Minggu, 07 Mei 2017

Cerdas Cermat bersama Cendekia Membumi, Memaknai Teladan Ibu Kita Kartini

Tanggal 21 April 2017. Sudah 16 hari berlalu, semenjak perayaan agung mengenang kelahiran pejuang emansipasi wanita, R.A Kartini. Memaknai perjuangan R.A Kartini yang penuh inspirasi, terutama untuk kaum wanita agar tidak ragu dan berani menuntut ilmu setinggi mungkin. Beliau adalah pelopor kebangkitan untuk pendidikan kaum wanita. Harum namanya dan akan selalu dikenang oleh setiap generasi Indonesia.

21 April lalu, saya bersama relawan Cendekia Membumi lainnya mengadakan kegiatan cerdas cermat untuk adik-adik di balai belajar desa. Mereka terlihat sangat antusias belajar mempersiapkan cerdas cermat. Mempelajari sejarah perjuangan R.A Kartini dan makna dari perjuangan yang dilakukan. Lomba cerdas cermat tidak hanya diikuti oleh para Kartini kecil namun juga para Kartono yang tak kalah semangat mengenal R.A Kartini lebih dekat. Tema Cerdas Cermat perayaan hari kartini tahun ini adalah "Kartini, Inspirasi Membangun Negeri".
https://www.instagram.com/cendekiamembumi/
Lomba Cerdas Cermat ini dibagi menjadi 3 babak karena peserta didik yang cukup banyak sehingga harus dilakukan babak penyisihan terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan babak rebutan dan babak benar salah. Untuk detail cerdas cermatnya seperti berikut: 

Peraturan Cerdas Cermat Hari Kartini 2017
  • Setiap kelompok terdiri dari 3 orang, anggota kelompok bisa campur kelas 5 dan 6 atau masing-masing kelas terpisah
  • Setiap kelompok akan memiliki nama unik dan yel-yel masing-masing

Cerdas Cermat terdiri dari 3 Babak
Babak 1 [Babak Penyisihan]
Setiap kelompok masing-masing akan mendapatkan 5 pertanyaan. Sebelumnya sudah dibuat sekitar kurang lebih 40 pertanyaan seputar sejarah dan perjuangan R.A Kartini. Setiap perwakilan kelompok mengambil 5 buah undian dan nomor yang tertera dalam undian tersebut berisi nomor pertanyaan yang telah dibuat. Setelah babak penyisihan ini akan diambil 2 kloter (6 kelompok untuk menuju babak rebutan) dengan perolehan nilai tertinggi. Nilai benar 25, salah 0.
Babak 2 [Babak Rebutan]
Pada babak rebutan ini terdiri dari 2 kloter masing-masing 3 kelompok. Disini dibutuhkan kerjasama untuk mengontrol dan melihat siapa saja yang lebih dulu mengangkat papan. Pada babak ini akan diberikan 10 soal untuk masing-masing kloter. Setelah babak penyisihan ini akan diambil 3 kelompok dengan nilai akumulasi tertinggi dari Babak Penyisihan dan Babak Rebutan. Nilai benar pertama 25, Nilai benar hasil rebutan 20, nilai salah -15.

Babak 3 [Babak Benar Salah]

Untuk babak ke 3 setiap kelompok dibagikan kertas bertuliskan benar-salah. Pada babak ini, ketiga kelompok akan diberikan 10 pertanyaan yang dibacakan oleh pembaca soal. Jika menurut kelompok benar, maka mengangkat kerta bertuliskan benar. Jika salah mengangkat kertas tulisan salah. Agar tidak terjadi contek mencontek, setiap batas kelompok diberikan 1 pengawas. Setelah soal selesai dibacakan, pada hitungan 1,2,3 setiap perwakilan kelompok harus mengangkat jawaban mereka. Kalau ada yang telat maka diberikan pemotongan nilai. Nilai benar 25, Nilai telat benar 15, Nilai telat salah -5, Nilai salah tepat waktu 0, Poin 20 untuk kelompok yang memberikan pembenaran.

https://www.instagram.com/cendekiamembumi/
Soal Cerdas Cermat
Babak Penyisihan
1. Tahun berapakah RA Kartini dilahirkan? 1879
2. Di kota manakah RA Kartini di lahirkan? Jepara
3. Siapakah nama Ayah dari RA Kartini? Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat
4. Pada saat Kartini dilahirkan, Apakah posisi dari Ayahnya RA Kartini? Bupati Jepara
5. Siapakahh nama Ibunda RA Kartini? M.A Ngasirah
6. Berapakah jumlah saudara (tiri dan kandung) dari RA Kartini? 10
7. Anak keberapakah RA Kartini itu? 5
8. Siapakah nama kakak RA Kartini yang pintar dalam bidang Bahasa? Sosrokartono
9. Siapakah nama kakek R.A Kartini? Pangeran Ario Tjondronegoro IV
10. Apakah nama Surat kabar terbitan Semarang yang banyak dibaca oleh RA Kartini?
De Locomotief
11. Dimanakah Kartini bersekolah? ELS (Europese Lagere School)
12. Sampai usia berapakah Kartini bersekolah di ELS? 12 tahun
13. Siapakah nama teman Belanda dari RA Kartini yang mendukung pemikiran-pemikirannya? Rosa Abendanon
14. Pada usia berapakah RA Kartini dinikahkan? 24 tahun
15. Pada tahun berapakah RA Kartini menikah? 1903
16. Pada tanggal berapakah R.A Kartini menikah? 12 November
17. Siapakah nama Suami dari RA Kartini? K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat
18. Suami RA Kartini, merupakan seorang Bupati yang menjabat di kota? Rembang
19. Siapakah nama anak pertama Dari RA Kartini? Soesalit Djojoadhiningrat
20. Pada tanggal berapakah RA Kartini melahirkan anak pertamanya? 13 September 1904
21. Berapakah jumlah anak R.A Kartini? Satu
22. Pada usia berpaakah RA Kartini melahirkan anak pertamanya? 25 tahun
23. Pada usia berapakah RA Kartini wafat? 25 tahun
24. Pada tanggal berapakah RA Kartini Wafat? 17 September
25. Pada tahun berapakah RA Kartini wafat? 1904
26. Didesa manakah RA Kartini dikebumikan? Bulu
27. Dikabupaten manakah RA Kartini di Kebumikan? Rembang
28. Apakah nama Sekolah yang didirkan setelah RA Kartini wafat? Sekolah Kartini
29. Apakah nama buku pertama yang terbit yang berisikan surat-surat yang pernah ia tulis? Door Duisternis tot Licht (Dari Kegelapan Menuju Cahaya)
30. Siapakah penerjemah buku Habis Gelap Terbitlah Terang: Boeah Pikiran? Empat Saudara
31. Pada tahun berapakah buku Habis Gelap Terbitlah Terang diterbitkan? 1922
32. Pada tahun berapakah Ir.Soekarno menetapkan R.A Kartini
sebagai pahlawan kemerdekaan? 1964
33. Pada tahun berapakah didirikan Sekolah Kartini di Semarang? 1912
34. Apakah nama majalah yang memuat tulisan kartini? De Hollandsche Lelie
35. Apakah profesi Suami R.A Kartini? Bupati Rembang

https://www.instagram.com/cendekiamembumi/
Babak Rebutan
1. Siapakah nama Pria yang menulis buku pertama tentang RA KArtini? J.H. Abendanon
2. Pada tahun berapakah kumpulan surat RA Kartini di terbitkan? 1911
3. Dalam bahasa apakah kumpulan surat RA Kartini diterbitkan tahun 1922? Bahasa Melayu
4. Apakah tujuan dari perjuangan wanita yang diharapkan oleh RA Kartini? Memperoleh kebebasan, otonomi dan persamaan hukum sebagai bagian dari gerakan yang lebih luas.
5. Siapakah salah satu tokoh yang terinspirasi dari tulisan-tulisan yang telah ditulis oleh RA Kartini? W.R Soepratman
6. Siapakah judul lagu yang diciptakan oleh W.R Soepratman? Ibu Kita Kartini
7. Dalam bahasa apa sajakah terjemahan kumpulan surat RA Kartini? Belanda, Melayu, Sunda, Jawa, Inggris
8. Apakah yang dipelajari oleh Kartini selama bersekolah di ELS? Bahasa Belanda
9. Apakah yang membuat kakek RA Kartini terkenal pada pertengahan abad ke-19? memberi pendidikan Barat kepada anak-anaknya
10. Kenapa Kartini harus tinggal dirumah setelah usia 12 tahun? Karena sudah bisa dipingit
 
https://www.instagram.com/cendekiamembumi/

Babak Benar Salah
1. Kartini adalah anak ke 5 dari 11 bersaudara. Benar
2. Kartini menikah dengan Raden Adipati Joyohadiningrat pada tanggal 12 November 1903. Benar
3. Kartini lahir pada tahun 1979. Salah
4. RA KArtini dikebumikan di Desa Bulu, Kabupaten Rembang. Benar
5. Pangeran Ario Tjondronegoro IV merupakan kakek dari RA Kartini. Benar
6. RA Kartini memilki 2 anak laki-laki yang sangat rupawan. Salah
7. Kartini menuliskan penderitaan perempuan Jawa seperti harus dipingit, tidak bebas dalam bentuk menuntut ilmu atau belajar serta tidak adanya adat yang mengekang kebebasan perempuan. Benar
8. Kartini wafat pada usia 55 tahun. Salah
9. RA Kartini menikah dengan Bupati Jepara bernama K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat. Salah
10. Kumpulan Surat R.A Kartini diterjemahkan dalam bahasa Jepang, Inggris, Belanda, Sunda, Jawa. Salah
https://www.instagram.com/cendekiamembumi/
Lomba Cerdas Cermat berjalan sangat menyenangkan dan penuh semangat. Adik-adik Cendekia Membumi juga belajar banyak hal dari proses Lomba Cerdas Cermat ini. Belajar sejarah R.A Kartini, ketepatan waktu, keberanian memberikan jawaban, kejujuran, ketangkasan, dan menghargai orang lain saat berpendapat. 
“Alangkah besar bedanya bagi masyarakat Indonesia bila kaum perempuan dididik baik-baik. Dan untuk keperluan perempuan itu sendiri, berharaplah kami dengan harapan yang sangat supaya disediakan pelajaran dan pendidikan, karena inilah yang akan membawa bahagia baginya.” 
Surat kepada Nyonya Van Kool (Agustus 1901) - R.A Kartini 

Terima kasih Ibu R.A Kartini, setiap kebaikan dan perjuanganmu akan senantiasa menjadi inspirasi para Kartini masa kini untuk membangun negeri. Mari bergegas membuat perubahan. Negeri ini butuh generasi yang tidak hanya pintar berorasi ataupun mengobral janji. Tapi lebih membutuhkan generasi cerdas yang beraksi membangun negeri.

9 komentar:

  1. Sebelumnya aku mau bilang itu infografis bu kartininya keren bgt mba jelimet gtu mb Lukcy hebatttt :)
    kegiatan relawan cendekia membumi ini keren dengan adanya cerdas cermat anak2 jadi terstimulus untuk ingin tahu lagi sosok ibu kartini yah mba dan aku yang baca ini juga manggut2 oo ternyata ibu kartini begini dan begitu.
    Mari kita meneruskan perjuangan Kartini maupun tokoh perempuan inspiratif lainnya sebagai pahlawan Indonesia bukan lagi waktunya mempertanyakan mengapa harus Kartini yang selalu dirayakan kenapa tidak yang lain.
    Semangat buat mb dan teman2 cendekia semoga kegiatan ini terus menular dan konsisten

    BalasHapus
    Balasan
    1. sependapat sama mbak herva ttg infografisnya mbak :) eyecatching

      kalau ada cerdas cermat jadi inget jaman sd dulu pas ikut-ikut lomba macam ini. deg-deg'an kalau udah masuk final dan babak rebutan. lomba kaya gini rutin diadain mbak? apa pas hari-hari tertentu aja?

      Hapus
  2. Waha kartono juga ikutan ya. Ikut partisipasi. Bagus nih. Sejarah harus terus dilestarikan.
    Banyak anak-anak sekarang lebih suka nonton anak jalanan daripada ngenal sejarah negrinya.

    BalasHapus
  3. Wow cerdas cermatnya semuanya ttg Kartini ya. Jadi bisa makin mengenal lagi sosok Ibu Kartini dengan segala perjuangan untuk kaum perempuan di masanya.

    BalasHapus
  4. Keren-keren nih, Mba. Baca-baca soalnya teringat disaat dulu ngisi soal yang seperti itu..hehe
    Tapi ini bisa nambah wawasan juga buat yang baca, jangankan anak-anak. Terkadang aku aja suka ada yang lupa, bahkan tidak tahu. Jadi tak ada salahya belajar lagi :)

    Soal-soalnya buat bikin cerdas juga boleh nih :)
    Ini gurunya bener-bener sosok kartini :)

    Aku suka sama ruang kelasnya, terutama di dindingnya itu banyak banget kertas yang di tempel. Dulu waktu sekolah aku juga gitu, asik ngumpulin dan buat kata-kata mutiara buat di dinding :)

    BalasHapus
  5. Cendekia membumi hebat! Sangat inspiratif ya...
    Trus berkarya!

    BalasHapus
  6. Idenya cemerlang banget Mbak Lucky :)

    BalasHapus
  7. Keren lombanya. Salut buat Cendekia Membumi memiliki ide cemerlang. Biasanya anak-anak mengikuti peringatan hari Kartini tapi tidak tahu siapa itu RA. Kartini. Sekedarnya saja. Atau bahkan cuma mengerti bahwa tanggal 21 April adalah hari Kartini, maka di sekolah wajib memperingatinya dengan baju adat Jawa. So sad kan kalau begini.

    BalasHapus
  8. omg, aku kalo ikut lomba cerdas cermatnya cuma bisa cengok nih ;p.. kok cuma dikiiiit bnget yg tau jawabannya :D.. efek udh lama ga megang buku sejarah :D

    ibu kartini ini meninggalnya muda sekali ya :(... sbnrnya sakit apa sih mba? tekanan batinnya terlalu kali ya sampe akhirnya sakit dan meninggal?nebak doang sih ini

    BalasHapus

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES