Kamis, 03 Agustus 2017

Serunya Wisata Mengunjungi Aneka Festival Budaya di Indonesia

Ketika kita berlibur ke suatu tempat, betapa beruntungnya kita bisa mengikuti momen festival tertentu bila datang di saat yang tepat. Ternyata bukan hanya negara-negara di luar negeri saja yang punya festival menarik, Indonesia pun memiliki aneka festival budaya yang istimewa dan wajib untuk dikunjungi.

Memiliki asuransi perjalanan sangat mendukung liburan kita menjadi lebih nyaman dan aman. Tidak hanya itu, kita pun bisa semakin leluasa mengunjungi beragam festival budaya di tanah air. Berikut ini aneka festival budaya di Indonesia yang wajib untuk dikunjungi:

Karapan Sapi Madura
Festival Karapan Sapi Madura memiliki unsur kebudayaan kental yang masih dipertahankan hingga masa modern. Tak sekadar perlombaan memacu kecepatan sapi, karapan sapi juga melambangkan ucapan syukur atas kesuksesan panen padi atau tembakau. Ada banyak sekali elemen yang dipadukan dalam karapan sapi Madura, antara lain elemen estetika dalam membuat hiasan kuda, elemen magis (mantra-mantra sebelum memulai karapan), dan elemen ekonomi (memberi kesempatan bagi masyarakat setempat untuk berjualan).

Serunya Festival Karapan Sapi, Madura
Festival Adat Pemakaman Tana Toraja
Momen kematian di Tana Toraja memang diperingati secara besar-besaran. Upacara kematian yang disebut rambu solo ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Masyarakat dari kalangan ekonomi atas menyiapkan budget besar untuk upacara kematian tersebut. Bahkan penyelenggaraan upacara pengantaran jenazah di Tana Toraja bisa memakan waktu hingga berhari-hari.

Festival Adat Pemakaman Toraja
Festival Bahari Raja Ampat Papua
Karena memiliki kekayaan alam laut yang sangat menakjubkan, tak mengherankan bila Raja Ampat punya acara festival bahari tahunan. Acara yang diselenggarakan pada pertengahan bulan Agustus ini biasanya menyuguhkan aneka tarian khas dan sajian kuliner khas Papua. Pun wisatawan asing yang berkesempatan mengunjungi festival bahari Raja Ampat pasti terpukau dengan acara istimewa tersebut.
Uniknya Festival Bahari Raja Ampat Papua
Festival Teluk Jailolo
Acara tahunan yang satu ini merupakan momen kebanggaan masyarakat Maluku Utara. Selain menampilkan acara teater di atas laut, ada pula aneka atraksi dan lomba seperti lomba dayung, lomba renang, ritual laut tradisional, dan pesta hidangan laut khas Maluku. Festival Teluk Jailolo merupakan salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan sektor wisata setiap tahunnya.

Warna-warni Festival Teluk Jailolo, Maluku Utara
Ingin menikmati suasana keempat festival tersebut serta aneka festival lainnya? Yuk, segera rencanakan liburan ke destinasi wisata yang kerap menyelenggarakan festival istimewa. Jangan lupa pula lengkapi liburan dengan asuransi perjalanan agar aktivitas selama liburan jadi semakin leluasa dan terjamin keamanannya. Selamat berlibur dan merangkai bahagia di aneka festival budaya!

5 komentar:

  1. Indonesia memang top deh, banyak budayanya jadi kalau ada festival di suatu daerah nggak boleh dilewatin begitu aja. Nice share mba Lucky ^^

    BalasHapus
  2. toraja loh, tiap tahun selalu ada festival kebudayaannya.

    BalasHapus
  3. Toraja kampungnya temanku mba penasaran sama budayanya klo aku sih disuruh pilih y destinasi liburan Raja Ampat :) semoga bisa terwujud

    BalasHapus
  4. penasaran banget pengen dateng ke suatu festival.

    BalasHapus
  5. Pengen banget hadir dan menikmati festival2 legend khas indonesia yang ada di artikel ini.

    BalasHapus

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES