Sunday, November 5, 2017

3 Makanan Indonesia Ini Masuk 20 Besar Makanan Paling Enak di Dunia

Terlahir di negeri yang kaya akan hasil bumi dan terkenal dengan rempah-rempahnya yang melimpah membuat saya terbiasa makan masakan dengan rasa yang kuat. Hampir 3 bulan berada disini membuat saya begitu merindukan masakan Indonesia, masakan Ibuk sih yang paling dirindukan #homesicksignal (Baca juga: Indonesia, Tanah Penuh Kerinduan) Menurut saya makanan disini cenderung kurang berasa dan banyak yang bersaus. Pun aneh-aneh jenisnya, saya lebih suka yang sederhana seperti nasi pecel, soto ayam, sate, dan jelas rendang. 


Bukannya sombong, namun masakan Indonesia menurut saya merupakan makanan paling enak dibandingkan di negara-negara lain. Kombinasi racikan bumbu rempahnya yang khas membuat rasa makanan jadi sangat lezap, pun harumnya sedap menggugah selera. Eits, tidak hanya menurut saya ternyata karena berdasarkan survey yang dilakukan oleh CNN travel tahun 2017 ini, 3 masakan Indonesia bahkan masuk dalam daftar 20 makanan paling enak di dunia. Hebatnya lagi dari 3 makanan tersebut, 2 makanan Indonesia menempati 2 urutan teratas. Ciamik banget kan ya, check it out for details. 

1. Rendang khas Minang, Kelezatannya membuat lidah banyak orang ketagihan 

Rendang asli Indonesia yang mampu menaklukan posisi teratas sebagai makanan terenak sedunia adalah rendang khas Minang, Sumatera Barat. Rendang khas Minang ini berwarna kehitaman dan kering serta diracik dengan perpaduan rempah-rempah asli tanah Minang yang kentang dan sangat gurih. Kata rendang berasal dari "marandang" yang berarti proses memasak untuk menghilangkan air. Rendang diolah dari daging sapi yang ditambahkan dengan santan dan beberapa bumbu khas seperti bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, cabai merah, daun jeruk serta daun kunyit.

What a delicious Rendang! (photo credits: indosurflife.com)
Proses pembuatan rendang memakan waktu selama kurang lebih 7 jam hingga daging sapi empuk. Rendang juga bisa ditambahkan dengan kacang merah untuk menambah kelezatan. Try Rendang and enjoy the truly taste of Indonesia's food!

2. Nasi Goreng Indonesia, Rasanya pun mendunia

Saya pun baru tau mengenai fakta ini secara langsung ketika menu nasi goreng Indonesia masuk dalam menu favorit di salah satu restoran sepat saji, Hansot. Bahkan di buku menu disertai gambar bendera Indonesia. Nasi goreng Indonesia dengan perpaduan nasi, telur, ayam, udang dan bumbu-bumbu sederhana. Hebatnya nasi goreng Indonesia ini mendapatkan suara 10 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan nasi goreng Thailand yang berada di urutan 24.

Resep spesial nasi goreng udang asli Indonesia (photo credits: indonesiaoriginalrecipes.blogspot.kr)
Kelezatan nasi goreng Indonesia memang tidak ada duanya jika dibandingkan dengan nasi goreng dari negara lain. Pun telah berhasil menduduki predikat makanan terfavorit untuk saya pribadi. Bahkan kalau disuruh makan nasi goreng setiap hari kayanya juga tetep suka. Hehehe asalkan divariasikan isinya ayam, udang, sayur gitu #nasigorengholic #hidupnasigoreng

3. Sate asli Indonesia, Idola sepanjang masa

Sate menempati urutan ke 14 dari 20 besar makanan paling enak di dunia. Sate asli Indonesia terbuat dari berbagai bahan dasar mulai dari ayam, kelinci, daging sapi dan juga daging kambing. Favorit saya adalah sate ayam apalagi yang jenis sate ayam ponorogo. Sate pun disajikan dengan saus yang berbeda-beda, ada saus kacang dan juga saus kecap. Setiap daerah pun memiliki ciri khas tersendiri untuk racikan bumbu atau sausnya.

Sate ayam asli Indonesia, so yummy! (photo credits: i.pinimg.com)
Sekarang sate pun kian beragam jenisnya. Ada sate yang dibalut dengan kelapa, pun ada juga sate yang dilengkapi dengan saus kekinian mulai dari barbeque, keju, jagung manis dan rasa lainnya. Namun favorit saya tetap saus kacang, tak ada duanya! Mantap banget ya apalagi masih hangat disantap dengan lontong. So yummy!

Rindunya saya dengan masakan Indonesia bisa terobati dengan menyantap masakan istimnewa dari restoran Rindoe Kampoeng. Restoran ini terletak di Busan, tepatnya di dekat terminal bus Sasang. Restoran Rindoe Kampoeng khas Indonesia ini menyediakan berbagi macam masakan Indonesia yang kelezatannya dijamin bisa sejenak mengobati kerinduan pada masakan di kampung halaman.
Nikmatnya menikmati masakan Indonesia di negeri orang (photo credits: thepicta.com)
Masakan Indonesia memang juara - Restoran Indonesia Rindoe Kampoeng di Busan, Korsel (photo credits: thepicta.com)
Beragam makanan yang bisa dinikmati di restoran Rindoe Kampoeng mulai dari sate, bebek, ayam, bakso, nasi goreng, sop kambing dan jenis makanan lainnya. Minuman yang disajikan pun beragam, ada es campur, wedang jahe dan bahkan STMJ. Insya Allah semua bahan-bahan yang digunakan  di restoran ini adalah halal. Untuk harganyapun beragam, tapi jelas harga berbanding dengan kelezatan masakan yang disajikan. What a worth to try!

Lokasi Restoran Rindoe Kampoeng:
532-2 Gwaebeop-dong, Sasang-gu, Busan, Korea Selatan


Kelezatan makanan Indonesia yang mendunia telah memikat hati serta lidah banyak orang. Bagi saya Indonesia akan tetap dan selalu menjadi kebanggan saya, dulu, kini dan selamanya. Pun saya akan selalu melestarikan kebudayaan dan kekayaan Indonesia pada setiap orang yang saya temui agar mereka tahu Indonesia istimewa, salah satunya melalui kelezatan makanannya. Love you as always, Indonesia!

5 comments:

  1. Mba tinggal di Korea? kuliah kah?

    ReplyDelete
  2. Anak saya yg sulit makan pasti mau kalau dibuatkan nasi goreng.
    Kalau rendang dan sate, emang super yummy tp utk dijadikan menu harian, mikir ribet masaknya plus inget kolesterol hihihihi ketauan dah mau tuwir nih.

    ReplyDelete
  3. kalo aku lebih suka sate.. tapi tusuknya doang hahaha.

    ReplyDelete
  4. Nasi goreng praktis buatnya tapi istimewa rasanya :)

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES