Rabu, 24 Desember 2014

Setahun lalu, Bahagianya Berbagi dalam IFI 2013

Sebaik-baik manusia di antaramu adalah yang paling 
banyak manfaatnya bagi orang lain  ( HR. Bukhari )

Terus mencoba menjadi manusia yang selalu memberikan manfaat untuk orang lain. Sesuai dengan motto hidup saya, bahwa hidup ini hanya sekali-maka harus berarti. "Berarti" dalam arti bisa memberikan dan melakukan apa yang bisa dilakukan dengan berbagi kebermanfaatan untuk orang lain. Berbicara tentang kebermanfaatan, saya ingin berbagi mengenai salah satu kegiatan yang saya lakukan setahun lalu bersama IECC (ITS Education Care Center) dalam event terbesarnya yaitu IECC for Indonesia (IFI) 2013.   

Dalam kegiatan IFI 2013 ini saya bertindak sebagai fund raising committee alias sie dana. Begitu semangatnya saya berada dalam sie ini. Menggalang dana untuk keberlangsungan acara, untuk adik-adik disana. Ditambah lagi dengan kerjasama antar sie yang begitu solid, penuh totalitas dari orang-orang terbaik :D. Alhamdulilah Allah memberikan kelancaran, semuanya dimudahkan tanpa halangan apapun.
Poster IFI 2013 ^^
Banyak bantuan datang dari berbagai penjuru. Bantuan mulai dari buku-buku cerita, baju layak pakai, fresh money, tas sekolah dan masih banyak lagi. Alhamdulilah, masih banyak yang tergerak hatinya untuk membantu sesama, membantu memperbaiki masa depan melalui pendidikan. Terima kasih untuk yang sudah membantu, semoga berkah dan rahmat selalu dilimpahkan oleh Allah pada kalian semua. Aamiin.

Acara IFI 2013 berlangsung lancar, menyenangkan dan penuh kenangan. Karena memang saya selalu percaya, Allah selalu bersama setiap niat baik. Alhamdulilah, kegiatan yang berlangsung dari tanggal 20-23 Juni 2013 yang bertempat di Desa Kepetingan, Sawohan, Sidoarjo bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Empat hari penuh suka cita, penuh pengalaman baru yang tidak akan pernah terlupakan.

Perjalanan yang cukup panjang untuk mencapai desa kepetingan tidak menyurutkan semangat kami, mulai dari panitia seta volunteer IFI 2013. Perjalanan menuju desa kepetingan ditempuh dengan menggunakan perahu dari dermaga pasar ikan sidoarjo sampai desa kepetingan memerlukan waktu sekitar 35 menit. Panas terik matahari menemani perjuangan perjalanan kami.
Saat di perahu.
Sesampainya di desa kepetingan, kami disambut oleh anak-anak desa kepetingan yang begitu menyenangkan. Baik, tanggap, dan saling membantu. Menyambut baik kedatangan kami disana. Tersanjung ketika melihat warga desa kepetingan yang sangat ramah, senyum setiap kali disapa, sangat terbuka dengan kedatangan kami. Ini yang selalu saya rindukan di kota, tak banyak orang ramah seperti mereka. Tak banyak yang peduli dengan orang lain, bahkan hanya sekedar senyum ketika disapa. Berbeda dengan orang-orang di desa ini, semuanya begitu murah senyum. 

Hari pertama di desa kepetingan diisi dengan bersih-bersih basecamp, klaster buku-buku yang dikumpulkan dari para donatur, memasang listrik dan membersihkan area desa. Cukup menyenangkan dihari pertama ini. 

Pagi hari di hari kedua cukup terkesima dengan sunrise yang begitu menawan. Saya suka menikmati pagi, dan sunrise membuat saya lebih jatuh cinta dengan pagi dan lebih bersemangat untuk menjalankan semua aktivitas hari ini.

cantiknya pagi ^^ By : Aida

Setelah puas menikmati pagi, dilanjutkan dengan kerja bakti desa Kepetingan. Disini saya bersama kelompok membersihkan daerah disekitar masjid sampai balai desa. Cukup miris banyak sampah sana sini, mengapung disungai. Desa kepetingan ini seperti pulau tersendiri, karena diapit oleh sungai di bagian utara dan tambak dibagian selatan. Tragisnya di desa ini tidak ada TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sehingga sampah-sampah yang dihasilkan langsung dibuang di sungai. Awalnya saya tak sadar kalau ternyata di desa ini tak ada tong sampah sekalipun. 

Miris memang, tapi itu faktanya. Harusnya ada pengadaan bak sampah untuk pembuangan sampah yang ada. Agar tidak langsung dibuang ke sungai yang berakibat mencemari badan air. Selepas kerja bakti, dilanjutkan dengan pembukaan IFI 2013 dan kelas Inspirasi. Di kelas inspirasi ini saya mendapat bagian untuk sharing dengan adik-adik kelas 2 SD. Mereka berbagi cerita tentang cita-cita kedepannya, tentang hobi dan sedikit cerita tentang keluarga mereka. Setelah berbagi cerita, dilanjutkan dengan kelas menggambar #asikasikasik 

Sore hari di hari kedua IFI 2013 adalah sekolah alam. Belajar dengan menyatu bersama alam. Dalam sekolah alam ini, ada mas ryan yang berbagi ilmu mengenai reaksi antara soda dan cuka yang bisa menghasilkan CO2 sehingga membuat balon bisa mengembang dengan sendirinya. ada juga ilmu mengenai filtrasi dengan filter sederhana serta tanya jawab seputar energi, magnet, alam dan juga cerita mengenai sampah dan pemilahannya #asiknyasekolahalam

antusiasme sesi tanya jawab sekolah alam ^^ By : Mbak Basty
Hari ketiga IFI 2013 tidak kalah menarik dengan hari-hari sebelumnya. Pagi ini kami mengikuti acara tasyakuran kelulusan adik-adik SD dan SMP satu atap. Sebelum ke acara tasyakuran, panitia bersama volunteer IFI melakukan senam bersama dan mempersiapkan performance untuk acara tasyakuran. Performance spesial sudah kami siapkan untuk tampil di acara tasyakuran mereka. Sebuah lagu ibu pertiwi dengan puisi yang begitu indah. 


Acara tasyakuran juga diwarnai dengan air disetiap mata memandang. Pukul 09.00 air lalut pasang sampai setinggi mata kaki. Bukan hal baru bagi warga kepetingan air pasang seperti ini. Selain itu juga banyak sampah yang mengambang di sana - sini membuat pemandangan semakin miris.

Saat air pasang
Performance IFI 2013 saat acara tasyakuran kelulusan ^^ By : Mbak Basty
Setelah acara tasyakuran dilanjutkan dengan kelas handmade - membuat celengan dari botol plastik dengan hiasan daun kering. Pembuatan celengan ini untuk menerapkan sikap hidup hemat sesuai dengan pepatah 'Hemat pangkal kaya'. Adik-adik begitu antusias membuat celengan dan menghiasnya dengan daun-daun kering. Begitu menyenangkan melihat mereka berkreatifitas tanpa batas.
Bersama Ajis :D (By : Mbak Basty)
Pada malam hari di hari ketiga, ada nonton bareng bersama adik-adik dan bakr ikan bersama warga desa kepetingan. Sungguh suasana penuh keakraban, tawa canda, dan wajah-wajah penuh dengan keceriaan. Sungguh semoga setiap hari, setiap dari kita selalu bersama kebahagiaaan seperti ini. Acara nonton bareng buyar seiring dengan serbuan pasukan dari langit. Hujan sepertinya ingin bergabung berbagi kebahagiaan bersama kami. 

Malam ini saya dan aida dalam program 'Jika Aku Menjadi'. Menginap di rumah salah seorang warga desa kepetingan. Allah mempertemukan kami dengan keluarga Ibu Nur. Sosok ibu yang begitu baik, keibuan, ramah dan suka tersenyum begitu bahagia menyambut kedatangan kami di rumah mereka. Alhamdulilah, lagi-lagi bertemu dengan orang baik.

Malam ini, saya dan aida berkesempatan untuk membantu ibu nur memilah hasil tangkapan dari suami Ibu Nur. Tangkapan berupa udang dan ikan yang dipilah untuk dipisahkan dengan kotoran yang tersangkut pada jaring. Setelah dipilah, ibu Nur memasak satu piring penuh udang dan kampat dengan dua piring penuh mie rasa kari ayam. Enggan untuk menolak padahal program diet sedang berjalan, akhirnya saya dan aida dengan penuh pengorbanan menghabiskan masakan spesial dari bu nur. 

Keesokan paginya, saya dan aida sudah bersiap untuk membelah muara bersama suami Bu Nur. Ditambah lagi dengan mas faisol yang ikut bersama kami. Alhamdulilah, senangnyaaa bisa mengagumi alam ini dengan lebih dekat. 

Muara Kepetingan :D
Setelah puas berkeliling, mengarungi sungai menuju muara kepetingan. Perahu kecil yang kami tumpangi kembali menuju desa kepetingan. Acara outbond sudah menyambut kedatangan kami. Adik-adik disini selalu antusias mengikuti setiap kegiatan outbond. Mereka terlarut dalam kebahagiaan. 

Setelah acara outbond dilanjutkan dengan closing acara IFI 2013 dengan pemberian kenang-kenangan dan pemberian buku dan alat tulis kepada adik-adik. Selain itu juga ada penyerahan bantuan  berupa rak buku dan buku-buku untuk SD dan SMP satu atap. Bantuan ini merupakan penyaluran donasi dari para donatur ke SD dan SMP satu atap. Tidak lupa ucapan terima kasih kami sampaikan kepada seluruh warga Kepetingan yang menerima kami dengan tangan terbuka dan membantu menyukseskan acara IECC for Indonesia 2013. Pesan untuk adik-adik kepetingan , gapai mimpi kalian dan terus lakukan yang terbaik. 
Kebahagiaan adalah kesetiaan. Setia atas indahnya merasa cukup. Setia atas indahnya berbagi. Setia atas indahnya ketulusan berbuat baik - Tere Liye
Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi untuk terus berbagi 
serta memberikan manfaat untuk kita semua. 
Sekian dari saya, selamat menjemput sukses! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES