan 50 mg berisi 3 blister atau 30 kapsul (setiap blister berisi 10 kapsul).

Apasih perbedaan Colidan dan Obat Penyakit Maag Lainnya?
Pasti banyak yang bertanya-tanya dalam hati nih 😁 Jelas banget perbedaannya kalau Colidan sebagai suplemen asam lambung yang bisa dikonsumsi kapanpun, secara teratur sesuai dengan aturan konsumsi yang ada. Nah sedangkan obat penyakit maag lainnya tidak bisa sembarangan dikonsumsi karena memang fungsinya sebagai obat sakit tentunya dikonsumsi saat sedang sakit maag atau mengalami gangguan lambung.

Perbedaan lainnya sebagai suplemen asam lambung, Colidan memiliki fungsi ganda untuk mencegah apabila dikonsumsi secara teratur dan mengobati jika sedang mengalami gangguan lambung.  Kalau obat penyakit maag jelas memiliki fungsi tunggal hanya mengobati jika sedang sakit saja. Untuk lebih jelasnya, bisa lihat perbedaanya pada gambar berikut 😁
Andalan banget yaa Colidan. Aman dikonsumsi, khasiat jelas terbukti. Tidak hanya mengobati namun juga bisa mencegah gangguan lambung dengan konsumsi secara teratur. Colidan bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat atau bisa membeli Colidan di Apotikcentury.id. Butuh suplemen asam lambung? Jelas dong, Colidan jadi andalan.
Referensi:

Obat sakit maag yang paling ampuh

71 komentar:

  1. Wah info yang sangat bermanfaat mbak. Di tambah pula dengan infografis yang kece badai membuat para pembaca lebih mudah memahaminya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilaah mas 😁
      Syukurlah kalau jd lebih paham dan tahu keunggulan Colidan 😊

      Hapus
  2. Balasan
    1. Wkwkwk berbagi cerita ini rez 😁

      Hapus
  3. saya juga kena GERD, kalau kambuh kayak mau mati aja hiks, sesak nafas gak ketulungan
    bisa dicoba nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa monggo dicobaa terbukti yg sakit gastritis kronis bisa sembuh total ndak kambuh" lagi 😁

      Hapus
  4. Saya juga pernah di endoskopi tahun lalu mbak, rasanya sakit banget bahkan seminggu setelahnya tenggorokan terasa nyeri saat menelan. Kayaknya boleh ne konsumsi colidan, karena asam lambung saya meningkat di kala stres!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah samaa mbak kitaa 😁 aku sampe sekarang msh bayangin dulu pas endoskopi dimasukin selang sampe berasa mau mutah 😒
      Bener mbak asam lambung meningkat di kala stress jd harus bener" pintar mengelola stress biar ndak kambuh 😊

      Hapus
  5. Aku pernah ngalamin, rasanya perih, perutbpenuh tapinkayak isinya cairan semua...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tanda" gangguan lambung mbaak 😁kalau sudah ada gejala begitu lebih baik minum colidan nanti biar ndak lebih parah lagi wkwkkw #kokjadingiklan

      Hapus
  6. Colidan memang praktis ya Mbak.
    Btw, ilustrasinya kece habis mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak praktis dan banyak khasiatnya 😁
      Hehehe mbak widyaa juga kece seruu 😊😊😊

      Hapus
  7. Wah, infonya bagus nih mba. Saya juga asam lambung suka kumat. Kudu sedia ini di rumah berarti yaaaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuu mbaak. . Bisa dikonsumsi secara teratur untuk menjaga kesehatan lambung dan antisipasi biar asam lambung ndak kumat" lagi. Hehehe

      Hapus
  8. Balasan
    1. Makasiih mas Mirwaan semogaa bermanfaat yak infonya 😁

      Hapus
  9. Dulu sempet infeksi lambung karena maag ini.. alhamdulillah sih blm sempet di endoskopi tapi perihnya udah minta ampun.... baru tau obat colidan ini, ntar kalau lambung bermasalah di coba deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mbak sandraa.. Harus bener" jaga kesehatan lambung mbaak kalau uda pernag maag 😊 colidan bsa jadi solusinya 😁

      Hapus
  10. Aku sering banget sakit maag (dan udah lumayan parah) thanks to you, dengan ada review ini bisa jadi salah satu alternatif kalau lg sakit maag :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hikss segera ambil tindakan cee biar ndak makin paraah bisa bahayaa soalnyaa 😒 yuhuu sama" semoga bermanfaaat 😊

      Hapus
  11. Emang yah kalau apa apa yang berlebihan tu tidak baik. Asam lambung punya fungsi baik, tapi kalau berlebih ya nggak baik juga yah :D

    btw sukaak sama infografis2 nya.. Kamu telaten banget buatnya.

    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaapss mbaaak. .
      Harus dalam porsi yg cukup 😁
      Hehehe alhamdulilaah mbaaak semogaa bermanfaat yaa. .

      Telaten biar pembaca juga jd bsa memahami dengan mudah 😁

      Hapus
  12. Wah, aku lihat video endoskopi aja sudah seram. Gimana rasanya, gak mau bayangin :'D Bermanfaat, nih aku jadi tahu apa aja yang harus dilakukan supaya gak punya masalah lambung. Aku vegetarian, sih, tapi tetep masih suka french fries :p
    Btw, mau info aja nih. Novel Guruku Berbulu dan Berekor mau ada part 2 nya. Kalau punya pengalaman menarik dan inspiratif dengan hewan peliharaan boleh email ke aku, namaku_indikecil(@)yahoo(.)com. Royaltinya untuk didonasikan ke shelter :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbaak indi videonya aja udaa ngeri bingits. Apalagi endoskopinya :" #ingatingatmasalalu

      Hehehe samaa mbaaak harus kurang"in makanan junk food ini. Ndak baikkk buat kesehataaan.

      Thank you infonyaa yaa, insya Allah bisa ngriim ada pelajaran menarik dari guru berekor dan berbulu waktu pencapaian cita" tahun lalu 😁

      Hapus
  13. kalau aku kayaknya faktor stress deh nih yang bikin asam lambung gampang naik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbaak ophiii stress jugaa memicuu kenaikaan asam lambungg. . Jd harus pandai" mengelola stress yg ada dan antisipasi dengan konsumsi suplemen asam lambung, salah satunya Colidan 😁😊

      Hapus
  14. Endoskopi saya ngebayangin dimasukkin selang dari mulut. Apa nggak huekkk ya, mba? Mahal juga ya biayanya. Saya pun kalau kena asam lambung, mual dan rasanya asam banget. Asyik ini kalau udah ada suplemen, karena kadang kalau mau minum obat maag rada bingung, karena nggak sakit maag juga kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mbak kaya mauu mutah gtu kan dimasukkin selang. Tp sebelumnya udah dikasih semacam obat bius gtu biar lidahnya kaku dan bsa dimasukkin selang. Ngeri kalau bayangin 😒

      Hehehe sepakaat udah ada suplemen asam lambung andalan 😁jd bsa mencegah maag biar nggak dateng" lagi. .

      Hapus
  15. Rasa sakit krn asam lambung maupun maag utk pastinya menyiksa bgt ya mbak. TFS info suplemennya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak menyiksaa bangeet. . Keliatannya sepele banget tp dampaknya bsa sampai menyebabkan kematian. Hikss harus makin sayang sama lambung dgn cara hidup sehaat. . Makasiih jugaa mbak udaah mampir ��

      Hapus
  16. Hai mbak,, tulisannya bagus sekali yha.. Alhamdulilah aku ga sakit maag.. Tp ni informasinya membantu sekali.. Makasi ya mbak 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mbaak vikaa sama". . Semogaa makin mawas diri dan lebih perhatian sama kondisi jiwa ragaa yaa. . Khususnya kesehatan lambung 😊

      Hapus
    2. betul mbak.. kalau udah sakit kita sendiri yaang capek dan sakit sendiri y mbak :)

      Hapus
  17. wah, lengkap banget infonya.
    terimakasih sudah berbagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama" mbaaak faridaa.. Semogaa bermanfaat yaa. Aamiin 😊

      Hapus
  18. Mengelola stres itu erat kaitannya dengan ketenangan ya, Mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mas . . Banyak" bersyukur dan bahagia biar stress perlahan sirna. Hehehe

      Hapus
    2. iya mbak, siiippp... makasih banyak yaaa...

      Hapus
  19. wah sama dong aku juga sering banget gangguan lambung lucky :(
    anyway maaf baru bisa mampir balik yaaa
    salam kenal :) blognya cute

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbaak ninda, kalau sering kenaa gangguan lambung gtu harus segera diobati mbaak. . Biar ndak makin menjalar atau tambah parah. Bisa mulai konsumsi suplemen asam lambung kaya colidan, soalnya dia menyembuhkan dinding lambung yg mengalami peradangan mbak. .

      Iyaaa ndak paapa mbaak. . Hehehe yg punya juga cute kok. Hehehe

      Hapus
  20. Penyakit memang dari pikiran dan makanan katanya hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iyaaaps mbak idaa. . Jadi harus benar" dikontrol keduanyaa biar sehaat teruss 😊

      Hapus
  21. kereeen bangettt!

    Semoga JUARA ya mbaaa

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe aamiin. .makasiih mbaak nurull. .
      Semogaa bermanfaat mbaak ya :D

      Hapus
  22. Infografisnya lengkap dan rinci, semoga menang yaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi Aamiin. . iyaa mbaak semogaa bermanfaat ya :D

      Hapus
  23. saya belum pernah coba Colidan Mbak, alhamdulillah lambung aman. Tapi informasi ini bermanfaat sekali, nanti kalau ada kenalan yang kena sakit ini, makasih ya Mbak untuk sharingnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mbaak Nurin :D Alhamdulilah kalau bermanfaat, boleh disharee ke teman-teman yang membutuhkan mbaak :D Heheee

      Hapus
  24. point paling penting, jauhi stress ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuu mbaaak. . jauhii stress, banyakin syukur sama bahagia. Hehehee :D

      Hapus
  25. Ini info bermanfaat dan mudah untuk dipahami, terimakasih mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-samaa Andiii :D Terima kasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  26. Eh gw juga asam lambung tapi ngak begitu parah. Cuman tiap pagi bawaan nya kembung dan mual mau muntah tp ngak muntah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah itu tanda-tandaa bang cumii kalau uda keseringan :D bisaa pake colidan bang biar lambungnya jd lebih sehat dan ndak mual" tiap pagiii. . hehehe

      Hapus
  27. Jaman sekaran ini udah banyak banget ya obat maag dan asam lambung. Aku salah satu orang dengan asam lambung yang kadang suka naik. Pas nulis ini juga udah kerasa-rasa nih. Huahaha...
    Kayaknya aku harus coba Colidan. Kali aja asamnya gak naik berlebihan lagi. Hihihi....
    Makasih sharingnya, Mbak!
    Ini info bermanfaat banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mbaaak, segeraa diatassi dengan colidan biar masalah lambung nggak datang" lagi dan jd sehaat terus lambungnya :D

      Sama-sammaa mbaak yaaa :D senang bsa berbagi. . hehehe

      Hapus
  28. Satu lagi mbak.. Rutin berolahraga.. Saya merasa levih baik setelah rutin olahraga..

    BalasHapus
  29. huaaa pas banget nih jadi solusiku, kemarin maagku bermasalah, sampe mual, muntah, akhirnya tepar.. pengen coba colidan deh

    BalasHapus
  30. Saya juga punya asam lambung mba, sepertinya butuhs suplemen juga

    BalasHapus
  31. Selamat mbak cantik, anda layak dapat bintang. Uangnya ditabung buat masa depan :)

    BalasHapus
  32. Selamat ya kak atas kemenangannya.. KK pantas jadi juara kerennn!!!

    BalasHapus
  33. Aku sering nih mba kayak gini, untung nggak sampe endoskopi, gara2nya telat makan atau tidur kemalaman, duduk dilantai,mempengaruhi loh itu

    BalasHapus
  34. Artikelnya keren dan lengkap, jelas gak heran deh kalau menang. hihihiii.. Selamat ya Lucy :D

    BalasHapus
  35. Kata temen ku yg pernah di endoskopi ini sakit banget yaaaa #Serem

    BalasHapus
  36. Mau coba ahh, makasih infonya kk

    BalasHapus
  37. Penyakit memang dari pikiran dan makanan katanya hehe..

    BalasHapus
  38. terimakasih atas informasinya semoga bermanfaat untuk kita semua
    salam kenal dan salam sehat selalu.

    BalasHapus
  39. Lengkap banget kak ilmunya, secara aku juga punya masalah lambung nih.
    Belum berani periksa detail sih. Semoga Colidan bisa menyembuhkan ngilu di lambung.

    Salam

    BalasHapus
  40. Saya penderita Gerd nih. Keluhan yg paling sering muncul adalah sesak di ulu hati. Selain menerapkan tips2 di atas. Saya juga rajin konsumsi buah yg sifatnya basa agar menetralkan asam lambung, seperti apel merah.

    BalasHapus
  41. Terimakasih atas informasinya, salam sehat selalu

    BalasHapus
  42. Luar biasa ulasannya nih mb Lucky lengkap bgts. Colidan bisa juga ditaro di lemari obat di rumahku nih buat jaga2. Btw katanya kalo asam lambung itu misal telat makan tapi kita merasa kenyang gitu ga sih mbak? ��

    BalasHapus

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES