Minggu, 23 Oktober 2016

Ayo CERDIK – Cegah, Obati dan Lawan Diabetes! #AkuSiap #LawanDiabetes

Hari Diabetes Sedunia (World Diabetes Day) diperingati setiap tanggal 14 November untuk meningkatkan perhatian terhadap penyakit diabetes yang terus meningkat di dunia. Problematika diabetes ini terus berkembang meskipun telah banyak dicapai kemajuan pada bidang riset diabetes mellitus.

Terdapat dua kategori utama diabetes mellitus, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1, ditandai dengan kurangnya produksi insulin karena rusaknya sel pankreas. Sementara diabetes tipe 2 disebabkan penggunaan insulin yang kurang efektif dalam tubuh. Diabetes tipe 2 meliput lebih dari 90 % dari semua populasi diabetes dan faktor lingkungan sangat berperan.
Tren penderita penyakit diabtes terus mengalami peningkatan setiap harinya. Berdasarkan proyeksi World Health Organization, diperkirakan bahwa dalam kurun waktu 30 tahun (1995-2025), jumlah penderita diabetes di negara berkembang akan meningkat sebesar 170 %. Dari persentase tersebut, jumlah penderita diabetes di Indonesia akan meningkat dari 5 juta penderita menjadi 12 juta penderita dan akan termasuk dalam daftar 10 negara dengan jumlah penderita diabetes terbesar.

World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa Indonesia menempati urutan keenam di dunia sebagai negara dengan jumlah penderita diabetes mellitus-nya terbanyak setelah India, China, Uni Soviet, Jepang, dan Brasil. Tercatat pada tahun 1995, jumlah penderita diabetes di Indonesia mencapai 5 juta dengan peningkatan sebanyak 230.000 pasien diabetes per tahunnya. Sementara itu, prevalensi orang menderita penyakit di Indonesia mengalami peningkatan dari 5,7 % pada tahun 2007 menjadi 6,9 % pada tahun 2013. Kenaikan ini antara lain disebabkan oleh banyak faktor termasuk faktor lingkungan, faktor gaya hidup yang tidak sehat (diet kurang sehat, obesitas, gaya hidup modern) dan faktor pikiran (mudah stress). 

Untuk melawan, mencegah ataupun mengobati penyakit diabetes bisa dilakukan dengan jurus cerdik. Yuk, check it out bagaimana CERDIK melawan, mencegah dan mengobati diabetes ^^
Cek Kondisi Kesehatan Secara Berkala
Sangat penting melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan secara rutin untuk mengetahui kondisi tubuh secara dini. Memantau kesehatan tubuh secara berkala mulai dari berat badan jangan sampai obesitas dan kontrol tekanan darah. Pengecekan secara berkala ini sebagai usaha preventif, mencegah dan mengetahui penyakit sejak dini.

Enyahkan Asap Rokok
Enyahkan asap rokok berlaku untuk perokok aktif dan juga perokok asif. Asap rokok selain dapat mengganggu pernafasan ternyata juga mengandung nikotin yang  bisa menaikkan HbA1c dari 9 - 34,5 % tergantung dari paparan nikotinnya. Hasilnya nikotin yang terhirup bisa meningkatkan kadar hemoglobin A1c (HbA1c) yang berarti meningkatkan kadar gula dalam darah. Semakin tinggi kadar nikotin maka semakin tinggi kadar hemoglobin A1c dalam darah. Jadi lebih baik untuk menjauhkan diri dari asap rokok untuk kebaikan dan kesehatan organ tubuh kita.

Rajin Aktifitas Fisik
Aktifitas fisik merupakan hal yang penting untuk kesehatan tubuh. Kurangnya aktifitas fisik menjadi salah satu faktor resiko timbulnya penyakit, salah satunya adalah diabetes. Setidaknya setiap hari melakukan aktifitas fisik selama 20-30 menit.

Diet sehat dengan kalori seimbang
Diet yang sehat dapat dilakukan dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur untuk menekan kadar gula darah, kolesterol serta mempertahankan tekanan darah normal. Hindari makan makanan berlemak tinggi dan berpengawet untuk mejaga kesehatan organ tubuh.

Selain itu sangat perlu untuk seimbangkan gizi dan mengatur kalori yang dimakan setiap harinya. Makan dengan porsi yang cukup dan pola yang tepat. Usahakan untuk selalu sarapan dan hindari makan lewat dari jam 6 sore.

Istirahat yang cukup
Istirahat hukumnya wajib, karena sewajarnya manusia bukan robot. Tubuh setiap harinya minimal istirahat selama 6-8 jam. Orang yang kurang istirahat akan terlihat lesu, letih. Pola tidur yang kacau juga sangat berdampak pada kesehatan tubuh, seperti sering begadang. Akibatnya selama begadang akan banyak porsi makan sehingga menjadikan kegemukan atau obesitas karena begitu banyak makan dan langsung tidur setelah itu.

Kendalikan stress
Sangat penting untuk memanajemen stress dengan baik. Stress membuat tekanan darah dan kadar gula darah meningkat. Bahkan ada beberapa orang yang melampiaskan stress dengan banyak makan sehingga menyebabkan obesitas dan tentunya memperbesar resiko penyakit diabetes. Kelola hati dan pikiran dengan baik. Meningkatkan rasa syukur dan menjadi bahagia bisa menjadi tips untuk mengelola stress dan mengurangi resiko datangnya berbagai macam penyakit. (Baca juga: Cegah, Obati dan Lawan Diabetes - Antara Sehat, Syukur dan Bahagia)

Yuk, mulai sekarang membiasakan diri untuk CERDIK dalam menjaga kesehatan
Mencegah, mengobati dan melawan penyakit diabetes mulai sekarang,
untuk masa depan yang lebih sehat dan sejahtera.

Referensi: 

Baca Juga: 

-----
Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Penulisan Blogger 
Hari Kesehatan Sedunia 2016: Cegah, Obati, Lawan Diabetes
Semoga bermanfaat :)

12 komentar:

  1. diabetes sekarang ga cuman nyerang orang tua, kita yg masih muda juga harus waspada, bener kan mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekaaliiii.. Diabetes bisa nyerang siapa aja. Apalagi sekarang gaya hidup yg muda" kaya kita banyak gak sehatnya. .:" makan ngawur olahraga juga males-malesan. .

      Hapus
  2. Nice sharing, jadi bahan renungan juga akhir" ini gaya hidup jauh dari kata sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp. Yuk berbenah untuk hidup yang lebih sehat :) aku juga masih sering gak sehat gaya hidupnya, susah sekali untuk istiqomah :"

      Hapus
  3. Artikel nya sangat bermanfaat sekali mbak. Memang harus lebih cerdik dan perhatian pada gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilaah, iyaaa gaya hidup sehat itu penting dan wajib 😁👍 Perhatikan juga makan minum dan rajin olahragaaa biar sehat twerus 😄💪

      Hapus
  4. CERDIK untuk terbebas dari diabetes ya

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Sippp toss duluu laah 😂 Rajin BW yaaww. .
      Thank you udah mampir 🙏

      Hapus
  6. Harus Cerdik bos.. Semangat sehat mbak, Olahragaaaa Sing rajin ben tahes terus 😁

    BalasHapus

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES