Selasa, 13 Juni 2017

Ramadhan Jadi Ladang Menebar Kebaikan Bersama Sekolah Relawan

Lantunan ayat suci Al-Qur’an terdengar indah menghiasi malam ke-19 Ramadhan. Syahdu dan menggetarkan hati. Begitu tenang penuh kedamaian. Ramadhan selalu menjadi bulan istimewa penuh kebaikan. Bulan yang selalu ditunggu-tunggu oleh muslim di seluruh dunia. Disambut dengan bahagia dan berurai air mata. Terharu, bersyukur bisa kembali bertemu dengan Ramadhan.
Tarawih bersama, salah satu amalan Ramadhan yang begitu dirindukan
Sejak kecil bulan Ramadhan menjadi bulan paling favorit di antara semua bulan. Bukan hanya karena pulang sekolah lebih awal dari biasanya, namun Ramadhan memberikan banyak kebahagiaan. Mulai dari bisa tadarus Al-Quran, tarawih bersama dengan teman-teman sekampung, sahur bersama di masjid hingga ikut membantu Ibu menyiapkan takjil.

Bagi saya, Ramadhan adalah bulan penuh kebaikan dan kegembiraan. Tidak hanya itu, Ramadhan memiliki beribu-ribu keutamaan untuk setiap orang mukmin. Bulan yang kaya dengan pahala dan penebusan dosa-dosa karena ampunan Allah begitu luas. Begitu istimewanya Ramadhan. Jadi siapa yang tak bahagia bisa berjumpa kembali dengan Ramadhan? Saya yakin pasti hampir tidak ada yang tidak bahagia bertemu kembali dengan Ramadhan.
Berbagi Kebaikan dengan Sebung Surabaya
Kebahagiaan bertemu kembali dengan bulan Ramadhan makin berkah dibarengi dengan bahagia berbagi kebaikan. Berbagi kebaikan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara dan dalam berbagai hal. Berbagi kebaikan tidak hanya mengenai materi, namun bisa dengan waktu, ilmu, tulisan dan tenaga yang dimiliki. Asalkan niatnya tulus dan ikhlas dalam berbagi kebaikan. Ketulusan untuk berbuat baik ini diberikan hadiah pahala sampai 700 kali lipat oleh Allah. Belum lagi, puasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah yang agung dengan kelipatan pahala yang tidak terbatas.

“Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: “Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya”
(HR. Muslim No. 1151)

Begitu besarnya pahala puasa dan setiap amalan kebaikan yang dilakukan di bulan suci Ramadhan. Sesederhananya berbuat kebaikan dan berbekal niat tulus membuat Ramadhan menjadi semakin berlimpah berkah. Begitu banyak kebaikan yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan, mulai dari berbagi takjil di jalan, sahur on the road, buka bersama di masjid, berbagi keceriaan dengan adik panti, dan kebaikan lainnya. Ramadhan juga bisa dihiasi dengan berbagi ilmu melalui komunitas mengajar (Baca juga: Cendekia Membumi, Berbagi Menginspirasi) ataupun berbagi kebaikan dengan komunitas sosial lainnya.
Bahagianya Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadhan dengan Teman Seperjuangan
Betapa bahagianya saya di bulan Ramadhan ini bisa melihat banyak orang berlomba-lomba melakukan kebaikan. Banyak yang membagikan buka puasa gratis untuk kaum dhuafa, berbagi makan sahur dengan para gelandangan, berbagi peralatan ibadah untuk panti asuhan, dan masjid-masjid pun menyediakan buka puasa bersama untuk para musafir atau warga sekitar. Sedekah dengan memberikan hidangan berbuka puasa untuk orang lain yang berpuasa mendapatkan ganjaran kebaikan berupa pahala puasa orang tersebut tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun. Subhanallah, Allah Maha Baik 😇.

“Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya”
(HR. At Tirmidzi No. 187)

Mereka semua begitu ringan tangan dan berani mengalahkan ego sendiri yang kadang masih sering berpikir ulang untuk berbagi kebaikan. Ramadhan membuat mereka berani berbagi karena kecintaanya pada bulan ini. Kecintaannya pada kemuliaan yang diberikan bulan Ramadhan. Ramadhan berani berbagi kebahagiaan dan kebaikan untuk meringankan beban mereka yang membutuhkan.
Ingat Berbagi, Ingat Sekolah Relawan #RamadhanBeraniBerbagi
Indah sekali melihat kerukunan dan saling membantu antara sesama. Sungguh masih banyak orang baik di dunia ini. Banyak komunitas sosial yang menebar kebaikan dan sukses membuat saya terinspirasi dan tertarik dengan magnet ketulusan yang dilakukan. Yap, salah satunya adalah Sekolah Relawan. Pada bulan Ramadhan ini, Sekolah Relawan memiliki 8 Program Ramadhan untuk menebar kebaikan, berbagi bahagia dan tentunya inspirasi agar makin banyak orang berbuat baik dan kebaikan orang-orang baik bisa tersalurkan dengan tepat. Berikut ini beberapa program Ramadhan bersama Sekolah Relawan dengan tagar #BeraniBerbagi.
Program #RamadhanBeraniBerbagi Sekolah Relawan
Yukk, lihat detailnya biar makin terinspirasi untuk menebar kebaikan 😀😊

1. Kado Sambut Ramadhan
Program Kado Sambut Ramadhan bertujuan untuk berbagi kebutuhan pangan dalam menyambut Ramadhan. Program ini sangat membantu mereka yang membutuhkan untuk menyambut Ramadhan, khususnya dalam memenuhi kebutuhan pangan.
Program Kado Sambut Ramadhan Sekolah Relawan
Begitu bahagia ketika melihat senyum merekah di bibir mereka. Semoga para orang baik yang turut mensupport acara ini mendapatkan pahala melimpah dari Allah. Aamiin 😃😇.

2. Free Food Car
Setiap harinya program Free Food Car (FFC) hadir di daerah yang berbeda-beda sesuai dengan jadwal Sekolah Relawan. FFC hadir di hampir 10 kota di Indonesia mulai dari Bogor, Bekasi, Tangerang, Depok, Pamulang dan daerah-daerah lainnya di wilayah Jabodetabek. Sekolah Relawan sudah melakukan program FFC sejak Ramadhan 1437 H/tahun 2016 Masehi. 
Menebar Kebaikan dengan Free Food Car (Sumber Video)

Para relawan dari Sekolah Relawan biasanya juga dibantu dengan Volunteer yang ada di wilayah tersebut dalam melaksanakan FFC. Mayoritas dari penerima FFC adalah pemulung, anak jalanan, para musafir, ojek online serta kaum dhuafa.
Indahnya berbagi nikmat di bulan Ramadhan 
Sekolah Relawan juga bersinergi bersama Royco untuk menyelenggarakan FFC. Sinergitas yang mulia dilakukan dengan cara sederhana yaitu dengan berbagi resep favorit dari Rocyo dan foto hasil makanan yang telah dimasak di instagram dengan menyertakan tagar #RoycoShareAMeal. Indahnya menebar kebaikan di bulan Ramadhan 😇

3. Kampung Dug Dug
Kampung Dug Dug adalah salah satu program yang begitu menarik menurut saya, yaitu Program berbuka bersama di Kampung Dhuafa. Program ini tidak hanya dilakukan di wilayah Jabodetabek, namun juga sampai ke Bandung, Nganjuk, dan Palangkaraya.
Kegiatan yang dilakukan di Program ini pun beragam mulai dari belanja untuk buka bersama, masak bersama, sampai dengan dongeng bersama untuk menambah keceriaan dengan anak-anak dan warga. Begitu indah bisa bercengkerama, berbagi bahagia dan menjalin silaturahim dengan warga yang membutuhkan.

 4. Food Box
Program Food Box adalah salah satu program Sekolah Relawan yang menyediakan makanan dan juga minuman siap santap dalam box di masjid. Box atau showcase ini berisi makanan siap santap yang mencakup nasi, sayur dan lauk pauk. Untuk minumannya berupa teh, kopi, gula dan air panas.
Tujuan dari program Food Box adalah menjamin ketersediaan makanan untuk mereka yang membutuhkan dan mempermudah para orang baik yang ingin berbagi. Saat ini sebanyak 21 gerai Food Box sudah tersebar di beberapa wilayah Indonesia per 8 Juni 2017.

5. Belanja Bareng Yatim dan Dhuafa
Program Belanja Bareng Yatim dan Dhuafa (BBYD) adalah program yang sangat mulia. Berbagi bahagia untuk mereka yang membutuhkan dengan berbelanja bersama kebutuhan lebaran. Tahun ini program BBYD akan diselenggarakan pada tanggal 18 Juni 2017 bersama Kak Sinyorita Esperanza dan 1000 anak yatim se-Indonesia.
Yuk yang punya rezeki lebih dan ingin berbagi kebahagiaan untuk mereka bisa langsung donasi sesuai keterangan diposter 😊.

6. Naik Pangkat
Naik pangkat adalah program pemberdayaan kaum dhuafa dengan cara memberikan modal untuk membuka usaha agar bisa lebih mandiri dalam bewirausaha. Modal yang diberikan bisa berupa peralatan dan gerobak untuk berdagang dengan begitu kaum dhuafa bisa mencukupi kebutuhan hidup mereka sehari-hari dengan lebih mandiri.
Program Naik Pangkat Sekolah Relawan
7. Kado Sambut Lebaran
Program Kado Lebaran yang diselenggarakan oleh Sekolah Relawan ini adalah program berbagi kebutuhan sandang untuk keluarga fakir, miskin dan dhuafa dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Kado yang diberikan berupa kebutuhan sandang yang biasanya dibutuhkan saat Hari Raya. Tujuan dari program ini adalah untuk berbagi bahagia dengan masyarakat yang tidak mampu agar bisa memiliki pakaian baru di Hari Kemenangan nanti.
Mari yang ingin berbagi bahagia melalui kado sambut lebaran 😊
8. Sumur Utsman
Program sumur utsman adalah program pembuatan instalasi air dan penampungan air untuk bisa dialirkan langsung ke pemukiman warga. Sumur utsman  dikelola dan dimanfaatkan langsung oleh warga. Program ini terinspirasi oleh Utsman bin Affan yang membeli sumur lalu mewakafkannya untuk masyarakat.
Target tahun 2017 ini adalah bisa dibangun sebanyak 100 sumur di seluruh Indonesia. Program sumur Utsman mencakup pengeboran sumur dan perlengkapan mesin air, bak penampungan serta pemasangan pipa ke permukiman warga.

Begitu beragamnya program kebaikan yang diinisiasi oleh Sekolah Relawan. Sekolah Relawan telah berhasil menginspirasi dan memfasilitasi para orang baik dalam menyalurkan kebaikan untuk mereka yang membutuhkan. Ramadhan berani berbagi untuk melihat mereka bisa tersenyum bahagia.
Ingat berbagi, tentu jadi ingat Sekolah Relawan. Semoga bisa istiqomah menebar semangat berbagi dan semakin banyak orang baik yang mengirimkan donasi sehingga semakin banyak pula orang yang terbantu dan bisa merasakan kebahagiaan serta manfaat setiap program yang dilakukan. Teman-teman bisa update kegiatan Sekolah relawan dengan mengikuti media sosial Sekolah Relawan di website, facebook, twitter dan instagram. Yuk, agar semakin terinspirasi dan semangat untuk berbagi 😊.
Ramadhan adalah sebaik-baik bulan dibanding bulan lainnya dan sebaik-baiknya sedekah adalah sedekah di bulan Ramadhan. Menuju 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, mari semakin semangat meningkatkan ketakwaan dan terus menebar kebaikan di bulan penuh berkah ini #berbaniberbagi #Ramadhanistimewa

Referensi:
Sekolah Relawan

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Sekolah Relawan “Menebar Kebaikan di Bulan Ramadhan”. Yuk, ikutan juga berbagi manfaat melalui tulisan. 😊
Semoga bermanfaat dan berkenan menyebarkan semangat kebaikan ini ke yang lainnya.
Terima kasih.
http://www.sekolahrelawan.com/index.php/berita/item/303-lomba-menulis-artikel-dengan-tema-menebar-kebaikan-di-bulan-ramadhan

28 komentar:

  1. Subhanallah Lucy,, ini programnya keren-keren semua. Semoga niat yang mulia dari para dermawan semakin tersebar luas manfaatnya melalui sekolah relawan ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mbaak programnyaa super semua mbak yaak. Aamiin ya Allah, yuk mbaak turut menebar kebaikan yg ada :) sederhananya berbagi kebaikan agar mereka bsa tersenyum bahagia. . :D

      Hapus
  2. 8 programnya menginspirasi y mb Lucy semuanya menebar kebaikan untuk sesama makin bnyk tahu sekolah relawannsmg smkij bnyk donatur yg berminat menabung pahalanya aamiin 🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mbaaak belll. . Menginspirasii bangeet. . Aamiin. . Iyaa mbaak monggo mbak bell kalau ada rezeki lebih bisa bergabung. . Berkah ramadhan makin berlimpah dengan berbagi pada mereka yg membutuhkan :)

      Hapus
  3. Puasa sambil nebar kebaikan. Makin plus plus aja tuh pahalanya.

    Moga menang ya kontesnya mbak Lucy. Jangan lupa sedrkahnya kalau menang.
    Sedekah ke saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuuu benerrr bangeeet mass. . . Yukk makin semangaat menebar kebaikan biar makin plus Ramadhannyaa :)

      Aamiin mas. . Aku kirim sedekahnya lewat doa ya mas, semoga senantiasa sehat sukses dan bahagiaaa. . Aamiin :D

      Hapus
  4. Bulan ramadhan semua orang berlomba2 menebar kebaikan, semoga pogramnya ngga hanya berlangsung dibulan ramadhan, tapi tetap ada dibulan2 lain juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mbaaak. . Jd menularkan semangat menebar kebaikan jugaa yaa. . Hehehe aamiin. . Program programnyaa akan terus berlanjut mbak sann di bulan" lainnyaa. Semoga makin banyak donatur dan relawan yg bergabung mbaak yaa. Aamiin :)

      Hapus
  5. dulu jaman kuliah juga ada acara bagi buka puasa sama sahur on the road juga mbak, pernah ikutan dan pas berbagi sama orang-orang yang nerima tu rasanya bikin adem di ati gitu hehe. walaupun cuma seporsi nasi, tapi bisa bikin gembira orang lain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benerrr bangeeeet masss. . Bahagiaaa banget ya bsa berbuat sesuatu dan bikin bahagiaa org lain :) hehehe indahya berbagi. .

      Hapus
  6. Kegiatan apa pun kalau kita lakukan dengan komunitas memang mengasikkan, apa lagi di acara berbagi kebaikan dalam bulan ramadhan kayak gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakaaat mas mirwaaan. Kalau sama komunitass bahagianya bisa berlipat" yaaka. Sekalian dapet temen baru. . Hehehe berkah ramadhan juga makin berlipat :)

      Hapus
  7. Baca ini kok merasa muda lagi (meski belum mau juga dibilang tua). Terutama semangatnya. Program-program yang sangat excellent, dan yang nulis juga sip.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe mbaak looo masih mudaa gtuu :D Semogaaa bermanfaat mbak ya dan bsa menularkan inspirasu semangaat berbagi kebaikan jugaa. Aamiin :D

      Hapus
  8. Ya Allah, lihat foto diatas adem banget ya, Teh, dan aku ingin bisa berada disana. Shalat berjamaah bersama :)

    Setuju, memang bulan Ramadhan itu bulan yang sangat favorit dan bulan yang sangat ngangenin. Teringat masa-masa kecil seperti apa dan semoga bisa bertemu dengan ramadhan-ramadhan berikutnya..aamiin..

    Terkadang aku kangen dengan baksos yang dimana pada tahun kemarin aku ngadain dengan teman-teman. Mulai dari kebersamaan, hingga berbagi itu sangatlah mudah. Selain itu juga bulan yang suci ini merupakan bulan dimana ladang pahala dilipat gandakan..

    Program sekolah relawannya keren-keren. Bisa terus dilestarikan tuh :)

    Good luck lombanya ya, Teh Lucky :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mas. . Banyak" memori masa kecil yg begitu bahagiaa memeriahkan bulan Ramadhaan. . :)

      Aamiin ayo dilestarikan didaerah masing" mas. . Berbagi dengan cara sederhanaa. . Asal tulus dan ikhlas, insya Allah ridho Allah selalu menyertain . .

      Makasiih masss. . Good luck jugaaa yaaak. . Aamiin. .

      Hapus
  9. Tertarik yang sumur usman nih ki, maklum daerah metropolitan tapi keadaan air rada mengenaskan jadi kayaknya bermanfaat banget sih dengan adnya program sumur itu, tapi tentunya ada kriteria khususnya ya yang berhak menerimanya khusus yang sumur ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mbaakk. . Yuk yukk turut bagikan info sumur utsmann biar makin banyaak yg bantuuu. .

      Iyaaa mbaak, pasti ada studi awal dulu mbaak biar sumur utsmannyaa tepat sasaran :)

      Hapus
  10. Keren deh sekolah relawan ini. Yang mau berzakat jadinya gak ragu ya karena penyalurannya benar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mbaaakk bener bangeeet. . sudah terpercayaa :) semoga istiqomah dan sukses terus buat SR. Selalu diberikan kelancaran dan kekuatan oleh Allah. Aamiin. .

      Hapus
  11. Program kegiatannya sangat bagus dan memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat ...
    Semoga selalu sukses dan diberikan kemudahan ... Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mas aamiin. . .
      Semogaa lancar dan makin menginspirasi banyak orang untuk menebar kebaikaan. Aamiin 😀

      Hapus
  12. Bulan ramadhan bulan penuh berkah, orang orang berlomba menebar kebaikan. Sekolah relawan ini programnya bagus dan patut diapresiasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mbakk. . Sungguh kagum dengan kegigihan dan konsistensi SR dalam menjalankan setiap program yg ada. Semoga selalu diberikan kelancaran dan kekuatan oleh Allah serta kerja keras mereka dibalas dengan indahnya surga. Aamiin 😀😇
      Yuk yuk mbak sebarkan info program program SR 😀

      Hapus
  13. Alhamdulillah ya mba. Sekolah Relawan mampu membantu sesama dan ini tentu membutuhkan dukungan banyak orang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mbaak. . Alhamdulillaah. . Semogaa makin banyak yg terinspirasi dan bergerak bersama SR menebar kebaikan. Aamiin 😀

      Hapus
  14. sekolah relawan program2nya banyak banget, bisa jadi ladang pahala ya mbak apalagi di bulan ramadhan


    BalasHapus
  15. Sering iri sama orang2 yang bisa begitu ringan berbagi tanpa banyak pertimbangan.

    BalasHapus

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES