Saturday, May 20, 2017

Tips Jitu Belajar Desain Grafis Lebih Mudah dan Menyenangkan

Penggunaan desain grafis di era sekarang ini sangatlah luas dan memberikan warna istimewa untuk masyarakat secara umum. Mulai dari desain media sosial, souvenir sampai undangan pernikahan. Tidak hanya itu, desain grafis juga sudah lama mewarnai dunia blogging dan membuat tulisan lebih berbicara. Desain grafis memudahkan para pembaca dalam memahami tulisan yang ada. Lebih dari itu, desain grafis merupakan sentuhan tambahan sebuah artikel blog jadi lebih menarik. Saya pribadi senang sekali melihat blog dengan dilengkapi desain grafis yang sederhana namun enak dibaca.
Membuat desain grafis tidaklah harus yang rumit atau tingkat tinggi. Desain grafis yang sederhana dengan sentuhan terbaik dapat menghasilkan karya istimewa. Desain grafis yang sederhana justru terlihat lebih berkesan dari pada desain yang terlalu ramai dan rumit. Kombinasi huruf, keselarasan warna serta permainan garis simetris yang apik membuat desain grafis menjadi istimewa.

Susah nggak sih buat desain grafis? Pertanyaan yang sangat sering dilontarkan oleh teman-teman saya. Membuat desain grafis tidak sesulit yang teman-teman pikirkan. Asalkan niat dan telaten pasti jadi. Belajar desain grafis dimulai dari niat kuat untuk mau belajar. Apalagi didukung dengan kemajuan teknologi yang memudahkan kita bisa belajar dari banyak sumber. Bisa dengan melihat tutorial di Youtube ataupun sederhananya bertanya pada mbah Google.

Kalau ada niat, pasti ada jalan untuk mewujudkannya. Sebagai seorang blogger pemula, saya juga masih terus belajar mendalami ilmu desain grafis. Belajar dan terus belajar mengasah ilmu agar lebih pro lagi dalam desain. Apalagi desain grafis ini menjadikan tulisan di blog lebih hidup dan berwarna. Saya ada beberapa tips sederhana untuk belajar desain grafis agar lebih mudah dan menyenangkan. Yuk, mari merapat 😁
1. Brainstorming Konsep Desain
Sebelum membuat desain, pastikan sudah melakukan brainstorming konsep desain yang akan dibuat. Konsep desain ini sesuai dengan isi tulisan yang akan dibuat desain grafis. Sebelum menulis tulisan di blog, saya membuat daftar desain dan konsepnya terlebih dahulu. Sebagai contoh seperti berikut:
2. Membuat Detail dari Konten Desain
Setelah mempunyai konsep desain yang jelas maka selanjutnya membuat detail konten desain dari tulisan yang dibuat. Detail konten desain ini harus sesederhana mungkin dan jangan terlalu panjang agar pembaca dengan mudah memahami tulisan begitu melihat gambarnya.

3. Mulai Membuat Desain Grafis, Make it simple!
Setelah mendapatkan konsep desain dan detail konten desain, maka saatnya memulai desain yang dibutuhkan untuk mendukung tulisan. Saat mengerjakan desain grafis, perhatikan beberapa hal berikut ini:

Menggunakan software desain yang user friendly
Setiap orang memiliki tingkat kecepatan pemahaman yang berbeda-beda dalam hal desain grafis, saya termasuk dalam kategori kecepatan sedang. Agar proses desain yang dilakukan tidak terlalu rumit, saya memilih software desain yang user friendly. Dalam hal ini, saya menggunakan Corel Draw karena menurut saya sangat mudah dipelajari apalagi untuk para newbie.

Membuat objek sederhana, modifikasi foto yang ada atau gunakan perpaduan garis simetris 
Desain grafis tidak melulu menggunakan objek yang rumit dan tentu butuh waktu lama membuatnya. Untuk para pemula,bisa membuat objek sesederhana mungkin. Selain objek sederhana, bisa menggunakan foto yang ada atau menggunakan perpaduan garis simetris. Desain grafis sederhana ini bisa membuat para pembaca lebih memahami apa yang penulis sampaikan dalam tulisan.
Desain Grafis dengan objek sederhana vs Desain Grafis perpaduan garis simetris dan ukuran font
Kreasikan desain dengan jenis font, keselarasan warna dan tata letak yang bagus
Pemilihan jenis font juga sangat mempengaruhi dalam pembuatan desain grafis. Jenis font yang bagus dengan keselarasan warna dan tata letak yang bagus sangat mendukung desain grafis yang dibuat jadi lebih menarik dan istimewa. Tidak hanya itu, proses pembuatan desain grafis juga jadi lebih sederhana dan hemat waktu.

4. Publish and keep the creativity up!
Setelah desain grafis yang dibuat selesai, pasang sesuai dengan isi tulisan yang menggambarkan desain grafis yang telah dibuat. Berikut ini desain grafis sesuai dengan konsep dan konten desain yang telah dibuat sebelumnya:
Mudah dan menyenangkan bukan belajar desain grafis? Selanjutnya setelah tahu tips-tipsnya, maka harus semakin sering berlatih dan lebih up date lagi dengan desain-desain yang ada seperti pada freepik.com atau web desain grafis lainnya. Amati desain yang ada dan modifikasi sesuai kemampuan dan kreativitas yang dimiliki. Agar lebih pro lagi dan dekat dengan dunia desain grafis, kamu bisa melakukan hal berikut ini:

Bergabung dengan Komunitas Desain Grafis
Bergabung dengan komunitas desain grafis akan membuat lebih bersemangat belajar desain grafis. Kok bisa gitu? Jelas dong karena kamu dikelilingi oleh orang-orang dengan visi dan misi yang sama yaitu mendalami desain grafis. Law of attraction pasti akan sangat kuat menarikmu untuk semakin termotivasi belajar desain grafis lebih mendalam. Yuk, segera bergabung dengan komunitas desain grafis yang ada di daerahmu. 

Mengikuti Kursus Desain Grafis
Kursus desain grafis merupakan cara yang cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan desain grafis yang dimiliki. Selain mendapatkan mentor yang berpengalaman, proporsi waktu belajar juga sesuai dengan target yang ditetapkan. Bisa makin pro desain grafis deh 😁

Salah satu lembaga kursus terpercaya, Dumet School, memberikan penawaran yang sangat menarik untuk mengikuti kursus desain grafis meliputi belajar mendesain logo, brosur, majalah, edit foto, dan kemampuan desain grafis lainnya. Dumet School juga memberikan free trial untuk bisa mencoba lebih dahulu kursus desain grafis yang ditawarkan. Jadi jangan khawatir tidak cocok karena bisa mengambil free trial coursenya terlebih dahulu.
Yuk, Daftar Free Trial Kursus Desain Grafis Dumet School 
Dumet School saat ini sudah memiliki murid lebih dari 3000 yang berasal dari sekolah, universitas, instansi pemerintah dan perusahaan ternama. Dumet  School pun memberikan berbagai penawaran menarik untuk para murid yang akan dan sudah mendaftar. Yuk, bisa cari tahu Dumet School secara langsung kalau penasaran dengan penawaran yang diberikan melalui website, instagram, dan facebook Dumet School.
Jalan untuk lebih pro desain grafis pun jadi semakin lebar. Belajar desain grafis jadi makin mudah dan menyenangkan. Tulisan di blog pun menjadi lebih hidup, lebih berwarna dan pembaca lebih  banyak mendapatkan manfaat dari tulisan yang dibagikan.

Masih bingung mengenai tips belajar desain grafis yang saya bagikan?
Feel free to contact me yak. It’s my pleasure to help you in advance

Referensi: 


*Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Dumet School dengan tema "Desain Grafis"
Semoga bermanfaat 😁

49 comments:

  1. Aaaaak, infografisnya okeh banget nih. Aku kok gak bisa-bisa bikin infografis sekece begini. Apa kudu ikut kursus desain grafis kali ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih newbie jugaa mas ekooo :D ayook terus belajar dan banya berlatih biar makin pro desain grafis :D Boleh jugaa lewat kursus desain grafis jd belajar makin terarah didampingi mentor berpengalaman yang jelas kualitasnya terjamin :D Semoga bermanfaat ya mas :D

      Delete
  2. Aduhh banyak banget linknya mbak lucy. Ati-ati deindex lo :D
    Saya paling belakang dah kalau masalah desain. Lama baru bisa selesai. Kadang nunggu wangsit dulu baru bisa kerja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, kalau dipersayratkan semua kata harus ber link, ga kok, ga usah diturutin, kasih link nya masx 3 kata aja mbak, ini banyak kali, kasian blog nya si mbak lho

      Delete
    2. Makasiiih mass-mas yang baik hatiii. . iyaa udaaa kok aku ganti backlinknya :D Semoga makin enak bacanya dengan sedikit backlink yang ada :D

      Hahaha saya jugaa, jadi tulisan udah selesai baru menyusun desain yang mendukung tulisannya. Jadi tulisan juga makin kuat dan berwarna.Tentunyaa makin mudah dan enak dibaca :D

      Delete
  3. mb lucckkyy emang keren as always aku pengen bgt belajar desain grafis keren banget dah mba aku masi belajar smg bisa sekeren mba.
    coba search dumet ah ☺️ makasi infonya mba mantapppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe kan aku banyaak belajaaar dari mbaak bella :D
      Masih terus belajaar dan berlatihh mbak, biar makin pro kaya blogger lainnyaa :D heheheh

      Siiip mbaaak, lanjut kepoin Dumet School :D cihuuuy siap belajar desain grafis lebih mudah dan menyenangkaan ya mbak :D

      Delete
  4. Thank you for the tips, Lus!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii kikk. For sure kik :D Semogaa bermanfaaat yak, ayok km katanya pengen belajar desain grafis :D

      Delete
  5. Desain grafis memang penting banget, terutama untuk artikel online karena membacanya lewat layar yang menyilaukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrr bangeet mas Amir :D biar bacanya ndak membosankan yak soalnya penuh dengan tulisan :) Jadi desain grafis bikin tulisan jd makin hidup dan berwarna :)

      Delete
  6. Masalahnya, lepiku jadul mo donlot2 agak ngos2san Mbak Lucky. Heu he, padahal pingin loh bisa desain grafis kayak dikau :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Leptopnya butuh space mbaak biar bsa lari kenceng, data"nya bisa dipindah ke harddisk gtu mbak terus install software desain. Saya pakai corel draw dan termasuk enteng gtu mbak. Ndak berat-beraat amaat. Hehehe ayoook mbak install softwarenya terus belajar bikin desain grafis :D

      Delete
  7. Hai Mbak, baru tau kalau jago design.. Aku selalu iri sama yang bisa design, apalagi yang bisa bikin ilustrasi kartun-kartun gitu >.<
    Kayaknya sekarang emang blogger harus bisa design sih, untuk menunjang grafis di tulisannya. Padahal dulu sempat belajar design corel, photoshop, karena jurusan IT, tapi keburu males.. Ajarin aku dong mbak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum jagoo mbak, masih pemulaaa kok ini. Harus banyaak belajar dan berlatih biar makin pro :D hehehe
      Waaahh mbaak yg lebih kecee ih, sayaa aja cuman mendalami corel buat bikin desain grafiis. Belum coba software desain lainnya. Ayooook mbak semangaat lagi belajarnyaa :D Terus saling sharing biar makin banyaak ilmunya. ehehhe

      Delete
  8. Wah, bermanfaat sekali mba tulisannya.. Saya terus terang ga terlalu ngerti sama desain grafis. Semoga ada kesempatan bisa belajar nanti. Terima kasih infonya mba lucky telah mengawali pengetahuan sy tentang desain grafis.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, ayok mbaak mulai belajar desain grafis. Kalau ada niat dan keinginan, insya Allah ada jalan untuk mewujudkannya :D

      Sama-samaaa mbaaak :D Terima kasih juga sudah mampir :)

      Delete
  9. Infografis-nya keren! Aku udah lama males ngutak-ngatik bikin desain grafis. Bener sih, penting padahal buat mempercantik tulisan.
    Sukses terus ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbaaak, saya buatnya simpel aja hehee. iyaa mbak diaan, infografis bikin tulisan makin hidup dan mudah dimengerti juga :) jadi pembaca ndak cuma baca aja tp juga lihat visualisasinya dalam desain grafis yg dibuat. .

      Aamiin, makasih mbaaakk. Sukses terus buat mbak dian :D

      Delete
  10. dan sekarang yang menang lomba blog, kebanyakan artikelnya disertai gambar yang keren-keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbaak benerr bangeeet :D
      yg menang biasanya bagus kontennya didukung desain grafis yg aduhaai super bagus sekali. saya masih newbie ini jd bikinnya yg simple asal bsa membantu pembaca dalam memahami konten blognya hehehe . . ayokk mbaak belajar desain grafis, biar tulisan di blogya juga makin hidup dan berwarna hehehe :D

      Delete
  11. desainya simple tapi menarik mbak. newbie aja bisa bikin bagus gini, apalagi kalau udah kelas pro ^^

    yang free trial itu berapa kali pertemuan mbak? coba-coba daftar lah, sapa tau bisa dapet ilmu baru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iyaa emang dibikin simpel mas, biar bsa pada tau kalau desain simpel pun jugaa bsa jd bagus dan menariik hehehe :D

      Aamiin, doain bsa segera pro yaak. hehe :D
      cobaaa daftar mas, biar bsa rasain langsung dan one step closer to be the master :D nanti sharing tipsnyaa jugaa yak di blog :D

      Delete
  12. Hehe, aku pilih menikmati hasil
    desainnya aja boleh ya
    beneran sih untuk tips-tipsnya aku yakin kalau diikuti pasti bisa, kayaknya lebih mantap lagi kalau hobi ya
    ok deh semoga misinya tercapai say
    tetap semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii mbak mayaa :D
      iyaa mbak, tips nya udah dibuat sesederhana mungkin dgn desain yg sederhana juga :D ayoooo mbak belajar desain grafis, biar blognyaa mbak makin kecee :D

      aamiin, makasiih mbak. semangaat juga buat mbak mayaa :D

      Delete
  13. Nanti mbak Lucky akan ketagihan kalau sudah nyoba software lain selain Corel...seperti PS, Indesign, Cinema, dll. Dijamin. Sukses ya mbak....Jaga Kesehatan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaa bener bangeet, aku aja yg terlalu nyaman sama corel draw. Selain itu karena laptopnya masih belum mendukung untuk install banyak software desain grafis. Semogaa bisaa segera beli laptop baru :D Aamiin. .

      Suksess jugaa buat km yaaa :D Jaga kesehatan, semoga selalu bahagia :)

      Delete
  14. Akuh nyerah deh ngedesain cocoknya jualinnya aja hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayook mbaak belajar :D bikin yg sederhanaaa aja penting bagus wkwkw :D ndak perlu yg rumit rumit hehehe

      Delete
  15. Saya suka desain infografiknya. Saya jadi mau coba buat juga, apa bagus kalau [akai Photoshop CS3?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo mas cobaa bikiin :D hehehe baguss kata temenku, tp aku belum pernah coba sendiri. hehehe biasanya pake Coreldraw aku mas :D

      Delete
  16. Keren... Jd pgn belajar jg...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo mbaaak aku jugaa belajar terus ini :D hehehe

      Delete
  17. Aku selalu senang melihat desain-desainnya mba Lucky. Simpel tapi kece banget. Goodluck lombanya yam mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiih mbaak alidaa :D hehehe iyaa bisanya buat yg simple mbaak, belum pro ini. Masih harus banyak berlatih dan belajar terus. Aamiin, makasiih mbaak :D Good luck juga yak buat mbak alida :*

      Delete
  18. mantap kali nih infografisnya. tulisan ringan dan berbobot nih lucky :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada tamu kehormataan. Salam hormat bang deddy :D wkwkwk makasiih bang, semogaa bermanfaaat :)

      Delete
  19. Wah, harus nyimpan tulisan ini. Kelemahan saya itu di desain grafis. Koq ya merasa bego banget, gitu hehehe. Terima kasih ya tips-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo mbaak sama" belajarr, saya jugaa masih newbie ini :D hehehe
      Sama" mbaak, semogaaa bermanfaat yak :) Aamiin. .

      Delete
  20. pengen bisa desain grafis.... belajar tapi gak fahan-faham hiks hiks hikssss
    salut sama mba lucky deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai tipss aku mbaak, itu sederhana dan bisa diterapkaan buat pemulaa :D hehehe belajar dr yg sederhana dulu biar terbiasaa terus jd pro deh :D hehehe kuncinya giat berlatih dan tidak pantang menyerah untuk mencobaa hehehe :D Semangaat belajarr mbak :D

      Delete
  21. AAAK selalu kece deh, selamat udh menang, mba!!:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasihhh mbaaak. Mbak jugaa keceee :D semangaat ngeblognyaa :D

      Delete
  22. aku suka banget dengan dunia desain grafis, sekarang juga lagi cari-cari tempat kursus. pengen banget kursus. tapi di Bengkulu belum ada yang bagus untuk kursus desain grafis. semoga suatu saat bisa kursus di DUMETSchool.

    Salam kenal ya mbk, ditunggu kunjungannya di blog saya.
    Blog mbk sudah saya Follow, ditunggu Folbacknya ya mbak. hihih

    ReplyDelete
  23. Selamat Jadi Juara,,, bulan ini nulis Lomba Dumet Lagi yukkk

    ReplyDelete
  24. ilmu yg mesti dipelajarin nih utk bikin blog tambah cakep... Apalagi skrg blog yg dilengkapi dgn infografis bikin pembaca betah baca

    ReplyDelete
  25. ternyata mbak lucky jago desain ya ... kalau saya cuma bisa desain dari Photoshop

    ReplyDelete
  26. Duh, dari dulu itu pengen banget lho bisa bikin design grafis yang gambarnya bisa gonta ganti sendiri gini

    ReplyDelete
  27. Waaah kereeen! MAu donk mbak diajarin nge-desain

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES