Saturday, November 11, 2017

Menikmati Hujan dan Semangkuk Soto Mie Bogor Super Lezat

Memasuki bulan-bulan teduh, bulannya para penyuka hujan dan tentunya dingin membuat nafsu makan rasanya tiba-tiba meningkat dengan sendirinya. Bukan tanpa alasan, hujan dan udara dingin yang menyelimuti selalu berhasil membuat perut lapar lebih cepat dari seharusnya. Pun menikmati makanan yang hangat dan berkuah jadi favorit saya di musim seperti ini. Salah satu pilihan menu hangat berkuah yang lezat untuk disantap adalah soto mie bogor. Asli bogor yak, kota yang terkenal tidak pernah panas karena terlalu seringnya dipeluk hujan #bahasanyabikinbaper  

Lezatnya Soto Mie Bogor! (photo credits: cookpad.com)
Kelezatan soto mie bogor ini recommended banget buat dicoba kalau lagi pengen banget menikmati hujan sambil menyantap yang hangat dan berkuah. Satu mangkuk soto mie bogor ini terdiri dari mie kuning atau bihun, wortel, lobak, daging, kikil, emping, daun bawang, serta taburan bawang goreng. Nikmatnya lagi, soto mie bogor juga disajikan dengan risol goreng yang kering dan renyah. Selain bisa menikmati soto mie bogor di kedai-kedai soto mie yang ada, bisa juga memasak sendiri lho.

Cara membuatnya mudah dan praktis banget. Hanya butuh sekitar 1-2 jam untuk menyiapkan hingga menyajikan soto mie bogor yang super nikmat. Bahan utama yang digunakan adalah olahan mie dari tepung terigu, garam serta telur. Untuk bahan soto sendiri bisa dibuat berbahan dasar ayam, daging sapi atau bahkan jeroan sapi, mulai dari urat, babat dan juga kaki sapi. Banyak juga yang mengganti mie kuning dengan mie bihun atau kombinasi keduanya. Tambahan irisan risoles yang renyah dan bagi yang suka sayuran bisa juga menambahkan tomat, kol, kentang serta seledri untuk menambah kenikmatan soto mie bogor yang yummy banget untuk disantap. Check it out yuk resepnya! 
So complete and delicious! Isn't it? (photo credits: cookingwithmamamiyuki.wordpress.com)
Bahan untuk membuat soto mie bogor dibagi menjadi bahan utama, bahan pendukung yang dihaluskan serta bahan pelengkap. Untuk kali ini soto mie bogor akan diisi dengan kikil, babat serta daging sapi.  

Bahan utama Soto Mie Bogor:
1. Mie Bihun 200 gram, siram dengan air panas
2. Mie Kuning 300 gram
3. Air 2000 mL
4. Daging sapi ½ kg
5. Kikil 200 gram
6. Babat 300 gram
7. Kol 300 gram
8. Tomat 2 buah, diiris tipis
9. 2 lembar daun salam, daun jeruk dan serai
10. Minyak goreng secukupnya  

Bahan pendukung yang dihaluskan: 
1. Garam secukupnya
2. Merica bubuk 2sdt
3. Bawang merah 6 butir
4. Bawang putih 6 siung
5. Kemiri 4 butir  

Bahan pelengkap: 
1. Bawang goreng
2. Air perasan jeruk nipis
3. Daun seledri dan daun bawang yang sudah dipotong halus
4. Kerupuk emping
5. Risoles  

Well, cukup banyak yang bahan-bahannya. Tapi mudah kok mendapatkannya. Bayangkan saja betapa lezatnya soto mie bogor pasti lebih semangat mengumpulkan bahan dan memasakknya. Yuk lanjut ke cara memasak soto mie bogor super yummy! 
  1. Rebus daging sapi, babat dan kikil sampai matang dan empuk. Rebus juga kol yang ingin ditambahkan pada soto mie secara terpisah, atau rebus terlebih dahulu sebelum daging sapi, babat dan kikil.  
  2. Setelah matang, angkat semua bahan dan tiriskan. Tunggu sampai dingin dan potong-potong sesuai selera  
  3. Tumis bahan pendukung yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak. Setelah harum masukkan daun salam, saun jeruk dan serai  
  4. Masukkan tumisan kedalam air rebusan 
  5. Setelah kuah siap, maka soto mie bogor siap untuk diracik. Siapkan mangkuk dan tata semua isi, mulai dari mie kuning dan mie bihun, potongan daging sapi, kikil, babat, kol, serta irisan tomat. Siram menggunakan kuah, lalu tambahkan bahan pelengkap sesuai dengan selera. 
  6. Taburkan bawang goreng, kecap, perasan jeruk nipis dan tentunya risoles agar soto mie bogor tambah nikmat
  7. Selamat menyantap soto mie bogor!
Selamat menikmati lezatnya soto mie bogor! (photo credits: foody.id)
Have a nice try resep soto mie bogor. Tambah yummy nih menyantap semangkuk ataupun bermangkuk-mangkuk soto mie bogor sambil menikmati rintikan hujan dan penghangat dinginnya malam. Awesome!

Wednesday, November 8, 2017

Rindu Kue Mochi, Lumpia, dan Bandeng Juwana? Yuk, Main ke Semarang aja!

Angin berhembus pelan membuat malam menjadi semakin dingin. Ditemani secangkir coklat bubblegum hangat dari kampung halaman dan sekotak kue mochi pemberian teman lab dari negeri tirai bambu. Quality time banget ya, sesekali menikmati langit yang berhiaskan cahaya rembulan dan taburan bintang-bintang.

Menikmati langit malam - PNU Dormitory (photo credits: luckycaesar.com)

Waktu yang tepat untuk bernostalgia, memeluk kenangan, merangkai kebahagiaan. Eitsah, berbicara mengenai kue micha rasa coklat ini mengingatkan saya pada kue mochi dari salah satu daerah di negeri asal, tepatnya dari Kota Semarang. Ada yang tahu kue mochi yang begitu tenar dan menjadi oleh-oleh khas Semarang? Yap, kue mochi terenak dan paling terkenal di Semarang adalah Kue Moaci Gemini. Kue Moaci ini terlahir dari etnis Tionghoa yang banyak tinggal di Semarang. 

Moaci Gemini terbuat dari tepung ketan dengan isian kacang tumbuk yang dicampur gula karamel. Mirip seperti onde-one, namun bedanya Moaci Gemini ini lebih kenyal dan mini ukurannya. Sekali gigit lembut banget diluar, gurih dan legit banget di dalam karena diisi dengan kacang tumbuk serta gula karamel. Ada berbagai varian rasa Moaci Gemini yang bisa dinikmati, mulai dari original, original wijen, strawberry, durian, coklat, pandan dan juga talas. Untuk yang varian original dilengkapi dengan bubuk tepung diluar.

Moaci Gemini Istimewa (photo credits: imgrum.org)
Kue Moaci Gemini ini terbuat dari bahan-bahan alami tanpa menggunakan pengawet, sehingga hanya bertahan selama 1 minggu di suhu ruang dan sekitar 2 minggu jika disimpan dalam kulkas. Ah, jadi rindu sama kelembutan dan kelegitan Moaci Gemini #kodenih #siapatauadayangmaketin

Moaci Gemini favorit banget (photo credits: bistip.com)
Ingat Kue Moaci Gemini jadi ingat dengan oleh-oleh khas Semarang lainnya yang tidak kalah terkenal juga. Yap, siapa yang tidak tahu dengan kelezatan Lumpia Semarang? Kalau tidak tahu, merugi pasti yak karena belum pernah cobain pastinya. Kelezatannya tidak perlu diragukan lagi, pasti sekali coba susah berhentinya.  

Lumpia Semarang sudah sangat terkenal, mungkin hingga seluruh pelosok negeri. Kuliner khas Semarang ini bahkan sudah melegenda dan lahir pertama kali pada abad ke-19. Lumpia Semaran pun menjadi oleh-oleh khas Kota Semarang yang tidak boleh terlewatkan. Lumpia semarang adalah makanan sejenis rollade yang berisi rebung, telur, ayam ataupun udang.

Lezatnya Lumpia Semarang (photo credits: indonesiakreatif.bekraf.go.id)
Keistimewaan Lumpia Semarang terdapat di kerenyahan pada setiap gigitan dengan kombinasi rasa manis asin yang pas. Tak perlu bingung dan khawatir untuk membeli Lumpia Semarang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah karena banyak yang menjualnya bahkan hampir di seluruh penjuru Kota Semarang. Eits tapi kalau ingin membeli langsung Lumpia Semarang dimana resep aslinya diciptakan bisa langsung berkunjung ke Gang Lombok di daerah pecinan, Kota Semarang. Mamamiaa lezatosss, miss you so bad Lumpia Semarang!

Oleh-oleh khas Semarang lainnya yang mewarnai pikiran random malam ini adalah Bandeng Juwana. Para pecinta ikan pasti suka banget sama Bandeng Juwana dari Semarang ini. Toko Bandeng Juwana Erlina ini memiliki dua cabang, yaitu di Jl. Pandanaran No.57 dan Jl. Pamularsih No,70, Kota Semarang. Bandeng “presto” Juwana ditawarkan dengan harga mulai dari 35 ribu hingga 68 ribu perkilogramnya. Nah dalam setiap kilogramnya dapat 4 ikan bandeng Juwana yang lezat dan lembut banget dagingnya. Nikmat dah pokoknya.

Bandeng "duri lunak" Juwana (photo credits: goodindonesianfood.com)
Selain bisa dibungkus untuk oleh-oleh, teman-teman juga bisa menikmati berbagai macam bandeng presto di warung makan tokonya yang ada di lantai 2, mulai dari sate bandeng, bandeng tauco hingga gudeg bandeng. Bandeng Juwana ini selain rasanya yang tidak perlu diragukan lagi, kandungan gizinya juga melimpah. Plus menyantapnya nya juga lebih praktis, tidak perlu takut tertusuk atau menelan duri bandeng karena durinya sudah sangat lunak dan tidak berbahaya. Ciaaaat semakin semangat dong makan dan borong Bandeng Juwananya buat oleh-oleh.  

Ah ya, kelegitan Moaci Gemini bersama kerenyahan Lumpia Semarang serta kelembutan daging Bandeng Juwana membuat diri ini mendadak lapar. Pun mendadak ingin terbang langsung ke Semarang. Coba ya ada pintu kemana saja atau mantra penembus dimensi. Bisa cling, langsung deh sampai Semarang. Maaf yak, garing. Sekian dan selamat meneruskan menikmati malam.  

Sunday, November 5, 2017

3 Makanan Indonesia Ini Masuk 20 Besar Makanan Paling Enak di Dunia

Terlahir di negeri yang kaya akan hasil bumi dan terkenal dengan rempah-rempahnya yang melimpah membuat saya terbiasa makan masakan dengan rasa yang kuat. Hampir 3 bulan berada disini membuat saya begitu merindukan masakan Indonesia, masakan Ibuk sih yang paling dirindukan #homesicksignal (Baca juga: Indonesia, Tanah Penuh Kerinduan) Menurut saya makanan disini cenderung kurang berasa dan banyak yang bersaus. Pun aneh-aneh jenisnya, saya lebih suka yang sederhana seperti nasi pecel, soto ayam, sate, dan jelas rendang. 


Bukannya sombong, namun masakan Indonesia menurut saya merupakan makanan paling enak dibandingkan di negara-negara lain. Kombinasi racikan bumbu rempahnya yang khas membuat rasa makanan jadi sangat lezap, pun harumnya sedap menggugah selera. Eits, tidak hanya menurut saya ternyata karena berdasarkan survey yang dilakukan oleh CNN travel tahun 2017 ini, 3 masakan Indonesia bahkan masuk dalam daftar 20 makanan paling enak di dunia. Hebatnya lagi dari 3 makanan tersebut, 2 makanan Indonesia menempati 2 urutan teratas. Ciamik banget kan ya, check it out for details. 

1. Rendang khas Minang, Kelezatannya membuat lidah banyak orang ketagihan 

Rendang asli Indonesia yang mampu menaklukan posisi teratas sebagai makanan terenak sedunia adalah rendang khas Minang, Sumatera Barat. Rendang khas Minang ini berwarna kehitaman dan kering serta diracik dengan perpaduan rempah-rempah asli tanah Minang yang kentang dan sangat gurih. Kata rendang berasal dari "marandang" yang berarti proses memasak untuk menghilangkan air. Rendang diolah dari daging sapi yang ditambahkan dengan santan dan beberapa bumbu khas seperti bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, cabai merah, daun jeruk serta daun kunyit.

What a delicious Rendang! (photo credits: indosurflife.com)
Proses pembuatan rendang memakan waktu selama kurang lebih 7 jam hingga daging sapi empuk. Rendang juga bisa ditambahkan dengan kacang merah untuk menambah kelezatan. Try Rendang and enjoy the truly taste of Indonesia's food!

2. Nasi Goreng Indonesia, Rasanya pun mendunia

Saya pun baru tau mengenai fakta ini secara langsung ketika menu nasi goreng Indonesia masuk dalam menu favorit di salah satu restoran sepat saji, Hansot. Bahkan di buku menu disertai gambar bendera Indonesia. Nasi goreng Indonesia dengan perpaduan nasi, telur, ayam, udang dan bumbu-bumbu sederhana. Hebatnya nasi goreng Indonesia ini mendapatkan suara 10 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan nasi goreng Thailand yang berada di urutan 24.

Resep spesial nasi goreng udang asli Indonesia (photo credits: indonesiaoriginalrecipes.blogspot.kr)
Kelezatan nasi goreng Indonesia memang tidak ada duanya jika dibandingkan dengan nasi goreng dari negara lain. Pun telah berhasil menduduki predikat makanan terfavorit untuk saya pribadi. Bahkan kalau disuruh makan nasi goreng setiap hari kayanya juga tetep suka. Hehehe asalkan divariasikan isinya ayam, udang, sayur gitu #nasigorengholic #hidupnasigoreng

3. Sate asli Indonesia, Idola sepanjang masa

Sate menempati urutan ke 14 dari 20 besar makanan paling enak di dunia. Sate asli Indonesia terbuat dari berbagai bahan dasar mulai dari ayam, kelinci, daging sapi dan juga daging kambing. Favorit saya adalah sate ayam apalagi yang jenis sate ayam ponorogo. Sate pun disajikan dengan saus yang berbeda-beda, ada saus kacang dan juga saus kecap. Setiap daerah pun memiliki ciri khas tersendiri untuk racikan bumbu atau sausnya.

Sate ayam asli Indonesia, so yummy! (photo credits: i.pinimg.com)
Sekarang sate pun kian beragam jenisnya. Ada sate yang dibalut dengan kelapa, pun ada juga sate yang dilengkapi dengan saus kekinian mulai dari barbeque, keju, jagung manis dan rasa lainnya. Namun favorit saya tetap saus kacang, tak ada duanya! Mantap banget ya apalagi masih hangat disantap dengan lontong. So yummy!

Rindunya saya dengan masakan Indonesia bisa terobati dengan menyantap masakan istimnewa dari restoran Rindoe Kampoeng. Restoran ini terletak di Busan, tepatnya di dekat terminal bus Sasang. Restoran Rindoe Kampoeng khas Indonesia ini menyediakan berbagi macam masakan Indonesia yang kelezatannya dijamin bisa sejenak mengobati kerinduan pada masakan di kampung halaman.
Nikmatnya menikmati masakan Indonesia di negeri orang (photo credits: thepicta.com)
Masakan Indonesia memang juara - Restoran Indonesia Rindoe Kampoeng di Busan, Korsel (photo credits: thepicta.com)
Beragam makanan yang bisa dinikmati di restoran Rindoe Kampoeng mulai dari sate, bebek, ayam, bakso, nasi goreng, sop kambing dan jenis makanan lainnya. Minuman yang disajikan pun beragam, ada es campur, wedang jahe dan bahkan STMJ. Insya Allah semua bahan-bahan yang digunakan  di restoran ini adalah halal. Untuk harganyapun beragam, tapi jelas harga berbanding dengan kelezatan masakan yang disajikan. What a worth to try!

Lokasi Restoran Rindoe Kampoeng:
532-2 Gwaebeop-dong, Sasang-gu, Busan, Korea Selatan


Kelezatan makanan Indonesia yang mendunia telah memikat hati serta lidah banyak orang. Bagi saya Indonesia akan tetap dan selalu menjadi kebanggan saya, dulu, kini dan selamanya. Pun saya akan selalu melestarikan kebudayaan dan kekayaan Indonesia pada setiap orang yang saya temui agar mereka tahu Indonesia istimewa, salah satunya melalui kelezatan makanannya. Love you as always, Indonesia!

Saturday, November 4, 2017

Veggie Steak: Lezat, Sehat dan Mengenyangkan

Tantangan terbesar untuk para dieters (pejuang diet) adalah godaan makanan lezat yang sungguh menggugah selera. Steak adalah salah satu dari sekian banyak makanan lezat yang setia menari-nari seolah mengajak ikut berdansa mencicipi rasanya. Pun terlalu sering membuat lupa diri pada target  penurunan berat badan. Namun sekarang ada solusi jitu agar para dieters tetap bisa menikmati steak yang lezat tanpa takut berat badan meningkat drastis. Yap, vegetarian steak adalah jawabannya. 

Kini ada berbagai varian steak vegetarian yang patut untuk dicoba. Saya pernah mencoba salah satu varian steak vegetarian dari bahan dasar tempe dan berhasil membuat saya ketagihan. Steak vegetarian ini pun sama lezatnya dengan steak yang terlezat sekalipun, seperti Holycow steakSudah pada tahu dong ya Holycow steak? Yap, nama Holycow steak sudah tidak asing lagi di telinga. Jelas karena terkenal dengan rasa steaknya yang begitu yummy, Holycow pun memiliki berbagai menu olahan daging sapi mulai dari bagian sirloin, rib hingga tenderloin. 

Holycow steak: What a worth to try! (photo credits: @witter.com/steakholycow)
Nikmatnya terasa lebih lengkap dengan pilihan sauce andalan yang beragam di Holycow Steak mulai dari homemade mushroom sauce, W sauce, blackpaper sauce serta barbeque sauceUniknya lagi teman-teman bisa memesan steak di Holycow sesuai dengan tingkat kematangan yang diinginkan, mulai dari well done (daging sempurna dimasak, berwarna kecokelatan dan tidak juicy) hingga medium rare (daging yang sedikit dimasak sehingga masih berwarna merah ketika dipotong serta sangat juicy). 

Holycow steak made my day! (photo credits: nibble.id)
Well, teman-temanpun bisa mengaplikasikan beragam tingkat kematangan steak di Holycow steak saat memasak vegetarian steak. Pun bisa memvariasikan dengan beragam sauce agar vegetarian steak lebih nikmat saat disantap. Namun bagi yang suka dengan rasa plain, veggie steak juga tetap lezat kok. Well, beragam jenis veggie steak berikut ini bisa menjadi alternatif menu untuk para dieters. Tenang rasanya sama lezatnya dengan steak dari Holycow steak lho. Yuk mari dicoba. 

Steak Jamur Tiram 
Rasa jamur tiram tidak seperti jenis sayuran yang lain. Teksturnya yang lembut dan kenyal membuat jamur tiram terasa seperti daging. Jamur tiram pun memiliki kandungan gizi lengkap mulai dari vitamin, mineral, kalsium serta protein. Tak hanya itu, jamur tiram pun rendah kolesterol dan kaya protein seperti yang terdapat pada beras dan gandum. Tak heran jika jamur tiram diolah menjadi beragam masakan salah satunya menjadi steak jamur. Berikut ini resep untuk membuat steak jamur tiram: 

Bahan membuat steak jamur tiram
1 bungkus jamur tiram 
3 sdm tepung terigu
1 sdm tepung maizena
1 sdm tepung bumbu serbaguna
potongan sayuran segar 


Bahan saus: 

1 sdm saus tiram
3 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
3 sdm saus tomat

1 sdt tepung kanji
1 siung bawang putih
1 siung bawang bombai

Steak Jamur Tiram (photo credits: cookpad.com)

Langkah-langkah: 
1. Cuci jamur tiram hingga bersih lalu peras hingga taidak berair 
2. Sobek-sobek jamur tiram sesuai dengan selera 
3. Masukkan tepung terigu, maizena dan tepung bumbu dalam wadah besar. Lalu aduk hingga tercampur sempurna. 
4. Tambahkan sedikit air (tidak terlalu kalis) agar jamur lengket satu sama lain 
5. Penyet adonan jamur hingga agak tipis
6. Panaskan minyak pada wajan, masukkan adonan jamur dan goreng hingga berwarna kuning keemasan
7. Bersihkan sayuran seperti wortel, buncis, kemudian potong memanjang. 
8. Masukkan sayuran ke dalam panci yg berisi air mendidih kurang lebih 1 menit. Lalu angkat dan tiriskan
9. Susun steak jamur dan sayuran yang telah siap disajikan. Lalu tuangkan saus diatas steak jamur. 
10. Steak jamur siap untuk dinikmati
So delicious! (photo credits: breaktime.co.id)
Membuat saus: 
1. 1 siung bawang putih dan bawang bombai dipotong-potong hingga halus
2. Panaskan sedikit minyak dalam wajan lalu masukkan ke potongan bawang tersebut dan oseng hingga harum
3. Masukkan saus tiram, saus tomat, kecap, dan kecap asin 
4. Aduk hingga tercampur dan tambahkan air kira-kira 1 gelas kecil dan aduk hingga rata
5. Masukkan 1sdt tepung kanji dalam campuran saus tersebut hingga sedikit mengenta
6. Angkat wajan dan diamkan hingga saus mengental dengan sendirinya. 

Steak Terong  
Terong sudah tidak asing lagi menjadi pendamping nasi serta lauk pauk. Tak jarang pula terong diolah menjadi berbagi masakan lezat seperti kripik terong, terong crispy dan juga steak terong. Selain nikmat, steak terong ini juga kaya kandungan gizi serta dipercaya bisa mengatasi penyakit hepatitis dan hipertensi. Wah wah nikmat dan menyehatkan yaa. Check it out yuk resep steak terongnya: 

1. Terong dipotong menjadi 4 bagian, setelah sebelumnya dibuang ujung-ujunngnya..  
2. Terong digoreng selama kurang lebih 3 menit dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan. Untuk mendapatkan aroma steak yang khas, terong lalu dibakar diatas panggangan berbentuk gril selama kurang lebih 5 menit, hingga kulit luarnya kering.  
3. Selanjutnya bawang, daun jeruk dan cabai ditumis hingga harum. 
4. Tambahkan saos kombinasi yang terbuat dari bumbu rendang dan kacang merah serta saos sambal hingga matang merata.  
5. Saos kemudian dituang ke atas potongan terong yang telah ditata. 
6. Steak terong siap untuk dinikmati
Steak terong, bisa dicoba nih (photo credits: arenawanita.com)
Steak Tempe 
Tempe telah menjadi makanan idaman bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Saya salah satunya, pecinta setia makanan olahan dari tempe. Disinipun saya rela merogoh kocek cukup dalam untuk bisa membeli tempe yang siap untuk dimasak. Sama seperti jamur tiram, tempe memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, bahkan tampilannya pun sering mirip dengan daging. 

Tempe merupakan makanan yang kaya akan protein, cocok sekali untuk para dieters. Steak tempe merupakan salah satu olahan tempe favorit saya dan selalu berhasil membuat saya ketagihan. Apalagi tidak perlu khawatir dengan program diet yang sedang dijalankan, tempe cocok sekali untuk para dieters apalagi untuk yang susah dalam menahan godaan makanan lezat seperti saya. Berikut ini resep untuk membuat steak tempe, mudah dan tidak ribet kok.  

Bahan membuat  steak tempe:
300 gr tempe 
50 gr tepung roti
2 butir telur
2 butir bawang putih (haluskan)
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
Margarin/minyak (untuk menggoreng) 

Bahan saus:
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
1 sdm kecap manis
1 sdm saus tomat
Lada gerus (jika suka) secukupnya (untuk taburan)

Steak tempe, steak andalan super lezat! (photo credits: cookpad.com)
Cara membuat steak tempe : 
1.  Haluskan tempe dan kukus selama 15 menit 
2. Campurkan tempe yang telah dikukus, tepung, telur, bawang, merica, bawang dan garam, kemudian aduk hingga tercampur rata. Setelah itu tambahkan sedikit air (agar adonan dapat dibentuk)
3. Ambil beberapa adonan dan bentuk menjadi bulatan ukuran sedang. Pipihkan dan usahakan agar adonan tidak pecah-pecah.
4. Panaskan minyak (sedikit saja). Lalu masukkan adonan dan bolak balik adonan agar seluruh permukaannya matang merata serta berwarna kuning kecoklatan. Setelah itu angkat dan tiriskan.
5. Letakkan  steak tempe di atas sebuah piring saji dan tuangkan saus di atasnya sampai menutupi semua bagian steak. 
6. Taburkan lada hitam pada bagian atasnya (jika suka). agar lebih bergizi bisa tambahkan kentang goreng dan aneka jenis sayuran


Cara membuat saus: 

1. Tumis bawang bombay hingga beraroma harum, kemudian tambahkan saus tomat beserta kecap manis (jika suka, bisa juga tambahkan potongan cabai) 
2. Aduk hingga merata dan  tambahkan air secukupnya agar saus tidak terlalu kental


So yummy semua kan yaa veggie steaknya? bisa dicoba lho resep-resepnyanya. 
Have a nice try and enjoy a delicious veggie steak!   

Monday, October 30, 2017

Nikmatnya Raja Burger dengan Kelezatan Super

Burger, siapa yang tidak suka dengan makanan satu ini? Saya sih, suka banget. Praktis dan nikmat. Burger pun juga makin bervariasi jadi tidak hanya daging, mulai dari ayam, sapi, bebek ataupun kambing. Burger juga bisa divariasikan dengan seafood serta berbagai sayuran agar makin sehat dan nikmat. Para veggies tidak perlu khawatir karena bisa mengkombinasikan beragam sayuran favoritnya pada burger yang ingin dinikmati. Pokoknya bisa disesuaikan dengan selera deh  

Oiya, Burger tidak hanya divariasikan dengan berbagai sayuran dan seafood, namun juga bisa dikombinasikan dengan kacang-kacangan atau bahkan dengan mie instan. Berikut ini beberapa ide variasi Buger yang patut dicoba, lezatnya gak kalah sama yang isi daging lho!  

1. Burger Udang
Burger Udang menjadi favorit saya disini karena susahnya mendapatkan daging yang halal, maka udang bisa jadi pilihan andalan. Yummy banget pokoknya burger isi udang. 
Burger Ebi favorit (photo credit: imgrum.org)

2. Burger Ikan Tuna 
Tuna lovers pasti suka banget deh menyantap burger kombinasi dengan tuna favorit. Makan burger jadi makin lahap. Hap hap! 
Tuna burger looks so lezat (photo credit: bonappetit.com)
3. Burger Ikan Salmon
Teriyaki Salmon Burger (photo credits: reciperunner.com)
4. Burger Kacang Hitam plus Buah Bit 
Vege Burger perpaduan sayuran dan buah bit (photo credit: clevelandclinic.org)
5. Burger Kacang Lentil 
Sehatnya menyantap Burger spesial dengan kacang lentil dan beragam sayuran (photo credit: health.com)

6. Burger Special Mixed: Kacang Hitam + Tahu 

Burger varian baru dengan kacang hitam dan tahu, bisa dicoba nih! (photo credit: steamykitchen.com)
7. Burger Mie Kering 
Burger Mie Kering (photo credit: i.pinimg.com)
Inovasi Burger Mie Kering ini cukup langka ditemukan di restaurant ataupun outlet-outlet yang menjual burger. Namun jangan khawatir teman-teman bisa membuatnya sendiri. Mie keringnya juga bisa dikombinasikan dengan sayuran lho ya, biar lebih yummy. Selamat berkreasi! 

8. Burger Daging Kerang 
Burger Daging Kerang (photo credit: foodnetwork.com)

Salah satu burger favorit kesukaan saya adalah burger ayam McDonald’s. Saat masih tinggal di Surabaya, sering sekali menyantap Burger McD ketika kelaparan melanda tengah malam. Disini pun saya begitu rindu menikmati burger, untungnya ada menu burger udang di restaurant dekat kampus. Eits disini juga ada Burger King, rajanya burger yang super lezat. Burger King telah membuka banyak outlet hampir di semua kota-kota besar di Indonesia. Burger King memiliki ukuran yang lebih besar dengan beragam varian isi yang super yummy.   

Beberapa menu favorit di Burger King Indonesia yang paling jadi andalan saya adalah Whopper Family dengan isi sayuran, daging sapi serta keju yang nikmat banget. Pun Whopper Family terdiri dari beragam ukuran dan tentunya harga yang bervariasi pula mulai dari Whopper Family  Jr (30 ribu) hingga Whopper Beef and Cheese (48 ribu). Terdapat pula menu dengan isi seafood serta menu dengan isi sayuran untuk para vegetarian. Berbeda isi namun tetap sama-sama lezatnya.  

Teman-teman pun bisa menikmati menu Burger King doubles di Burger King Indonesia dengan isian double untuk beef ataupun keju. Harganya pun bervariasi mulai dari Burger King Double Beef (37 ribu), Burger King Double Cheese (40 ribu) dan Burger King Double Beef and Cheese (45 ribu). Oiya asiknya lagi, Burger King Indonesia tidak hanya menyediakan Burger kelezatan super, namun juga terdapat snack serta dessert yang asik untuk dicicipi.  

Menu snack favorit saya di Burger King Indonesia adalah french fries dan onion kings. Kalau udah sekali makan pasti jadi keterusan dan akhirnya lupa sama program diet. Diet jadi pending sementara deh kalau makan di Burger King Indonesia. Oiya, masih ada menu snack pilihan lainnya di Burger King Indonesia yaitu chicken tenders dan spicy pepper chicken wings

Nikmatnya beragam menu Burger King Indonesia khususnya burgernya yang lezat menjadikannya sebagai Raja Burger dengan lebih dari puluhan ribu penggemar, termasuk saya tentunya. Burgernya si Raja Burger emang andalan yak!
COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES