Tuesday, January 21, 2020

5 Hal Penting yang Perlu Disiapkan Sebelum terjadi Pemadaman Listrik

Listrik merupakan sebuah kepentingan pada masyarakat saat ini. Banyak peralatan dalam kehidupan sehari-hari yang bergantung pada adanya listrik. Untuk itu ketika terjadi pemadaman listrik terutama pemadaman yang terjadi cukup lama hingga berjam-jam akan sangat menggangu aktifitas masyarakat. Pasti semuanya masih ingat dengan fenomena wilayah Jabodetabek blackout selama lebih dari 10 jam pada bulan Agustus tahun lalu. Wilayah yang biasanya selalu terang-benderang dengan gemerlap lampu tiba-tiba gelap seketika. Banyak yang tidak memperkirakan akan terjadi pemadaman listrik selama itu. Alhasil semua aktivitas terhenti, banyak yang bingung harus bagaimana karena kurangnya persiapan.

Jakarta gelap! (4 Agustus 2019, sumber: nst.com.my/Foto: Fransiska Nangoy)
Tentu banyak kerugian yang ditimbulkan ketika terjadi pemadaman listrik. Untuk itu perlu sekali selalu antisipasi keadaan bila terjadi pemadaman listrik. Yuk, simak beberapa hal yang dapat disiapkan sebelum terjadi pemadaman listrik seperti berikut ini:

1. Sediakan sumber penerangan alternatif
Untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik, khususnya jika terjadi dalam jangka waktu lama, sebaiknya persiapkan sumber penerangan alternatif selain lampu listrik.Penerangan alternatif itu di antaranya adalah lampu senter, lampu teplok, maupun lilin.

Selain itu, persiapkan pula cadangan batu baterai untuk menghidupi sumber-sumber penerangan tersebut. Oh iya, jika menggunakan lampu teplok atau lilin ketika pemadaman listrik, jangan sampai lengah yak arena bisa menimbulkan potensi kebakaran jadi harus siap siaga yes ~

2. Siapkan Genset (Generator Set)
Alternatif lainnya yaitu mempersiapkan generator set atau biasa disebut dengan Genset, jika ketergantungan yang tinggi terhadap aliran listrik saat pemadaman terjadi. Genset bisa menjadi sumber energi jika sewaktu-waktu listrik padam. Saat menggunakan generator, maka alangkah baiknya menyalakannya jauh dari rumah. Tidak disarankan atau bahkan baiknya dihindari menyalakan Genset di dalam rumah. Penghuni berisiko keracunan karbonmonoksida (CO) selama pemadaman listrik ketika generator digunakan dengan cara tidak aman dan dalam keadaan ruangan tertutup.

Nah, untuk yang tidak memiki genset tidak perlu khawatir karena saat ini banyak yang telah menyediakan rental genset. Jadi bisa mempercayakan kegiatan sewa genset di https://sewatama.com/id/ karena telah berpengalaman dan terpercaya dalam jasa rental genset. Pasti aman dan puas ~

3. Tutup pintu lemari es  dan sediakan box es jika dibutuhkan
Lemari es yang tertutup akan menjaga makanan tetap dingin selama sekitar empat jam. Saat freezer tertutup pun dapat menjaga suhu sekitar 48 jam. Nah, jika sedang menyimpan ASI dalam freezer maka bisa pindahkan ke box es yang diisi dengan es batu agar dinginnya bisa tetap terjaga.

4. Cabut peralatan listrik saat listrik padam
.
Mencabut colokan dari sumber listrik bisa menjaga peralatan elektronikseperti komputer dan perangkat lainnya tidak cepat rusak jika ada lonjakan daya sesaat.

5. Selalu sedia uang tunai
Saat pemadaman listrik mati seperti kemarin, hambatan yang dihadapi salah satunya adalah kesulitan mencari mesin ATM. Sebaiknya selalu menyiapkan uang tunai agar tidak kebingungan jika mesin ATM bermasalah saat listrik padam.

Lima hal sederhana yang begitu penting untuk disiapkan sebelum terjadi pemadaman listrik. Bookmark yess, biar kondisi tetap aman terkendali meskipun listrik mati. Sekian, selamat melanjutkan aktivitas ~

2 comments:

  1. sering ada pemadaman ya di tempatnya kalau di tempatku jarang sih

    ReplyDelete
  2. Di tempat tinggal saya di Depok, pemadanan listrik dilakukan sewaktu hujan petir. Biasanya selalu prepare, kecuali genset dan uang tunai, hahahaha..

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES