Tuesday, September 27, 2016

Tentukan Hidupmu - Say Good Bye atau Sayangi Jantungmu?

Saya terus merapal mantra “Harus ubah pola hidup, mulai gaya hidup sehat - sayangi jantung -ingat masa depan!”

Tepatnya sekitar beberapa bulan yang lalu, sering sekali saya merasakan nyeri di dada kiri, kadang juga sesak nafas sampai pada akhirnya saya dibawa ke IGD Rumah Sakit Haji Surabaya karena badan kaku, tidak bisa digerakkan dan sulit untuk bernafas. Hal ini membawa kekhawatiran besar pada Ayah dan Ibu sehingga saya langsung dibawa pulang ke Madiun agar mendapatkan perawatan yang intensif. 

Saya mendapatkan perawatan intensif di rumah dan dibawa ke pengobatan herbal untuk mendapatkan penanganan. Ayah dan Ibu memang cenderung ke pengobatan alami daripada menggunakan obat-obatan kimia. Cek laboratorium untuk rekam jantungpun dilakukan, karena prediksi terjadinya penyumbatan di bagian pembuluh darah Jantung. Berdasarkan hasil rekam jantung ditemukan adanya penyumbatan sehingga detak jantung tidak normal. Sebagai orang awam, saya menganalisis mungkin terjadi penyumbatan karena pembuluhnya tertutup lemak atau terdapat plak sehingga jantung memompa cukup kuat. Beruntungnya saya masih muda, tapi sedih juga usia muda sudah bermasalah dengan jantung. Saat ini, penderita penyakit jantung pun juga semakin bertambah setiap harinya.

Penyumbatan pada pembuluh darah
Hasil terapi dari pengobatan herbal, saya diberikan obat alami yang berfungsi untuk melarutkan lemak atau plak yang menempel pada pembuluh darah sehingga penyumbatan yang terjadi bisa hilang. Tidak hanya itu, banyak hal yang harus saya lakukan sebagai usaha untuk sembuh. Untuk lebih menyayangi jantung. Betapa baiknya Jantung yang dengan rela bekerja tanpa henti memompakan darah ke seluruh tubuh setiap detik. Jadi harus lebih bijak lagi, sayangi jantung dengan menghindari beberapa hal dibawah ini:

1. Pola Tidur Berantakan 

Mahasiswa dengan tugas besar ataupun proyek penelitian yang sedemikian banyak membuat pola tidur saya mirip-mirip dengan kelelawar. Ini jelas berbahaya untuk kesehatan tubuh, karena saya masih terjaga pada pukul 1 malam ke atas dan bangun sangat pagi karena harus kuliah ataupun ada pekerjaan lainnya. Alhasil saya lebih sering kurang tidur. Kantung mata sangat tebal. Kadang badan lebih sering meriang tiba-tiba.

Bahaya Kurang Tidur (Sumber Gambar)
Berdasarkan penelitian yang ada, kurang tidur dapat menyebabkan pengapuran pada pembuluh darah koroner dan mengingkatkan resiko inflamasi sehingga beresiko untuk sakit jantung. Tidur yang cukup dengan pola tidur yang baik. Tidur pada waktunya tidur. Sewajarnya manusia memerlukan istirahat, karena manusia bukan robot.

2. Pola dan porsi makan kacau

Pola makan saya sangatlah kacau. Pagi tidak pernah sarapan, makan terlalu malam. Ditambah lagi makanan yang saya konsumsi adalah makanan-makanan beracun a.k.a tidak sehat karena kandungan kolesterol dan lemak jahat yang tinggi dan memicu terjadinya plak atau penyumbatan pembuluh darah. Lebih parah lagi, saya adalah orang yang malas untuk berolahraga, setelah makan yang sudah sangat telat (larut malam) dan biasanya dalam porsi banyak membuat saya mengantuk karena organ pencernaan menggunakan energi untuk mencerna makanan, alhasil membuat saya cepat sekali tertidur. Kondisi seperti ini sangat tidak baik, karena jelas dapat membahayakan kesehatan tubuh. Berdasarkan National Sleep Foundation hendaknya menunggu 2-3 jam setelah makan untuk tidur. 

Kebiasaan tidur langsung setelah makan dapat meningkatkan resiko gangguan sistem pencernaan karena proses pencernaan tidak terjadi dengan lancar. Selain itu, kebiasaan itu juga dapat meningkatkan resiko penyakit stroke karena saat makan kadar gula berubah, gula darah berubah,  kolesterol berubah dan jelas tekanan darah juga berubah sehingga alangkah baiknya memberikan jeda minimal 60-80 menit untuk mencerna makanan. 

Pola makan kacau dan dominasi makanan tidak sehat (ekstra lemak dan kolesterol) membuat masalah baru bagi saya, yaitu kelebihan berat badan a.k.a obesitas. Obesitas terbukti menjadi faktor utama penyebab sakit jantung. Hal ini karena lemak akan menyumbat aliran darah yang akan menuju ke Jantung. Well, sekarang saya dalam program diet sehat agar jauh dari obesitas. Semoga istiqomah. 

3. Stress Berlebihan, No please!

Stress berlebihan dapat memicu timbulnya beberapa penyakit serius salah satunya adalah penyakit jantung. Stress yang berlebihan akan membuat jantung bekerja lebih keras sehingga rentan terhadap kesehatan Jantung. Stress yang berlebihan dapat memicu semburan adrenalin akibatnya dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan denyut jantung. Hal ini jelas mengganggu suplai darah ke jantung. Untuk menangani stress, kelola hati anda dengan bahagia. Ikuti kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dan membuat pikiran rileks. 

4. Rokok dan Konsumsi Alkohol Berlebihan

Rokok kaya akan racun yang dapat menyebabkan pembekuan darah, menghambat aliran darah ke jantung dan juga menyebabkan penimbunan plak di arteri.
Sayangi Jantung dengan Tidak Merokok dan Bebas Asap Rokok
(Sumber Gambar
Sedangkan alkohol menyebabkan peningkatan tekanan darah tinggi dan naiknya lemak di dalam darah. Selain itu, konsumsi alkohol berlebihan dapat mengakibatkan gagal jantung. 

5. Malas Bergerak dan Berolahraga

Ini (juga) salah satu kelemahan saya. Malas bergerak, malas olahraga sehingga lemak nyaman bersemayam ditubuh. Malas bergerak berbanding lurus dengan obesitas ditambah dengan pola makan dan makanan yang menunjang kegemukan kemudian berujung pada otot jantung yang tidak bekerja dengan baik.

Lima hal pokok di atas harus dihindari demi menjaga kesehatan jantung. Ayo mulai dari sekarang membiasakan gaya hidup sehat untuk kebaikan organ tubuh dan demi masa depan yang cerah. Panca Usaha Jantung Sehat di bawah ini bisa jadi panduan untuk mulai gaya hidup sehat untuk jantung yang sehat.

Seimbangkan Gizi
Makanan yang dikonsumsi setiap hari menentukan porsi gizi yang diserap oleh tubuh. Usahakan untuk makan makanan yang sehat seperti perbanyak konsumsi buah dan sayur.  
Enyahkan Rokok dan Alkohol
Rokok dan Alkohol adalah dua hal yang sangat tidak baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan jantung. Sebisa mungkin menghindarkan diri dari paparan asap rokok untuk para perokok pasif dan segera memutuskan berhenti merokok untuk perokok aktif.  Begitupun dengan alkohol, sebisa mungkin untuk meninggalkan kebiasaan meminum alkohol demi masa depan dan kesehatan jantung :')
Hadapi dan Manajemen Stress dengan Baik
Faktor pikiran merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesehatan. Mengelola pikiran dengan baik akan menjauhkan diri dari datangnya stress. Namun,  jika stress sudah terlanjur datang dapat diatasi dengan mulai membiasakan diri berpikiran positif, banyak bersyukur dan sesekali menghabiskan waktu untuk refreshing agar pikiran menjadi lebih rileks.  
Awasi Tekanan Darah 
Melakukan pengecekan kesehatan secara rutin sangat penting untuk mendeteksi datangnya penyakit lebih dini. Salah satu pemeriksaan yang dapat dilakukan adalah pengecekan tekanan darah. Hasil dari pengecekan tekanan darah secara rutin bisa mengetahui bagaimana kestabilan atau kondisi kerja organ tubuh salah satunya adalah jantung.
Teratur Berolahraga
Rajin melakukan aktivitas fisik atau olahraga sangat memberikan manfaat positif untuk kesehatan organ tubuh.  Aktivitas fisik secara rutin membuat jantung lebih sehat. 
Yuk, tentukan hidupmu mulai sekarang. Say good bye atau sayangi jantungmu?
#gayahidupsehat #jantungsehat #masadepancerah
---
Artikel ini diikutsertakan pada 

14 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih :) Semoga bermanfaat ^^

      Delete
  2. Ayoo sekarang harus mulai hidup sehaat ya dek, jangan sakit-sakit lagi. Semangat dietnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. . Suwuun mbak sampean sisan 😁

      Delete
    2. Sehat sehat terus mbaak. .

      Delete
    3. Aamiin. . Kamu pisan dek. Wkwkwk

      Delete
  3. Sehat sehat terus mbak. Semangat kurus!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk iyaa mangats kurus yg sehat. Langsing ae ojok kurus. Lol 😂

      Delete
  4. Sehat-sehat terus kak. . Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. . Terima kasih ya, kamu apa kabar? Tumben baru muncul. .

      Delete
  5. Semangaaat diet mbak. Semoga sehat selalu. Aamiin. .

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES