Wednesday, July 21, 2021

Tips Memilih Popok Bayi dengan Kualitas Terbaik

Melakukan peran sebagai orang tua tentu bukanlah hal yang mudah. Kita memiliki tanggung jawab penuh pada anak terhitung mulai dari dalam kandungan sampai dengan dewasa. Bahkan dalam hal memilih popok bayipun, banyak hal yang perlu kita ketahui sebelum membelinya, seperti berikut: 


Pemilihan popok bayi terbaik (image source: alodokter.com)


A.    Jenis kulit bayi

Sebelum membeli popok, kenali dulu kondisi kulit bayi. Jangan sampai salah membeli popok dan menyebabkan alergi pada kulit bayi. Pastikan bahan popok tidak mengandung zat kimia berbahaya. Jika bayi memiliki kulit sensitif, belilah popok khusus untuk kulit sensitif.


B.     Jenis popok

Memilih jenis popok masih menjadi dilema banyak ibu. Banyak ibu-ibu yang bingung memilih antara popok kain atau pampers. Pilihlah sesuai kebutuhan. Jika cukup sibuk, pampers sangat membantu. Popok ini sangat mudah dan cepat dikenakan pada bayi. Popok kain untuk bayi memiliki beragam manfaat. Selain bisa menekan alergi pada bayi, popok kain juga terjangkau. Sekali lagi, pertimbangkan dalam memilih popok sesuai dengan kebutuhan ya.


C.     Kenyamanan dan fitur popok

Hal yang paling utama saat memilih popok adalah kenyamanannya. Kenyamanan ini tidak hanya untuk bayi tapi juga untuk orang tua. Fitur pada popok juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Pastikan popok memiliki daya serap yang tinggi agar air seni dan poop tidak tercecer. Pilih popok yang memiliki indikator basah. Popok jenis ini memudahkan ibu kapan harus mengganti popok.


Mengganti popok bayi yang tepat (image source: merries.co.id)


Jika sudah memilih popok bayi sesuai dengan kebutuhan dan kenyaman bayi, akan tetapi tetap memunculkan ruam, kita bisa melakukan langkah-langkah seperti dibawah ini.


1. Bersihkan pantat dan selangkangan bayi

Saat mengganti popoknya, perlu membilas bagian pantan si kecil dengan air hangat. Selanjutnya, gunakan kapas untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel di kulitnya secara perlahan. Jika ingin membersihkan pantat si kecil dengan sabun, pilihlah sabun khusus bayi dengan kandungan bahan kimia yang lembut untuk kulit bayi, tanpa pewangi atau pewarna, serta dapat melembapkan kulit si kecil. Setelah itu, jangan lupa keringkan dengan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk secara lembut.


2. Jangan menggunakan popok bayi yang terlalu ketat

Popok yang terlalu ketat bisa membuat bagian tubuh si kecil yang tertutup popok menjadi lecet dan terluka. Tak hanya itu, popok yang terlalu ketat juga bisa membuat kulitnya lebih lembap. Hal ini dapat memudahkan pertumbuhan bakteri dan jamur serta berisiko menimbulkan infeksi pada kulit si kecil.


3. Gunakan obat salep untuk ruam popok

Jika si kecil sering terkena ruam popok, kita dapat mengoleskan salep atau krim khusus secara teratur untuk mencegah iritasi pada kulitnya. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti popok si kecil ya.


Pastikan untuk menggunakan popok bayi terbaik yang bisa langsung digunakan untuk kulit sensitif dimana Popok Bayi Rekomendasi Dokter dan merupakan popok no 1 di jepang seperti Popok Merries. Pastikan pilih yang terbaik untuk anak ya ibu-ibu, sehat-sehat selalu semuanya ~

2 comments:

  1. Merries emng popok terbaik. Top banget👍

    ReplyDelete
  2. Kadang ada juga popok, telat sedikit ganti, muncul ruam merah di selangkangan bayi. Betul tips dai mbak, kita harusnya jeli terhadap kenyamanan dan fitur yang dimiliki popok.

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES