Saturday, November 11, 2017

Menikmati Hujan dan Semangkuk Soto Mie Bogor Super Lezat

Memasuki bulan-bulan teduh, bulannya para penyuka hujan dan tentunya dingin membuat nafsu makan rasanya tiba-tiba meningkat dengan sendirinya. Bukan tanpa alasan, hujan dan udara dingin yang menyelimuti selalu berhasil membuat perut lapar lebih cepat dari seharusnya. Pun menikmati makanan yang hangat dan berkuah jadi favorit saya di musim seperti ini. Salah satu pilihan menu hangat berkuah yang lezat untuk disantap adalah soto mie bogor. Asli bogor yak, kota yang terkenal tidak pernah panas karena terlalu seringnya dipeluk hujan #bahasanyabikinbaper  

Lezatnya Soto Mie Bogor! (photo credits: cookpad.com)
Kelezatan soto mie bogor ini recommended banget buat dicoba kalau lagi pengen banget menikmati hujan sambil menyantap yang hangat dan berkuah. Satu mangkuk soto mie bogor ini terdiri dari mie kuning atau bihun, wortel, lobak, daging, kikil, emping, daun bawang, serta taburan bawang goreng. Nikmatnya lagi, soto mie bogor juga disajikan dengan risol goreng yang kering dan renyah. Selain bisa menikmati soto mie bogor di kedai-kedai soto mie yang ada, bisa juga memasak sendiri lho.

Cara membuatnya mudah dan praktis banget. Hanya butuh sekitar 1-2 jam untuk menyiapkan hingga menyajikan soto mie bogor yang super nikmat. Bahan utama yang digunakan adalah olahan mie dari tepung terigu, garam serta telur. Untuk bahan soto sendiri bisa dibuat berbahan dasar ayam, daging sapi atau bahkan jeroan sapi, mulai dari urat, babat dan juga kaki sapi. Banyak juga yang mengganti mie kuning dengan mie bihun atau kombinasi keduanya. Tambahan irisan risoles yang renyah dan bagi yang suka sayuran bisa juga menambahkan tomat, kol, kentang serta seledri untuk menambah kenikmatan soto mie bogor yang yummy banget untuk disantap. Check it out yuk resepnya! 
So complete and delicious! Isn't it? (photo credits: cookingwithmamamiyuki.wordpress.com)
Bahan untuk membuat soto mie bogor dibagi menjadi bahan utama, bahan pendukung yang dihaluskan serta bahan pelengkap. Untuk kali ini soto mie bogor akan diisi dengan kikil, babat serta daging sapi.  

Bahan utama Soto Mie Bogor:
1. Mie Bihun 200 gram, siram dengan air panas
2. Mie Kuning 300 gram
3. Air 2000 mL
4. Daging sapi ½ kg
5. Kikil 200 gram
6. Babat 300 gram
7. Kol 300 gram
8. Tomat 2 buah, diiris tipis
9. 2 lembar daun salam, daun jeruk dan serai
10. Minyak goreng secukupnya  

Bahan pendukung yang dihaluskan: 
1. Garam secukupnya
2. Merica bubuk 2sdt
3. Bawang merah 6 butir
4. Bawang putih 6 siung
5. Kemiri 4 butir  

Bahan pelengkap: 
1. Bawang goreng
2. Air perasan jeruk nipis
3. Daun seledri dan daun bawang yang sudah dipotong halus
4. Kerupuk emping
5. Risoles  

Well, cukup banyak yang bahan-bahannya. Tapi mudah kok mendapatkannya. Bayangkan saja betapa lezatnya soto mie bogor pasti lebih semangat mengumpulkan bahan dan memasakknya. Yuk lanjut ke cara memasak soto mie bogor super yummy! 
  1. Rebus daging sapi, babat dan kikil sampai matang dan empuk. Rebus juga kol yang ingin ditambahkan pada soto mie secara terpisah, atau rebus terlebih dahulu sebelum daging sapi, babat dan kikil.  
  2. Setelah matang, angkat semua bahan dan tiriskan. Tunggu sampai dingin dan potong-potong sesuai selera  
  3. Tumis bahan pendukung yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak. Setelah harum masukkan daun salam, saun jeruk dan serai  
  4. Masukkan tumisan kedalam air rebusan 
  5. Setelah kuah siap, maka soto mie bogor siap untuk diracik. Siapkan mangkuk dan tata semua isi, mulai dari mie kuning dan mie bihun, potongan daging sapi, kikil, babat, kol, serta irisan tomat. Siram menggunakan kuah, lalu tambahkan bahan pelengkap sesuai dengan selera. 
  6. Taburkan bawang goreng, kecap, perasan jeruk nipis dan tentunya risoles agar soto mie bogor tambah nikmat
  7. Selamat menyantap soto mie bogor!
Selamat menikmati lezatnya soto mie bogor! (photo credits: foody.id)
Have a nice try resep soto mie bogor. Tambah yummy nih menyantap semangkuk ataupun bermangkuk-mangkuk soto mie bogor sambil menikmati rintikan hujan dan penghangat dinginnya malam. Awesome!

2 comments:

  1. baru lihat fotonya ud ngiler, apa lagi yang nyatanya ya

    ReplyDelete
  2. wah lengkap ada risolesnya juga

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES