Tuesday, August 9, 2016

Persyaratan Yudisium dan Administrasi Wisuda TL ITS #roadto114

Setelah menunggu satu semester untuk mengikuti sidang lisan Tugas Akhir, akhirnya pada bulan Juni lalu bisa sukses menjalani sidang lisan dengan lancar dan memuaskan. Next step, untuk mendapatkan gelar Sarjana Teknik Lingkungan adalah melengkapi persyaratan yudisium dan administrasi wisuda #roadto114. Yudisium merupakan salah satu proses yang harus dilalui oleh mahasiswa sebelum dinyatakan lulus dalam proses wisuda di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) ataupun fakultas-fakultas ITS yang lain. Yudisium jurusan dilakukan dengan rapat para dosen untuk mengevaluasi persyaratan kelulusan setiap mahasiswa. Jika sudah memenuhi syarat yudisium, maka dinyatakan lulus dan dapat mengikuti wisuda. 

Persyaratan yudisium jurusan Teknik Lingkungan sebagai berikut:
1. Telah lulus semua mata kuliah tanpa terkecuali, yaitu minimal 144 SKS
2. Tanda bukti bebas pustaka dari Ruang Baca (RBC) Teknik Lingkungan  
Untuk mendapatkan bukti bebas RBC ini harus mengumpulkan Laporan Tugas Akhir jilid soft-copy (1 eksemplar), CD yang berisi File Tugas Akhir dalam bentuk .pdf sesuai yang diupload di Digilib ITS dan file excel RBC (berisi daftar diri dan daftar pustaka TA), serta menyumbang 1 buku. Kalau perihal buku yang disumbangkan di RBC dikoordinir dengan iuran sebesar 50.000 tiap mahasiswa. 
3.  Tanda bukti bebas pustaka dari UPT Perpustakaan ITS
Untuk mendapatkan bukti bebas pustaka dari UPT Perpustakaan ITS ini harus mengupload file sesuai dengan panduan ke www.digilib.its.ac.id. File dalam bentuk .pdf dan dibagi menjadi 5 bagian, seperti berikut: 
1. Open Access File --> Penamaan sesuai dengan panduan yaitu NRP_Undergraduate_Theses 
File ini berisi cover english-indonesia, lembar pengesahan, abstrak english-indonesia, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran, kesimpulan dan saran, daftar pustaka, biografi penulis. 
2. Restricted File 1 ---> Penamaan sesuai dengan panduan yaitu NRP_Undergraduate_Theses_12
File ini berisi Bab 1 dan Bab 2 dari Laporan Tugas Akhir. 
3. Restricted File 2 ---> Penamaan sesuai dengan panduan yaitu NRP_Undergraduate_Theses_34
File ini berisi Bab 3, Bab 4, dan Lampiran 
4. Paper ---> Penamaan sesuai dengan panduan yaitu NRP_Paper
5. Presentation --->  Penamaan sesuai dengan panduan yaitu NRP_Presentation
Sebelum ke Perpustakaan, pastikan sudah mengisi semua yang ada digilib sesuai dengan panduan karena akan diverifikasi oleh petugas. Saat pengupload an file, pastikan berurutan sesuai dengan pedoman yang ada. Untuk tahun ini, file tidak perlu diberi watermark seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk mendapatkan bebas pustaka dari UPT Perpustakaan ITS juga harus mengumpulkan Laporan Tugas Akhir jilid soft-copy (1 eksemplar). 
Langkah-langkah untuk mendapatkan tanda bukti bebas pustaka UPT Perpustakaan ITS sebagai berikut: 
1. Absen di Komputer Lantai 1
2. Menuju ke Ruang Pengadaan Lantai 1. Mengisi daftar hadir dan menyerahkan Laporan TA kepada petugas. Setelah itu akan mendapatkan Form Bebas Pustaka/Lembar Verifikasi Bebas Pustaka yang harus ditandatangani di beberapa bagian Perpustakaan 
3. Menuju Ruang Komputer Lantai 1 untuk verifikasi data digilib yang telah diupload
4. Menuju Ruang Majalah dan Ruang Referensi Lantai 3 untuk mendapatkan tanda tangan dari petugas
5. Menuju Ruang Reserve dan Ruang Karya (Sebelah IKOMA) Lantai 4. Untuk ruang reserve terdapat pengecekan database sedangkan di ruang karya menyerahkan kartu perpustakaan dan langsung mendapatkan tanda tangan dari petugas. 
6. Menuju Ruang Sirkulasi Lantai 5. Disini akan diperiksa apakah memiliki tanggungan buku atau tidak. Setelah pemeriksaan selesai, akan mendapatkan tanda tangan dari petugas dan mendapatkan Bebas Pustaka UPT Perpustakaan ITS.

4. Tanda Bukti Bebas KOPMA 
Tanda bukti ini bisa didapatkan di Kantor KOPMA (Lantai 1 SCC) dengan menunjukkan Kartu Mahasiswa dan membayar biaya administrasi sebesar 2.000 rupiah. 
5. Tanda Bukti Bebas IKOMA
Tanda bukti ini bisa didapatkan di Kantor IKOMA (Kantin Pusat ITS) dengan menunjukkan Kartu Mahasiswa. Sebelumnya pastikan bahwa sudah melunasi sumbangan IKOMA.
6. Nilai TOEFL minimal 477 
Untuk TOEFL yang digunakan sebagai syarat yudisium adalah TEFL UPT Bahasa ITS. Untuk menghindari antri panjang, siapkan persyaratan TOEFL ini jauh-jauh hari sebelum pengumpulan. 
7.  SKEM minimal 1000 poin
8.  Upload POMITS dan menyerahkan Form Telaah Pembimbing dan Penguji 
Form Telaah Pembimbing dan Penguji ini diserahkan ke Pak Jito di Sekretariat Jurusan TL ITS. Pastikan juga telah menulis kode upload POMITS di Form Telaah untuk mempermudah pengecekan status Upload POMITS. 
9. Tanda Bukti Bebas Laboratorium 
Untuk mendapatkan bukti bebas laboratorium ini harus mengikuti kerja bakti semua laboratorium terutama laboratorium base (asal), membersihkan dan mengembalikan alat lab yang dipinjam, serta membayar biaya reagen kimia yang digunakan untuk analisis.

Selanjutnya adalah persyaratan administrasi untuk mengikuti wisuda #114, sebagai berikut: 
1. Formulir Calon Wisudawan 
Form ini bisa didapatkan di sekretariat jurusan TL. 

2. Foto 3x4 3 lembar (b/w, doft) 
Dibelakang foto dituliskan identitas Nama dan NRP. Aku sarankan fotonya bisa di Studio 7, Mulyosari dengan biaya 30.000 (termasuk CD dan cetak 3x4 lembar). Harga terjangkau dan kualitas terjamin bagus. Ini fotoku untuk digunakan di ijazah nanti. 
3. Update identitas diri dan foto di integra
Pastikan mengisikan dengan benar identitas diri yang ada di integra. Untuk foto yang diupload di integra berukuran 2x3 berwarna dengan backgorund tidak ada ketentuan.

Semua persyaratan yudisium dan administrasi wisuda dikumpulkan di sekretariat jurusan TL (mas firman) dan dilakukan pengecekan kelengkapan. Setelah lengkap tinggal menunggu yudisium institut dan pengumuman mengenai tanggal penting sebelum wisuda, seperti pengecekan draft ijazah dan tanda tangan ijazah #roadto114 #environmentalengineer #proudtobeengineer. Viel Erfolg! 

No comments:

Post a Comment

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES