Thursday, October 26, 2017

Bali Bersama Sekotak Kenangan dan Rekomendasi Kuliner Pilihan

Menatap lembayung di langit Bali
dan kusadari betapa berharga kenanganmu
Di kala jiwaku tak terbatas
bebas berandai memulang waktu
- Lembayung Bali, Saras Dewi

Lagu Lembayung Bali selalu penuh kerinduan. Mengenang para sahabat dan tentunya Bali, pulau istimewa dengan beragam kenangan istimewa. Masih lekat di memori saat pertama kali saya menginjakkan kaki di Bali. Study tour jaman putih abu-abu meninggalkan banyak memori penuh kerinduan (Baca juga: Bali oh Bali). Mengenang canda tawa sambil menikmati indahnya matahari terbenam, yap indahnya lembayung Bali. Kesempatan kedua menengok Pulau Dewata saat studi ekskursi di tahun terakhir masa perkuliahan. Tidak hanya mengunjungi tempat-tempat wisata di Bali, namun saat itu kami juga mengunjungi beberapa tempat yang menerapkan ilmu teknologi lingkungan.

Rindu mereka: Studi eksursi jamannya suka foto loncat (photo creidt: luckycaesar.com)
Pesona Pulau Bali dan sederet kenangan yang ada membuat saya selalu semangat mempromosikannya pada teman-teman saat belajar dan berkelana di negeri orang. Hasilnya beberapa teman dari negeri seberang bahkan sudah berkunjung ke Bali untuk sekedar liburan ataupun menikmati honeymoon sambil menikmati indahnya pantai di Bali. Pun, disini Bali sangat terkenal. Professor dan teman di lab tidak asing ketika saya menyebut nama Bali. Keindahan Pulau Bali memang sudah sangat mendunia. 

Rindu canda tawa mereka: Edisi foto loncat dengan beragam ekspresi (photo credit: luckycaesar.com)
Berbicara mengenai Pulau Bali, selain banyak tempat wisata yang recommended untuk merangkai kenangan istimewa, ada pula banyak kuliner yang sangat lezat dan sayang banget buat dilewatkan. Kerinduan akan makanan Indonesia membuat saya begitu bersemangat berselancar menelusuri beragam makanan super yummy yang wajib untuk dicoba. Sedikit mengobati kerinduan ini ceritanya
#kulinerindonesiajuara.

Salah satu makanan yang patut dicoba saat main ke Bali adalah Nasi Campur. Lezatnya nasi campur bali ini dipatok dengan harga sangat terjangkau di kantong. Apalagi untuk kawasan wisata seperti di Bali. Nikmatnya nasi campur bisa dinikmati di tiga tempat rekomendasi berikut ini, tentunya harga mahasiswa dong ya #hiduphargamahasiswa #hargaramahkantong

1. Warung Men Weti
Men Weti, nasi campur bali yang sangat legendaris. Berlokasi dekat dengan Pantai Sanur Bali, sekitar 50 meter dari bibir pantai. Tepatnya di Jl. Segara Ayu, Seanur, Bali. Nasi Campur Men Weti ini buka dari jam 7 pagi hingga stok makanan habis. Biasanya sudah habis setelah jam makan siang. Belum buka saja banyak yang sudah mengantri. Antrinya bisa panjang banget, jadi harus sabar sebelum menyantap lezatnya nasi campur bali khas Men Weti ini. 
Nasi Campur Bali Legendaris Men Weti (photo credit: growinguptroppo.com)
Satu porsi nasi campur Men Weti di bandrol dengan harga 15 ribu rupiah yang terdiri dari beberapa lauk dan sayuran yang menyehatkan. Ada telor bumbu merah, ayam suwir, sayur urap Bali, lawar, kacang goreng dan tentunya sambal khas Bali.  Mantap banget!

2. Warung Wareg
Wareg berarti kenyang, artinya Warung Wareg siap membuat perut teman-teman semua kenyang dengan menu nasi campurnya yang endez banget. Satu porsi nasi campurnya dipatok dengan harga 12 ribu rupiah. Terdapat berbagi pilihan menu seperti nasi ayam betutu, ikan kering, telur dadar, bakwan, perkedel dan pelengkapnya sambal matah. Warung Wareg ini terletak di Jl.Sutomo No34 Denpasar dan buka dari pagi hanya sampai jam 3 sore. Bisa nih buat quality time plus menu makan siang disini. 

Nasi Campur Bali khas Warung Wareg (photo credit: travelingyuk.com)
3. Warung Tacik
Warung Tacik berlokasi di Jl. Ahmad Yani Utara No. 245 dari mulai jam 10 pagi. Teman-teman bisa memilih berbagai lauk sesuai dengan selera mulai dari suwiran ayam, perkedel jagung, ikan pindang dan juga perkedel kentang. Harganya pun terjangkau di kantong mulai dari 10 ribuan saja. Rasanya dahsyat! 
Nasi Campur Bali khas Warung Tacik (photo credit: instagram.com/warungtacik/)
Selain menu nasi campur yang selalu dirindukan, beberapa tempat makan enak dengan menu lainnya bisa jadi alternatif dan destinasi wisata kuliner saat berada di Bali:

Nasi Ayam Kedewatan Legendaris khas Ibu Mangku
Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku sudah ada sejak tahun 1970 dan telah memiliki 3 cabang di Denpasar, Ubud dan Seminyak. Satu porsi dipatok dengan harga sangat terjangkau yaitu sebesar 15 ribu rupiah. Ayam olahan Ibu Mangku ini   punya rasa pedas yang khas dan pasti bikin ketagihan. Satu porsi nasi ayam kedewatan terdiri dari  nasi, ayam bumbu, sayur uram, ayam suwir, telur, pindang, sambal dan taburan kacang goreng.
Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, supper yummy! (photo credit:  myfunfoodiary.com)
Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku: 
1. Denpasar : Jalan Tukad Badung No. 3 (Jalan Tukad Yeh Aya), Denpasar.
2. Ubud : Jalan Raya Kedewatan No.18, Ubud.
3. Seminyak : Jl. Kayu Jati (daerah Oberoi/Laksmana), Seminyak, Kuta.

Ayam Betutu Men Tempeh Gilimanuk 
Ayam Betutu Men Tempeh ini jadi kuliner wajib kalau berkunjung ke Bali.Berlokasi di terminal lama Gilimanuk, Desa Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali. Ayam Betutu Men Tempeh ini disajikan dalam beberapa pilihan porsi mulai dari ayam utuh, ayam setengah utuh hingga  ayam per potong. Pun ayam betutu disajikan dengan nasi serta sayur pelengkap sesuai dengan selera dan pilihan, mulai plecing kangkung dan lawar ayam. 
Lezatnya Ayam Betutu Men Tempeh (photo credit: balikami.com)
Sebagai penyempurna terdapat beberapa pilihan sambal mulai dari sambal matah, sambal terasi serta sambal kacang tanah sangrai. Harga satu porsi mulai dari 30 ribu rupiah. Sebanding dong yaa dengan lezatnya ayam betutunya!

Sate Plecing Arjuna 
Warung sate plecing Arjuna berada di Jl. Arjuna No.49 Denpasar. Sate plecing ini sangat berbeda dari sate biasanya yang disajikan dengan saus kacang. Sate plecing disajikan bersama sambal khas Bali yang terbuat dari cabai, bawang putih, terasi, kemiri dan dilengkapi dengan minyak serta jeruk limau. Sate plecing ini cocok banget bagi teman-teman yang suka banget pedes, pasti ketagihan deh sama sate pelcing Arjuna yang super mantap dan maknyuss ini. Satu porsi dibandrol dengan harga 20 ribu rupiah. Murah dan mengenyangkan. 
Sate Plecing Arjuna (photo credit: tripadvisor.co.uk)
Well, sekian dulu ya kuliner pilihan di Bali dan sekotak kenangan yang sangat amat ingin diulang kembali. Lebih asik kalau Polaris bisa kembali seperti dulu #ealahgalau #moveonplease #hiraukan. Selamat memeluk kenangan! 

2 comments:

  1. Wah enak ya!.....Pengen nyobain ayam betutu....
    Kapan kesana lagi... yuk ah...

    ReplyDelete
  2. WHOAAA SAYA SUKA KEARIFAN LOKAL:"
    jadi pengen Ayam Betutunya Bali, pengen ke Warung Warig, pengen pake Kain Endek, pengen ke BALIIIIIIII HAHAHA

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES