Senin, 12 Juni 2017

Ciri-Ciri Alergi yang Harus Diperhatikan

Alergi merupakan reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang menganggap bahwa adanya gangguan atau ada sesuatu yang berbahaya bagi tubuh. Dengan begitu, maka tubuh otomatis akan meresponnya dengan beberapa gejala yang ada di mana gejala yang muncul tersebut disebut dengan alergi. Alergi sangat mengganggu si penderitanya. Karena ketika tubuh terkena alergi, maka orang tersebut tidak merasa nyaman untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk lebih lengkapnya mengenai apa itu alergi dan ciri-ciri alergi, berikut adalah informasinya untuk Anda.
Bersin - Salah Satu Gelaja Alergi yang Harus Diperhatikan
Banyak orang yang pernah mengalami alergi pada tubuh mereka. Biasanya alergi yang timbul ini disebabkan oleh adanya substansi yang bersentuhan dengan tubuh si penderita. Substansi tersebut diantaranya adalah bulu hewan, jenis makanan tertentu, serangga, debu dan masih banyak yang lainnya. Masing-masing orang memiliki alergi pada substansinya masing-masing. Adapun orang yang mengalami alergi akan mengalami beberapa gejala seperti berikut ini.
  1. Sering mengalami bersin-bersin. Biasanya gejala ini timbul karena sang penderita alergi dengan debu
  2. Batuk
  3. Gatal dan timbul warna merah pada bagian mata
  4. Sakit perut, dan merasakan mual. Biasanya gejala ini terjadi ketika sang penderita gejala dengan suatu makanan tertentu
  5. Hidung selalu mengeluarkan lendir
  6. Ada beberapa ruam pada kulit akibat reaksi badan terhadap substansi yang masuk ke tubuh
Itulah beberapa ciri ciri dan penyebab alergi kulit yang dapat Anda ketahui. Untuk mengatasi alergi yang sering terjadi, maka hendaknya Anda memeriksakan keluhan tersebut ke dokter, khususnya ke dokter kulit. Nantinya Anda akan diberikan obat alergi dari dokter. Selain periksa ke dokter Anda juga harus menjaga pola makan. Jangan sampai Anda makan makanan yang dilarang yang nantinya hanya bisa memperparah keluhan alergi Anda. Untuk tingkat keparahan alergi setiap orang selalu berbeda-beda, ada yang mengalami alergi ringan ada juga yang mengalami alergi parah. Maka dari itu, jika Anda menemukan gejalan-gejala seperi di atas, segeralah untuk periksa ke dokter kulit, agar nantinya dokter bisa mendiagnosa apa yang sedang terjadi pada tubuh Anda. Stay alert and be healthy!

15 komentar:

  1. suamiku alergi debu klo kena debu ga berhenti bersin2 hahaha sampe ingusan deh pokonya ga bisa banget kena sedikit debu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa samaa kaya ayahkuu mbaaak juga gtu :" sekali ada debu pasti langsung bersin gak berhenti" hehhee

      Hapus
  2. iya neh, alergi ini menggangu sekali padahal suka sama makanannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehee iyaa mas achmad. . Banyak temenku yg alergi seafood. .sekali makan langsung merah gatal". Hmmm

      Hapus
  3. Aku sering bersin-bersin (ini malah bacanya lagi gemeteran akibat capek bersin-bersin sepanjang pagi). Bukan alergi debu sih, tapi alergi perubahan cuaca. Selama ini mikir alergi perubahan cuaca itu karena kena udara dingin. Tapi pernah baca di mana aku lupa ternyata ada juga bersin-bersin itu karena alergi sinar matahari. Jadi justru karena berubah dari suhu dingin ke panas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaa iyaa mbaak. . . Kalau dingin gtu langsung ya bersin" terus. Bahkan temenku ada yg langsung bentol" merah. . :"

      Hapus
  4. Aku nih punya alergi. Sama seafood. Tapi anehnya gak selalu. Ada kalanya kumat sama udang. Eh lain waktu biasa-biasa aja. Gejalanya kemerahan di kulit tapi gak gatel. Sama meriang gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wikk berarti di waktu" tertentu ya mbaak. . Atau mungkin bsa jadi dipengaruhi jenis udangnyaa mbak :"

      Hapus
  5. Aku punya alergi sama udang kering. Kalau yang dagingnya banyak enggak. Nggak tau agak aneh juga

    BalasHapus
  6. Setuju, jika alergi makanan harus jauhi pemicu, bukan seperti nasehat banyak orang, "hajar saja biar kebal" :)

    Salam kenal mbak...

    BalasHapus
  7. Ci.... aku alergi ngga punya duit huakakakka... #kemudiandikeplakLuci
    Meski dulu aku tinggal di Bandung yg lembab alhamdulillah ngga mengidap alergi udara. Kalau alergi udara susah jg ya Ci, alergi emang bikin dilemaaaa

    BalasHapus
  8. Aku dan anak anak alergi anak hiks..Anak anak sampe parah banget kulitnya aku juga ..Lho kok malah curhat hehe..

    BalasHapus
  9. Kalau aku sendiri terkadang alergi sama cuaca dingin teh, tapi tak setiap cuaca dingin suka bentol atau gatel gitu. Buktinya aku sering mendaki tak apa-apa..

    BalasHapus
  10. Tfs Mba, kalo aku n suami alergi dingin n debu bisa batuk-batuk hadeohh

    BalasHapus
  11. terkadang emang banyak debu-debu yang bertebaran dan jadinya refleks langsung tuh flue habis itu klo bersin bersin ...

    BalasHapus

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES