Minggu, 26 Juni 2016

Ductioner #10tahunlagi - Satu Langkah Menjadi Eco-Leader Sejati

You can do it! (Sumber Gambar)
You can, if you think you can!
No matter how high your dreams are,
you just need to strive your best and
make it happen!

Make it happen! Mantra yang selalu saya rapalkan setiap saya mulai jauh, tidak semangat ataupun malas-malasan sedangkan di depan mata deretan impian masih on progress ataupun belum dijamah sama sekali. Setiap orang pasti memiliki impian ataupun target hidup masing-masing. Setinggi atau sesederhana apapun impian itu pasti akan membuat hidup menjadi lebih terarah karena jelas capaiannya. Impian ibarat tempat berlabuh, garis finish, ataupun puncak pendakian. Selalu butuh perjuangan dan usaha keras untuk mencapainya, mewujudkannya menjadi hal nyata.

Apa mimpimu #10tahunlagi?

Ketika ditanya, apakah impian saya 10 tahun lagi? Banyak hal yang terbesit dalam pikiran. Melihat resolusi 2016 di dinding kamar, banyak sekali target yang bahkan belum tercoret. Sebagai environmentalist dan calon engineer yang concern di bidang lingkungan, satu mimpi yang konsisten saya tuliskan setiap tahun adalah be the real eco-leader. Banyak hal yang harus saya lakukan untuk mencapai hal tersebut. Menjadi seorang pemimpin sejati, tidak bisa instan melainkan membutuhkan proses yang panjang, penuh tempaan, dan jelas konsistensi diri. Untuk menjadi eco-leader sejati saya memiliki banyak plan untuk dilakukan. Ada rencana jangka panjang dan ada pula rencana jangka pendek. Rencana jangka pendek yang dilakukan adalah aksi-aksi sederhana seperti mendukung program diet kantong plastik dengan membawa tas belanja sendiri, menghemat penggunaan air, selalu menghabiskan dan tidak menyisakan makanan agar tidak ada sampah makanan, serta menghemat penggunaan kertas dan produk-produk berbahan dasar kayu untuk menekan laju penebangan pohon.

Konsep Pengolahan Sampah Makanan dengan Ductioner (dok.pribadi)
Rencana jangka pendek ini memang dikhususkan untuk diri sendiri dan orang-orang di sekitar saya agar lebih peka dengan kondisi lingkungan sekitar. Lebih peduli terhadap kondisi lingkungan yang makin kritis. Untuk rencana jangka panjang sudah mulai saya cicil dari sekarang. Salah satu rencana jangka panjang yang ingin saya wujudkan #10tahunlagi adalah pengolahan sampah yang ramah lingkungan dan berkelanjutan dengan prinsip socio-entrepreneurship. Sampah yang diolah ini dikhususkan untuk sampah dapur atau sampah rumah tangga berupa sampah makanan yang dihasilkan setiap harinya. “Ductioner” sebagai inovasi pengolahan sampah rumah tangga (sampah makanan) dengan konsep komposting diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan sampah dapur yang masih tidak termanfaatkan dengan baik saat ini. Ductioner memiliki fungsi ganda selain menghasilkan kompos dari proses komposting sampah makanan juga sebagai media tanam untuk tumbuhan. Tumbuhan yang ditanam bisa berupa sawi, kangkung, tomat, ataupun tumbuhan yang mudah tumbuh dan bernilai jual lainnya.

Bagaimana mewujudkan DUCTIONER #10tahunlagi ? 

1. Uji Coba Desain Ductioner
Untuk mewujudkan Ductioner ini diperlukan modal serta konsep matang karena akan diterapkan di masyarakat luas. Dalam perjalanan mempersiapkan Ductioner #10tahunlagi saya mulai menyusun desain yang sesuai untuk Ductioner dan melakukan masa percobaan apakah bisa benar-benar memiliki fungsi ganda dalam komposting dan media tanam tumbuhan.

2. Standard Operating Procedures (SOP) Social Entrepreneur dan Food Waste Ranger
Selain dari segi persiapan desain alat yang tepat, saya harus mempersiapkan SOP yang tepat saat diterapkan di masyarakat karena menggunakan prinsip social entrepreneur. Tumbuhan dan kompos yang dihasilkan dari Ductioner memiliki nilai jual dan bisa menjadi income untuk masyarakat sekitar. Prinsip social entreprenur ini sekaligus melatih masyarakat untuk lebih peka, peduli dan tanggap terhadap sampah yang dihasilkan dan mengolahnya menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual. Program ductioner ini bekerja sama dengan para pemuda di kampung membentuk sebuah organisasi yang dikenal dengan “food waste ranger”. Tugas dari food waste ranger ini sebagai agen pemantau kegiatan pengolahan sampah makanan dari masyarakat dan mengorganisir hasil kompos dan tumbuhan dari Ductioner. Diperlukannya SOP dan mekanisme yang tepat untuk mengetahui dengan tepat Ductioner yang dibutuhkan untuk skala satu kampung dan keuntungan yang bisa didapatkan oleh masyarakat sekitar.

3. Modal Realisasi Ductioner Skala Besar
Untuk merealisasikan Ductioner jelas membutuhkan biaya yang cukup besar. Modal yang dibutuhkan harus mulai dipersiapkan dari sekarang. Untuk 10 tahun ke depan, dengan banyak impian lainnya yang masih diperjuangkan, yaitu lanjut kuliah S2 di kampus dan negeri impian dan bisa memulai untuk mencicil beli rumah dan membangun rumah impian maka saya harus lebih pintar menyisihkan tabungan lainnya untuk merealisasikan Ductioner.

Bagaiamana Modal untuk Realisasi Ductioner #10tahunlagi ?

10 tahun bukanlah waktu yang terlalu lama, namun juga bukan waktu yang terlalu singkat. Waktu yang cukuplah untuk mempersiapkan modal realisasi Ductioner skala besar, setidaknya skala satu kampung. Banyaknya Ductioner yang dibutuhkan tergantung dari banyaknya sampah makanan yang dihasilkan dan jumlah warga kampung yang menjadi implementasi. Realisasi Ductioner untuk awalnya nanti akan diterapkan di kampung halaman saya terlebih dahulu, yaitu di Dusun Kronggahan, Desa Mejayan - Caruban, Kabupaten Madiun. Sebagai seorang pemula dan masih sangat muda dalam menjajaki dunia investasi, saya mencoba untuk melakukan investasi demi mewujudkan Ductioner #10tahunlagi. Saya memulai investasi saya di pasar modal syariah. Awalnya saya berpikir bahwa investasi harus memiliki modal yang besar. Namun, setelah belajar dan membaca banyak sumber ternyata dengan modal sedikit, yaitu mulai dari 100 ribu rupiah sudah bisa berinvestasi. Salah satunya dengan melakukan investasi di pasar modal syariah.

Saya masih dalam tahap perkenalan dengan pasar modal syariah ini. Mengenal lebih dalam dan lebih lanjut mengenai keuangan syariah serta jenis investasi yang tepat saya gunakan untuk mulai menanam modal realisasi Ductioner nanti. Sangat berharap sekali bahwa investasi syariah ini bisa membantu saya dalam mewujudkan Ductioner #10tahunlagi.

Reksadana Syariah untuk Ductioner #10tahunlagi ? 

Perhitungan Investasi dengan Reksa Dana Syariah (Sumber Gambar)
Investasi dengan prinsip syariah memang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Investasi berbasis syariah dapat dilakukan dengan reksadana syariah. Reksadana syariah ini sebagai wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat sebagai pemodal. Selanjutnya, dana ini diinvestasikan dalam portofolio efek yang dilakukan oleh manajer investasi sesuai dengan ketentuan dan prinsip syariah islam. Dalam hal investasi reksadana syariah, dana investasi tidak boleh ditanam di perusahaan yang berhubungan dengan sesuatu yang haram, seperti produsen minuman keras ataupun perusahaan yang berhubungan dengan judi, hiburan maksiat, pornografi, dan hal haram lainnya. Selain itu, portofolio yang bertentangan dengan ketentuan syariah juga harus dijauhi, seperti portofolio yang bersifat riba perdagangan barang palsu dan yang mengandung ketidakpastian. Jadi investasi reksadana syariah ini sudah terjamin kehalalannya, insya Allah.

Menjadi investor reksadana syariah juga tidak susah dan tidak memerlukan modal yang besar. Hanya butuh niat dan tujuan yang sudah jelas pastinya, mulai dengan modal 100 ribu sudah bisa menjadi investor reksa dana syariah. Keuntungan lainnya adalah investasi dengan reksadana syariah lebih aman dam stabil. Hal ini dikarenakan perusahaan yang bisa dibiayai lewat reksadana memiliki rasio hutang dan modal setidaknya 45% : 55%. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan itu secara umum memiliki struktur modal yang sehat dan kuat, sehingga jauh dari ancaman bangkrut. Fokus investasi dari reksadana syariah ini adalah pada perusahaan yang memiliki potensi pertumbuhan tinggi, valuasi masih rendah, keunggulan kompetitif kualitas bisnis yang sehat serta memiliki turnover story.

Keterbukaan Informasi dan Monitoring Investasi Reksadana Syariah (Sumber Gambar)
Keuntungan lainnya berinvestasi melalui reksadana syariah adalah praktis dan fleksible. Hal ini dikarenakan bisa melakukan pembelian secara online melalui agen penjualan ataupun langsung kepada perusahaan manager investasi. Selain itu, keterbukaan informasi juga menjadi keuntungan sebagai investor karena dapat melihat daftar reksadana syariah dan memeriksa laporan tiap bulan untuk mengetahui kinerja manajer investasi dan keadaan uang investasi yang semakin berlipat-lipat. Selain itu, reksadana syariah juga memberikan beberapa manfaat bagi pemerintah dan bursa efek, yaitu memobilisasi dana masyarakat, dapat mengoreksi tingkat bunga, meningkatkan peranan swasta nasional dalam menghimpun dana masyarakat serta mendorong perdagangan surat-surat berharga dipasar modal Indonesia.

Dengan segala pertimbangan, baik keadaan dan modal yang ada sekarang ini membuat saya semakin mantap untuk memulai berinvestasi dengan reksadana syariah. Tidak harus menunggu gaji besar baru berinvestasi, gaji yang ada sekarang sudah bisa disisihkan untuk mewujudkan impian jangka panjang yang memang sudah sedari dulu diinginkan. Hal lainnya, tak mungkin berinvestasi tanpa resiko, namun dengan reksadana syariah resiko investasi bisa diminimalisasi dengan adanya manager investasi serta sistem mitigasi resiko yang dimiliki oleh reksa dana sehingga membuat saya lebih tenang dalam berinvestasi.

Ductioner #10tahunlagi menjadi semakin nyata dengan mulai melakukan investasi di reksadana syariah. Semoga jalan ini dilancarkan oleh Allah sampai 10 tahun ke depan dan Ductioner benar-benar hadir di tengah masyarakat sebagai solusi pengolahan sampah rumah tangga khususnya sampah makanan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Aamiin ya rabbal alamiin. .

Referensi: 

Duitpintar.com. 2015. Kunci Sukses Investasi: Tanpa Menentukan Tujuan Sama Aja Bunuh Diri.
Duitpintar.com. 2015. 6 Tahap dalam Tata Cara Beli Reksa Dana di Bank. 
Icanende. 2010. Reksadana Syariah.
Respati, Yogie. 2016. Reksa Dana Syariah Sahamm Pilihan Investasi Terpopuler.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Oleh: Lucky Caesar Direstiyani

Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Investasi Syariah

Diadakan dalam rangka Kampanye Nasional Aku Cinta Keuangan Syariah

2 komentar:

  1. Semangat berjuang mewujudkan niat baikmu yaa dek. Semoga selalu diberikan kemudahan oleh Allah. Aamiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Makasiih mbaaakkk ya :) Suwunn sudah mampir, sering" mampir mbak ya. . hehehe

      Hapus

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES