Senin, 31 Oktober 2011

Peduli lingkungan yukk :D

Ada aja ide anak-anak Sampoerna Academy mengatasi volume sampah yang semakin menggunung. Termasuk diantara mereka aku bersama kedua rekanku Ema dan Roni membuat sebuah kostum daur ulang anorganik dengan tema biota bawah laut ramah lingkungan. Kostum ini kita ikutkan dalam kompetisi yang diadakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair dan berhasil mendapatkan juara 3 se-Jawa Timur. Alhamdulilah... :D

Tampak Depan

Complete costum. Model : Ema

            Tampak dari kejauhan kostum biota bawah laut ini terlihat warna-warni yang begitu indah dan menarik. Kesan elegan dan pop-art pun muncul dari kostum ini. Kostum yang ramah lingkungan ini memanfaatkan bahan-bahan yang sangat mudah ditemukan di lingkungan sekitar.

            Bahan-bahan yang dipakai haruslah bahan yang sifatnya tahan lama, mudah didaur ulang, dan tahan terhadap air. Sebagian besar bahan baku kostum ini terbuat dari kain perca, tas plastik, bungkus plastik seperti bungkus minuman dan makanan ringan, karung beras, bungkus detergen, brosur bekas dll.  Uniknya kostum ini dibuat tanpa menggunakan  bantuan mesin sedikitpun. Kostum ini dijahit dengan tangan dan alat-alat sederhana untuk mempermudah pekerjaan antara lain seperti gunting, tang, pisau, kater dan masih banyak yang lain.

            Dalam kostum ini, bahan-bahan yang digunakan dibentuk dan dijahit sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Bentuk-bentuk yang diinginkan ini seperti bunga karang, rumput laut, keong, udang laut (lobster), ikan pari, kerang dan tajamnya batu-batu dasar laut.

Kostum unik  dengan tema keindahan bawah laut ini terdiri dari topi, baju atasan, rok, dan sepatu. Topi dalam kostum ini di desain dengan rumput laut sebagai hiasan pendukung. Udang laut (lobster) menjadi hiasan utama yang ditonjolkan. Bahan untuk topi terdiri dari kertas semen, pot bekas, kombinasi kain perca, hiasan keong dan bintang laut, karung beras, hiasan-hiasan carang serta sampah-sampah plastik.

            Bagian kedua yaitu baju atasan. Baju utama ini didesain semenarik mungkin untuk merefleksikan warna-warni keindahan bawah laut. Didalamnya terdapat warna-warni terumbu karang, indahnya keong, dan tajamnya batu-batu dasar laut. Setiap bagian itu memiliki makna masing-masing yang sangat bermakna.

            Rok dalam kostum ini menambah kesan indah dan menarik. Rok dasar  terbuat dari karung terigu (kain blaco). Didalamnya  ditopang oleh rangka dari kawat yang dibentuk tumpuk susun seperti setengah lampion. Hiasan luar rok ini dihias dengan tas plastik, kain perca, brosur bekas dan karung beras yang dibentuk seperti terumbu karang.

            Bagian terakhir yaitu sepatu yang di desain dengan hiasan kerang dan kolase dibagian depan agar lebih elegan dan menarik. Sepatu yang digunakan adalah sepatu bekas yang kemudian di rekatkan dengan kain keras dimodel seperti sepatu boot. Setelah itu, sepatu ini dihias menggunakan kain perca dan sampah-sampah plastik yang dibentuk seperti rumput laut. 

Ini foto saat penerimaan penghargaan :


           Today’s quote : Peduli sampah, peduli lingkungan, peduli kehidupan lebih baik di masa depan... Keep spirit to save our world :D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES