Friday, August 25, 2017

Merdeka dengan Teknologi: Asiknya Menekuni Bidang Desain Grafis

Keunikan desain grafis memberikan warna tersendiri pada postingan blog. Membuat para pembaca tentunya lebih tertarik dalam membaca cerita yang dibagikan. Pun sama halnya dengan para blogger menjadi lebih semangat untuk belajar serta mendalami desain grafis. Menyuguhkan postingan terbaik sehingga lebih menarik untuk dibaca serta dipahami. Belajar desain grafis adalah hal yang susah susah gampang bagi saya. Sembari merintis “rumah karya” saya di laman kontemplasi asa ini, saya memulai belajar desain grafis secara otodidak pada pertengahan tahun 2013.

Awal yang cukup menyenangkan. Saya belajar langsung dari tutorial yang ada di youtube dan juga membaca beberapa buku desain grafis secara langsung ataupun online. Setelah mempelajari tutorial dan membaca dengan seksama langkah-langkah yang ada, saya pun langsung memulai belajar desainnya. Terlalu banyak teori tanpa praktik tentu hasilnya tidak akan maksimal. Pun sama halnya dengan praktik tanpa tau teorinya terlebih dahulu jelas akan kebingungan sendiri. Berikut ini langkah-langkah yang saya lakukan saat mulai belajar desain grafis:

1.       Install software desain grafis di komputer atau laptop
Ini jelas langkah awal yang harus dilakukan sebelum mulai mengaplikasikan teori yang ada. Kalau saya pribadi menggunakan Corel draw. Oiya, banyak software desain lainnya lho seperti indesign, inkscape, adobe illustrator, photosop dan cinema juga. Saya masih newbie nih, jadi sementara ini masih mendalami Corel draw saja. Pastikan untuk software desainnya langsung dicrack ya, kalau trial hanya bertahan maksimal 30 hari saja.

Tampilan Mulai Mengoperasikan Software Corel Draw
2.       Mengenali fungsi – fungsi toolbox pada software desain
Langkah kedua ini penting sekali untuk dilakukan. Penting sekali untuk mengenail fungsi masing-masing toolbox yang ada agar desain menjadi lebih lancar dan tentunya lebih mudah. Tools yang ada bisa digunakan untuk modifikasi bentuk-bentuk yang diinginkan. Semakin terlatih menggunakan tools yang ada maka proses desain grafis pun jadi lebih mudah.


3.     Mulai membuat objek yang sederhana atau mengkreasikan font tulisan dengan warna yang apik
Tahap belajar desain tentu dimulai dari tahap yang mudah berlanjut ke tahap sedang hingga ke rumit. Bisa karena terbiasa jadi slogan yang tepat saat belajar desain grafis utamanya untuk para pemula. Kreasi font tulisan juga menambah apik desain grafis yang dibuat apalagi ditambah dengan pemilihan warna yang apik.

Contoh Desain Grafis Sederhana

4.       Bersabar dan terus berlatih
Lastly, langkah terkahir yang harus diterapkan agar bisa jago dalam desain grafis. Harus sabar dalam menjalani proses pembelajaran yang ada serta tentunya terus berlatih agar desain yang dihasilkan makin pro. Sederhananya bagi saya, desain yang simple dan bisa memberikan kemudahan dalam memahami artikel untuk pembaca sudah cukup. Tapi tentunya simple dan menarik juga butuh latihan terus ya 😊

Empat langkah diatas cukup sederhana untuk mulai diterapkan dalam belajar desain grafis khususnya untuk para pemula. Menjadi jago desain grafis tentunya memberikan banyak keuntungan. Tidak hanya membuat postingan blog lebih berwarna, mudah dipahami serta menarik, namun juga memberikan banyak poin plus. Mulai dari membuat poster menarik hingga komik-komik kreatif dan lucu.


Mahir dalam desain grafis merupakan salah satu penerapan perkembangan teknologi yang makin pesat ini. Merdeka dengan teknologi dalam bidang desain grafis, mungkin begitu penggambaran yang tepat. Peluang kerja untuk desain grafis pun sangat beragam dengan gaji yang cukup besar. Wah jadi makin semangat ya belajar desain grafis. Keahlian dalam desain grafis ini bisa digunakan untuk berdakwah dalam menebar kebermanfaatan dan kebaikan pada sekitar.

Keahlian desain grafis juga sangat membantu perkembangan industri kreatif di Indonesia. Desain-desain yang menarik dan tentunya kreatif bisa meningkatkan nilai industri yang ada. Tidak hanya mengandalkan proses produksi saja, namun juga promosi yang kreatif melalui desain yang menarik. Kreatifitas menjadi modal penting untuk mendapatkan keuntungan yang besar.


Banyak sekali keuntungan yang diberikan dari menekuni bidang desain grafis. Agar lebih jago desain grafis bisa juga mengikuti komunitas desain yang ada di wilayah tempat tinggal. Selain menambah wawasan juga bisa memperbanyak relasi dengan teman-teman yang memiliki minat sama dalam bidang desain grafis. Tentunya juga bisa saling berbagi ilmu.

Cara lain agar bisa jago desain grafis adalah mengikuti kursus desain grafis. Salah satu tempat kursus yang recommended adalah di Dumet School. Banyak penawaran menarik yang diberikan oleh Dumet School, termasuk free trial untuk mencoba kursus disana.


Dumet School memberikan pelatihan desain grafis meliputi belajar desain logo, majalah, edit foto, brosur serta kemampuan desain lainnya. Banyak sekali keuntungan yang didapatkan saat kursus di Dumet School. Mulai dari garansi bisa desain grafis hingga mendapatkan gratis konsultasi seumur hidup. Asik banget kan bisa makin jago desain grafis


Kalau ingin kepo mengenai Dumet School bisa langsung cus ke web, facebook dan juga instagramnya. Yuk mulai diterapkan langkah untuk belajar desain grafis serta tips-tips nya. Selamat dan semangat belajar desain grafis yak! Selamat berkarya!

Referensi:
 
 *Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Dumet School Bulan Agustus 
dengan tema “Merdeka dengan Teknologi”.

10 comments:

  1. desain grafis memang sangat dibutuhkan ya mbak di era digital ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mbaaak bener bangeeet. . Desain grafis menjadi sebuah kebutuhan pokok di era digital skrng untuk menunjang industri kreatif yg ada. . 😄

      Delete
  2. Udah ada semua fasilitas tinggal kemauan, kurang nge-push diri sendiri :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo mbaaak mulai diterapkan tips-tips belajar desain grafisnyaaa. Sembari berlatih terus biar makin pro 😄

      Delete
  3. aku dulu pernah ikut kursus singkat corel sama photoshop. sekarang: lupa semua wkwkwk
    mbak lucky ini jagonya buat infografis keren. salut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah mass sayang banget kalau dilupaaiin. Ayoook mulai diperdalaam lg mas. Banyaak keuntungannya lo kalau jago desain grafis. Selain blog makin ciamik, banyak tawaran pekerjaan yg menghampiri 😄

      Delete
  4. Semua desainnya di atas keren. Saya juga senang desain grafis, hanya saja saya lebih suka main di Photoshop.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas mukhsin maah uda jagoo desain grafisnyaaa. Sayaa masih newbie inii harus lebih giaaat dan terus berlatih biar makin pro 😄

      Delete
  5. Aku pengen banget belajar Desain Grafis cuman keknya ga bakat hahaha belajar parkir mobil aja dimarahin mulu sama suami apalagi belajar ini kayaknya suamiku nelen mouse menahan emosi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkw mbaak beelll. . Kan belajarnyaa bertahaap mbaak. Mulai pengenalan dulu, berlatih terus, sabar menikmati proses dan akhirnyaa jd terbiasa bikin desainnya hehehe 😄 sampaikan ke pak suami mbak bel wkkwkw 😅

      Delete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES