Sabtu, 08 Februari 2014

Get Your Healthy Breakfast, Get Your Healthier Life

Not eating breakfast is the worst thing you can do,
that's really the take-home message for teenage girls - Bruce Barton

Statement dari Bruce Barton sempurna membuat saya merenungi kebiasaan yang sudah saya lakoni bahkan sejak duduk di bangku sekolah dasar. Saya begitu sulit disuruh ibu untuk sarapan pagi dengan mengeluarkan banyak alasan menolak sarapan pagi seperti tidak sempat, takut terlambat dan masih banyak lagi jenis alasan lain. (Awalnya) Bagi saya sarapan pagi membuat kantuk menyerang dan susah berkonsentrasi.  Ternyata itu salah besar setelah beberapa fakta terjadi dan tubuh saya menjadi bukti nyatanya. Breakfast is the most important thing that we should have before getting start the day.

Begitu pentingnya sarapan. Satu hal yang selalu ditekankan oleh ibunda tercinta sejak saya kecil. Sarapan merupakan jadwal makan yang paling penting. Sarapan menjadi sumber energi untuk memulai aktivitas seharian. Oleh karena itu, makanan yang dikonsumsi saat sarapan haruslah makanan sehat dan berkualitas. Perlu juga ilmu pengetahuan dan cara cerdas untuk menikmati sarapan agar tetap sehat dan aman untuk kesehatan tubuh.

Menu Sehat untuk Sarapan

Sarapan pagi tidak harus dalam porsi yang besar melainkan porsi yang tepat (tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil) dengan kandungan gizi yang tinggi. Pastikan menu sarapan pagi kita lengkap dengan zat-zat penting yang mengandung kombinasi nutrisi seperti karbohidrat (rendah), protein, vitamin, mineral, lemak (rendah) dan air. Sarapan dengan kandungan gizi lengkap memberi tubuh nutrisi penting dan tenaga tanpa meningkatkan kadar gula darah dan kadar insulin. Sarapan yang baik akan memberikan sumber energi  untuk sel-sel otak agar berfungsi dengan baik.

1.Karbohidrat (rendah)
     Makanan mengandung karbohidrat, seperti nasi, kentang, jagung, gandum dan roti, dapat membuat tubuh lebih bertenaga. Jika sarapan mengandung karbohidrat, maka hingga menjelang makan siang tubuh tidak lemas dan tetap bertenaga. Namun disarankan jangan terlalu banyak makan yang mengandung karbo karena meningkatkan resiko penyakit jantung.

2.Protein
       Protein akan membuat perut merasa kenyang lebih lama serta bisa meningkatkan konsentrasi. Protein yang bisa dikonsumsi pada menu sarapan , antara lain telur rebus, tahu, tempe, ikan dan ayam.

3.Lemak (rendah)
          Lemak dalam menu sarapan pagi berfungsi sebagai sumber energi. Kandungan lemak yang rendah sangat disarankan agar terhindar dari resiko penyakit kolesterol dan obesitas.

4.Vitamin, Mineral dan Air
        Vitamin, Mineral dan Air terkandung dalam sayur-mayur dan buah-buahan. Serat pada sayur dan buah sangat membantu dalam melancarkan pencernaan. Kandungan vitamin pada buah juga berfungsi untuk meningkatkan vitalitas tubuh, kulit selalu segar serta membuat tubuh tidak mudah terkena penyakit. Makan buah-buahan sangat dianjurkan sebelum makan nasi atau makan makanan yang mengandung karbo. Namun kebanyakan dari kita, buah di gunakan sebagai makanan penutup .Hal ini ternyata sangat tidak baik dan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh salah satunya masalah pencernaan.

Kita disarankan makan buah 20-30 menit sebelum makan nasi. Hal ini disebabkan makan buah sebelum makan nasi dapat membantu mengurangi berat badan karena membuat kita merasa lebih kenyang serta membantu tubuh untuk menyerap nutrisi penting yang terkandung dalam buah-buahan. Sebaliknya apabila makan buah setelah makan nasi maka membutuhkan waktu yang panjang untuk mencernanya sehingga dapat menyebabkan masalah pencernaan. Buah-buahan yang dikonsumsi dianjurkan buah yang segar dan terjamin kebersihannya. Hindari buah yang dikalengkan, buah beku atau buah yang telah diproses atau diawetkan.

Setelah sarapan pagi dianjurkan untuk menghindari mengonsumsi teh atau kopi. Kebiasaan yang salah kaprah sepertinya sudah membudaya pada masyarakat termasuk saya yaitu mengonsumsi teh ataupun kopi setelah sarapan. Kakek saya bahkan sampai sekarang masih suka melakukan kebiasaan tidak sehat tersebut meskipun sudah tau kebenarannya. Mengonsumsi teh atau kopi setelah makan tidak baik untuk kesehatan tubuh karena teh atau kopi menyerap protein, zat besi dan vitamin dari makanan yang sebelumnya dimakan sehingga makanan tidak dapat dicerna dengan baik. Akibatnya bisa terjadi gangguan percenaan. Gangguan percenaan ini sebenarnya adalah gangguan yang paling berbahaya karena bisa mengganggu fungsi anggota tubuh yang lain akibat kurangnya nutrisi dan zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, teh dapat menghambat serapan zat besi pada tubuh sehingga lama-kelamaan menimbulkan gejala anemia karena penyerapan zat besi bisa mencapai 80%. Padahal zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan kualitas tubuh, profilerasi dan diferensiasi sel, termasuk sel saraf, otot, tulang dan organ lainnya. Jika tetap tidak bisa menahan keinginan untuk minum teh atau kopi berikan jeda antara 1 sampai 2 jam setelah makan. Jeda ini untuk memberikan waktu kepada sistem pencernaan bekerja menyerap gizi yang terkandung dalam makanan sebelum kopi atau teh masuk.

Tidak hanya kopi dan teh yang menjadi menu minuman favorit, susu ternyata juga menjadi menu kesukaan terutama untuk anak-anak yang masih kecil (usia muda). Dulu sejak sekolah dasar, ibu selalu menyiapkan satu gelas besar susu coklat hangat setiap pagi.Dari buku yang saya baca, The Miracle of Enzyme karangan Dr. Hiromi mengatakan bahwa susu sebenarnya kurang baik untuk kesehatan tubuh terutama susu sapi olahan. Susu sapi olahan bisa menyebabkan banyak masalah pada kesehatan tubuh yaitu gangguan pada proses metabolisme tubuh dan merusak saluran pencernaan terutama bagi penderita alergi dan hipersentitif.  Susu sapi olahan juga membuat enzyme tidak bekerja secara maksimal akibat pencernaan yang terjadi hanya di lambung. Dalam hal ini, susu langsung menuju ke lambung tanpa terjadi pengolahan mekanik di mulut sehingga lambung bekerja lebih berat untuk pemecahan molekul susu.

Sarapan memang begitu penting untuk tubuh. Namun tanpa menu sarapan yang sehat justru dapat mengakibatkan gangguan kesehatan.Dengan memilih menu sarapan yang sehat dan menjadikan tubuh kita lebih sehat. Sungguh ilmu begitu berguna untuk menjadi pedoman dalam mengambil tindakan yang cerdas. Selamat merancang menu sarapan sehat masing-masing. Semoga kita selalu cerdas dalam bertindak dan bersikap. Get your healthy breakfast, get your healthier life!

Referensi:

1.Haryadi, Tri. 2012. Menu Sarapan Pagi Sehat Lezat Bergizi Cepat Saji dan Mengenyangkan. 

2.PRLOG. 2012. Efek Negatif Minum Teh Setelah Makan, Ini Faktanya.

3.Smallcrab. 2012. Sarapan, Dari Yang Sehat Sampai Yang Bikin Langsing. 

http://www.smallcrab.com/kesehatan/801-sarapan-dari-yang-sehat-sampai-yang-bikin-langsing

 

4. Shinya, Dr Hiromi. 2008. The Miracle of Enzyme Self-healing Program. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama (GPU)

5. Zoomyadam. 2009.Minum Kopi atau Teh Setelah Makan Tidak Sehat? 



Artikel ini diikutan dalam 


Semoga Bermanfaat^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES