Sunday, August 14, 2016

Happy World Elephant Day! #savegajah

Gajah adalah teman yang baik. Sampai saat ini masih bercita-cita untuk bisa memeluk gajah, punya sahabat gajah, ataupun sekedar menghabisakan waktu berdua dengan gajah. Lagu tulus-gajah sampai jadi lagu favorit yang meskipun diputar berulang kali tidak akan pernah bosan. 

12 Agustus 2016 - Selamat Hari Gajah Sedunia #WorldElephantDay 
Selamat Hari Gajah Sedunia! #gajahtemanbaik
Gajah bagiku adalah hewan istimewa, tangguh, bersahabat. Banyak hal unik tentang gajah yang membuatku terpesona. Gajah dikenal sebagai Satwa Payung. Hadirnya gajah di suatu lokasi menandakan bahwa tersedianya sumber daya untuk mendukung kehidupan satwa lain yang mengindikasikan sehatnya suatu ekosistem. Gajah biasanya mencari tempat tinggal di dataran rendah terutama lokasi yang berdekatan dengan sungai. Setiap harinya gajah mengkonsumsi sekitar 200 kilogram makanan. Makanan tersebut akan menyisakan biji yang akan disebarkan dalam pengembaraan Gajah yang bisa mencapai 15 kilometer setiap harinya #faktaistimewa #gajahtemanbai.

Seiring dengan pesatnya pembangunan, peningkatan jumlah penduduk yang makin besar, perburuan liar, alih fungsi lahan hutan menjadi kawasan industri dan pemukiman, perubahan iklim, kebakaran hutan serta konflik dengan manusia menjadi ancaman serius pada kelestarian populasi gajah.  Saat ini hanya tersisa 2400 hingga 2800 individu Gajah Sumatera yang ada di alam. Gajah Sumatera ini adalah species Gajah dengan ukuran terkecil (tinggi badan 1,7-2,6 meter). Gajah Sumatera ini lebih kecil daripada species Gajah lainnya #faktaistimewa #gajahtemanbaik.

Save Gajah Sumatera #elephantday #gajahtemanbaik
Tidak hanya itu, Gajah adalah hewan yang cerdas dan pandai bersosial #gajahtemanbaik.  Gajah mampu mendengar dan mendeteksi panggilan Gajah lain meskipun berjarak berkilo-kilo meter. Gajah juga memiliki ingatan yang kuat. Gajah mampu mengingat wilayah yang pernah dilewati dan juga ditinggali. Tidak hanya itu, beberapa peneliti juga pernah membuktikan bahwa Gajah dapat mengenali kerangka temannya yang sudah mati. #gajahsupersekali #gajahistimewa.

Fakta istimewa lainnya adalah penglihatan Gajah memang kurang baik namun belalai gajah dapat merasakan suhu dan bentuk objek dengan sangat baik. Keisitimewaan dan kebaikan gajah membuatnya semakin istimewa. Semoga semakin banyak orang yang mencintai Gajah, menjadikan #gajahtemanbaik sehingga tidak ada lagi kasus perburuan liar hanya untuk mengambil gading Gajah.

Gajah – memang identik dengan gendut dan besar. Sering dulu waktu kecil aku dipanggil gajah oleh teman-temanku. Tapi sedari dulu cuek aja sih, karena aku tau Gajah begitu istimewa. Itu tandanya aku juga se-istimewa gajah J

Aku dan gajah #temanbaik. Happy world elephant day, Gajah! Peluk jauh dari Surabaya. Semoga Gajah tetap lestari! #sayangigajah #savegajah #gajahtemanbaik 

Referensi:

2 comments:

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES