Sabtu, 19 November 2011

Burung Tersambar Petir ? -,-


Lagi-lagi musim hujan pasti diwarnai dengan suara petir yang menggelegar. Ngeri kadang dengernya. Kadang sayapun takut kalau ada orang yang tersambar petir. Konon, petir ini terjadi karena adanya perbedaan potensial antara awan satu dengan awan lainnya. Saat inilah terjadi loncatan elektron yang mengakibatkan petir terjadi. Timbul dalam benak saya, apakah petir hanya bisa mengenai manusia sebagai sasarannya atau bisa makhluk hidup lainnya ? Bagaimana dengan burung ? Apa bisa ya burung tersambar petir ? -,- 

Dan ternyataaa,,, Burung yang tersambar petir bukan tidak ada. Kemungkinan burung terjilat lidah petir tetap ada, meskipun sangat kecil. Ini bisa diperkuat dengan Fenomena burung mati di Arkansas dan Louisana yang masih menjadi misteri. Lebih dari 1.000 burung berwarna hitam jatuh dari langit sehari sebelum perayaan Tahun Baru di Arkansas, Amerika Serikat.Ada anggapan bahwa kematian burung ini karena badai dan petir. 





Menurut Prof Yohanes Surya PH.D,  Seperti dikutip dari situs ahli ini, tiap hari Bumi dihantam sekitar 40 ribu petir. 

Nah, Satu sambaran petir dapat menghasilkan energi lebih besar dari seluruh pusat tenaga listrik di Amerika Serikat (AS). Selain itu, kilat bergerak dengan kecepatan 150.000 km/detik. Sambaran petir ini bisa sampai ke permukaan bumi dalam waktu 20 milidetik.Sekecil apapun petir akan tetap sangat berbahaya karena muatan listriknya sangat tinggi. Suhu rata-rata petir kecil mencapai 10.000 derajat atau 10 kali suhu untuk melelehkan besi.

Kemungkinan burung tersambar petir memang sangat kecil. Karena burung jarang terbang waktu hujan atau saat petir menyambar-nyambar.

Today's quote : Awas tersambar petir. . Hhha.. . :D
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES