Kamis, 29 September 2016

Menjelajah Labuan Bajo dengan Tixton: Wujudkan Liburan Impian Serba Mudah dan Menyenangkan

Begitu banyak keindahan, keelokan dan keajaiban di dunia ini yang wajib untuk dijelajahi. Menjejakkan kaki, merasakan hembusan angin, menikmati lembutnya pasir pantai, ataupun mengabadikan momen dan keelokan panorama yang memesona. Ditambah lagi betapa beruntungnya jika bisa bercengkerama dengan masyarakat setempat ataupun mengunjungi langsung habitat hewan langka dan cara hidup mereka.

Lahir di negeri yang kental dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika memberikan nilai plus sekaligus kebanggaan bagi saya. Beraneka ragam budaya, suku, agama serta keelokan ragam wisata yang sungguh memesona menjadikan Indonesia sebagai negeri yang komplit. Ini menjadi tugas tersendiri bagi saya untuk menjelajahi setiap sudut Indonesia, mempelajari dan mengenali setiap keelokannya. Jangan sampai menjadi turis di negeri sendiri.

Ingin sekali menjelajah seluruh sudut negeri ini, namun sekarang kondisinya di tengah kesibukan dan jadwal kerja yang semakin padat banyak liburan impian yang belum terwujudkan dan masih menjadi wacana. Penat dengan pekerjaan yang seperti tidak ada habisnya, membuat saya bertekad kuat ingin mewujudkan liburan impian yang sempat menjadi wacana setahun lalu. Sejenak melepas penat dari tumpukan pekerjaan, liburan menjadi angin segar yang juga bisa meningkatkan semangat kerja. Pekerjaan cepat selesai, agar liburan juga segera menjadi nyata.

Kembali pada tekad saya untuk mewujudkan liburan impian tahun lalu, yaitu Go explore Labuan Bajo! Satu destinasi yang menjadi top list liburan impian saya karena begitu penasaran melihat Komodo dalam jarak dekat. Alasan yang sederhana, dekat dan kembali pada Alam. Melihat habitat asli dari binatang yang hampir punah serta ingin tahu lebih jelas mengenai perilaku dan cara hidup biawak besar itu.

Untuk merealisasikan liburan impian saya ke Labuan Bajo tentu tidak bisa dengan hanya langsung berangkat saja, tentu perlu persiapan yang matang agar liburan impian bisa terwujud dan tidak berakhir wacana. Persiapan ini juga agar perjalanan bisa pas di kantong, sesuai budget yang dialokasikan serta perjalanan berjalan lancar, menyenangkan, aman, dan sesuai rencana. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, yuk check it out!

Membuat itinerary sebelum traveling hukumnya wajib. Hal ini bertujuan agar setiap keperluan dalam rencana perjalanan yang dibutuhkan bisa terpantau. Selain itu dengan adanya itinerary perjalanan bisa lebih terencana sesuai dengan setiap detail yang ingin kamu dapatkan di destinasi yang sudah direncanakan.
Berikut ini adalah tips menyusun itinerary agar perjalanan bisa berjalan lancar dan sesuai dengan rencana:

Membuat list destinasi wisata yang ingin dikunjungi
Sangat perlu dilakukan searching mengenai infromasi destinasi yang ingin dikunjungi. Cari tahu mengenai hal-hal unik yang ada disana lalu membuat urutan kunjungan ke tempat-tempat tersebut

Merencanakan kegiatan yang akan dilakukan di destinasi yang dikunjungi
Merencanakan kegiatan yang ingin dilakukan di destinasi kunjungan juga menjadi hal yang tidak kalah pentingnya. Rencanakan kegiatanmu untuk wisata kuliner, hunting foto, berbelanja, bercengkerama dengan masyarakat setempat atau hanya sekedar menikmati suasana yang ada.

Membuat daftar biaya dan lama waktu kunjungan
Daftar biaya ini sangat penting agar sesuai dengan budget yang dialokasikan. Kendala paling besar sebuah travel wish bisa terealisasi adalah biaya. Jika biaya terlalu besar alias membengkak, kebanyakan liburan impian akan berujung sebagai wish belaka alias wacana. So, sangat penting membuat daftar biaya yang dibutuhkan selama traveling. Biaya paling besar biasanya adalah akomodasi selama di Labuan Bajo termasuk penginapan dan transportasi. Selain daftar biaya juga perlu membuat lama kunjungan per destinasi agar semua plan bisa berjalan memuaskan

Membuat perkiraan cuaca dan tambahan informasi penting perjalanan
Satu hal yang tidak kalah pentingnya adalah pertimbangan cuaca pada saat traveling. Cuaca bisa menjadi pengganggu perjalanan apabila tidak dipersiapkan dengan baik, seperti halnya saat musim hujan di akhir tahun nanti yaitu bulan Desember maka harus mempersiapkan payung ataupun jas hujan agar traveling bisa tetap berjalan meskipun hujan datang.

Terakhir yang tak kalah penting adalah menambahkan informasi penting mengenai fasilitas publik seperti nomor hotel/penginapan, kepolisian, rumah sakit, serta nomor telepon transportasi umum yang bisa dipakai seperti taxi. Itinerary ini sebagai panduan yang flexible, jadi acuan yang tidak harus pasti mengikuti dan bisa berubah sesuai dengan kondisi yang terjadi diperjalanan. Itinerary ini juga sangat membantu perjalanan menjadi lebih terencana sehingga bisa lebih menikmati traveling dengan senyaman mungkin. Well, yuk mulai perisapan untuk explore Labuan Bajo!

Go Explore Labuan Bajo!
Peta Labuan Bajo (Sumber Gambar)
Ada beberapa destinasi yang ingin saya jelajahi di Labuan Bajo. Top list destinasinya adalah Taman Nasional Loh Liang, Loh Buaya, Pulau Padar, Pulau Pasir Taka Makassar (Manta Point) dan Pantai Pede. Berdasarkan hasil berselancar didunia maya dari berbagai sumber yang valid, 5 destinasi dalam liburan impian saya memiliki keunikan masing-masing. Semakin tidak sabar ingin kesana nih! #travelwish #explorelabuanbajo

Asiknya Liburan ke Taman Nasional Loh Liang
Taman Nasional Loh Liang merupakan pintu masuk dan daerah wisata utama di Pulau Komodo. Disini bisa mengamati komodo secara langsung bersama fauna lain seperti rusa, babi hutan, burung gosong, dan lainnya. Selain itu, di Taman Nasional Loh Liang ini juga bisa juga dilakukan pengamatan burung, pendakian (Loh Liang - Gunung Ara), penjelajahan (Loh Liang - Loh Sebita). Wah, pasti seruuu deh. Oh iya, untuk menuju lokasi Taman Nasional Loh Liang dari Labuan Bajo dapat menggunakan kapal atau speedboat.
Walking Trails Loh Liang (Sumber Gambar)
Istimewanya Wisata Loh Buaya
Loh Buaya merupakan pintu masuk dan daerah wisata utama di Pulau Rinca. Disini dapat menjelajahi hutan bakau, padang savana serta melihat satwa liar seperti komodo, rusa timor, kerbau liar, kuda liar, monyet ekor panjang, serta berbagai jenis burung. Selain itu di Loh Buaya juga terdapat beberapa aktivitas yang ditawarkan antara lain pengamatan satwa liar, penjelajahan (Loh Buaya - Wae Waso, Loh Buaya - Golo Kode), pengamatan kalong di Pulau Kalong (depan Kampung Rinca) dan pengamatan batu balok di kampung Rinca. 
Asiknya Explore Loh Buaya (Sumber Gambar)
Menikmati Keelokan Pulau Padar
Pulau Padar adalah pulau terbesar ketiga di area Taman Nasional Komodo yang terletak diantara pulau Komodo dan Pulau Rinca. Pulau Padar memiliki pantai yang sangat indah dan menjadi salah satu jalur migrasi Pari Manta di kawasan tersebut. Pulau Padar memiliki bentuk kontur yang eksotik dan jalur trekking yang cukup menantang. Di puncak, para wisatawan dimanjakan dengan pemandangan fenomenal panorama tiga pantai dengan warna berbeda, yaitu Pink, Putih, dan Hitam. Wah pasti cantik sekali Pulau Padar! Makin gak sabar nih.
Istimewanya Pesona Pulau Padar (Sumber Gambar)
Bermain dengan Pari Manta di Pulau Pasir Taka Makassar (Manta Point)
Terkecoh dengan namanya, Pulau Pasir Taka Makassar ini letaknya bukan di Makassar melainkan di Flores. Taka Makassar yang terletak disebelah Pulau Komodo ini terbilang unik karena menjadi jalur migrasi berbagai biota laut, salah satunya Pari Manta. Selain itu para wisatawan juga dapat menyelam atau snorkeling untuk melihat kumpulan ikan pari manta bermain-main di arus yang cukup kencang. Pari manta ini hanya dapat dijumpai pada kondisi dan cuaca yang baik. Selain itu, Taka Makassar juga memiliki area softcoral yang indah dan tidak jarang terlihat penyu dan beberapa biota laut yang indah disana.
Biru dan Beningnya Pulau Pasir Taka Makassar (Sumber Gambar)
Menantikan Sunset Terbaik di Pantai Pede
Pantai Pede terletak di Desa Gorontalo, berjarak kurang lebih 1 km dari Labuan Bajo. Akses jalan menuju Pantai Pede sudah beraspal dan kondisinya baik sehingga sangat musdh dicapai dari Labuan Bajo. Pantai Pede membentang di antara dua bukit yaitu Bukit Pramuka dan Bukit Gorontalo. Keelokan Pantai Pede dilengkapi dengan pasir putih yang panjang dan pemandangan beberapa pulau kecil di depannya (Pulau Batu, Pulau Bajo, Pulau Seture). Pantai Pede juga menawarkan salah satu view sunset terbaik di Labuan Bajo.
Keindahan Sunset Pantai Pede (Sumber Gambar)
Beberapa keunikan lain dari Labuan Bajo selain segi keelokan wisatanya adalah keunikan yang berkembang di kehidupan masyarakat Labuan Bajo. Labuan Bajo tidak memiliki makanan khas, namun memiliki minuman khas yaitu Sopi. Sopi merupakan arak lokal Flores yang mudah ditemukan di Labuan Bajo. Keunikan yang lain adalah ternyata di Labuan Bajo tidak menerima uang receh, jadi simpan uang recehmu karena para pedagang dijamin menolak saat kamu membayar dengan uang receh. Unik yang terakhir ini cukup menambah bengkak budget perjalanan karena di Labuan Bajo tarif ojek berbeda untuk siang dan malam. Tarif ojek dari pagi hingga magrib adalah lima ribu rupiah. Setelah adzan Magrib tarif ojek naik dua kali lipat untuk jarak yang sama. Kenapa begitu ya :”

Untuk merayakan akhir tahun dan menyambut tahun baru, saya berencana untuk menghabiskan liburan impian di Labuan Bajo selama 6 hari 5 malam yaitu tanggal 19 Desember 2016 - 3 Januari 2017. Cukup untuk menjelajahi Labuan Bajo dan memang  harus dimaksimalkan untuk meninggalkan banyak kesan. Dalam penyusunan itinerary mengenai pengeluaran biaya, penginapan termasuk satu hal yang krusial kalau tidak direncanakan dengan baik. Beruntungnya sekarang telah berkembang penyedia layanan kamar hotel online dengan harga terbaik. E-commerce ini bernama Tixton. Kehadiran Tixton sangat mempermudah dalam merealisasikan liburan impian khususnya dalam merencanakan penginapan selama perjalanan. Tixton mempertemukan para pemilik hotel atau penginapan dalam satu wadah penyedia untuk kemudian memberikan penawaran menarik mengenai fasilitas hotel masing-masing. Tixton memiliki banyak keunggulan yang memberikan banyak keuntungan untuk pelanggan. Yuk simak beberapa keunggulan dari Tixton.
Keamanan Akses Terjamin
Tixton dilengkapi dengan teknologi SSL (Secure Socket Layer). Teknologi keamanan ini memungkinkan informasi yang sensitif seperti nomor kartu kredit, nomor jaminan sosial, dan kredensial login terkirim dengan aman. Tixton memastikan proses transaksi online yang dilakukan terlindungi dengan aman.

Program Perlindungan Pembeli
Sebagian kamar hotel di Tixton berasal dari pihak yang menjual kamar hotel karena pembatalan. Semua reservasi tersebut telah menjalani proses verifikasi yang ketat dan sudah dipastikan bahwa semua proses check-in akan berjalan lancar. Tixton juga memiliki program perlindungan pembeli (klik disini untuk detail) sebagai perlindungan tambahan.

Harga Jujur, Murah dan Tentunya Bersahabat
Harga yang ditampilkan pada Tixton merupakan harga total per malam, tidak ada biaya transaksi tambahan, pajak dan biaya tersembunyi. Tentunya, Tixton akan memberikan penawaran harga terbaik sesuai dengan keinginan yaitu mendapatkan harga hotel termurah. Tixton merupakan solusi cerdas untuk mendapatkan harga termurah di hotel idaman.

Perlindungan Kartu Kredit
Tixton tidak menyimpan informasi kartu kredit pelanggan. Tixton bekerjasama dengan Braintree Payments (klik disini untuk detail) untuk memproses pembayaran setiap pelanggan.

Mengutamakan Kenyamanan
Proses booking di Tixton sangat mudah dan intuitif. Tidak hanya itu, untuk melakukan penjualan, pelanggan hanya perlu mengisi 1 halaman formulir dan Tixton akan menangani sisanya.

Menariknya Program Travel Wish Tixton
Tixton akan memberikan diskon sampai dengan 20% untuk harga hotel yang dipesan dengan memasukkan nama hotel dan tanggal yang diinginkan ke Travel Wish. Saat ini juga sedang berlangsung event Promo Wisata Tixton untuk liburan impian di akhir tahun. Promo untuk Wish Akhir Tahun Tixton menawarkan kesempatan memenangkan tiket pesawat untuk 2 orang plus uang saku sebesar 5 juta rupiah selama perjalanan. Travel period untuk Wish Akhir Tahun Tixton berlangsung mulai dari 1 Desember 2016 – 28 Februari 2017. Akan diundi 1 pemenang setiap bulannya. Untuk mengikuti promo Wish Akhir Tahun Tixton dapat dilakukan dengan booking hotel yang ditawarkan di Tixton selama periode mulai dari 15 Agustus-14 November 2016. Sangat menarik bukan? Yuk tersisa 45 hari lagi! Daftarkan dirimu dan realisasikan liburan impianmu dengan Tixton! Caranya sangatlah mudah. Simak dengan baik-baik dan langsung praktekan ya, jangan tunggu lama lagi untuk merealisasikan liburan impianmu:
  1. Buka situs Tixton di www.tixton.com 
  2. Registrasi terlebih dahulu dengan klik Menu Daftar di pojok kanan atas
  3. Isi form pendaftaran yang ada berisikan nama, tanggal lahir, nomor HP, kota tempat tinggal selanjutnya centang pada box persetujuan dan klik Daftar. Untuk pendaftaran bisa menggunakan email ataupun akun facebook. Setelah itu tunggu konfirmasi pendaftaran yang dikirimkan ke email dengan klik tautan yang ada.
  4. Setelah konfirmasi berhasil, bisa mulai untuk merencanakan liburan impianmu dengan login ke Tixton. Klik menu Buat Travel Wish untuk mendapatkan harga hotel termurah. Isikan informasi Travel Wish untuk liburan impianmu sesuai dengan tanggal liburan yang kamu rencanakan. Pada pengisian Travel Wish ini bisa mengatur harga maksimal untuk hotel yang diingikan sesuai dengan alokasi budget. 
  5. Setelah selesai mengisi Travel Wish akan mendapatkan email dari Tixton untuk menginformasikan bahwa Genie akan mengirimkan email kembali apabila sudah menemukan Hotel yang cocok dengan apa yang kita inginkan. Happy waiting!
 Travel Wish Tixton - New way to grab great hotel deals

Sangat mudah bukan? Yuk segera daftarkan dirimu di Tixton dan realisasikan liburan impianmu dengan mudah bersama Tixton. Untuk update informasi dan penawaran menarik dari Tixton bisa mengunjungi Blog, laman facebook, twitter dan instagram dari Tixton. Berikut ini terdapat testimoni untuk Tixton yang dapat disimak pada Video dibawah ini. Enjoy watching!

Testimoni Pelanggan Tixton

Well, it’s your turn! Go travel, go explore and go discover with Travel Wish Tixton! Pergilah menjelajah ke tempat baru, bertemu orang baru, suasana baru dan temukan keunikan dari tempat yang kamu tuju. Karena hidup sekali akan sangat rugi untuk dihabiskan dengan hanya berdiam diri pada satu tempat, keluar dan jelajahlah keelokan negeri ini. Abadikan setiap momen, keelokan dan pesona yang ada khususnya Indonesia. Labuan Bajo, I'm coming

Referensi: 
----
Artikel ini diikutsertakan dalam 

12 komentar:

  1. Hati-hati dengan komodonya loh mbak...katanya suka cium cewek cantik he.he..he.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha siap" dicium komodo ini. Wkwkwkw terima kasih sudah mampir 😁🙏

      Hapus
  2. Semogaa bisa terlaksana liburan impiannya ke Labuan Bajo yaa dek. Nanti kalau jadi bawain komodonya buat Naris. Hehee. . Semangaaat ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. . Semoga bsa terlaksana beneran mbak. Wkwkw wah berat kalau disuruh bawa komodonya pulang :" nanti Naris malah takut. . Lol

      Hapus
  3. Ladduuub mbak! Foto-foto wajib ya. .

    BalasHapus
  4. Asik asik aku udah daftar di Tixton juga lo kak. Kabar-kabar ya, butuh liburan banget ini. Hmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya ku juga butuh liburan ini. Penat sekali. Yaaw nanti ku kabarin ya dek. .😁

      Hapus
  5. Waah asiik.. Melu mbaak.. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo dek.. Tapi ini jadwalku pas dirimu sekolah kayak e. Gak kira boleh sama ayah ibuk 😂

      Hapus
  6. Labuan Bajo memang selalu bikin kangen, semoga kesampean ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. . Terima kasih doanya..
      Wah beneran bertamu ini 😁 salam kenal mas 😁

      Hapus

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES