Minggu, 30 Oktober 2016

Akulturasi Budaya Jawa-Sunda, Indramayu Punya Sejuta Pesona Seni Budaya #IndramayuKotaBudaya

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah, demikian Bung Karno berpesan dengan semangat berkobar. Sejarah berhubungan erat dengan tradisi, budaya, kesenian serta nilai-nilai kearifan lokal yang tumbuh berkembang dalam kehidupan. Semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” sebagai pengikat persatuan dalam keberagaman tercermin dalam keseharian penduduk Indramayu. Budaya suku Sunda dan suku Jawa yang tumbuh dalam masyarakat Indramayu menjadi bentuk ekspresi nyata terhadap akulturasi dua kebudayaan yang ada. 

Terletak di Provinsi Jawa Barat dan berbatasan dengan Cirebon di bagian tenggara membuat Indramayu berbudaya serta berbahasa Sunda. Masyarakat Indramayu menggunakan bahasa Cirebon dengan dialek khas Indramayu yang terkenal dengan sebutan Bahasa Dermayon. Bahasa Dermayon sendiri terbagi menjadi dua yaitu, Basa Besiken (bahasa resmi untuk menghormati lawan bicara) dan Basa Ngoko (bahasa sehari-hari dalam pergaulan). Selain itu, untuk masyarakat Indramayu di bagian selatan dan barat daya menggunakan bahasa Sunda dialek Indramayu yang disebut dengan Bahasa Sunda Parean. Wah dari segi bahasa saja sudah beragam :D #IndramayuKotaBudaya
Selain dijuluki sebagai Kota Mangga dan terkenal padat merayap saat mudik hari raya karena dilintasi jalur Pantura, Indramayu juga terkenal sebagai Kota Budaya karena akulturasi budaya Sunda dan Jawa. Beragam kesenian dan budaya yang berkembang memberikan pesona, pesan hidup serta memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Pesona Indramayu sebagai Kota Budaya dengan beragam potensi yang ada bisa terus diinovasikan dan bahkan go internasional. Beberapa kesenian dan budaya yang berkembang di Kota Indramayu sungguh menghadirkan sejuta pesona istimewa. How incredible!

Uniknya Seni Tari Topeng Dermayon Asli Indramayu
Seni Tari Dermayon memiliki komposisi gerak tari yang khas dengan kostum topeng berciri spesifik dan memiliki 8 karakter yang unik, dari mulai topeng panji sampai kelana. Hal inilah yang membedakan tari topeng dermayon dengan tari topeng yang lain. Tari topeng dapat dimainkan oleh satu penari tarian solo atau bisa juga dimainkan oleh beberapa orang. Tari topeng memiliki nilai hiburan yang mengandung pesan-pesan terselubung dan sangat menyentuh berbagai aspek kehidupan, meliputi kebijaksanaan, kepemimpinan, cinta, angkara murka serta menggambarkan perjalanan hidup manusia sejak dilahirkan hingga dewasa.  
Uniknya Seni Tari Topeng (Sumber Gambar)
Tari topeng Dermayon telah mendapat apresiasi yang tinggi dengan hasil karya dan perjuangan sang Maestro Tari Topeng Indramayu, Mimi Marsinah. Keseriusan Mimi Rasinah dalam menggeluti kesenian dibuktikan dengan mempertahankan tradisi tari. Mimi Rasinah juga aktif mengajarkan tari topeng ke sekolah-sekolah yang berada di wilayah Indramayu dan memiliki sanggar tari topeng. Walaupun Mimi Rasinah telah tiada, namun jiwa dan semangatnya dalam memperjuangkan seni tari Topeng Indramayu selalu dikenang oleh masyarakat Indramayu dan Indonesia.
Saya akan terus menari sampai mati - Mimi Marsinah (Maestro Tari Topeng Indramayu) (Sumber Gambar)
Merdunya Seni Musik Tarling
Seni Musik Tarling Indramayu (Sumber Gambar)
Tarling adalah perpaduan seni musik dan lagu yang ditampilkan dengan bentuk nyanyian dan diiringi gitar dan suling. Sejalan dengan perkembangan waktu, kesenian tarling berkembang dan terakulturasi dengan musik dangdut sehingga lahirlah kesenian tarling dangdut. Selain itu, Tarling sudah dilengkapi dengan alat-alat musik yang modern. Kendatipun begitu Tarling klasik masih banyak diminati oleh wisatawan karena keunikannya mulai dari notasi lagu dan lirik – lirik yang ada didalamnya, yaitu menggunakan bahasa jawa dan bahasa indonesia.

Pesona Wayang Golek Cepak 
Ki Dalang Ahmadi sedang beraksi (Sumber Gambar)
Keunikan wayang golek Cepak Indramayu adalah memiliki lakon dan alur cerita, bentuk dan rupa tokohnya tidak diambil dari pakem pewayangan. Wayang Golek Cepak merupakan bagian dari wayang purwa. Namun kondisinya saat ini, kelestarian wayang golek cepak semakin kritis karena tergerus perkembangan jaman yang semakin modern. Ki Dalang Ahmadi, salah satu Dalang asal Indramayu mulai khawatir dengan kelestarian wayang golek cepak. Tantanan dan tuntunan yang sering muncul dari tokoh Lamsijan (tokoh cerita Babad Dermayu yang lucu, sederhana dan cerdas) bisa hilang tanpa penyelamatan.

Atraksi Genjring Akrobat
Atraksi Genjring Akrobat (Sumber Gambar)
Genjring Akrobat merupakan atraksi dengan media tangga dan sepeda roda satu yang diiringi alat musik genjring atau rebana serta dilengkapi tari rudat. Lagu-lagu yang dinyanyikan pada saat atraksi genjring akrobat adalah lagu-lagu khas pantura yang dinyanyikan seorang sinden. Keunikan dari atraksi Genjring adalah dilakukan oleh ibu-ibu usia paruh baya. Kesenian akrobat ini bertumpu pada kekuatan kaki.

Uniknya Seni Berokan Indramayu
Ada banyak versi cerita mengenai kesenian Berokan asli Indramayu ini. Menurut tuturan riwayat yang diwariskan secara turun-temurun di kalangan senimannya, bengberokan adalah warisan Pangeran Korowelang atau Pangeran Mina, seorang penguasa laut Jawa di wilayah Cirebon dan Indramayu. Namun terdapat pula tuturan yang juga diwariskan di kalangan seniman berokan, bahwa berokan merupakan kreasi Mbah Kuwu Pangeran Cakrabuana, ketika menyebarkan syiar Islam ke wilayah Galuh, sebagaimana yang dilakukan oleh para wali, menggunakan pertunjukan sebagai media syiar agama, ditujukan agar dapat mudah diterima lingkungan budaya pada saat itu.
Seni Berokan Khas Indramayu (Sumber Gambar)
Seniman Berokan yang masih bertahan sampai saat ini adalah Group mang Darwan Cs yang berada di Blok Pilangsari Desa Jatibarang baru Kecamatan Jatibarang Indramayu. Dari hasil lukisan itu ada bentuk kepala ikan tanpa badan. Maka untuk menyempurnakanya dibuatlah barong kapala ikan, dengan dilengkapi samping dari kulit kambing dan badannya terbuat dari karung goni. Wujud baru ini diberi nama” Rongrong Barong” yang artinya rorong itu tempat ikan tinggal (ada). Akhirnya Rongrong Barong itu,difungsikan untuk pertunjukan. Pada perkembangannya Rongrong Barong itu berubah nama menjadi Berok atau Berokan

Istimewanya Batik Tulis Paoman Khas Indramayu
Batik tulis Paoman khas Indramayu memiliki corak yang berbeda dengan batik daerah lain. Perpaduan antara kepercayaan, adat istiadat, seni danlingkungan kehidupan daerah pesisir. Selain itu, motif dan karakter batik tulis pesisir atau batik tulis Paoman juga dipengaruh dari negara luar, seperti Cina, Arab dan Timur Tengah, serta Eropa.
Istimewanya Batik Tulis Paoman Indramayu (Sumber Gambar)
Batik khas Indramayu memiliki motif utama yang menitikberatkan pada alam, motif lengkung dan garis-garis yang meruncing (riritan), latar belakang putih serta warna gelap sebagai corak utamanya. Saat ini batik tulis Paoman sudah memiliki kurang lebih 52 motif yang beragam dan istimewa serta telah mampu menembus pasar internasional, terutama para kolektor batik Mancanegara. Keunggulan dari batik tulis Paoman adalah menggunakan pewarna alami ditambah dengan goresan tinta yang rapi sehingga diminati oleh konsumen. Industri kerajinan batik tulis ini bisa ditemui di kelurahan Paoman, desa Pabean Udik di Kecamatan Indramayu, desa Peganjang, desa Babadan, dan desa Terusan di Kecamatan Sindang.

Selain unik dengan sejuta potensi serta pesona yang dimiliki kesenian khas Indramayu, Kota Mangga ini juga memiliki beberapa kebudayaan yang sangat menarik dan syarat dengan nilai kearifan lokal yang luhur. 

Upacara Sedekah Bumi
Upacara Sedekah Bumi (Sumber Gambar)
Sedekah bumi merupakan sebuah ritual yang tidak asing lagi bagi masyarakat khususnya masyarakat di Pulau Jawa. Sedekah bumi sebagai upacara syukuran dengan melakukan ritual sedekah pada bumi bersama harapan agar melimpahnya berkah dan hasil bumi (panen). Upacara sedekah bumi dilaksanakan oleh para petani Indramayu pada saat akan turun menggarap sawahnya. Upacara ini biasanya dilakukan pada awal musim hujan yaitu sekitar bulan Oktober sampai Desember. Prosesi upacara sedekah bumi biasanya dimulai dari berkumpulnya masyarakat disuatu tempat lalu dilakukan doa bersama dan upacara adat.

Tradisi Upacara Ngarot
Tradisi Upacara Ngarot (Sumber Gambar)
Upacara Ngarot dilaksanakan agar mendapatkan hasil pertanian yang melimpah. Upacara Ngarot sudah ada sejak abad 16 dan sampai sekarang masih diselenggarakan, terutama oleh masyarakat khususnya para muda-mudi di Kecamatan Lelea setiap menjelang penggarapan sawah. Upacara adat ini biasanya dilaksanakan setiap hari rabu, minggu keempat bulan November dengan kostum yang khas, warna-warni bunga serta aksesoris yang gemerlap.

Upacara Mapag Sri
Upacara Mapag Sri - Melestarikan Kearifan Lokal (Sumber Gambar)
Upacara Mapag Sri dilaksanakan dengan tujuan unutk mengungkapkan rasa syukur kepada Sang Pencipta atas tibanaya masa panen. Sesuai dengan namanya, yaitu Mapag berarti menjemput dan Sri berasal dari Dewi Sri (Dewi Padi) yang artinya adalah hasil panen. Upacara Mapag Sri dilakukan dengan cara melaksanakan pergelaran kesenian wayang kulit sehari semalam dengan lakon khusus dan biasanya dilaksanakan di balai desa.

Tradisi Upacara Nadran 
Upacara Nadran - Budaya Indramayu (Sumber Gambar)
Upacara Nadran merupakan sebuah cerminan dari hubungan manusia dengan Sang Pencipta berupa ungkapan rasa syukur akan hasil tangkapan ikan. Selain itu, Nadran juga berisi harapan meningkatnya hasil tangkapan di masa mendatang serta dijauhkan dari bencana dan mara bahaya dalam mencari nafkah di laut. Upacara Nadran pada umumnya diselenggarakan antara bulan Oktober sampai Desember di Pantai Eretan, Dadap, Karangsong, Limbangan, Glayem, Bugel dan Ujung Gebang.

Upacara Mapag Tamba
Upacara Mapag Tamba (Sumber Gambar)
Upacara Mapag Tamba dilaksanakan dengan tujuan untuk mengusir penyakit. Sesuai dengan namanya dalam Bahasa Jawa, yaitu Mapag yang berarti menjemput dan Tamba berarti obat untuk kesembuhan. Upacara Mapag Tamba dilaksanakan dengan cara membawa air tambak yang dimasukkan dalam bungbung bambu dan berasal dari kasepuhan atau sumber untuk disiramkan ke air yang mengalir ke sawah pada sawah yang berada di batas desa. 

Upacara Ngunjung
Upacara Ngunjung Buyut (Sumber Gambar)
Ngunjung berarti berkunjung. Upacara Ngunjung yaitu upacara syukuran yang dilaksanakan dengan mengunjungi kuburan yang dianggap keramat. Selain berdoa, pada upacara Ngunjung juga ditampilkan beberapa kesenian khas daerah seperti wayang golek cepak. Upacara ini biasanya dilaksanakan pada bulan Syuro dan Mulud. 

Inovasi Kesenian dan Kebudayaan Indramayu – Upaya Melestarikan Pesona dan Potensi Seni Budaya Khas Daerah
Melihat potensi kesenian dan kebudayaan Indramayu yang sangat menarik dan unik, saya terpikir beberapa inovasi yang bisa dikembangkan untuk melestarikan potensi dan pesona yang ada. Inovasi ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketertarikan masyarakat, khususnya para generasi muda Indramayu, terhadap kesenian dan kebudayaan yang ada. Hal ini karena melihat kondisi perkembangan zaman menuju moderanisasi dan kebarat-baratan sehingga para generasi muda mulai meninggalkan warisan seni daerah yang ada.
Mengembangkan Kampung Seni Budaya Digital
Pengembangan kampung seni budaya digital menjadi angin segar para pengrajin atau pelaku seni dan budaya yang ada di Indramayu. Kampung seni budaya digital juga menjadi inovasi para pelaku seni dan budaya untuk bisa mempromosikan hasil karya seni ataupun budaya yang tumbuh berkembang di masyarakat (misalnya bentuk kerajinan tangan yang unik, hasil produksi industri batik tulis paoman ataupun seni kriya yang memesona) secara digital menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang terintegrasi. Hal ini bertujuan untuk mendukung proses bisnis dalam satu kampung, sehingga pengrajin semakin maju, mandiri dan modern. Untuk mewujudkan Kampung Seni Budaya Digital ini perlu melakukan kolaborasi dengan pihak lain mulai dari pmerintah, akademisi, pelaku bisnis, komunitas, birokrasi dan media. Selain itu diperlukan juga beberapa persiapan seperti proses sharing knowledge terkait TI pada para pengrajin, adanya supervisi dari Pemerintah dan keterlibatan pelaku bisnis lainnya (asosiasi, komunitas, dan akademisi) yang saling mendukung untuk terjadinya akselerasi implementasi pemanfaatan teknologi dan informasi di Kampung Seni Budaya Digital.

Mengembangkan Permainan Edukatif Wayang Golek Cepak
Inovasi wayang golek cepak menjadi permainan edukatif akan menjadi jalan efektif meningkatkan minat khususnya generasi muda untuk lebih mengenal, mencintai serta ikut melestarikan seni Wayang Golek Cepak. Permainan edukatif yang dikembangkan bisa dalam bentuk kartu wayang sejenis permainan monopoli ataupun aplikasi digital permainan wayang. Inovasi permainan edukatif wayang golek bisa sebagai jalan promosi kesenian wayang golek cepak pada masyarakat umum atau bahkan bisa terkenal sampai ke seluruh penjuru dunia.

Menghidupkan Produksi Batik Tulis Paoman melalui Sanggar Seni Batik
Saat ini produksi batik tulis paoman hanya dilakukan oleh orang-orang tua. Sementara para generasi mudanya enggan menggeluti dunia batik-membatik dan memilih untuk bekerja di sektor non formal ataupun bekerja ke luar negeri. Sanggar Seni Batik bisa menjadi wadah untuk menghidupkan kembali kecintaan pada seni batik tulis paoman yang ada. Sanggar seni ini terintegrasi dengan Kampung Seni Budaya Digital yang ada sehingga para generasi muda yang telah lulus dari sanggar bisa langsung berbisnis dan mengembangkan usahanya dengan para pengrajin yang lain. Sanggar seni batik ini juga sebagai wadah untuk mengasah kemampuan membatik, berinovasi terhadap motif batik yang ada serta sarana transfer ilmu pada generasi muda selanjutnya. Keberadaan sanggar seni batik diharapkan bisa terus melestarikan kesenian batik tulis paoman atau bahkan membawanya terkenal sampai mancanegara.

Mengadakan Festival Seni Budaya Khas Indramayu
Festival seni budaya merupakan wadah untuk memamerkan karya seni daerah serta budaya yang ada. Acara festival yang diselenggarakan juga bisa sebagai usaha branding potensi wisata dan ekonomi yang dikembangkan dari seni dan budaya yang telah berkembang di masyarakat. Harapannya festival seni budaya ini menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mempelajari seni dan budaya yang berkembang di Indramayu.

Penganugerahan Tokoh Seni Budaya Inspiratif 
Penghargaan merupakan simbol pencapaian atas kerja keras yang diusahakan. Penghargaan bisa menjadi booster semangat untuk pencapaian lebih baik lagi. Pemberian penghargaan pada tokoh seni budaya yang inspiratif ini selain sebagai bentuk apresiasi juga diharapkan bisa menginspirasi para pelaku seni budaya lainnya untuk terus berkarya dan menghasilkan karya-karya berkualitas.

Beragam potensi seni dan budaya di Indramayu begitu istimewa dan memesona. Terus semangat berkarya dan melestarikan sejuta potensi yang ada hingga terkenal sampai mancanegara. Yuk, mari berkunjung ke Indramayu! Jelajahi setiap jejak seni budaya yang ada dan kenalkan pada masyarakat nusantara dan mancanegara betapa istimewa sejuta pesona yang ada #IndramayuKotaBudaya #PesonaNusantara #SiapMendunia

Referensi:

9 komentar:

  1. Wah produktif nulis nih, mantap tenan :D

    Menarik baca budaya dan kesenian yang berkembang di Indramayu, apalagi kalau mengenang Mimi Marsinah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iyaa sebulan lalu kena writer's block jadi sekarang nulisnya dijadwal biar lebih produktif 😄

      Iyaaaa sepakaaat semangat dan perjuangan mimi marsinah terus terkenang 😄

      Hapus
  2. Aku juga ikutan lomba ini mbak.
    Banyak sekali ya budaya yg ada di Indramayu. Semoga tetap lestari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak mei, terima kasih sudah mampir. Salam kenal 😁

      Iyaaa mbaak, banyaak banget. Aamiin. . Semoga terus lestari dan semakin berkembang dengan adanya inovasi yg bsa dilakukan. 😇

      Hapus
  3. Oalah akukira luckycaesar ini seorang lakilaki... ternyata mbak mbak to....
    slam kenal mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iyaa banyak yang salah sangka kalau aku cowok. Wkakak. .

      Terima kasih sudah mampir, salam kenal juga 😁😇

      Hapus
  4. Ulasan lengkap thebest-lah. Gara2 mampir k blog mbak Lucky, lucy, scarlett johansson, ato apalah. Jdi dpt info lomba blog lgi, lmyan bsa turut mramaikan, srkalian nambah pnglaman.hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenaal yogi 😄
      Panggilnya Lucy aja. .
      Alhamdulilaah, semoga berkah dan bermanfaat. .
      semangaat ngeblognyaa juga ya. Terima kasih sudah mampir 😄🙏

      Hapus
  5. Menarik sekali ulasannya. Inovasi-inovasinya mantaaap. Kalau ada aplikasi permainan edukatif wayang golek cepak mau lah download. Asik sepertinya. Suksess semoga menang. .

    BalasHapus

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES