Senin, 26 Desember 2016

Menuju Penghujung Tahun 2016

Time flies so fast. Selalu begitu, waktu terlalu pandai menipu. Tinggal menghitung hari, tahun 2016 akan segera berakhir. Tak terasa (hampir) 12 bulan telah terlalui. Berbagai asam manis kehidupan terlewati. Tawa, canda dan duka telah mewarnai tahun 2016. 

Berbagai bahagia tercipta, berbagai kecewapun ikut menorehkan warna. Menguatkan diri menyusun kembali asa yang ada. Satu hal, banyak yang harus dan wajib disyukuri untuk tahun 2016 penuh kenangan, bahagia dan pelajaran berharga. 

Pahit-manisnya 2016 membuat saya belajar banyak hal 
Throwback di awal tahun 2016, masih ingat benar saat itu saya tidak bisa pulang ke kampung halaman karena masih ada uji laboratorium untuk Tugas Akhir (TA). Awal tahun 2016 sudah penuh ujian fisik dan kesabaran untuk saya. TA yang begitu menguras segalanya. Tapi Allah sungguh Maha Baik, berbagai pertolongan datang dari segala arah. Betapa beruntungnya saya, keluarga selalu support dengan segala kondisi yang ada. 

Malam pergantian tahun 2016, ayah-ibuk-adek datang ke Surabaya. Mungkin tidak tega dengan saya karena sudah lama sekali tidak pulang karena harus stand by untuk melaksanakan penelitian TA. Insya Allah saya akan bagikan overview mengenai TA saya bersama rekan-rekan di Kontemplasi Asa. 

Resolusi tahun 2016 tidak sepenuhnya berhasil saya wujudkan. Namun beberapa juga ada yang terwujud. Berkah dan kehendak Allah yang membuat segalanya bisa sampai seperti ini. Beberapa kegagalan dan kesuksesan yang terjadi membuat saya belajar banyak hal. 

Gagal bukan berarti tidak bisa – kamu hanya perlu berusaha lebih keras lagi
Gagal lulus 3,5 tahun dari Teknik Lingkungan ITS 
Sejak diterima menjadi mahasiswa Teknik Lingkungan ITS, saya memang memasang target untuk bisa lulus 3,5 tahun karena ingin mengejar pendaftaran untuk studi selanjutnya. Agar bisa langsung sekolah, begitu rencananya. Sebaik-baiknya rencana yang kita buat, rencana Allah adalah yang terbaik.

Saya terhalang untuk lulus 3,5 karena TA yang membutuhkan waktu penelitian lebih lama. Belum lagi saya gagal dalam proses start up reaktor saat seeding, yaitu mikroorganisme yang dikembangkan mati sehingga harus mengulang proses itu. Tentunya waktu yang dibutuhkan lebih lama lagi. It’s really tiring, but it’s totally worth it. Kenapa worth it? Karena efisiensi yang dicapai reaktor hingga 95% untuk removal zat anorganik pada limbah 😁Pasti jadi penasaran ya bagaimana TA nya Wkkwkwk tunggu yak postingan TA nya 😊

Awalnya begitu putus asa ketika tidak bisa 3,5. Alay ya :” Karena saya mikirnya plan belajar dan resolusi tahun-tahun berikutnya akan mundur semua. Tapi dalam prosesnya saya begitu menikmati TA ini, meskipun melelahkan dan menguras energi, materi, emosi. Kegagalan ini mengajarkan saya banyak hal. Tentang kesabaran, keikhlasan, perjuangan dan juga kemandirian. Masa-masa pengerjaan TA adalah masa dimana bisa tahu mana yang teman sebenarnya atau teman semu alias datang hanya butuhnya saja, tapi kalau dimintai bantuan melengos. Yah begitulah. That’s life πŸ˜‡

Gagal berangkat dan gagal lolos seleksi program internasional
Kegagalan lainnya lagi di tahun 2016 ini. Saya dua kali gagal berangkat untuk mengikuti international program. Satu program di Malaysia selama 2 minggu begitu saya inginkan karena berkenaan dengan ilmu lingkungan. Satu program lagi di Thailand selama sekitar 1 minggu untuk magang di organisasi mahasiswa yang ada di beberapa universitas di Thailand. 

Dua program tersebut ditawarkan oleh Internasional Office sebagai program pengembangan diri atas dedikasi yang telah diberikan selama ini. Namun ada kendala waktu yang mengakibatkan saya gagal berangkat dan tidak bisa mengikuti program tersebut. Memang belum rezeki, jadi belum bisa berangkat. 

Tahun 2016, Allah belum mengijinkan saya untuk menjelajah negara lain. Belum rejeki dan saya harus memperbaiki diri lagi. Memantaskan diri. Beberapa program internasional yang saya daftar tidak bisa lolos sampai tahap akhir. Hiks sedih memang, tapi memang belum rejeki saya untuk bisa berangkat. Tak apa harus terus mencoba sembari memperbaiki diri. 

Gagal move on, masa lalu masih juga menghantui 
Part ini sungguh sensitif sekali. Terlalu membenci masa lalu, terlalu susah melepas kecewa dan sakit yang ada. Itu alasannya sampai sekarang belum bisa sepenuhnya untuk pergi. Move on, begitu istilah modernnya. Belum lagi fakta memilukan masih terus menghantui. Membuat saya semakin menaruh benci. Harusnya lebih bisa move on! Begitu banyak teman yang mengatakan. Namun semakin saya benci, semakin susah melepas, maka semakin berat melupakan. Time heals everything, saya percaya itu. Butuh lebih sabar memeluk masa lalu. 

Kesabaran itu latihannya setiap hari, ujiannya sewaktu-waktu. Berbagai kegagalan yang ada menjadi batu loncatan untuk meraih yang lebih tinggi. Menguatkan asa yang ada untuk lebih semangat berjuang dalam menggapai mimpi. Tahun 2016 ini banyak keberuntungan, kemudahan dan rezeki yang diberikan oleh Allah pada saya. Sungguh Allah Maha Baik. Terima kasih atas berkah melimpah yang diberikan sampai detik ini πŸ˜‡

Wisuda #114 Teknik Lingkungan ITS
Akhirnya lulus. Setelah perjuangan dan berbagai tempaan hidup yang mendera. Strata 1 akhirnya terlampaui. Perjuangan hidup masih panjang, harus terus semangat dan semangat lagi memperbaiki diri. Mengembangkan lagi ilmu lingkungan yang dimiliki agar bisa terus berbagi kebermanfaatan untuk sekitar. Cerita mengenai wisuda#114 bisa dinikmati disini

Menjadi PIC Akreditasi Internasional ITS – AUN (ASEAN University Network) 2016 
Tahun ini saya diberikan tanggung jawab bersama Leo untuk menjadi PIC utama akreditasi AUN 2016. Akreditasi AUN tahun ini adalah untuk jurusan Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Kimia dan Kimia. Menjadi PIC utama untuk event yang sangat besar seperti ini adalah hal pertama untuk saya. Apalagi koordinasi yang begitu kompleks berhubungan dengan berbagai jurusan dan tentunya seluruh civitas akademik ITS mulai dari dosen, karyawan serta mahasiswa di ITS. Well done untuk AUN 2016 😊

Banyak penghargaan untuk Kontemplasi Asa 
Kontemplasi asa resmi pindah ke rumah sendiri akhir tahun ini di www.luckycaesar.com setelah bertahun-tahun ngontrak di domain gratisan blogspot.com. Hal ini tentunya melengkapi kebahagiaan kontemplasi asa di tahun 2016 setelah berbagai penghargaan yang didapatkan. 

Penghargaan ini sebagai bonus untuk Kontemplasi Asa, agar tidak merusak niat awal dari lahirnya Kontemplasi Asa untuk berbagi kebermanfaatan dari cerita dan asa yang ada. Berbagai penghargaan Kontemplasi Asa di tahun 2016 sebagai berikut: 
1. Juara 3 Lomba Blog BKKBN 
2. 10 Blog Terbaik Lomba Blog SMS Bunda
3. Juara Favorit Lomba Blog Ayo Wisata ke Banjarnegara 
4. Juara 1 Lomba Blog #MudaBikinBangga Kurio 
5. Juara 1 Lomba Blog Cek Harga Sembako Boneprice

Terima kasih untuk setiap berkah yang diberikan dalam perjalanan hidup di tahun 2016 ini. Terima kasih telah senantiasa menguatkan diri untuk terus berjuang, mengajarkan diri mengenai kesabaran dan keikhlasan, serta diri yang senantiasa bersyukur atas setiap detik bahagia dan kesempatan hidup yang diberikan. Terima kasih, 2016. 
Selamat melanjutkan perjuangan. Selamat menyusun resolusi 2017. 

15 komentar:

  1. Mbak lucky, coba deh mbak sering2 doain si masa lalu itu. Emang ga nyambung. Tapi kekuataan doa kadang ga bisa dinalar pake logika.Saya uda ngebuktiin. Dulu saya juga begitu, setiap bangun tidur tiba2 langsung mewek gara2 inget moment bahagia ataupun yang nyakitin hati. Tapi setelah 4 bulanan ngedoain, hidup saya jadi lebih tenang. Fyi, saya gagal move on 4 tahun lho

    Wahhh kunjungan pertama kok malah curhat yaa wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah iyaaa mbaak. . Insya Allah saya coba biar cepet terkabul move on nya. .lebih bsa memeluk masa lalu dengan tenang. Makasih mbak yaaa atas curhatannya. .hehee ndak papa lo mbak sangat berguna buat saya 😁😊

      Hapus
  2. Pasti ada hikmah yaa dibalik "penundaan" dari Allah. Diganti dengan yang lebih baik. Keren Lucy, tahun ini banyak dapat penghargaan. Mudah-mudahan tahun depan semakin dimudahkan ya langkahnya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak minda. Aamiin. . Semoga tahun depan senantiasa diberikan berkah melimpah juga buat mbak minda sekeluarga. Aamiin. .

      Hapus
  3. Bersabarlah
    ternyata sabarmu berbuah manis ya
    itu berbagai penghargaan sudah didapatkan semoga makin sukses ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa terus bersabar ya mbaak. ..
      Aamiin. ..mbak maya jugaa makin sukses mbak yaa. .salam kenal 😊

      Hapus
  4. Salut padamuh :)
    Kegagalan jadikan semangat. Yakin deh Allah kasih yang pas. Dan semua yg sulit akhirnya akan mejadi sangat mudah dengan campur tangan Allah. Sukses blognya, sukses mimpi dan goalnya ya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mbaak. . Selalu percaya rencana dari Allah adalah yg terbaik 😊
      Aamiin. . Makasih mbaak yaaa 😊😁

      Hapus
  5. Ciyeeh kak lucky sering menang lomba blog...semoga saja aku juga bisa menang lomba blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. . Menang itu bonusnyaa mbak. Yg penting nulis nulis dan nulis. . Berbagi kebermanfaatan lewat tulisan. Semangaaat nulisnyaaa mbaak. Aamiin. .

      Hapus
  6. Wah aku juga harus belajar bersabar nih. Harus banyak sabar... apalagi dengan beberapa masalahku terakhir itu. Baca ini jadi terinspirasi. Semoga aku bisa lebih bersabar dari sebelumnya. Amin :D

    BalasHapus
  7. gagal move on dari mantan ini yang palig menderita hahaha

    BalasHapus
  8. Tentang masa lalu, percayalah, pasti Allah akan mengganti yang lebih baik. Bukankah DIA yang paling mengetahui apa yang terbaik bagi kita?

    Yes, you should move on, my dear.
    Do not waste your time, ok, babe. Big hug from me. Puk-puk :).


    BalasHapus
  9. Sama, aku juga gabsa lulus 3.5 tahun dan sempro dua kali malah. Tapi memang rencana Allah indah banget hehe. Semangat 2017 yaaaa

    www.extraodiary.com

    BalasHapus
  10. wah, lulusan TL ITS ya? saya juga lulusan ITS lho hehehe...
    semua kejadian baik dan buruk pasti ada hikmahnya. perbanyak saja sabar dan syukur.
    Selamat ya sudah menang giveaway ttg resolusi 2017 :)

    BalasHapus

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES