Kamis, 20 April 2017

Memperkuat Gravitasi dengan Terus Berkarya dan Berbagi

Sama halnya dengan melihat langit dan menikmati setiap tetes bulir hujan, menulis dan mengabadikan momen yang ada dengan kamera menjadi dua hal yang sangat saya suka. Istilah kerennya favorit, kegemaran ataupun hobby. Literasi dan fotografi, dua hal yang saling mendukung satu sama lain. Satu atau dua baris caption yang diberikan pada sebuah foto hanya mewakili secuil makna dari foto yang ada. A photo is worth a thousand words. Berjuta makna, berbagai perspektif.
A photo paints a million of words and memories (Credits: Lucky Caesar)
Dunia fotografi membuat saya jatuh cinta diam-diam secara perlahan. Jatuh berkali-kali bahkan. Seperti halnya menulis, fotografi membuat kenangan menjadi lebih abadi. Setiap melihat hasil jepretan, pasti terlintas memori saat mengambil fotonya dan kenangan yang terjadi saat itu. Literasi dengan fotografi menjadi lebih utuh dan berbicara. Begitupun sebaliknya, fotografi dengan literasi juga saling melengkapi.

Menekuni Dunia Fotografi
Saya mulai menekuni dunia fotografi sejak 6 tahun yang lalu. Setelah lulus dari sekolah menengah akhir, saya menjadi lebih suka hunting foto untuk refreshing dan mendapatkan kesenangan batin. Melakukan apa yang kita suka memberikan kebahagiaan tersendiri, melepas penat ataupun sejenak mengisi waktu luang. Masih ingat sekali saat awal dulu saya menekuni fotografi menggunakan kamera handphone 2MP. Pada jaman itu kamera masih menjadi barang mahal, untuk handphone dengan kamera belakang 2MP harganya masih selangit. 

Seiring berjalannya waktu, ada rezeki lebih untuk membeli kamera digital. Setelah itu saya mengambil foto dengan kamera digital namun juga masih sering menggunakan HP. Satu tahun berlalu menekuni dunia fotografi, ingin sekali untuk bisa upgrade kemampuan fotografi dan juga tools nya. Akhirnya tahun 2012 saya mulai menabung untuk membeli kamera DSLR.
State of The Art: Photography (Credits: Lucky Caesar)
Great things always take time. Setelah menabung kurang lebih 1 tahun dari uang beasiswa yang saya dapatkan, pertengahan tahun 2013 saya bisa membeli kamera DSLR Canon tipe 500D. Mulai sejak itu, saya jadi lebih sering hunting foto dan upgrade kemampuan diri dengan mengikuti pelatihan-pelatihan fotografi.  Insya Allah setiap niat baik pasti ada jalan, asal terus berusaha dan tidak mudah menyerah untuk mencapainya.

Upgrade Diri dan Aplikasikan Ilmu yang Dimiliki
Saya mengaplikasikan ilmu yang didapat dari beberapa pelatihan dengan bergabung dalam kepanitiaan di kampus dan kegiatan non-government organization (NGO) di Surabaya. Saya langganan menjadi divisi media dan informasi dalam kegiatan yang saya ikuti. Selama 3,5 tahun, saya setia berkontribusi di divisi media dan informasi (medfo) sebagai volunteer ITS International Office.

Mengabadikan momen pada setiap kegiatan atau project selalu memberikan tantangan tersendiri untuk saya. Menghasilkan foto terbaik yang penuh kenangan dan makna tersirat saat melihatnya. Being a good fotografer needs a lot of practice and I dare to make it 😎
Love to capture moments and expressions (Credits: Lucky Caesar)
Practice makes perfect. Melihat perkembangan kemampuan fotografi yang saya miliki tentu memberikan kepuasan tersendiri. Berawal dari keseringan menjadi panitia dalam berbagai kegiatan membuat saya semakin mahir dalam mengambil momen yang tepat, angle terbaik dan tentunya pencahayaan saat mengambil foto. Awalnya hanya iseng-iseng mengirimkan foto-foto terbaik ke berbagai perlombaan. Tujuan sebenarnya hanya ingin berpartisipasi dan ingin tahu seberapa pro saya dalam mengambil foto dan mengabadaikan momen yang berkualitas.

Beberapa kali saya beruntung menjuari kompetisi fotografi di tingkat nasional. Namun tidak jarang pula kalah dan hanya gigit jari melihat foto-foto kontestan lain yang sangat bagus. Menang hanyalah bonus dari sebuah perlombaan. Yang terpenting adalah proses dan pesan yang didapatkan. Harus terus berlatih untuk mengasah kemampuan diri, terus bersyukur diberikan kesempatan untuk belajar banyak hal.
If great is possible, good is not enough (Credits: Lucky Caesar)
Keterbatasan memori membuat manusia tidak bisa mengingat semua hal. Fotografi membuat kenangan menjadi lebih abadi. Sering kalau sedang pulang kampung saya melihat album kenangan saat bayi dulu. Saya bahkan sepenuhnya tidak ingat. Namun dari foto itu, Ibuk bercerita panjang lebar mengenai masa-masa saya masih kecil dulu. 

Fotografi pun bisa menghasilkan karya-karya istimewa yang menginspirasi banyak orang. Membuat banyak orang tergerak hatinya untuk terus berprestasi ataupun ingin travelling melihat keindahan panorama dengan mata kepala sendiri. Satu jepretan foto, bisa bermakna mendalam bagi seseorang. Mendalami dunia fotografi dengan terus berkarya dan menebar kebaikan melalui jepretan foto yang ada mampu memperkuat gravitasi diri pada lingkungan. Memperkuat gravitasi berarti menebar inspirasi pada sekitar.

Pada dasarnya masing-masing dari kita memiliki gravitasi dengan tingkat kekuatan yang berbeda-beda. Menjadi pusat gravitasi tentulah bisa dilakukan dengan terus memberikan kebermanfaatan untuk lingkungan sekitar. Semakin banyak karya, semakin menginspirasi, semakin sering berbagi kebaikan maka semakin kuat pula gravitasi ke lingkungan sekitar. Eitss, tentunya setiap orang pasti punya gravitasi dengan versi masing-masing. Satu yang pasti, setiap karya yang ditorehkan dan hal baik yang dibagikan akan semakin memperkuat gravitasi 😊.

Tidak Hanya Fotografi, Menulis juga Memperkuat Gravitasi pada Lingkungan
Saya menekuni fotografi dengan dedikasi tinggi sembari tetap berbagi kebermanfaatan melalui aktifitas favorit saya lainnya, yaitu menulis atau blogging yang tentu bisa memperkuat gravitasi pada lingkungan sekitar. Menulis memberikan nafas sejuk pada kehidupan, seperti halnya fotografi, menulis juga membuat kenangan lebih abadi dan tentunya bermanfaat ketika dibagikan dengan yang lain. Saya lebih dulu mendalami dunia jurnalistik 10 tahun yang lalu. Bergabung dengan tim mading dan majalah saat masa SMP memberikan banyak bekal dan pelajaran berharga dalam mengembangkan ke jenjang berikutnya.
Penghargaan dari mengikuti Lomba Blog (detail klik di sini)
Saat SMA, saya pun bergabung dengan ekstrakurikuler jurnalistik dan mulai memasuki dunia blogging. Beberapa pelatihan dari media cetak pun telah beberapa kali saya ikuti. Belajar mengenai jurnalistik sekaligus teknik mengambil foto yang baik. Belajar jurnalistik membawa saya mulai mencoba dunia penelitian hingga sampai sekarang saya menjadi praktisi teknik lingkungan. Sewaktu SMA saya pernah membuat karbon aktif penyaringan air dari limbah kulit singkong dan juga kulit kacang. Ketertarikan terhadap dunia penelitian dan kecintaan pada dunia literasi membuat saya semakin tertantang menjadi praktisi di bidang teknik lingkungan.

Sebagai praktisi lingkungan, saya bahagia bisa turut serta memecahkan berbagai permasalahn lingkungan yang tidak ada habisnya. Membuat terobosan terbaru mengenai pengolahan limbah terpadu yang sangat bermanfaat untuk lingkungan sekitar. Setiap desain perencanaan teknologi yang dibuat dan keputusan penilaian lingkungan yang dilakukan akan memberikan dampak besar bagi masyarakat dan tentunya untuk mencapai lingkungan yang berkelanjutan. 

Saya memiliki beberapa tips ala Lucy yang saya lakukan untuk memperkuat gravitasi diri dengan terus berkarya dan menginspirasi:
Proud to be yourself and loving who you are
Bangga menjadi diri sendiri  akan memancarkan pesona diri yang istimewa. Banyak dari kita yang sering kecil hati ketika melihat orang lain lebih dari apa yang kita punya. Entah itu lebih pintar, lebih kaya, lebih cantik, lebih langsing dan lebih-lebih lainnya. 

Rumput tetangga memang lebih hijau. Kiasannya mungkin demikian, namun kalau dilihat lebih bijaksana, setiap dari kita pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi sebaiknya tidak perlu kecil hati, lihat potensi diri dan maksimalkan kelebihan yang ada agar pesona dalam diri lebih bersinar dan bisa mengispirasi orang-orang sekitar.
Tidak hanya itu, mencintai diri sendiri juga menjadi salah satu cara memperkuat gravitasi diri. Hal paling susah adalah mengendalikan diri sendiri. Menasehati orang lain untuk selalu bahagia dan tidak kecil hati tentu sangat mudah, namun apakah kita sudah selalu bahagia dan besar hati terhadap apa yang terjadi? I am not sure, bagian kecil hati kita pasti masih sering bertanya-tanya “Masa iya sih?” dan tidak jarang sering kecil hati. Saya pun kadang demikian.

Mencintai diri sendiri sebagai salah satu cara mengenal diri lebih dekat, menjadi diri sendiri seutuhnya. Tanpa menggunakan topeng. Dengan begitu, gravitasi diri menjadi semakin kuat karena inner beauty semakin memancar terang dan banyak orang semakin bahagia berteman dengan kamu. Well, it works in incredible ways πŸ˜‡
Kontributor Media dan Informasi Komunitas Cendekia Membumi
Berbagi bahagia dan kebermanfaatan untuk sekitar 
Sebaik-baiknya manusia adalah yang memberikan manfaat untuk orang lain. Memperkuat gravitasi diri dengan berbagi bahagia dan kebermanfaatan untuk sekitar adalah hal yang menyenangkan. Dunia fotografi dan literasi menjadi wadah saya untuk bisa berbagi bahagia dan kebermanfaatan untuk lingkungan sekitar sembari memperkuat gravitasi diri agar orang-orang disekitar juga ikut berbagi kebermanfaatan dengan yang lain. 

Berbagi menjadi hal yang sangat mudah untuk beberapa orang, namun bisa jadi hal yang sangat susah untuk beberapa orang yang lain. Semuanya tergantung pada niat masing-masing, teguhkan niat untuk jalan kebaikan. Insya Allah akan dikuatkan agar bisa selalu bermanfaat untuk sekitar.
Indahnya Berbagi Kebermanfaatan (Credits: Lucky Caesar)
Terus berkarya dan upgrade kemampuan diri 
Bangga menjadi diri sendiri dan kesediaan untuk berbagi kebermanfaatan akan terasa kurang tanpa disertai dengan semangat terus berkarya dan meningkatkan kemampuan diri. Terus berkarya dan upgrade potensi diri agar lebih siap menjadi pemilik masa depan. Terus berani untuk berkarya, jika gagal coba lagi. Masih kurang bagus maka belajar lagi dan lagi. 
Beberapa karya di bidang penelitian (Credits: Lucky Caesar)

Kalau tak ada keberanian, memanglah tidak bisa didapat kemajuan,
terutama dalam pengetahuan – Tan Malaka

Bahagianya saya, semakin majunya teknologi maka semakin tertantang untuk membuat karya-karya yang bermanfaat untuk sekitar dan masa depan. Keberadaan smartphone Luna sangat mendukung upaya saya untuk terus berkarya dan memperkuat gravitasi diri pada lingkungan sekitar. Terjun menekuni dunia fotografi, literasi dan penelitian membuat saya memerlukan gadget yang selain stylish juga tahan banting dan memiliki banyak fitur yang kompatibel dalam fotografi, menulis serta meneliti sehingga upaya untuk bisa memperkuat gravitasi diri bisa terwujud. Smartphone Luna memenuhi kebutuhan yang ada dengan kelebihan yang dimiliki.

Smartphone Luna – Memperkuat Gravitasi dengan Terus Berkarya dan Berkreasi 
Dilengkapi dengan berbagi inovasi teknologi membuat smartphone Luna menjadi incaran dan favorit banyak kalangan, termasuk saya. Smartphone Luna memiliki layar yang luas 5,5” FHD dengan resolusi 1920 x 1080 dan jenis layar Gorila Glass 3 sehingga tahan banting dan tahan terhadap goresan. 

Fitur gorilla glass 3 ini membuat smartphone Luna akan tetap mulus dan utuh meskipun terjatuh sekalipun. Nah, ini cocok sekali untuk saya yang notabene kurang hati-hati saat membawa atau menggunakan HP. Handphone sering kali jatuh secara sengaja ataupun tidak sengaja, bahkan pernah jatuh dari motor. Hiks #mybad 😒
Asiknya lagi, model smartphone Luna yang stylish ini dilengkapi anodized alumunium pada bagian frame dan body berbahan alumunium full metal dengan polishing yang sangat halus memberikan kesan elegan dan lebih istimewa. Smartphone Luna memiliki ketebalan 7,388 mm, jadi lebih ramping dan pas di genggaman serta lebih praktis saat disimpan di saku. Smartphone Luna juga membuat aktivitas lebih flexible tanpa harus berat membawanya. Untuk kegiatan fotografi, misalnya hunting foto, smartphone Luna sangat pas sekali digunakan jika ingin praktis dan tidak ingin berat membawa kamera DSLR. 

Dilengkapi dengan IPS 178 membuat smartphone Luna semakin dikagumi. Apa sih pentingnya IPS? Nah, IPS (In Plane Switching), yaitu teknologi panel LCD yang membuat smartphone Luna mampu menampilkan warna secara akurat serta konsisten dari semua sudut pandang sampai 178 derajat. Sangat mendukung banget untuk aktivitas fotografi, apalagi IPS ini juga membuat gambar yang jelas dengan respon yang stabil.
Smartphone Luna memiliki kamera utama 13MP dan kamera depan 8MP yang dilengkapi dengan F 2.0 Aperture dengan 80 derajat wide angle. Hal ini sangat membantu dalam pengambilan foto dengan sudut yang besar dan luas. Maka tidak perlu untuk sampai melakukan crop saat melakukan grup foto atau foto yang membutuhkan space besar namun tetap dalam jarak yang tidak terlalu jauh. 

Smartphone Luna juga dilengkapi Dual Tone Flash, 22 scene options serta 25 filter effects yang sangat mendukung dalam pengambilan foto. Bahkan kualitas fotonya hampir sama dengan Iphone 6. Jadi semacam android rasa Iphone nih  😁. Semakin kuat deh gaya gravitasi dalam dunia fotografi bersama smartphone Luna. Praktis, stylish dan outstanding banget fitur-fiturnya! Harga smartphone Luna cukup terjangkau, yaitu sekitar 3,9 – 4,5 juta dengan fitur super lengkap dan performa yang luar biasa.  Andalan banget smartphone Luna! 😁 
Kelebihan smartphone Luna lainnya yang sangat mendukung aktivitas multitasking saya untuk fotografi, literasi dan penelitian adalah dilengkapi dengan prosessor Qualcomm® Snapdragon™ 801 quad-core 2.5GHz dan RAM 3GB LPDDR3 dengan efisiensi daya serta memori  yang tinggi. Smartphone Luna juga dilengkapi dual SIM card dan dukungan 4G LTE Cat.4 dengan kecepatan download maksimum sebesar 150 Mbps sehingga aktivitas browshing jurnal-jurnal penelitian ataupun konten pendukung saat menulis bisa lebih cepat dan tanpa lag atau eror.

Smartphone Luna memiliki kapasitas baterai yang besar yaitu 3000mAh. Selain itu, smartphone Luna juga memiliki daya tahan yang lama dan pengisian daya yang cepat. Dalam waktu 1 jam dapat mengisi daya baterai hingga 80%. Wah, hemat waktu dan hemat daya juga 😊 Cocok untuk para blogger, fotografer, traveller, ataupun para wirausaha yang multitasking dan mobilitas tinggi. Ngecharge lebih cepat dan baterai juga tahan lama 😁
Berbagai keunggulan smartphone Luna ini sangat membantu saya dalam terus berkarya, terus berkreasi dan terus memperkuat gravitasi diri ke lingkungan sekitar. Bersama smartphone Luna menjadi lebih semangat untuk terus menebar kebaikan, berbagi kebermanfaatan untuk sekitar serta menjadi gravitasi bagi orang lain untuk menjadi lebih baik lagi #BeTheGravity #SmartphoneLUNA

Referensi:

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition "Memperkuat Gravitasi Dunia bersama Smartphone Luna". 

80 komentar:

  1. Aku baru tau ada smartphone ini :D
    Btw emang kalau menebar kebaikan pasti alam juga akan balik memberikan kebaikan pada kita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbaak, yuk atuh kepo" Luna mbak san. Cocok atuh buat travel blogger dan bisa motoin rayaa sering" samaa ini. Hasilnya ndak kalah sama iphone dengan harga terjangkau. Hehehe

      Nah, itu gravitasi mbaaak. Akan menarik hal-hal baik untuk datang (juga) ke si empunya :) Selamat berkarya dan menebar kebaikaan yak :D

      Hapus
  2. "wah....."
    itu kata-kata yang keluar dari mulut ane waktu ngeliat karya foto sista, kereeeen!
    Ane juga suka dengan dunia fotografi tapi selalu punya alasan untuk gagal mengupgrade skill, makanya ane salut banget dengan sista, karena bisa memanfaatkan waktu dengan baik.

    "Menjadi pusat Gravitasi dengan menghasilkan karya yang menarik"
    itu juga yang ingin Ane wujudkan, trimakasih sist atas artikelnya yang keren, ane jadi termotivasi untuk bisa semakin meningkatkan skill

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iyaa mas, harus terus berlatih biar lebih pro :D Iyaaa, manajemen waktu yang baik biar gravitasi makin kuat dan makin bermanfaat untuk sekitar :D

      Semogaa bermanfaat mas yaa :D Semangaaaat untuk terus berkarya dan upgrade terus potensi diri :)

      Hapus
  3. Waa keren banget sih, nulis bisa motret bisa, makin keren lagi kalo berkarya pake hape luna ya kak, komen jg yuk k blogku hihi ikutan jg #bethegravity. Good luck lombanya ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah adaa mbaak april :D hehehe alhamdulillah, masih teruss belajarr mbaak biar makin pro nulis kaya mbak april hehehe #sungkemdulu. Iyaaak, bersama luna jd lebih semangat berkarya dan lebih handal multitaskingnya. Hehehe. . Siap meluncuurrr. Mbak juga goodluck yaaak :D

      Hapus
  4. Nama smartphonenya cantik ya, fiturnya keren, bisa dijadiin tool beburu moment donk ini mah. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, cantiik mbak ya. Kualitasnya juga super cantik hehehe. .
      Yuhuu mbak helnii, lebih praktis dengan kualitas foto yang fantastis :D Bisa bikin blog dan portofolio jepretan jd makin cihuy :D

      Hapus
  5. Gravitasinya lucky luar biasa. Semakin luar biasa jika didukung Lunak.. Yuk, segera miliki..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semogaa ke depan makin kuaat ya kang gravitasinyaa. Hehehe terus berkarya dan berbagi bahagiaa dengan Luna, agar berkah juga makin melimpaah. Aamiin :D Iyaa kang, bagus bangeet yaak fitur"nya :D

      Hapus
    2. Lebih tepatnya Luna mas, ponsel cerdas tahan banting. Kalau lunak biasane tulang lunak. Wkwkwkwkwkwk.

      Kontennya keren, bahasannya menarik, semoga menginspirasi banyak orang

      Hapus
    3. hehehe typoo itu mas yoyo, ya kang ya? hehehe maksudnya tadi Lunaa, eh K nya kepencet. Jadi inget tulang lunak :D wkwkkw

      Aamiin, semogaa bermanfaat yaa mas dan jadi gravitasi banyak orang untuk menjadi lebih baik lagi. Aamiin. :D

      Hapus
  6. Sangat inspiratif mbak lucky, jadi ketampar saya. Seumur hidup ngapain aja ya, udh bermanfaatkah ato belum bagi sekitarπŸ˜–

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe makasih mas, semogaaa bermanfaat mas yaaa. Mas loo jugaa kueren dan blognyaa kece bingitss. Terus berkaryaa mas yaa biar makin kuat gravitasinya dan bermanfaat untuk sekitar. Semangaaaat :D

      Hapus
  7. Untuk foto2 makanan asyik banget ini. Smartphone tapi kualitasnya wow

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak nit, asikk seru ini. Jadi keasikan foto malahan daripada makannya. Hehehe. . Kualitas super wow mbak ya, harganya juga terjangkau :D

      Hapus
  8. achievement nya bikin saya melongo mbak, banyak banget :)

    saya juga tertarik dg dunia foto, tp sekarang masih menggunakan kamera ponsel.
    *iya, belum punya dslr atau kamera profesional lainnya sih hehe* suka takjub sama hasil bidikan fotografer-fotografer kece diluaran sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe alhamdulilah mas, Allah Maha Baik :) Semoga makin banyak karya dan prestasi yang diraih kedepannya. Aamiin :D

      Hehee iyaa mas, jepretan dengan kamera ponsel bisaaa kok dapat hasil bagus. Apalagi pake Luna :D Banyakin latihan dan tips-trick mengambil foto dengan angle serta pencahayaan yg bagus mas. Yakiin deh, kamera ponsel juga tak kalah bagusnya dengan hasil jepretan kamera DSLR :D Semangaat berkaryaa mas :D Biar makin kuat gravitasinya, hehehe

      Hapus
  9. Pertama saya mau bilang keren blognya!
    Salam kenal ya.
    Saya juga sedikit hobi foto-foto. Tapi foto-foto yg diatas bagus banget ��
    Pantas kalau sering menang lomba.
    Oiya itu link banyak amat? Dofollow semua kah? Bahaya tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mas putra. Makasiih mass semogaa makin keren lagi kedepannyaa. Aamiin. 😁 salam kenal jugaa yaa. .

      Hehehe iyaa masih terus belajaar mass biar lebih pro lagi. Alhamdulilaah, diberikan kesempatan buat menang dan belajar banyak hal 😁 iyaak itu cuma satu link kokk mas. Biar pembacaa bisa lebih tau dan mengenal Luna dan kelebihannyaa. Monggo di klik nanti kenalan sama Luna. Pasti kagum dan pengen punya. Hehehe 😁

      Hapus
  10. Kalau bagi saya, ngeblog itu bukan hanya tentang menulis, tapi juga tentang fotografi. Nah, dengan adanya kamera dari setara iPhone 6S dari smartphone luna ini, aktifitas ngeblog pun semakin lancar karena mampu menghasilkan gambar gambar yang lebih terang. Btw komentar ya di artikel saya http://www.amir-silangit.com/2017/04/menjadi-gravitasi-di-lingkungan-sekitar.html terimakasih, sukse untuk lombanya ^_^ #BeTheGravity with #SmartphoneLUNA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mas. . Lunaa sangat cocok yaa buat para fotografer yg ingin ttp simple tanpa berat dengan membawa DSLR tp jepretan ttp kece. . 😁😁

      Hapus
  11. Dan saya mau komentar lagi Mbak, boleh ya xixiii. fotonya bagus bagus Mbak, jepret momentnya berkesan banget, sip banget pokonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkw iyaa mas alhamdulillaah. Makasihh mas, terus belajaar ini biar lebih pro lagi. Saya sukaa ambil foto yg ekspresiif gtu mas 😁 ngena banget momentnya. .😊

      Hapus
  12. Fotonya apik2, prestasinya banyak, wah, keren banget sih mba, bagi-bagi ilmunya dong 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiih mbaaak, alhamdulilaah mbaak ini teruss belajaar dan berkaryaa agaar lebih pro lg kedepannyaa. Yukkk mbaak belajar bareeng. Hehehe😊

      Hapus
  13. Goodluck Lucky.
    Luna lg happening banget ya..
    Jd penasaran dgn hasil jepretannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. . Makasiih mbaak. . Iyaa hasil jepretannya bagus" mbaak, setara dengan iphone 6 gtu. Jernih dan tajem warnanyaa. . 😁😁

      Hapus
  14. Saya naksir dengan resolusi kameranya sungguh memikat hati. Saya juga lagi belajar photography, tapi ya itu masih menggunakan alat smartphone. Belum bisa ke beli kamera DSLR.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa bang. Akuu jugaaa terpikat ini πŸ˜‚. Harga terjangkau dengan kualitas yg luar biasa. Nabuung buat smartphone ini bang😁 biar skalian smartphone baru dan tambah rajin hunting foto trus dibikin album fotografi Luna 😊 wkwkwk

      Hapus
  15. Salut padamu Mbak. fotografina juga tulisan2nya inspiratif sekali. SUkses buat lombana ya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii mbaak widyaaa 😁😁 lamaa ndak jumpaa. ..

      Iyaa kan aku jugaa terinspirasi mbaak untuk terus berkarya 😊 semogaa bermanfaat mbak yaa dan memperkuat gravitasi ke sekitar biar makin rajin berkarya juga. Hehehe. . Aamiin. Makasiih mbaak widya 😁😘

      Hapus
  16. Asik keren banget sering menang lomba blog mba. Sukses selalu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah mbaak atas doa dan dukungan banyak orang mbak 😁😁 teruss berlatih, terus menulis dan terus berkaryaa biar lebih baik lagii kedepannya. Aamiin. .

      Makasiiih mbaak, suksess buaat mbakk jugaa yaa. . Blognyaa makin asikk dan kecee euy. Ku jd betah bw nyaa. .😁

      Hapus
  17. Kok keren kali ya, fotonya bagus, bisa nulis juga, mantap ya! Gravitasinya lebih kuat daripada saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin masss. . Terus berkarya dan mengembangkan potensi diri biar makin kuat gravitasinyaa kyaak mas hendra 😁 hehehe

      Hapus
  18. keren dirimu neng, prestasinya banyak di usia muda, lanjutkan ya, terus asah diri supaya semakin tajam dan bermanfaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. .iyaa mbaak evrinaa terus berlatih dan berkarya biar makin bermanfaat utk sekitaar 😁😁 Bisa mengikuti jejak mbak evrinaa jugaa yg konsiten dan mastah dalam dunia blogging. Hehehe 😁

      Hapus
  19. Kereen bangeeet,,,pengen banget ketemu kamu personally... kamu menulis benar-benar dari hati,,, itu bisa dirasakan oleh pembaca...sukaaa banget sama tulisan ini.. benar, sebaik-baik orang adalah yg bermanfaat bagi orang lain. Semoga kamu terus menjadi sumber inspirasi dan gravitasi bagi lingkungan,,,seperti dirimu selama ini... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaiii mbaaak girindraaa. . Aamiin semogaa end of this year bsa meet up ya mbaak. Aku tak main ke jerman terus mbak ajak jalan" hehehe aamiin ya Allah. .

      Iyaa mbaak semogaa bisa terus memberikan manfaat ke sekitaar, salah satunyaa adalah melalui tulisan 😊 aamiin, insya Allah mbaaaak semoga diberikan sehat dan kuat sama Allah. Aamiin #berdoaterus #berusahaterus

      Hapus
  20. haduuuuu
    aku juga keder kalo liat mbak lucky menaaaaaang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah ada kak ross. . Hehee
      Aamiin mbaak semogaa bermanfaat mbak yaa 😊😊

      Hapus
  21. inspiring .. !
    luarbiasa tulisan dan karya2nya mbak.
    saya udah lamaaa ngempet pengin banget punya kamera DSLR.

    smartphone LUNA memiliki camera yang cukup bagus.
    tuuuh kan .. jadi pengin juga ..

    Selamat buat perolehan penghargaannya .. sukses selalu mbak !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbaak. . Terus berlatih biar makin pro dan memberikan manfaat ke sekitar melalui karya" yg ada. .ayokk mbak nabungg. . Hehe beli dslr atau beli handphone Luna. Kameraanyaa jugaa bagus soalnya jd bsa menunjang untuk ambil foto yg baguss. .

      Aamiin. Makasiih yaa mbakk, suksess jugaa buat mbaak 😁😁

      Hapus
  22. terus berkarya dan berinovasi.,, kita yg muda jgn terus2 menyudutkan pemerintah tetang pekerjaan,, justru kita harus menggali potensi yang ada pada diri kita.. makasih sharingnya mbak,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, kita sebagai generasi muda yang harus ikut berpartisipasi dalam pembangunan negeri ini dengan terus berkarya dan menciptakan inovasi. :D Sama", semogaaa bermanfaaat ya kakk :)

      Hapus
    2. Setuju banget sama argumennya yang ada di komennya lucky yang ini. Yup, kita sebagai warga indonesia juga harus memberi apa yang kita bisa supaya bisa ikut aktif memajukan indonesia. :)

      Hapus
    3. Iyaaa mas agung :D ikut berkontribusi untuk memajukan negeri ini. Salah satunya dengan menjadi pusat gravitasi untuk lingkungan sekitar menuju ke kondisi yang lebih baik lagi. Hal ini bisa dicapai dengan terus berkarya dan menciptakan inovasi yang berguna untuk banyak orang :D

      Makasiih mas suadah berkenan mampir. hehehe

      Hapus
  23. Hai Mbak Lucky, salam kenal juga yaaaa. kok aku baru berkunjung ke tempat ini ya, katro banget deh aku, hehe..Literasi dgn fotografi menarik ya, krn literasi memang bukan cuma teks. Tapi mb Lucky punya skill menulis oke doke juga nih, salut! Terus berkarya mb, krn setiap dr langkah kita akan selalu berarti :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah ada mbak pritaa :D hehehe terima kasih telah berkunjung ke Kontemplasi Asa mbaak.

      Iyaa mbak menarik banget, saling melengkapi satu sama lain :D Literasi juga memahami ide-ide yang disampaikan melalui visual seperti video ataupun fotografi sendiri. :D Iya mbak, harus banyak berlatih, biar makin pro dan bisa memberikan kebermanfaatan untuk sekitar. Karena sepakat, bahwa setiap langkah kita akan selalu berarti untuk diri sendiri ataupun orang lain :D

      Hapus
  24. Liat perempuan bisa fotografi itu bikin ngiri. Pengin si, cuma budget untuk itu biasanya mahal.

    Oya, smartphone Luna keren lho, nggak salah rekomendasiin Luna buat kita2

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D Ayook mas nabung buaat mendukung fotografi. Pria yang suka fotografi juga istimewa. Hhehehe :D

      Iyaaa mas, sepakaat banget kalau smartphone Luna keren. Bisa buat nulis sama fotografiii jugaa jd gravitasi makin kuat. Terus berkaryaa bersama Hp kece kaya Luna. Nabungg dulu buat dapetin Luna. Hehhee

      Hapus
  25. Aih pemilihan cerita Gravitasi teh lucycaesar keren banget.
    aku baru pertama kali kesini langsung jatuh cinta.
    teh luckycaesar memang panutanqu.
    Btw, suskses lombanya ya teh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ada mas leoon. hehhee semogaa bermanfaat ya mas :D jd bikin pembaca lainnya lebih semangaat berkarya dan berbagi,. Aamiin.

      Makasii massss :D

      Hapus
  26. Menginspirasi :)
    Saya baru tau tentang smartphone ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makassih mbaak Nat :D Semogaa bermanfaaat yaak. . Aamiin. .

      Iyaa mbaaak, smartphone kece dengan performa istimewaa menunjang aktivitas sehari-hari. Kalau yg suka fotografi ataupun nuliss trus pake smartphone ini jd sangat membantu. :D Andalan pokonya hehee

      Hapus
  27. Wah prestasinya sudah banyak banget ditambah memberikan manfaat juga buat orang lain. Jadi malu sama diri sendiri karena belum melakukan apa-apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbaak. . Masih teruss memperbaiki diri dan berkaryaa agar bisa lebih banyak manfaat yg dibagi 😊😊 ayoook mbaaak ratnaa semangaaaat, ngeblog juga bisa jd sarana untuk berbagi manfaat. .hehehe

      Hapus
  28. Wah. Langganan juara ngeblog. Fotonya bagus-bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii mbak tikaaa. Aamiin mbaak, doakaan semakin semangaat untuk berkarya :D iyaa mbaaak, ini semangat berlatih biar hasil jepretan bisa lebih pro :)

      Hapus
  29. Ah mba Lucky sesuai namanya as always lucky :) great mba semoga terus berprestasi masi muda berkarya mantaappp :)
    btw Luna aku jd inget kucingnya Sailormoon hahaha
    gudluck y mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah adaa mbaak hervaa. . Aamiin mbaak, ayook mbaak terus berkaryaa biar hidup makin berarti 😊 wkwkwk iyaa lucuu mbaak yaa namanya, baguss mbaak hp nyaa. Cantik pula desainnya 😁

      Aamiin. Mbak hervaaa good luck jugaa yaak 😁😊

      Hapus
  30. weh kagum lihat karya mu
    kayaknya kamu super banget ya, beneran aku suka lihat hasilnya
    jadi pengen ih aku memang mupeng orangnya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbaak mayaa. . Hehehe alhamdulillah mbak kalau suka 😊 Allah Maha Baik mbaak jd diberikan kesempatan untuk berkarya dan belajar banyaak haal. Hehehe saya juga mupeng sama HP lunaa mbaak. Wkwkkw😁 salam kenaal mbak mayaa. .

      Hapus
  31. Makin banyak aja ya, Mba merk smartphone saat ini. Nanti di tanya si mbah google biar lebih tahu. Keren tulsiannya Mba Lucky Caesar. Semoga terus berbagi dan menginspirasi lewat blog ini ya, Mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mass banyaak banget 😁 makin beragam dan bersaing kualitas serta harganya 😊

      Alhamdulilalah semogaa bermanfaaat yaa mas dan bisa terus konsisten berbagi dan berkarya melalui tulisan 😊😊aamiin. .

      Hapus
  32. Aku baru tahu ada hape merek Luna, skrg kayaknya smartphone android bener-bener bersaing keras. Gamau kalah, balapan setiap bulan ngeluarin hape baru hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iyaaa mbaak. Persaingaan ketaat. . Bagus dan harga terjangkaau hp jaman sekarang. Apalagi macam Luna ini 😁 jd pengen tukar hp baru. Wkwkwk nabung duluuu. . πŸ˜‚

      Hapus
  33. Masih muda, tapi prestasinya sudah segudang. Saya doakan semakin produktif berbagi lewat bakat dan menghasilkan inovasi yang bermanfaat. Apalagi kalau punya LUNA. Sukses ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin masss. . Makasiih banyaaak doanyaaa. Apalagi punya Luna bisa makin kuat gravitasi dan semangat berkaryaa serta berbagi ke sekitar 😁 mas jugaa suksess terus ngeblognyaaa. . Blog sampean kecee mas, inspiratif banget. .

      Hapus
  34. Aku dari kecil senang sekali sama fotografi dan nulis. Mungkin itu sebabnya jadi ngeblog. Selalu bawa-bawa kamera kemana-mana. Tapi belakangan mulai manja kalau lihat cewek-cewek jalan dengan tas yang kecil. Rasanya pengen juga cuma bawa tas kecil, tapi nanti kamera harus ditaruh dimana.
    Kalau punya handphone yang kameranya bagus kaya Luna gini pasti bakal bisa pakai tas imut. Hmm...patut dipertimbangkan nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haai mbaak diaan. Iyaaa aku juga gtu mbaak, gak nyaman kalau ndak bawa tas. Berasa ada yg ketinggalan. Tp kalau tas kecil ndak muaat buat nyimpen dslr 😁 Kalau Luna kan langsing gtu jd pasti muaat dan ttp stylish dengan hasil fotonya istimewa. Hunting foto jd makin praktis 😁

      Hapus
  35. jago foto, jago nulis keren mbak lucky salam kenal juga yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semogaa bisa bener" jago mbaak :D terus berlatih biar karya yang dihasilkan bisa bermanfaat untuk banyak orang :D Makasih mbaak sudah mampir :)

      Hapus
  36. Jadi terinspirasi neh dg semangat dan hobinya, sukses terus za mbak... .

    BalasHapus
  37. Semogaaa bermanfaaat mbaak yaa dan teruss semangaat untuk berkaryaaa. Aamiin. Makasihh mbaaak, suksess jugaa buat mbak 😊😊

    BalasHapus
  38. kamu emang kece say, semangat terus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. . Makasiih mbaaak 😊😊
      Blog mbaak jugaa kecee 😁

      Hapus
  39. Memperkuat gravitasi dengan menambah berat badan juga bisa lho mbak.wkwk

    BalasHapus
  40. keren ya smartphone nya

    BalasHapus

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES