Friday, March 22, 2019

Mudahnya Proses Perpanjangan Passpor di Busan

Jumat berkah yang indah, alhamdulillah. Lega rasanya ujian kompre untuk kualifakasi kelulusan bisa berjalan dengan lancar hari ini. Selanjutnya, siap melanjutkan perjuangan lainnya. Sembari menikmati jumat, kali ini saya ingin berbagi mengenai perpanjangan passpor di Busan. Mengingat passpor saya expired april tahun ini, jadi mau tidak mau harus mengurus perpanjangan di Busan yang ternyata sangat mudah. Alhamdulillah ~

Kantor Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) di Busan untuk perpanjangan passpor.
(credits: luckycaesar.com)
Apa saja yang dibutuhkan untuk perpanjangan passpor? 

Mudah. Dokumen yang dibutuhkan hanyalah Alien Registration Card (ARC) dan passpor lama serta biaya perpanjangan passpor sebesar 30 USD yang harus dibayarkan di teller Hana Bank. Sudah itu saja, lalu dokumen-dokumen yang disiapkan dibawa ke ITPC (Indonesian Trade Promotion Center) yang berlokasi di sekitaran Busan Station. Sekitar 27 menit dengan menggunakan subway dari Pusan National University (PNU).

How to get there? 

Perjalanan bisa ditempuh dengan menggunakan bus atau subway. Kali ini saya menggunakan subway dan berangkat dari PNU station. Tidak perlu transfer hanya sekali tap 1,300 won dan turun di Busan station exit 2. Dari exit 2 lalu berjalan sekitar dua gedung untuk mencapai ITPC. Beruntung sekali hari itu, ada feeling buat berhenti di salah satu gedung yang kebetulan memang tempat ITPC.

Halaman depan kantor ITPC Busan (credits: luckycaesar.com)
Hari itu, tepatnya juga hari Jumat, saya sampai di lokasi sekitar pukul 14.00. Suasana sepi, dari pintu masuk ITPC lurus masuk dan ada di sebelah kanan. Pun di dalam ITPC kondisi masih sepi, ada beberapa orang yang sedang menunggu. Masih belum pulang jumatan, pikir saya waktu itu. Sekitar pukul 14.30 KST akhirnya petugas datang. Lalu didata untuk passpor lama dan verifikasi identitas diri serta diberikan receipt untuk dibayarkan ke Hana Bank.

Pintu depan kantor ITPC Busan (credits: luckycaesar.com)

Display beberapa produk buatan Indonesia. (credits: luckycaesar.com)
Jarak Hana Bank dari ITPC sekitar 15 menit dengan jalan kaki, arah berlawanan dari keluar exit 2. Jalan lurus terus sampai di depan McDonalds bisa terlihat Hana Bank di seberang jalan. Antrian cukup panjang siang menjelang sore hari itu. Setelah ambil nomor antrian dan menunggu, terlihat beberapa orang Indonesia yang juga sedang menunggu disana. Para pekerja Indonesia yang tinggal di daerah Ulsan, beruntung sekali saya rasanya tinggal di Busan. Tidak terlalu jauh untuk mengurus perpanjangan passpor.



Setelah melakukan pembayaran di teller, sekitar 30 USD atau sekitar 34,000 won. Kembalilah saya dengan mas-mas Indonesia lainnya ke ITPC untuk melanjutkan proses administrasi. Selanjutnya, diambil foto terbaru untuk kebutuhan passpor. Proses passpor baru membutuhkan waktu sekitar 4 hari dari tanggal registrasi.

Passpor yang jadi bisa dikirim ke alamat kosan, atau diambil langsung ke ITPC. Mengingat waktu dan aktivitas lab yang susah ditinggal, saya pun memilih untuk mengirimkan langsung ke kosan dengan mengisi data dan membayar uang pengiriman sebesar 5,000 won. Setelah passpor jadi, akan mendapatkan notifikasi dari ITPC untuk pengiriman ke alamat yang bersangkutan. Alhamdulillah, passpor baru sudah ditangan. Expired masih lama sampai 2024. So excited to keep travelling the world ~ 

Oiya setelah dapat no passport yang baru jangan lupa untuk update informasi terbaru di website HiKorea (https://www.hikorea.go.kr) dalam kurun waktu 14 hari setelah perubahan. Update informasi bisa masuk di menu E-Application - file an application - notification of change in registered information. Nanti tinggal upload scan identitas passpor yang baru. E-applicationnya hanya bisa diakses saat weekdays aja dan hanya bisa pakai browser internet explorer. Sekian, semoga bermanfaat  ya~

1 comment:

  1. Tempatnya apik dan rapih ya mba. Pelayanannya pasti profesional. Busan dan pusan itu beda?

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES