Kamis, 31 Januari 2013

Save water, save future !

Save water, save future !
"Air adalah sumber kehidupan" begitulah ungkapan yang sudah sering kita dengar. Air memang merupakan komponen penting dalam kehidupan. Di bumi ini air mempunyai jumlah yang besar, yakni dua pertiga dari seluruh luas permukaan bumi. Air juga merupakan unsur pembentuk utama dalam tumbuh manusia, hewan dan tumbuhan. Bahkan tubuh manusia sebanyak 90% terdiri dari air. Kekurangan 15% saja menyebabkan manusia mengalami dehidrasi bahkan bisa meninggal.

Air memliki fungsi yang sangat penting sebagai pengatur suhu tubuh dan pertukaran elektrolit dalam tubuh manusia. Air bisa mendistribusikan nutrisi ke seluruh tubuh, melembabkan persendian, dan membantu pencernaan makanan.  Air juga penting untuk kegiatan pertanian, industri dan penghasil tenaga listrik. Tidak hanya manusia, hewan dan tumbuhan pun memerlukan air dalam proses kehidupannya. Mengingat pentingnya air, sudah seharusnya keberadaan air dijaga agar tetap tersedia sepanjang masa untuk generasi yang akan datang.

Semakin lama persediaan air bersih dibumi ini semakin menipis. Meskipun 2/3 bagian bumi adalah air, namun hanya kurang dari 2,5 % saja yang bisa dikonsumsi oleh manusia.  Seiring dengan meningkatnya populasi manusia maka kebutuhan akan air bersih meningkat 6 kali lipat lebih banyak. Namun, jumlah persediaan air tetap atau bahkan cenderung menipis. Ini berarti semakin hari, air bersih semakin diperebutkan. Kondisi yang kian memprihatinkan ini, menuntut kepedulian kita dalam menggunakan air. Sudah seharusnya kita menggunakan air dengan bijak dan sesuai kebutuhan untuk mencegah terjadinya krisis air yang lebih lama. Apabila mulai sekarang kita tidak melakukan penghematan air, maka bisa jadi krisis air semakin parah dan berkepanjangan.

Krisis air sudah mulai terjadi akhir-akhir ini. Kita bisa melihat di berbagai belahan dunia, sebagai contohnya di negara kita tercinta, Indonesia. Berbagai daerah di Indonesia mulai terjadi krisis air. Bisa dilihat di berita koran maupun televisi, pada saat musim kemarau yang berkepanjangan sawah dan ladang para petani mengalami kekeringan dan bahkan kehilangan sumber mata air. Sumur-sumur warga juga kering, tidak ada air. Hal itu terjadi di berbagai daerah di Pulau Jawa dan sepanjang pantai utara. Menurut data dari kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup dua tahun mendatang (2015), diperkirakan kelangkaan air bersih meluas hingga ke daerah Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur.

Tiga puluh tahun mendatang (sekitar 2040-an), kondisi bumi akan semakin memprihatinkan ditambah dengan isu global warming mengenai peningkatan suhu bumi yang semakin ekstrim. Apabila bumi terus memanas, maka pada tahun tersebut bumi akan kekurangan air bersih sehingga akan menimbulkan banyak bencana di seantero jagat raya seperti kelaparan dan kekeringan yang mencapai level waspada. Udara akan menjadi sangat panas dan jutaan ribu penduduk bumi berebut air bersih dan makanan untuk keberlangsungan hidup mereka.

Saat ini kondisi ketersediaan air bersih semakin menipis dan diperparah dengan kurangnya kesadaran manusia dalam menjaga lingkungan. Kelangkaan air ini buah dari keacuhan manusia dalam melakukan aktivitas tanpa memperhatikan pengaruh yang ditimbulkan terhadap lingkungan. Akibatnya, tingkat pencemaran air oleh limbah cair ataupun padat dari aktivitas industri semakin tinggi. Kebanyakan dari oknum industri tidak melakukan pengolahan terlebih dahulu, namun langsung membuangnya ke sungai. Aktivitas ini menimbulkan pencemaran sungai yang bisa menimbulkan banyak masalah seperti kematian biota sungai dan menimbulkan penyakit jika air sungai dikonsumsi atau digunakan manusia.

Selain itu, daerah persediaan air pun juga rusak karena banyaknya deforestation dan kegiatan illegal logging oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Kondisi ini semakin diperparah dengan perubahan iklim secara global akibat global warming yang menyebabkan iklim berubah tidak menentu. Sungguh tragis memang, namun semua yang terjadi ini memanglah akibat dari setiap perbuatan yang telah kita lakukan.

Banyak hal yang sebenarnya bisa kita lakukan untuk meminimalisasi krisis air bersih yang terjadi.  Saya sudah mulai menerapkan ini sejak berada di bangku sekolah SMA. Saat masa-masa mengenakan seragam putih abu-abu itu , saya sudah melakukan banyak hal mengenai penghematan, pengolahan dan penggunakan air dengan bijak. Menerapkan prinsip 4 R yaitu Reuse, Reduce, Recycle dan Replant . Prinsip 4R ini sangat efektif dalam langkah meminimalisasi krisis air bersih. Berikut ini yang sudah saya lakukan berkenaan dengan prinsip 4 R :

1.       Reuse = Menggunakan kembali air yang sekiranya bisa digunakan

Saya menggunakan air bekas cucian untuk menyiram halaman depan rumah saat musim kemarau agar tidak terlalu menimbulkan debu terbang saat disapu. Penggunaan air ini dapat menghemat pemakaian air bersih. Saat ini masih banyak orang menggunakan air bersih hanya untuk menyiram halaman rumah.

2.       Reduce = Mengurangi pemakaian air bersih (menggunakan sesuai kebutuhan)

Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam hal reduce ini. Reduce berarti mengurangi atau bisa diartikan menghemat. Saya juga sudah melakukan banyak hal mengenai penghematan pemakaian air bersih, seperti :

-       Saya biasanya mandi menggunakan shower atau membatasi penggunaan air untuk mandi hanya dengan dua ember. Cara ini efektif sekali dalam hal penghematan penggunaan air bersih mengingat pemakaian terbesar adalah untuk keperluan mandi sebesar 60 liter perhari perorang atau 45 persen dari total pemakaian air.
-         Saya meminimalisasi pemakaian air dengan tidak membiarkan kran air terus menyala saat mencuci tangan dengan sabun. Selain itu saya juga mulai menerapkan menggosok gigi dengan menggunakan gelas sebagai wadah air. Cara ini bisa menghemat pemakaian air bersih karena seringkali kita menggosok gigi langsung dari kran air dan terkadang membiarkan kran air terus menyala sehingga pemborosan air bersih. Membiarkan kran menyala selama 1 menit berarti membuang 1 galon air
-         Saya juga menggunakan mesin cuci yang menghemat pemakaian air bersih. Mencuci menggunakan mesin cuci lebih mudah dalam kontrol penghematan penggunaan air bersih dibandingkan dengan mencuci manual. Saat mencuci juga disarankan untuk memilih detergen yang ramah lingkungan yang dapat menghemat penggunaan air untuk membilas pakaian

3.       Recycle = Melakukan penggolahan terhadap air kotor menjadi layak digunakan

Saya pernah melakukan penelitian mengenai penjernihan air menggunakan karbon aktif. Penelitian saya ini berkenaan dalam mengikuti lomba ISPO (Indonesian Science Project Olympiad) 2011 dan berhasil menjadi finalis untuk presentasi di Jakarta. Penelitian tersebut menggenai pemanfaatan kulit singkong dan kulit kacang tanah sebagai karbon aktif dalam penyaringan air. Dengan menggunakan karbon aktif untuk proses penyaringan air bisa di dapatkan air yang kotor berubah menjadi jernih. Racun dan bakteri dalam air kotor tersebut juga ikut terserap ke dalam karbon aktif. Selanjutnya, air yang sudah melalui proses pengolahan ini bisa digunakan untuk air kolam ikan. Terbukti, ikan sebagai indikator hidup bisa bertahan atau tidak mati. 



Brosur Karbon Aktif 

Produk Karbon Aktif
Selain itu, prinsip recycle ini juga diterapkan dalam IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah). Dulu sewaktu SMA, sekolah saya (SMAN 10 Malang) memiliki IPAL yang terhubung dengan limbah dari kantin. Limbah dari kantin tersebut diolah dan kemudian dijadikan air kolam ikan. Dalam IPAL ini juga menggunakan karbon aktif dalam proses kerjanya.

IPAL SMAN 10 Malang
4.       Replant = Melakukan usaha penanaman untuk memperkaya air dalam tanah

Prinsip replant berarti penanaman kembali. Prinsip replant bisa membantu dalam recovery kesediaan air tanah yang kian lama kian menipis akibat ulah manusia yang merusak lingkungan seperti deforestation. Penanaman pohon ini dimaksudkan agar akar pohon bisa mengikat air dalam tanah (misal menyerap air hujan). Dengan demikian, pohon-pohon akan menjadikan daerah tersebut sebagai daerah resapan yang dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Saya juga ikut dalam aksi penanaman pohon sebagai wujud penghijauan lingkungan dan pengayaan kesediaan air tanah.  

Aksi penghijauan lingkungan
Kegiatan menanam di sekolah 
Selain melalui usaha penanaman pohon kembali, kita juga bisa memperkaya kesediaan air tanah dengan membuat lubang biopori. Dulu sewaktu SMA, saya pernah membuat beberapa lubang biopori di area sekolah. Cara membuat lubang biopori ini sangat mudah yaitu dengan membuat lubang berdiameter 10 cm dengan kedalaman 100 cm. Lubang tersebut diisi dengan sampah organik untuk mempercepat terbentuknya biopori. Setelah penuh maka lubangnya ditutup menggunakan kawat jaring supaya aman. Lubang biopori ini secara langsung akan menambah bidang resapan air. Saat hujan turun, lubang akan terisi air dan selanjutnya air tersebut meresap ke dalam tanah dan diikat sebagai sumber air tanah. Sumber air tanah ini nantinya akan kita gunakan sebagai supply air bersih.

Dua teman saya saat membuat lubang biopori
            Banyak langkah sederhana yang sebernanya bisa kita lakukan untuk meminimalisasi krisis air bersih. Dari awal sederhana untuk hasil yang luar biasa menyongsong perubahan lingkungan yang bebas dari krisis air bersih. Berawal dari tulisan ini semoga keinginan saya mengajak setiap pembaca untuk mulai peduli dengan lingkungan bisa tercapai.
             Peduli terhadap lingkungan berarti peduli pada masa depan karena lingkungan merupakan pembuluh nadi tiap manusia. Apabila satu rusak, maka akan merusak komponen atau bahkan mematikan komponen yang lain. Dan air merupakan nadi utama yang sudah seharusnya kita jaga kelestariannya. Semoga langkah kecil yang tulus dan ikhlas dari dalam hati ini bisa menginspirasi dan menggugah naruni para pembaca untuk mulai menggunakan air dengan bijak. Bijak menggunakan air berarti siap menyongsong masa depan penuh kecerahan. Save water, save future ! :D

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Anugerah Jurnalistik Aqua 2012. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semua. Ingin berbagi cerita mengenai 'air dan kehidupan' ? Silahkan tulis ceritamu dan ikutkan dalam lomba Anugerah Jurnalistik Aqua 2012. Selamat berjuang :D 

50 komentar:

  1. Yang terpenting dari semuanya adalah bahwa kita tidak hanya mengetahuinya, tetapi kita juga harus segera menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, ayo sama" kita lakukan pak pan ! :D
      untuk Bumi yang lebih hijau dan bersih. . Semangatt !

      Hapus
  2. Keren Luc...... (y)
    tapi sebenernya 5 % kehilangan air dalam tubuh udah bisa mengalami dehidrasi lhooo...
    nambah, kalau nyuci pakai produk SEKALI BILAS, itu bener2 menghemat air Luc...
    Good luck :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih zik :D
      okee, tengkyu infonyaa ya. .
      Semangat untuk menghemat air yah. . :D Save water, save future :)

      Hapus
  3. nice :)
    ciyeeeeeeeeee... aca fotonya roniii ^^
    sukses yaaa :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangaattt melakukan penghematan air yah. .
      jangan boros :p Hhhaa. .
      btw, thanks uda mampir. . :D

      iya tuh, fotonya biar menginspirasi banyak orang bikin biopori :3
      yup, sukses buat kamu juga :D

      Hapus
  4. Subhanallah.. keren seperti biasa.(y)
    good job. Seandainya ada 1000 orang yg peduli dan sadar lingkungan spt kamu, Indonesia akan maju! hem..hem

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D selalu mbak nephi ini :3
      Ayo kita sama" memberikan perubahan untuk Indonesia lewat aksi peduli dan sadar lingkungan :D Semangat.semangaatt ! :D

      Hapus
  5. bagus mbak!
    informasinya sangat membantu...
    semoga bnyak orang yang mulai sadar setelah melihat ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaminn. . Semangaat menghemat air yah :D
      Inget di asrama sering mati airnya :p

      Hapus
  6. the point is I could not live without water, and so us. Do not wait until the fresh water gone and drought come, start now use water efficently. Kok diagramku ga di post Luci??

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, that's right jaw. :D Use ur fresh water wisely :)

      Hehehee, iya jawa maap yah. . Aku masukin brosur untuk lebih memperjelas tentang karbon aktifnya :) but ur diagram totally great ! :D

      Hapus
  7. Balasan
    1. makasiii broo. . ! :D
      Save water, save future :)

      Hapus
  8. Balasan
    1. okeeh mbak bos :D
      semangat penghematan air yah ! :D

      Hapus
  9. sipp luc :D thank you udah ngingetin juga kalo air udah mulai harus dikhawatirkan dan diperhatikan dalam penggunaannya..
    oiyaa sekedar menambahkan juga,kebetulan di sekitar rumahku banyak orang yang mengebor air sendiri buat rumah tangga(nggak make air pet pdam)dan airnya mbuang-mbuang luc,bener-bener pemborosan,malah air yang diambil dari bor langsung itu lebih banyak dibuang di sungai daripada dimanfaatkan untuk kegiatan rumah tangga,soalnya kalo udah ngebor air berarti keran air harus nyala 24jam(nyala terus sampai tumpah-tumpah,nggak boleh dimatiin)soalnya kalo dimatiin bahaya,bisa jebol pipa airnya jadi hidup terus otomatis air tanah keluar terus tanpa pemanfaatan maksimal luc. benar-benar sangat disayangkan air tanah yang sangat jernih itu harus terbuang sia-sia :(

    jadi mungkin larangan bebas mengebor air secara bebas di pedesaan juga bisa jadi alternatif..hehehee
    karena juga berbahaya untuk masyarakat sekitar ,lama2 tanah bisa turun di sekitar tempat pengeboran..heehhee

    artikel yang bagus luc...good luck yaaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-saamaa ris. . kita saling mengingatkan :3
      wah, tragis banget gtu ya. . keran airnya nyala 24 jam tanpa henti berarti buang 1440 galon air tiap hari. Dan itu air bersih. . Huaaa -,- Tambah krisis air aja kalau tiap hari pemakaiannya seperti itu :|

      Makasiih sarannya ris. . :3 Semoga ada salah satu bagian badan lingkungan hidup yang baca ya. .biar dimasukkan dalam peraturan perijinan pengeboran air tanah. Biar lebih teratur, lebih jelas juga dan tidak merugikan lingkungan maupun masyarakat.

      Hahaha. . big thanks darl udah mau mampir. Yup, good luck for all :D
      Selamat menggunakan air dengan bijak yah. . :D

      Hapus
  10. kita gak hanya butuh sadar tapi juga aksi.. semangat! yg udah baca ini ayo kita bareng" mengggunakan air secara hemat.. do many things you can do guys to save our beloved earth!

    BalasHapus
    Balasan
    1. setujuuuuuuuuu ! Wah, mbak emaa saya suka semangatnya :):D

      niat baik untuk perubahan yang lebih baik. Save water, save future ! :D

      Hapus
  11. mbak gambarmu apik tak dongakno menang ya mbak...

    tapi ngko nek menang ojo lali traktiran ya.,,.,,

    GOOD LUCK SUkses!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin dek. . suwunn yo wes mampir dek :D

      Selamat menggunakan air dengan bijak yah . . :D
      hemat air dek, kalau krisis air nanti susah ngapa-ngapain. . :) semangdeekk (semangat adek) :p

      Hapus
  12. Balasan
    1. makasih buat mas atau mbak anonim uda mampir :D :p
      Save water, save future ! :D

      Hapus
  13. that's great ideas ...take care with our surrounding (y)
    begin with ourself in a daily then influence others to do useful activities for environment although it just simple one,. this is good post sist , . keep on creating and make changes for our earth in order to become better...
    good luck and gluck !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup. . actually take simple step can make a big changes in the future. Everything can be better depend on us. So, let's take action and make changes for better environment. Start from save water, we can save future. . :D

      Toi.toi sistaa :D

      Hapus
  14. keren keren, bingung nih mau ngomong apa, he he :P
    sukses terus!!!! ^_^

    Nana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhaa. . tengkyu nana uda mampir :D
      Semangat penghematan air yah. :)

      Amiin. . sukses juga buat kamu disana :D
      Save water, save future ! :)

      Hapus
  15. Keren de.. Hhmm..coba ya semua orang punya kesadaran dalam pengguanaan air bersih.. Jdi ngingetin jg nih biar nantinya ga boros air..hiihii.. Terus berkarya de... Semangattt !!! ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiii mbak atau mas unknown. . hihihi. . :D
      Iyaap, kita saling mengingatkan :D
      Semangat menggunakan air dengan bijak yah. . :)

      Save water, save future ! :D

      Hapus
  16. Nice article...
    Sekedar share info ternyata air juga punya perasaan dan mengenali perasaan loh :)
    cekidot: http://www.youtube.com/watch?v=tAvzsjcBtx8

    semoga bermanfaat _/|\_

    BalasHapus
    Balasan
    1. tengkyuu mas atau mbak anonim sudah mampir. . :D
      semangatt penghematan air yah,. save water,save future :)

      siaaaaap meluncur ke TKP :D

      Hapus
  17. I like ur article. Hopefully, everyone who read this can make changes in their daily activities when using water. More wisely and depend on their needs, not wasful anymore. Good luck, lucky !

    BalasHapus
    Balasan
    1. big thanks for reading my article. yah, so do I. Hopefully everything will changes to better stage. Use water wisely start from now and we can get our bright future :D

      Hapus
  18. Wow... great mbak... tambah kreatif ajee

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha. . suwun dek sudah mampir ke sinii :D
      Alhamdulilah, resolusi 2013 donk :p hehehe. .

      Hapus
  19. amazing mbak lus..
    banyak orang udah sadar tp belum dilakukan.. bikin sedih :(
    ayo kita jd pelopor buat save water, save the earth, for better future! ;)

    Good luck mbak lus :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. tengkyuu ten :*
      iya ten, aku juga ngenes liatnya. banyak yang udaa sadar, uda tau juga akibatnya apa. . eehh tetep aja buang" air. Semooggaa aja, artikel ini tidak berhenti sebagai wacana saja bagi pembaca. . namun juga butuh realisasi dalam kehidupan sehari-hari. .


      Siaaap, learn today-make changes tomorroww. . #hugeearth #eh :)

      Hapus
  20. paling nggak udah melaksanakan prinsip 4R.. :)
    makasih yaa Luc, udah menyadarkan semua orang betapa pentingnya menghemat air.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa eh dik. . semuanya berawal dari langkah kecil, jika dilakukan terus menerus maka akan memberikan hasil besar (y)

      sama". . yok, sekarang sudah sadar. . tinggal realisasi dalam kehidupan aja yah :D

      Semangaaattt. . :D

      Hapus
  21. untung udah melaksanakan prinsip 4R :D
    makasih luc, udah membuat semua orang sadar betapa pentingnya air bersih bagi kehidupan di masa depan.
    sukses buat lombanya luc.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa boss. . wah komennya sampe dobel :D
      saking semangaatnya nih :p

      Aamiin. . Makasii ya. .
      yang terpenting, sukses buat realisasi penghematan airr :D

      Hapus
  22. aduk sosweet dehhh.. :D Thankz 4 remind me and society ya Lucc :D syumpaaahh keren maksimal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha. ..Iya donk. ..
      Aku kan so sweet :p

      yup. . Sama" dit. . Saling mengingatkan. .
      Selamat menggunakan air dengan bijak. .:D
      save water,save future!

      Hapus
  23. semoga artikel ini bermanfaat dan banyak di baca. karena kita perlu sadar apa yang harus kita lakukan untuk bumi kita tercinta ini. makasih ya lucy udah bikin artikel ini. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya Allah. .
      Terima kasih sudah berkunjung dan berkenan membaca artikel ini. . :)
      Semoga selalu mengingatkan kita betapa pentingnya bijak menggunakan air. .

      Save water, save future! :)

      Hapus
  24. Nice...
    Tanpa air, kehidupan takkan pernah ada, mari gunakan air dengan bijak... :)

    BalasHapus
  25. keren banget , di usahakan bisa sustainable yaa :) semangat terus berkaryaa !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semanggaatt berkarya jga yah fai. . :D
      Aamiin. . semoga bisa selalu istiqomah melakukan kebaikan :D

      Hapus

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES