Kamis, 09 Agustus 2012

Aku juga bermetamorfosis ? :)

Manusia pasti mengalamai pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupan ini. Tidak hanya manusia ternyata melainkan tumbuhan dan hewan juga mengalaminya. Aku ambil contoh seekor kupu-kupu yang tumbuh dari telur kemudian berubah menjadi ulat. Setelah menjadi ulat maka berubah menjadi kepompong. Kepompong ini fase persiapan sebelum menjadi seekor kupu-kupu yang kuat  serta bisa mengepakkan sayapnya yang indah untuk terbang. Tanpa fase kepompong maka kupu-kupu ini tidak akan mengalami sebuah metamorfosis sempurna. Masih ingat tentang metamorfosis ?

Menurut wikipedia, Metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik dan/atau struktur setelah kelahiran atau penetasan. Perubahan fisik itu terjadi akibat pertumbuhan sel dan differensiasi sel yang secara radikal berbeda.

Metamorfosis intinya adalah sebuah perubahan dari fase muda menuju fase yang lebih dewasa/tua. Perubahan ini tidak hanya fisik dan juga kedewasaan seiring menjadi dewasa/tua.

Lihat saja perubahan kupu-kupu. Saat dia menjadi ulat dan menjadi kupu-kupu, sikap-kebiasaan-perilakunya berbeda. Kupu-kupu terlihat lebih menarik dan indah dengan semua penampilan dan perilakunya ketimbang kupu-kupu. Apakah manusia juga begitu ? Aku juga bermetamorfosis ? Sepertinya begitu :think

Saat aku kecil, aku masih sangat cengeng. Mau menang sendiri. Manja maunya ditemenin ayah sama ibu terus. Beranjak dewasa , aku tambah nakal. Masih ingat betul saat berumur 3,5 tahun keinginan ingin menuntut ilmu mulai timbul. Aku jadi merengek-rengek pada ayah untuk ikut sekolah TK bersama mbakku. Aku selalu ikut kemana saja mbakku pergi bermain , mungkin mbakku sebal tapi umur segitu mana aku peduli :p

Semakin dewasa, aku memasuki jenjang SD. Lebih mengerti makna tanggung jawab. Karena aku mendapatkan PR dari bapak/ibu guru dan aku wajib mengerjakannya. Saat usia SD ini aku juga mulai paham makna kompetisi dan kemenangan. Aku belajar keras agar bisa mendapat peringkat 1 dikelas. Karena aku paham, kalau aku dapat peringkat 1 maka aku dapat hadiah dari ayah dan ibu :)

Memasuki jenjang SMP, aku mulai alay #eh. Foto-foto pasti dengan gaya tidak sewajarnya (narsis banget). Di masa ini aku mulai mengenal apa itu cinta dan perangkatnya (baca:pacar). Aku juga semakin mengerti bahwa kehidupan tidak selamanya sesuai yang kita harapkan. Ada kalanya kita sedih,kecewa, dan merasa tidak berarti. Tapi disini aku jadi semakin paham bahwa dengan kesedihan dan kekecewaan itu aku semakin kuat menapaki kehidupan. :)

Ini ni foto-foto saat SMP :)

alay -,-

mbak nova - me
SMP berlalu, memasuki sebuah masa dimana kata orang-orang ini masa paling indah. Yup, masa SMA aku harus hidup jauh dari orang tua. Menimba ilmu di tanah perantauan yang terkenal dengan kota pendidikan. Sebuah masa yang berat di awalnya, tapi Alhamdulilah 3 tahun di Malang membuatku semakin dewasa dan semakin mengerti rasa tanggung jawab yang besar untuk bisa menjadi manusia yang selalu bermanfaat untuk orang lain.

Tahun pertama di SMA banyak kesan yang cukup unik mengenai diriku dari teman-temanku. Banyak yang bilang aku menakutkan, kutu buku banget, kayak anak kecil, sosok serius dan tidak bisa diajak bercanda. Tidak hanya itu kata mereka aku juga gak modis blass -,- Maklumlah aku perlu pengorbanan besar untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan baru yang jauh berbeda dengan lingkungan hidupku sebelumnya. Bayangkan saja aku punya hobbi menangis sampai sebulan lebih untuk bisa adaptasi. Berat badanku juga turun lebih dari 8 kg. Jadi mendadak kurus -,-

anak kecil banget -,-

mbak nova - me
Hari berganti , berlalu demikian cepatnya. Masa SMA ini aku punya 6 sahabat yang benar-benar memberikan dampak postif padaku. Di tahun kedua, aku jadi lebih modis. Dari yang dulunya culun banget, sekarang lebih enak dipandang :) Gadis berponi, style anjuran dari Dara dan Prilly :) Thanks ya, setidaknya aku lebih menarik becak. Hhhee. . :)


Tahun ketiga, banyak hidayah dari Allah untukku. Akhirnya aku sadar kalau kita kaum hawa harus menutup aurat yang setidaknya tidak diperlihatkan pada orang lain khususnya kaum adam. Komitmen dari hati yang paling dalam untuk menggunakan jilbab akhirnya terlaksana juga. Di tahun ketiga alhamdulilah bisa lebih bijaksana menyikapi kehidupan. Banyak nasihat dan masukan yang bisa merubahku hingga jadi seperti ini. Perubahan yang lebih baik itu perlu bahkan wajib untuk dilakukan.



Alhamdulilah :D

Saat ini, aku mulai menapaki awal baru. Masa perkuliahan. Masa menjadi seorang Mahasiswa. Masa menjadi orang yang lebih berarti bagi orang lain.  Bagaimana cerita perubahanku selanjutnya ? Semoga Allah senantiasa menuntunku menuju perubahan yang lebih baik lagi. Amin ya rabbal alamin. . :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES