Selasa, 11 Desember 2012

Hard Work ! :D

Selamat malam. Selamat introspeksi diri. Untuk yang masih ada proyek atau tugas, monggo dikerjakan. Saya hanya ingin berbagai uneg-uneg saja. Semoga berkenan dan bisa bermanfaat :)

Tahun ini, tahun pertama saya menyandang gelar 'Mahasiswa'. Kata maha menambah kesan 'wah' dalam banyak artian. Seakan 'mahasiswa' bisa atas segalanya. Bisa menyelesaikan permasalahan yang sudah carut-marut, ruwet gak karuan yang melanda negeri ini. Tapi benarkah 'mahasiswa' ini sesuai dengan namanya ? Saya rasa belum untuk saat ini. Masih banyak mahasiswa yang belum paham bahwa mereka sebenarnya tombak tumpuan perubahan negeri ini. Mereka belum paham apa dan bagaimana seharusnya mahasiswa. Sayapun baru menemukannya kali ini.Pemahaman awal, untuk digali lebih mendalam.

Mahasiswa itu menyandang tanggung jawab besar. Harusnya bisa menjadi contoh bagaimana bertindak dan mengambil keputusan yang tepat. Nantinya ilmu yang didapatkan bisa dibagikan kepada masyarakat luas. Semuanya berasal dari proses belajar di dunia kampus yang baik, nanti aplikasinya Insya Allah baik. Proses belajar mahasiswa inilah yang membuat saya harus lebih beradaptasi. Ternyata sekolah dan kuliah itu beda. Kuliah harus benar-benar bisa mengatur waktu. Membagi waktu untuk belajar, ngampus, kegiatan organisasi, melakukan social activity dan masih banyak lagi. Membuat jadwal secara terperinci membantu pengaturan waktu saya, namun tak jarang ada kegiatan mendadak yang membuat jadwal berantakan. Itulah proses menjadi mahasiswa sebenarnya, cepat dan tepat dalam mengambil tindakan.

Selanjutnya adalah proses dalam perkuliahan. Banyak mahasiswa yang berorientasi pada 'nilai'. Nilai dipandang harga mati, apabila mendapat A maka akan sukses. Banyak yang menghalalkan segala cara agar mendapat A, entah itu nyontek saat ujian, copy-paste tugas teman atau apalah itu namanya yang berhubungan dengan kecurangan. Mereka tidak menghargai sebuah proses. Hakikat proses yang baik maka hasilnya akan baik sudah sempurna luntur. Hakikat baru muncul Proses boleh terserah yang penting hasilnya bagus. Parahnya manusia abad sekarang #gelenggeleng.

Satu prinsipyang saya tanamkan dalam-dalam sejak kecil, kejujuran itu segalanya. Ingat kata mutiara dari Pak Dibyo, guru semasa SMA "Lakukan sebab-sebab baik, maka akibat baik akan mengikutinya". Kalau kita melakukan kebaikan, pasti Allah akan memberikan kebaikan pada kita. Entah itu kebaikan berupa apa, satu hal pasti apa yang baik menurut Allah pastilah terbaik untuk kita #wise :D

So, mulai sekarang bekerja keraslah. Gunakan waktumu untuk hal-hal yang bermanfaat untuk sesama. Wujudkan semua niat baikmu mengubah negeri. Untuk mahasiswa Indonesia, mari lakukan perubahan lebih baik untuk negeri. Wujudkan Indonesia mengguncang dunia dengan prestasi dan kebanggan. Hidup Mahasiswa, Hidup Indonesia !

Satu quotes menarik dari Bapak Edy Henry, sosok yang mengagumkan dan sangat bijaksana. Beliau berpesan bahwa "if you say nothing , do nothing you will be nothing". So just start to do something and make changes for better future :D Remember, hard work always be rewarded ! Selamat menyongsong perubahan, selamat malam :D

1 komentar:

  1. wow super sekali gan. semangat terus buat mahasiswi baru. siap songsong masa depan! :D

    BalasHapus

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES